Tempat Ngopi yang Asique di Gresik

Monday, July 23, 2018


Sebutan kota seribu warung kopi sepertinya memang cocok untuk Gresik. Lah gimana gak cocok, kalo di kota yang juga dikenal sebagai kota wali ini bertebaran warung-warung penjual kopi. Di satu jalan aja, yang namanya warung kopi aka warkop itu bisa sampe puluhan. Sebelahnya warkop A ada warkop B, dan di seberangnya warkop B ada warkop C. Dan kerennya, hampir semua warkop itu dipenuhi pengunjung baik siang maupun malam.

Cangkruk di warung kopi memang sudah sangat membudaya di Kota Gresik. Jadi gak usah heran, kalo pas kebetulan singgah di Gresik dan melihat setiap warkop yang ada selalu dipenuhi pengunjung yang lagi asik ngopi sambil ngobrol ngalor ngidul. 

Untuk kopinya, Gresik punya cara penyajian yang unik, yaitu kopi kopyok atau yang juga dikenal dengan sebutan kopi kasar. Sesuai namanya, biji kopi yang disajikan memang sengaja ditumbuk kasar.

Cara penyajiannya, serbuk kopi yang kasar itu langsung dituangi air mendidih. Sehingga serbuk kopi kasarnya akan naik ke permukaan gelas atau cangkir. Kalau mau diminum, aduk dulu kopinya, trus ampas atau serbuk kopi kasarnya dibuang. Kan disajikannya pake piring kecil atau lepek plus sendok kecil, nah ampasnya bisa bisa dibuang ke piring kecil itu. Jadi, ampasnya jangan diminum ya 😀😀😀

Kopi kopyok aka kopi kasar khas Gresik

Rasanya gimana? Kalo saya sih, suka. Jadi tiap ngopi di Gresik, saya pasti pesan kopi kasar. Buat yang pengen coba kopi kasar, tapi gak suka kopi hitam, bisa kok pesan kopinya ditambah susu. Jadinya kopi susu kasar. Gak usah khawatir, karena semua warkop di Gresik pasti menyediakan menu ini kok. 

Ngomong-ngomong soal warung kopi di Gresik, saya punya beberapa referensi tempat ngopi yang cukup asique di Gresik. Dan pastinya, di sini kamu bisa menikmati sajian kopi kopyok aka kopi kasar khas Gresik. 

1. Jurang Kopi

Sebenernya ini warung kopi biasa sih. Menu-menu yang dijual di sini pun sama saja dengan warkop-warkop lain yang ada di Gresik. Selain menyajikan kopi kasar khas Gresik, Jurang Kopi juga menyediakan kopi halus, teh, dan minuman ringan lain. Pilihan makanannya gak banyak, cuma gorengan dan roti. 

Yang bikin warkop ini asique adalah viewnya langsung ke Bukit Kapur Suci. Dan satu lagi, warkop ini lokasinya ada di pinggir jurang. Makanya dinamain Jurang Kopi. Kalo ngopi di cafe atau di pinggir jalan, mungkin sudah biasa kan ya? Tapi kalo ngopi di pinggir jurang? Nah, sensasi inilah yang coba ditawarkan oleh Jurang Kopi, menikmati kopi di pinggir jurang.

Ngopi di pinggir jurang

Bukit Kapur Suci

Tempatnya cukup luas. Asik buat nongkrong rame-rame. Apalagi Wi-Fi di sini kenceng banget. Bikin nongkrong makin betah, hehehe. Dan lagi, harga makanan dan minuman di Jurang Kopi ini murah banget. Harga segelas kopi cuma 3 ribu rupiah.


Jurang Kopi
Jl. Panggang, Suci, Manyar, Gresik. 
Buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai jam 2 dini hari.

2. Giri Hills Coffee House

Tempatnya yang cozy dan instagramable jadi salah satu daya tarik Giri Hills Coffee House. Ditambah lagi lokasinya yang berada di atas bukit yang menyajikan pemandangan Kota Gresik, suasana cafe ini makin asyik. Apalagi cafe ini juga menyediakan playground buat anak-anak, bikin cafe ini cocok jadi tempat buat piknik tipis-tipis bareng keluarga. Mau nongkrong berlama-lama pun gak khawatir, karena di cafe ini ada mushola.

