ZenBook 13 UX331UAL, Laptop Ringan Tapi Tahan Banting. Percaya Nggak?

Friday, August 31, 2018


Hari Kamis kemarin (30/8/2018), saya dan teman-teman BLUS Jogja kongkow-kongkow santai sambil makan siang bareng team ASUS. Tempat yang dipilih untuk kongkow kali ini adalah Mediterranea Restaurant di Jalan Tirtodipuran, Yogyakarta.

Siang itu agendanya cuma ngobrol-ngobrol santai aja. Jadi sambil menikmati menu-menu andalan Mediterranean Resto yang sebenernya rasanya enak, tapi porsinya bikin istighfar berkali-kali itu kami ngobrolin segala hal. Mulai dari ngobrolin kuliner, ngomentarin macetnya Jogja, sampe bahas laptop. 

Numpang pose di Mediterranea Resto. Foto by Manda

Cakep dikit cekrek. Foto by Mas Firman

Ini baru hidangan pembuka.. 

Porsinya jumbo, gaes!

Ngomong-ngomong soal laptop, hari itu mbak Atma bawa ZenBook 13 UX331UAL, laptop terbaru dari ASUS yang baru dilaunching bulan Juli lalu. Pertama kali baca spesifikasinya, saya langsung penasaran. Gimana enggak, laptop yang satu ini digadang-gadang sebagai laptop tangguh yang telah lolos pengujian berat standar daya tahan military-grade MIL-STD 810G

Tau nggak, waktu pertama kali dengar kalimat 'standar militer' itu, yang terbayang di benak saya adalah sebuah laptop berbodi kokoh, tebal dan berat. Saya yakin pasti teman-teman juga ngebayangin hal yang sama kan? 

Laptop Tipis dan Ringan dengan Performa Mumpuni

Tapi bayangan itu langsung buyar sewaktu saya menyentuh langsung si ZenBook 13 UX331UAL. Serius ini si ZenBook 13 UX331UAL yang berstandar militer dan tahan banting itu? Kok tampilannya manis banget? Sama sekali gak terkesan gahar. Apalagi siang itu, yang dibawa mbak Atma adalah ZenBook 13 UX331UAL yang berwarna Rose Gold. Jadi ya emang sama sekali jauh dari kesan garang. 

Manis banget kan?

Bukan cuma tampilannya yang terlihat manis. ZenBook 13 UX331UAL ini bodinya juga tipis dan ringan banget. Beratnya cuma 985 gram. Gak nyampe sekilo, gaes! Laptop ini ringan karena menggunakan material magnesium aluminum alloy dengan sandblasting finish yang digunakan untuk menggantikan pola concentric circle yang biasa digunakan pada ZenBook. 

Layarnya berukuran 13,3 inci dan memiliki resolusi full HD. Dimensinya gak beda jauh dengan kertas ukuran A4. Ukurannya jauh lebih kecil dibanding ultrabook 13 inci pada umumnya. Ternyata rahasianya ada pada bezel layarnya yang berfitur NanoEdge

Saya sempat cobain ngeblog pake ZenBook 13 UX331UAL. Duh, itu keyboardnya nyaman banget. Bukan cuma itu aja sih, laptop ini kan juga dibekali processor tercepat Intel Core i generasi ke-8. Dan demi menopang performanya yang tinggi itu, ASUS menggandengkan processor tersebut dengan RAM tercepat DDR4 2133MHz serta penyimpanan kecepatan tinggi dan handal, berbasis M.2 SSD

Enak banget ngeblog pake ZenBook ini

Laptop Tahan Banting dan Kuat Diinjak

Karena masih penasaran dengan kekuatan laptop ini, siang itu kami pun tergoda untuk mengujinya langsung. Beneran setrong gak sih si ZenBook 13 UX331UAL ini? Untuk percobaan pertama, kami ingin tau apa benar laptop ini mampu menahan beban hidup? Jadilah Afit mencoba berdiri di atas si ZenBook. Waktu Afit menginjakkan kedua kakinya di atas si ZenBook, kami yang ada di dalam ruangan sempat deg-degan juga. Ngeri aja ngeliat laptop yang bodinya tipis begitu diinjak-injak. Tapi setelah diinjak selama beberapa detik, dan si ZenBook 13 UX331UAL masih bisa nyala dengan normal, kami pun bernapas lega. Ppffiuuh! 

