Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap dari Setrika Konvensional

Monday, September 03, 2018


Pada zaman dahulu kala orang tua kita masih menggunakan setrikaan tradisional yang dipanaskan dengan arang kayu. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini setrikaan model jadul tersebut sudah semakin jarang kita lihat, diganti dengan setrika listrik yang lebih canggih dan tidak merepotkan. Di samping setrika listrik (konvensional), kini hadir juga setrika uap (steamer) yang menawarkan berbagai kelebihan. Terutama untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang sering kita rasakan ketika menggunakan setrika konvensional.

Tidak bisa dipungkiri jika setrika merupakan satu dari sekian kebutuhan rumah tangga yang sebaiknya dibeli dengan pertimbangan yang matang mengingat hampir setiap hari kita menyetrika pakaian. Jumlah pakaian yang perlu disetrika, yang bisa dibilang hampir tidak pernah sedikit, juga seharusnya menjadi bahan pertimbangan tersendiri sebelum membeli setrika.

Baca juga: Totalitas Demi Foto-Foto Cetar di Medsos

Jika ada setrika yang bisa memberikan hasil rapi dan bagus dalam waktu singkat, Kenapa kita harus memilih yang memakan waktu lama tapi hasilnya juga belum tentu memuaskan. Kalau menurut pendapat saya, secara pribadi saya merekomendasikan setrika uap. Walaupun masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi jika dibanding bandingkan, rasanya setrika uap memiliki manfaat yang jauh lebih banyak.

Perbandingan steamer dan setrika konvensional

A. Setrika Konvensional

  • Setrika ini menggunakan energi listrik sebagai sumber energi utama
  • Menyediakan pengaturan suhu sehingga kita bisa mengontrol suhu yang kita inginkan untuk disesuaikan dengan jenis kain yang akan disetrika
  • Sayangnya, untuk mencapai suhu yang diinginkan, kita terpaksa harus menunggu hingga beberapa saat
  • Hampir semua jenis bahan kain bisa disetrika dengan menggunakan setrika konvensional. Hanya saja, Kita harus melakukan trik tertentu untuk menyetrika kain kain yang rawan rusak seperti kain songket, kain batik, dan kaos yang disablon dengan rapper atau karet
  • Mudah digunakan
  • Bobotnya ringan
  • Harganya lebih terjangkau

B. Setrika Uap

  • Setrika model ini menggunakan uap air yang dipanaskan dengan gas elpiji untuk menghasilkan panas pada setrikaan. Inilah yang membuat steamer lebih hemat jika dibandingkan dengan setrika konvensional. Terutama jika digunakan untuk menggosok pakaian dalam jumlah yang banyak (skala besar) seperti untuk usaha laundry
  • Modern. Sudah ada pilihan steamer hybrid yang bisa menggunakan tenaga uap maupun listrik
  • Setrika jenis ini dianggap lebih efisien karena bisa menghasilkan panas yang lebih cepat dan lebih kuat
  • Panas yang dihasilkan cukup kuat untuk membuat pakaian lebih mudah licin dan mulus
  • Cenderung lebih aman digunakan pada kain atau busana yang rawan rusak apabila disetrika dengan menggunakan setrikaan konvensional karena permukaan steamer tidak menyentuh langsung permukaan pakaian. Setrikaan ini juga cocok digunakan untuk menyetrika kaos yang di sablon dengan bahan rubber atau karet. Tetap aman digunakan untuk menyetrika kain batik hingga kain songket yang terkenal sulit disetrika.
  • Tersedia model setrikaan gantung yang cocok digunakan untuk menyetrika kemeja dan jas atau pakaian pakaian yang tidak perlu dilipat. Setrika model gantung ini sangat mudah digunakan dan bisa merapikan serat-serat pakaian yang kusut dengan cepat
  • Sayang, harga steamer cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan setrika konvensional. Tapi jika melihat manfaat dan kepraktisannya, harga yang harus kita bayarkan sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan.
Itulah perbandingan kelebihan dan kekurangan antara setrika konvensional yang menggunakan tenaga listrik dengan steamer yang menggunakan tenaga gas elpiji. Yang manakah yang akan kamu pilih? Semuanya tergantung pada kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Errr.. ini cara ngisi tenaga panas di setrika uapnya gimana?

    ReplyDelete
  2. Ada tangkinya buat diisi air, mbak..

    ReplyDelete
  3. bawaan wajib beaut vlogger kak kalau pemotretan keluar kota

    ReplyDelete
  4. informasi yang menarik tentang setrika uap

    jadi pengen beli juga untuk dirumah

    terima kasih mbak

    ReplyDelete
  5. Wah, aku penasaran banget dengan seterlika uap ini Kaya na praktis banget ya

    ReplyDelete
  6. harga sesuai kwalitas ya
    pengin beli nih tuk pakaian yg memang perlu dirawat banget
    krn klu ke laundry disamaratakan aja setrikanya

    ReplyDelete
  7. Eh aku jadi mikir juga, kayaknya perlu dipertimbangkan beli setrikaan uap kayak gini. Mayan menghemat waktu.

    ReplyDelete
  8. kalo saya senang menggunakan setrika uap, karena lebih paktis

    ReplyDelete