Tetap Aktif Bergerak dan Penuhi Asupan Nutrisi Sebagai Bentuk Self-Care di Masa Pandemi

Wednesday, August 04, 2021


Konsisten bergerak dan cukupi asupan terbaik untuk tulang, sendi, dan otot, untuk investasi kesehatan di masa depan - Liliyana Natsir

Pandemi yang belum juga usai memaksa kita untuk tetap membatasi aktivitas di luar rumah. Kalo pemerintah menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sebagai upaya menangani Covid-19 di Indonesia, masa iya kita harus ikutan PPKM juga selama di rumah aja? Iya, PPKM, Pelan-Pelan Kita Melebar 😄😄

Ya, gimana ya? Kelamaan #dirumahaja yang ada malah bikin kita mager. Belanja, nonton, scroll-scroll henpon, semua dilakukan sambil rebahan. Kalo kayak gini terus, beneran bakal sukses sampai berlevel-level nih PPKM-nya. Kelar pandemi, jarum di timbangan pada geser ke kanan semua. Duh, jangan sampe deh ya.. 

Meskipun di rumah aja, kita harus tetep aktif bergerak. Setidaknya kita meluangkan waktu sekitar 20-30 menit untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan di rumah. Ya, gak usah yang berat-berat, cukup jalan kaki atau senam-senam kecil aja, yang penting rutin dan konsisten. Seperti kata Liliyana Natsir, atlet bulu tangkis kebanggaan Indonesia, yang saya kutip di awal tulisan ini. Konsisten bergerak dan memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh merupakan investasi kesehatan di masa depan. Ini merupakan salah satu bentuk self-care loh. Tau nggak, mengapresiasi diri sendiri untuk tetap sehat dan bugar ini bisa meningkatkan imunitas tubuh loh. Pas banget kan untuk masa pandemi seperti sekarang ini?

Untungnya, hari Minggu tanggal 1 Agustus kemarin, komunitas IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) bareng Anlene Indonesia ngadain event plus-plus yang seru banget. Yaitu launching dua buah produk terbarunya Anlene, yang dikemas dalam acara webinar plus ada sesi yoga bersama instruktur bersertifikat. Wuaaah.. Semangat donk ya? Kapan lagi nih di rumah aja, tapi bisa dapet ilmu bermanfaat tentang asupan nutrisi untuk tubuh sambil olahraga bareng? 


Webinar Sambil Yoga? Seru!

Jam 7 pagi, sekitar 200 orang sudah siap di depan layar henpon atau laptop masing-masing untuk mengikuti acara yang dipandu oleh Tommy Prabowo. Dengan narasumber Rhesya Agustine (Marketing Manager Anlene, PT Fonterra Brands Indonesia), Haryadi Raharjo (Scientific and Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia), dan Liliyana Natsir (Atlet Bulu Tangkis Peraih Medali Emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016).

Acara dibuka dengan sesi Gentle Yoga yang dipandu oleh Amanda Tasning, seorang instruktur yoga bersertifikat. Gerakan yoga-nya keliatannya simple dan mudah diikuti. Tapi pas dipraktekin, lumayan juga rasanya. Kalau diikuti dengan benar, di badan tuh terasa tarikan otot-ototnya. Dan setelah yoga, badan rasanya jadi seger dan gobyos keringat. Untung saya belum mandi, hehehe.. Karena emang udah niat, mandinya entar aja setelah yoga. 😂😂😂


Pas banget emang diajakin yoga sebelum mulai sesi webinar. Badan jadi seger, mata jadi melek, dan pikiran jadi lebih fresh. Ngikutin webinar selama kurang lebih 3 jam tetep seger dan semangat. Dan sebelum acara berakhir, diajakin yoga sekali lagi. Wow! Di sesi penutup ini, mba Amanda ngajakin Conditioning Yoga. Kali ini gerakannya lebih 'berat' dan lumayan bikin ngos-ngosan buat ngikutinnya. 

Ada satu pesan dari mba Amanda yang ingin saya catat dan bagikan di sini, kalau kita mengikuti gerakan olahraga seperti workout atau yoga, listen to your body! Gak usah memaksakan diri sama persis mengikuti gerakan intrukturnya. Lakukan perlahan dan semampunya saja. Saya setuju nih. Karena yang mengerti dan paham akan tubuh kita kan kita sendiri. Jadi ya cuma kita juga yang tau kapan tubuh kita memberi signal atau alarm. Jangan sampai karena kita terlalu memaksakan diri, akhirnya malah cedera otot atau sesak napas. Niatnya pengen sehat, eh malah sekarat. Makanya, penting banget untuk mendengarkan alarm tubuh kita ketika berolahraga. 

Kenalan ama Dua Produk Barunya Anlene, yuk!