Tempat duduk di lantai bawah

Mushola

Playground

Saya dan keluarga dateng ke cafe ini pas malem Minggu. Demi melihat arena bermain yang ada di dalam cafe, para krucil langsung betah. Semua tempat duduk di lantai satu dan dua penuh terisi. Tersisa cuma beberapa tempat duduk yang ada di bagian luar cafe. 

Buat yang suka tempat-tempat instagramable, cafe ini cocok banget. Interior dan segala pernik di cafe ini unik dan vintage. Langit-langit cafe di lantai dua disusun dari pintu-pintu rumah jadul. Sepeda tua, motor tua, telepon umum jadul, sampe mesin pom bensin kuno ikut jadi pajangan di cafe ini. Unik dan menarik banget.

Mesin pom bensin jadul

Motor tua

Tempat duduk di lantai atas

Pernak pernik jadul

Sepeda

Menu makanannya lumayan banyak, mulai dari makanan ringan seperti lumpia, kentang goreng, atau dimsum, sampai makanan berat seperti mie dengan pedas berlevel-level, nasi goreng dan ayam geprek. Pilihan minumannya lebih banyak lagi. Mulai dari kopi khas Gresik, cappuccino, coffee latte, espresso, ice blend, hingga mocktail.

Pesanan kami

Cuma ngemil

Harga makanan dan minuman di sini terbilang mahal. Tapi kalo niatnya pengen beli suasana sambil piknik tipis-tipis bareng keluarga, bolehlaaah...

Giri Hills Coffee House
Jl. Awikoen Tirta no. 25. Bukit Putri Cempo, Gresik
Buka setiap hari mulai jam 12 siang sampai jam 12 malam. 

3. Kopi Kemping

Kemping di tengah kota. Sensasi itulah yang ditawarkan oleh Kopi Kemping. Seperti nama dan tagline-nya, di sini pengunjung bisa ngopi dan makan di dalam tenda. Ada 4 buah tenda dome yang disediakan. Masing-masing tenda sudah dilengkapi dengan lampu dan kipas angin kecil. Kalo gak kebagian tenda, pengunjung bisa memilih tempat duduk lain. Bisa pilih duduk di kursi, amben bambu, atau lesehan.

Kemping tipis-tipis

Kemping di tengah kota

Area lesehan

Buat bikin acara ngopi dan nongkrong makin asyik, Kopi Kemping juga menyediakan bermacam permainan seperti kartu, domino, catur, sampe uno stacko. Biar mainnya makin seru, kita bisa minta tepung atau kopi buat coretin wajah temen yang kalah.

Seru-seruan main uno

Makanan dan minuman yang ditawarkan di sini ya ala-ala menu kemping gitu. Untuk makanan beratnya ada mie kemping porsi keroyokan yang disajikan lengkap dengan wajannya. Mau pesan per porsi juga kok. Selain mie, ada juga nasi goreng. Untuk makanan ringan ada kentang goreng, roti bakar, sosis goreng, kebab, dll. Pilihan minumannya banyak. Mulai dari kopi kasar khas Gresik, wedang jahe sampai sinom dan jus buah juga ada. Harga makanan dan minumannya terbilang ramah di kantong.

Daftar menu

Kopi Kemping
Jl. Veteran 196, Gresik
Buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampai jam 4 subuh. 

***

Itu beberapa tempat ngopi yang menurut saya cukup asyik di Gresik. Ada yang punya rekomendasi lain?

You Might Also Like

34 komentar

  1. aq suka tuh coffee shop yang ada playground, karena aq tuh gak ngopi jadi biasanya ke coffee shop karena nemenin suami yang ngopi jadi kalau ada playground kan enak bisa ajak anak buat main juga, tfs mbak dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak.. Kalo ada playground gitu anak-anak jadi anteng ya 😀😀

      Delete
  2. wah wah oke noted, di copy. Fix nanti kalau main ke gresik aku mau ke list diatas ini pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain, Sad.. Tempatnya asyik banget.

