Pentingkah Memiliki Asuransi Perjalanan?

Thursday, September 06, 2018


Pernah ngalamin hal buruk saat traveling? Saya, sering! Salah satu yang paling membekas dan bikin nyesek adalah, saya kehilangan semua memori perjalanan. Eitts, jangan mikir kalo saya jatoh trus mendadak amnesia ya. Gak separah itu sih. Cuma kejadian kehilangan itu benar-benar bikin saya nyesek. Karena yang hilang adalah memori perjalanan selama bertahun-tahun, yang tersimpan dalam sebuah harddisk external.

Jadi gini ceritanya. Kejadiannya udah lama, sekitar tahun 2008. Waktu itu saya traveling sendiri naik pesawat dengan rute Surabaya - Singapura. Saya bawa tas carrier ukuran besar, yang langsung saya masukkan ke bagasi. Ternyata penerbangan saya hari itu delay selama 3 jam. Sampai di Singapura sudah malam. Sehabis mengambil bagasi, tanpa sempat mengecek carrier, saya buru-buru pulang ke apartment.

Baca juga: Cerita Lain dari Balik Gedung Tinggi Singapura

Sampai di apartment, pas buka carrier, saya baru nyadar kalau carabiner yang saya kaitkan ke resleting carrier sudah tidak ada. Sekilas, carrier saya tampak baik-baik saja. Tapi perasaan saya bilang, sepertinya ada yang gak beres. Langsung saya bongkar isi carrier, dan benar saja. External harddisk yang saya selipkan dalam carrier hilang. Saya bongkar semua isi tas, mencari dalam setiap lipatan baju, hasilnya nihil. External harddisk berisi foto-foto dan video perjalanan saya selama bertahun-tahun itu hilang. Itu artinya, ada yang membongkar bagasi saya. 

Gak berenti-berenti saya merutuki kebodohan sendiri. Kenapa bisa sedudul itu menyelipkan external harddisk di dalam carrier? Padahal biasanya, untuk barang-barang seperti itu, selalu saya simpan dalam tas yang saya bawa ke kabin pesawat. Tapi menyesal sekarang pun sudah percuma. External harddisk saya tetap hilang. 

Saya langsung menghubungi pihak maskapai dan pihak bandara Juanda. Pihak maskapai menyarankan saya untuk membuat laporan kehilangan. Mbak CS yang menerima telepon saya sempat menanyakan, apakah saya memiliki asuransi perjalanan? Kalau ada, saya diminta segera mengurus juga untuk mengajukan klaim. Memang sangat kecil kemungkinan external harddisk saya akan kembali. Tapi setidaknya, saya punya harapan bahwa saya bisa dapat ganti rugi dari pihak asuransi. Sialnya, saya tidak punya asuransi perjalanan. 

Setelah kejadian kehilangan itu, saya jadi lebih ekstra hati-hati terhadap barang bawaan saya sewaktu traveling. Sifat manusia banget yes, nunggu ada kejadian baru deh hati-hati. Dan gara-gara kejadian kehilangan itu juga, saya jadi kepikiran.. Penting gak sih asuransi perjalanan? 

Apa sih Asuransi Perjalanan itu?

Sebelum kita memutuskan untuk memiliki asuransi perjalanan, kita perlu tau dulu tentang Asuransi perjalan itu sendiri. Asuransi perjalanan adalah produk dari asuransi yang berfungsi sebagai pelindung di setiap perjalanan kita. Tau sendiri kan segala risiko yang mungkin terjadi sewaktu kita melakukan perjalanan, seperti penerbangan tertunda, pembatalan penerbangan, kehilangan bagasi, atau bahkan kecelakaan dalam perjalanan. Nah asuransi perjalanan akan mengganti kerugian yang kita alami sewaktu melakukan perjalanan tersebut dengan uang pertanggungan. 

Risiko apa aja sih yang ditanggung oleh asuransi perjalanan? Banyak. Diantaranya adalah, ganti rugi bagasi hilang, ganti rugi kompensasi bagasi delay, ganti rugi kompensasi pesawat delay lebih dari 3 jam, ganti rugi pesawat dibatalkan, biaya pengobatan sakit di tempat tujuan, kecopetan di tempat tujuan, kecelakaan di tempat tujuan, ganti rugi rumah kebakaran saat ditinggal, dan masih banyak lagi. 

Di Mana Beli Asuransi Perjalanan Online?

Melihat banyaknya jenis kerugian yang bisa ditanggung oleh asuransi perjalanan, mungkin kamu mulai terpikir untuk membeli produk asuransi perjalanan online. Tapi setelah browsing sana sini, jadi makin bingung mau pilih yang mana? Iya kan?

Supaya bingungnya gak berkelanjutan, mending langsung samperin website yang konsepnya adalah supermarket asuransi, namanya www.futuready.com. Ya seperti supermarket pada umumnya, Futuready ini menyediakan banyak pilihan produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi. Futuready sendiri bukan perusahaan asuransi. Jadi ya semacam broker asuransi online gitu. 