Kali ini Anlene memperkenalkan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X. Apa aja sih kelebihan dari masing-masing produk barunya Anlene ini? 

Anlene Actifit 3X


  • Tinggi kalsium untuk membantu dalam pembentukan serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
  • Kolagen + Vitamin C untuk menjaga kelenturan sendi.
  • Protein dari susu.
  • Vitamin B6 bermanfaat untuk metabolisme energi dan pembentukan jaringan. 
  • Rendah lemak.

Anlene Gold 5X


  • Tinggi kalsium untuk membantu dalam pembentukan serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
  • Kolagen + Vitamin C untuk menjaga kelenturan sendi.
  • Protein dari susu.
  • Vitamin B6 bermanfaat untuk metabolisme energi dan pembentukan jaringan. 
  • Tanpa penambahan gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena menjaga kadar gula darah.
  • Rendah Kolesterol dan rendah lemak jenuh.
  • Sumber kalium untuk menjaga supaya tekanan darah tetap normal.
  • Kaya serat, dengan oat 0,4%.
  • Asam Folat dan extra Vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sirkulasi darah dan pembentukan sel darah merah.

Sebagai ahlinya nutrisi tulang, sudah sejak lama Anlene giat mengadakan program dan campaign yang mengajak orang Indonesia untuk lebih aktif bergerak. Mungkin ada yang masih ingat, salah satunya yang gencar dikampanyekan oleh Anlene sebelum masa pandemi adalah gerakan 10000 langkah setiap hari. Dan di masa pandemi ini, Anlene kembali menginspirasi masyarakat untuk terus bergerak aktif meski di rumah saja sebagai wujud implementasi self-care

Jadi Atlet di Rumah Bareng Anlene

Untuk memotivasi kita supaya mau terus bergerak aktif meski di rumah saja, Anlene ngadain challenge menarik nih. Namanya #JadiAtletDiRumah. Yup, seperti namanya, kali ini Anlene menggandeng Liliyana Natsir, atlet bulu tangkis kebanggaan Indonesia ngajakin kita untuk berolahraga sambil mendukung para atlet yang sedang berjuang di Tokyo. Caranya gampang kok..


  1. Follow Instagram @anlene_indonesia.
  2. Buat Video gerakan olahraga Berlari, Berjalan, atau Melompat saat di rumah.
  3. Upload Video di Instagram Feed dengan menggunakan hashtag #JadiAtletDirumah, #PilihYangLebih, dan #LebihDariSusu.
  4. Pastikan produk Anlene terlihat di video.
  5. Tag @anlene_indonesia dan mention 5 temanmu untuk ikutan.
Hadiahnya lumayan banget looh. Ada voucher OVO senilai Rp 1.000.000, voucher Tokopedia senilai Rp 300.000, voucher Indomaret senilai Rp 50.000, masing-masing untuk satu orang pemenang. Plus hadiah goody bag eksklusif dari Anlene. Untuk 50 orang peserta pertama, ada hadiah langsung berupa voucher Indomaret senilai Rp 50.000. Yuk ikutan! Masih ada waktu sampai tanggal 8 Agustus 2021 kok. 

Untuk info lebih lengkapnya, bisa dicek di akun instagram @anlene_indonesia. Yuk, kapan lagi bisa ikut dukung para atlet yang berlaga di ajang internasional dengan cara yang fun dan menyehatkan kayak gini?

Eh, Anlene juga menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis di http://anlenemovecheck.com loh. Di sini kita bisa cari tau kondisi kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan tubuh secara gratis. Kita juga bisa mendapatkan informasi tentang kondisi tulang, sendi, dan otot. Bisa mengecek berapa usia jantung dan tubuh kita juga loh. Menarik banget nih.

Yuk, mulai bergerak dan penuhi asupan nutrisi untuk tubuh kita, buat bekal hari ini sampai tua nanti.

You Might Also Like

60 komentar

  1. Wah mbak Di semangat sekali ikutn Yoganya. Seru banget ya bisa yoga bareng dan lanjut webinar gini. Btw, susu anlene actifit yang coklat enak tuh mbak. Kayaknya aku harus beliin ibuku deh agar beliau bisa tetap aktif bergerak meski di rumah aja. Beliau dah sering mengeluh sakit persendian. Wah, sekalian curhat, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Seneng banget aku diajakin yoga kemaren itu. Bener-bener jadi akhir pekan yang berfaedah. Yuk semangat untuk terus bergerak aktif

      Delete
  2. Visioner sekali foto pertamanya. Moga bisa tetap berpetualang sampai tua bersama anlene, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Harapan banget mbak, bisa terus bertualang sampe tua bareng suami dan anak-anak

      Delete
  3. Mba next time ajak ajakin dong eventnya seru banget kalau sendirian udah pasti krik krik paling gerak dikit capek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk! Yuk! Emang serunya kalo ada temennya ya.. Kalo sendirian kadang suka males 😁😁