ZenBook 13 UX331UAL kuat diinjak

Mbak Atma cerita, kalo sebelumnya pernah ada orang berbobot sekitar 130kg yang nyoba nginjek di ZenBook. Dan hasilnya, si ZenBook baik-baik saja. Mendengar cerita itu kami cuma bisa melongo. Gila!

Masih belum puas dengan hanya menginjak si ZenBook, kami pun penasaran pengen coba ngebanting juga. Masih setrong gak ya dia? Daripada penasaran, mending langsung dicoba. Begitu si ZenBook meluncur jatuh dari tangannya Afit, kami kompakan tahan napas. Apalagi waktu terdengar suara Braak! Yang menandakan bahwa si ZenBook sudah sukses mencium lantai, rasa deg-degannya makin menjadi-jadi. 

Tapi setelah kami melihat sendiri bahwa si ZenBook tetap baik-baik saja meski telah dibanting, kami pun lega. Layar masih normal, bodinya tetap mulus, keyboardnya pun tetap responsif, dan performanya pun tetap OK. Pokoknya seperti laptop yang gak abis diapa-apain. Wow! ZenBook 13 UX331UAL ini beneran sadis, gaes!

Cocok Nih Buat Travel Blogger 

Ngeliat performa dan ketangguhannya yang seperti itu, ZenBook 13 UX331UAL ini rasanya cocok buat travel blogger kayak saya. Ukurannya yang cuma seukuran kertas A4 dan beratnya gak nyampe sekilo itu pasti nyaman buat dibawa-bawa dalam ransel. Gak menuh-menuhin tas dan gak bikin punggung pegel. 

Dan lagi, kemampuannya yang tahan banting dan kuat diinjak itu pasti bikin kita gak khawatir kalo ngajak si ZenBook traveling kemana pun. Gak panik kalo misal si ZenBook tertindih beban, terguncang-guncang selama perjalanan, atau gak sengaja terjatuh. 

Gimana? Tertarik untuk meminang ZenBook 13 UX331UAL ini? Kalau iya, siapkan budget sebesar Rp 14.299.000 ya, gaes!

Buat yang penasaran, gimana aksi kami menguji kekuatan dan ketangguhan si ZenBook 13 UX331UAL, bisa tonton langsung di video ini.

You Might Also Like

13 komentar

  1. aku berhasil mupeng setelah nyobain. Asli! enak banget buat ngetik. Trus bandel lagi, diinjak jatuh, ga perlu kawatir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, enak banget dibuat ngetik ya.. Dan yang paling penting tahan banting 😍😍😍

      Delete
  2. Aduh ini keren banget ya Asus Zenbook jadi kepengen punya, modelnya pun elegan sekali ya mbak. DUh sayang banget itu di injek, hahahahaa

    ReplyDelete
  3. Serius mba itu tahan di injak? Keren juga ya..
    tampilan dan warna nya jg modis banget, cocok utk wanita2.. Apalagi yg suka traveling ..makasih sharing nya mba

    ReplyDelete
  4. Hiihii...iyaah, nyeri puggung kalo bawa-bawa laptop tebal.
    Dan persis seperti kura-kura.

    Keren amaaatt ASUS.
    HUwaa~
    Langsung mupeng to the max.

    ReplyDelete
  5. Aku ngidam zenbook sejak kapan tau, tp blm kesampaian. Heuheu

    ReplyDelete
  6. wow, itu laptop super duper keren ya mbak. diinjak2 pun ga masalah. mupeng nih

    ReplyDelete
  7. Ya ampun ngeri sendiri saya lihat laptopnya diinjak. Secara selama ini kalau bawa laptop harus hati-hati banget jangan sampai jatuh atau keduduki. Keren nih asus produknya

    ReplyDelete
  8. Laptop ringan dan tahan banting kayak gini cocok banget nih buat aku, soalnya aku kemana-mana selalu bawa laptop bahu pegeel karena laptop yang sekarang lumayan berat. Boleh juga nih dipertimbangkan buat ganti laptop :)

    ReplyDelete
  9. mantaaaap banget kalau tahan banting ya mbaa

    ReplyDelete
  10. Hua, biarpun kuat diinjak aku ga rela liatnya, mending buat aku aja mba #eh. Enak pasti kalau laptop tahan banting kuat dibawa kemana-mana, ga khawatir jadinya ya

    ReplyDelete
  11. apa aku pindah ke Zenbook aja ya? Anakku kadang nginjek laptop, huhu... ga sengaja sih tapi kan ngeri.

    ReplyDelete
  12. Laptop idaman banget nih. Udah ringan tahan banting pula. Pengenn

    ReplyDelete