Dengan Futuready, kita bisa mengurus asuransi perjalanan secara online dengan mudah, praktis, dan aman.

Baca juga: Tips Mudik Asyik Naik Pesawat Bersama Balita

Asuransi perjalanan mungkin tidak bisa 100% menggantikan kerugian yang kita alami. Kalau dalam kasus saya, tidak mungkin bisa mengembalikan semua foto dan video dalam eksternal harddisk yang hilang dicuri orang. Tapi setidaknya, uang ganti ruginya bisa meringankan saya untuk membeli external harddisk baru. 

Jadi, penting gak sih asuransi perjalanan itu? Penting gak pentingnya, balik lagi ke kebutuhan kita. Teman-teman yang sering traveling ke luar negeri mungkin sudah tau, bahwa beberapa negara mewajibkan kita memiliki asuransi perjalanan sewaktu mengurus visa. Seperti Belanda, Italia, Spanyol, Perancis, Jerman, dan negara-negara yang tergabung dalam Schengen. 

Dan sebagai tindakan preventif, tidak ada salahnya teman-teman mulai memikirkan untuk memiliki asuransi perjalanan. Biar mudah, mending urus saja asuransi perjalanan online.

You Might Also Like

26 komentar

  1. Wah ternyata banyak hal yang menjadi perhatian soal barang berharga dan keamanan saat terbang ya Mba, makasih remindernya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Manda. Aku pun jadi aware setelah pernah ngalamin kehilangan 😔😔

      Delete
  2. selama travelling, nggak pernah pakai Asuransi. selama ini mikirnya fine fine saja.
    aku pikir bikinnya pasti ribet, eh ternyata sudah ada yang online. terima kasih informasinya kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang lebih mudah karena bisa urus asuransi perjalanan secara online 😊

      Delete
  3. Aku pribadi suka beli tiket termasuk asuransi perjalanan, apalagi kalau travelnya dalam waktu lama dan sering transit, karena itu tadi, untuk mengantisipasi kejadian yang berada di luar kontrol kita seperti, delay, cuaca dan sebagainya.

    Dan sekarang gampang banget juga belinya, online :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadi lebih mudah karena bisa beli online..

      Delete
  4. Ternyata penting juga ya kak asuransi perjalanan, selama ini sering abai sih karena mikirnya gak terlalu penting, ah harus lebih aware nih sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mel.. Kemaren-kemaren aku juga sering abai. Setelah kejadian kehilangan baru deh ngerasa pentingnya punya asuransi perjalanan

      Delete
  5. Baru tau tentang asuransi kak. Kirain hanya kecelakaan aja. Ternyata banyak manfaatnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Fie... Banyak manfaatnya. Bukan cuma kecelakaan aja, tapi juga kehilangan dan kerugian karena delay dsb

      Delete
  6. wah, ada asuransi yang beginian ternyata. makasih mbak De atas infonya

    ReplyDelete
  7. Ternyata sebegitu pentingnya asuransi perjalanan ya mba.
    Aku malah blm sadar betapa pentingnya asuransi perjalanan.
    Terima kasih mb dian sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Des.. Aku juga baru nyadar betapa pentingnya setelah pernah ngalamin kehilangan bagasi

      Delete
  8. Duh mba dee..saya ikut prihatin gemes gemes gimana gt bacanya
    tapi semoga ga terulang lagi dan apalagi sudah ada asuransi perjalanan yg bisa cover masalah dlm perjalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, uni.. Iya sejak kejadian itu jadi berusaha lebih hati-hati lagi

      Delete
  9. wah, sudah ada yg online yah sekarang mba? pengen punya juga. Makasih infonya ya mbak...

    ReplyDelete
  10. Aku penasaran dengan sistem dan cara kerja asuransi perjalanan secara online gini. Belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
  11. Duh jadi ingat sama action cam sepaket batere cadangan dan chargernya yg hilang waktu pulang dr Bali, hiks. Jadi bisa diganti gitu ya mba barang yg hilang? Kirain asuransi cuma buat kecelakaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Eka.. Kalo udah pernah ngerasain kehilangan rasanya jadi lebih aware ya. Moga gak ngalamin kejadian kehilangan lagi ya, Ka

      Delete
  12. Artikel yg kutunggu-tunggu ini 😍 aku termasuk yg malas pake asuransi perjalanan, pikir belum googling kegunaannya apa dan malas aja hahaah, dan baru sadar ternyata penting banget yahh.. ahh makasihh mba diaaann infonyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Na.. dulu-dulu aku pun males ngurus asuransi perjalanan gini. Tapi setelah ngalamin kehilanagan, jadi mikir-mikir juga

      Delete
  13. menurut saya sih penting gk penting.. hehe

    ReplyDelete