      Delete
  4. Seru ya acaranya. Jadi makin tahu tentang produk terbaru susu Anlene. Rebahan terus memang tidak baik untuk kesehatan. Tetap semangat bergerak dan berolahraga yuk walaupun masih di rumah aja!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, kebanyakan rebahan justru bikin badan jadi sakit semua. Kudu banyak bergerak biar sehat sampai tua

      Delete
  5. seru ya acaranya tapi aku ga bisa yoga mba wkwkwk badanku kaku banget :) kayaknya kalau ikutan acara ini aku bakalan off kamera daripada malu di ketawain hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku juga kemaren banyakan off-in kamera. Soalnya dirusuhin ama anak-anak.. 😂😂😂

      Delete
  6. Walaupun di rumah aja, harus tetap aktif bergerak ya, mbak. Karena olahraga ga harus yang mahal. Hanya dengan berlari, berjalan, dan melompat itu juga olahraga.

    Selain itu juga harus tetap memberikan nutrisi yg tepat untuk tubuh 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Olahraga ringan aja, yang penting konsisten. Nah konsisten ini yang sulit 😁😁

      Delete
  7. Wah bener banget mba, gegara PPKM dan pembatasan di sana sini, akupun melar tak terkendali hahaha. Sampe berat rasanya mau bergerak. Tapi emang ya harus memaksakan diri gerak meski di rumah aja. Biar tetep sehat. Apalagi mulai kepala empat plus plus nih. Musti tambah anlene juga tiao hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama nih masalahnya, mba.. PPKM bikin kita makin melebar. Yuk gerak, yuk!

      Delete
  8. Semangat sehat dan bahagia selalu ya kita mba. Biar imun naik terus. Allhamdulilah udah minum anlene sejak 2017.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah.. Alhamdulillah, udah mulai investasi kesehatan ya..

      Delete
  9. Banar sekali, investasi kesehatan itu sangat penting.Bersama Anlene jgn lupa bergerak demi kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Investasi kesehatan gak kalah penting ya.. Tapi seringnya kita malah abai. Yuk, mulai bergerak!

      Delete
  10. Kalau di rumah bawaannya males ada anlene dan challenge jadi semangat berolahraga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah challenge ini penting biar kita tetep semangat ya, mpo..

      Delete
  11. Iyaya...kalau disebut susu tulang, aku ingetnya cuma satu brand.
    Anlene.

    Dan webinar kali ini membuat kita semua terbuka pikirannya bahwa tulang yang kuat dan sendi yang bagus, harus didukung oleh aktif brgerak juga rajin minum susu penunjang yakni Anlene.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, webinar kayak gini harus sering-sering yaa.. Biar kita semangatnya juga terus-terusan

      Delete
  12. anakku nih skrg yg suka ngingetin n ngajak ak utk olahraga loh, hahhaha emak macam apa nih aku, malah anakku yg rajin ingetin olahraga hahhaha. dan setelah baca ini, aku jd keinget juga mau beli anlene biar tulang-tulangku tetap setrong sampai tua nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe gpp mba.. Bagus masih ada yang ngingetin dan ngajakin olahraga 😊

      Yuk, semangat gerak dan penuhi asupan biar kita tetep setrong

      Delete
  13. Enak banget loh mraktekin apa yang diajarkan Mb Amanda Tasning. Badan jadi segeerr... Kudune praktek ben ndino ya? Semoga aja habis ini ga malas gerak lagi. Malu lah sama Butet yang sudah gantung raket tapi masih aktif terus.
    Yuk ah kita #jadiatletdirumah dengan terus bergerak aktif dan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk sendi, otot dan tulang kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak.. Harusnya dipraktekin tiap hari. Tapi kadang adaaaa aja alasan buat males ya. Emang kudu sering-sering ya ada motivasi kayak webinar kemaren itu

      Delete
  14. di rumah saja sepanjang hari, bulan dan waktu bukan berarti kita tidak bergerak yaaa mba. Semangat sehat selalu

    ReplyDelete
  15. Wah, Anlene ngadain challenge menarik #JadiAtletDiRumah. Oke aku tandain nih mba, meluncur ke IGnya. Semangat nih jadi atlet di rumah. :)

    ReplyDelete
  16. Yap walau pandemi tubuh tetap harus aktif bergerak ya. Justu bahaya kalau kita kurang gerak ditambah lagi kurang asupan nutrisi.