      Delete
  3. Disajiin pemandangan yang manis manja kaya gitu, tempatnya juga cozy banget, kayanya ngopi jadi asik gitu yah. Tapi aku catet deh ini manatau bisa main main yakannnn ke sini :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Jadinya makin betah ngopi dan ngobrol-ngobrolnya ya 😀

      Delete
  4. wah Mbak Dee. saya sebenarnya bukan pencinta kopi. tapi setelah baca dan meihat gambar yang di posting di blog ini kok pengen ngopi yah. keren keren banget lo tempat ngopinya. mantap dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku juga gak ngopi sih.. Jadi kalo ke situ, biasanya dia pesen minuman lain 😀😀😀

      Delete
  5. Seru banget ya, sensasi ngopi nya berbeda-beda disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Yg di jurang kayaknya seru tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, koh.. Yang Jurang Kopi tuh asyik tempatnya. Paling enak kalo kesana sore-sore. Kalo kesananya malem, gak bisa liat pemandangan Bukit Kapurnya 😀😀

      Delete
  6. Dari penampakan foto, kayaknya tempatnya cozy ya mbak. menu makanan and minumannya juga murah. Kok, saya malah fokus ke menu yang ada kata jomblonya ya Mbak? yang pesan udah ada pasangan gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe itu cuma istilah. Maksudnya cuma pesen 1 porsi aja.

      Delete
  7. Unik banget ya tempat-tempat ngopi di Gresik. Next time kalo ke Jawa dan ke arah Jawa Timur kita mampir lah ke Gresik, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Nit.. Lumayan jadinya, bisa ngopi sambil piknik hehehe

      Delete
  8. ya ampun itu harga murah amat ya dibanding di batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kalo di Batam, 3 ribu dapet apaan ya kak? 😁😁😁

      Delete
  9. Kok keren2 banget ya tempatnya, Mbak.. yang kemping itu seru kali, ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Jul.. Anak-anak seneng diajakin ke situ. Betah. Apalagi ada permainannya juga.

      Delete
  10. Orang Gresik kebanyakan pehobi kopi semua kali ya mba, banyak warkop dan penuh (liat dari foto).

    Itu Ngopi di Kopi Jurang apa enggak ngeri-ngeri sedap mba? saya kok bayangin aja udah merinding...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Jurang Kopi tempatnya asyik kok. Gak senyeremin namanya 😊😊

      Delete
  11. Wow nama2nya unik Dan seru juga ya ngopi disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, kapan mau ngopi di dini, Cit? 😉

      Delete
  12. keren nih beberapa tempat ngopi yang harus dikunjungi

    wajib dihadiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke Gresik mampir sini mas Reza..

      Delete
  13. Aku gak bisa minum kopi.
    Tiap habis minum langsung mual-mual macem orang hamil.
    Hahaha
    Tapi pernah nyicip.
    Enak sih kopi itu.

    Tapi apa gk nyangkut2 ke gigi mba itu kopi kopyok?
    Atau biji kasarnya gk mesti dikunyah?
    Telan aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ampas kopinya, abis diaduk langsung dibuang aja, Des.. Jangan ditelan 😁😁

      Delete
  14. Tempat ngopinya asyik bangets ya, kreatif aja tu yang punya warung ya. Yang satu menjadikan view sebagai nilai plus, yang satu lagi nyediakan tenda... asyik-asyik... anak-anak jadi antusias tu main di tenda. BTW kopi kopyok itu atasnya butiran kopi kasar ya mbak? Gemana minumnya kalau banyak ampas di atasnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau minum diaduk dulu, mbak.. Trus abis tuh ampasnya dibuang aja..

      Delete
  15. Ajak aku ke Gresik ya mba Dee ^_^ Trus kita ngupi ngupi yuk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk siniii.. Ntar kita ngupi-ngupi sambil kulineran yuuk..

      Delete
  16. Aaakk, tempatnya cozy yah mba. Semoga bisa kesana. Saya penggemar kopi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah.. Kapan nih kita ngopi bareng mbak?

      Delete
  17. Bener-bener asyique ini tempat nya.
    Recommended banget bakal ngopi-ngopi dan nyantai..

    ReplyDelete