    Syukurnya ada Anele yang hadir dengan 2 produi terbarunya yang baagus buat menjaga kesehatan tulang kita. Selain itu Anelen juga ngadain kompetisi yang memotivasi kita untuk tetap bergerak dari rumah ya, menarik sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, kalo dibiarin mager terus, bawaannya makin males yaa.. Anlene harus sering-sering nih ngadain event kayak kemaren

      Delete
  17. Melawan mager memang agak sulit ya mba, tapi kalau sudah bergerak aktif kita bisa melawan mager. Apalagi olahraga jadi bagian self care kesehatan, termasuk minum anlene biar tulang sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba.. Sulit. Rasanya adaaa aja alesan buat males-malesan. Padahal bahaya ya kalo dibiarin

      Delete
  18. Bener mbak, selama pandemi ini kita harus beneran merawat tubuh ya sebagai bentuk kepedulian kita pada diri kita sendiri. self care bukan sekadar egois tapi sebagai bentuk syukur juga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener banget nih mbak.. Sebagai wujud syukur, jadi harus kita jaga yaa

      Delete
  19. Kok seruuuuu ini webinarnya sambil yoga! Emang bener sih itu PPKM di rumah, lama2 melebar hahahaha. Inget aku beberapa kali ikut webinar pasti sambil ngemil atau ngerjain yang lain, apalagi kalau off camera. Alhamdulillah ya, yang ini ikut webinarnya dapet ilmu iya, dapet sehat juga iya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seru banget webinarnya. Semoga sering-sering ada yang ngadain kayak gini.. Biar gak keterusan malesnya

      Delete
  20. seru juga ya bisa yoga sama sama meski lewat online, yoga memang harus sesuai kemampuan tubuh kita, karena kelenturan tubuh seseorang memang beda2..takutnya maksain diri ikutin gerakannya yang ada malah cedera ototnya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kata mba Amanda sih listen to your body aja, mba.. Gak usah terlalu maksain juga

      Delete
  21. Wah, kok tahu sih selama PPKM jadi mager. Siap laksanakan, tetap bergerak walaupun sedang masa pembatasan bergerak 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe soalnya itu kayaknya udah jadi penyakit kebanyakan ornag selama pandemi ya, koh.. 😄

      Delete
  22. Agak mudah jadi malas dan jadi kaum rebahan di masa pandemi ini. Harus memotivasi diri biwr gerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak.. Harus banget ya memotivasi diri sendiri biar gak males-malesan terus

      Delete
  23. Olahraga minimal satu jam dalam sehari. Dan olahraga tak harus di luar. Bisa juga di dalam rumah.

    Selama PPKM ini memang ada baiknya olahraga di rumah. Harus ada aktivitas di rumah, bukannya ikutan PPKM juga.

    Ajarin yoga dong kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ini juga yoga-nya ngikutin gerakan di yutub, Fie.. Yang penting gerak biar sehat..

      Delete
  24. Mba Diaaaannn.. seru banget ikutan yoga onlinenya. Kalau ada kegiatan seperti ini ajak-ajak dong mba. Benar banget sik, di masa PPKM ini kita harus bergerak aktif supaya jangan Pelan-Pelan Kita Melar. wkwkwk

    Btw aku minum susu Anlene sik. bagus untuk tulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti kalo ada lagi dikabarin yaa.. Harusnya sih emang sering-sering ya ada event kayak gini. Biar kita ada motivasi buat gak mager 😁

      Delete
  25. Jd pengen beli susu ANlene gini ini hehe

    ReplyDelete
  26. Sejak PPKM cuma kerja dari rumah duduk, rebahan, tidur, dan makan males banget mau bergerak. Geraknya cukup membereskan rumah sama mengurus anak dan suami, hehe. Lama kelamaan bosen dan badan sering pegal, jadi ajak keluarga olahraga bareng di halaman rumah sambil jemur diri. Asyik juga dan alhamdulillah jadi rutinitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jadi rutinitas yang menyenangkan dan menyehatkan ya, Nis.. Harusnya emang dibiasakan seperti itu. Cuma kadang susah yaa 😁😁

      Delete
  27. Jenuh banget sejak PPKM di rumah aja ga bisa ke mana-mana, males banget mau gerak tapi malah sering pegal dan ga enak rasanya badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama.. Aku kadang juga gitu 😁😁 Makanya harus dipaksain untuk konsisten bergerak

      Delete
  28. Anlene launching, the best banget produk ini apalagi untuk kesehatan tulang. Keren nih materinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget. Materi webinarnya sangat bergizi

      Delete
  29. Hemm pas banget nih tetap aktif bergerak saat pandemi juga menjaga kesehatan tubuh walau asupan nutrisi lebih penting dari itu keduanya sama-sama bentul self care

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biarpun pandemi tetep harus bergerak aktif dan jaga nutrisi ya.. Biar sehat

      Delete
  30. Seru banget nih kayaknya webinarnya wah apalagi saat PPKM ini butuh banget tetap bergerak aktif walau tetap di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Webinar kayak gini kudu sering-sering yaa

      Delete