Mendadak Staycation di Padi Heritage Hotel

Tuesday, July 31, 2018

Some people look for a beautiful place, others make a place beautiful - Hazrat Inayat Khan

Ceritanya, hari itu saya dan suami ada satu urusan di daerah Pandaan. Anak-anak pada ikut, karena rencananya kami mau ngajak mereka berenang kalau urusan kami sudah beres. Tapi saking sibuknya ama urusan kami, tau-tau udah sore. Anak-anak udah pada manyun, soalnya rencana berenang terancam batal.

Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk mencari penginapan di dekat-dekat situ. Untuk mengobati kekecewaan anak-anak, kami sengaja cari penginapan yang ada kolam renangnya. Tapi sayangnya, penginapan-penginapan inceran kami rata-rata sudah full. Kalaupun ada, harganya udah mahal banget. Maklum, waktu itu memang masih musim liburan, ditambah lagi kami nyari hotelnya dadakan.

Patung Punakawan

Saya memperluas area pencarian (halah, bahasanya!) sampai ke daerah Malang. Untungnya saya cuma perlu scroll-scroll layar smartphone aja buat nyari penginapan. Gak kebayang kalo kejadian seperti dulu, jaman-jaman belum kenal applikasi OTA (Online Travel Agent). Dulu, kalo lagi jalan dan harus mendadak nginep seperti ini, kami kudu rela keluar masuk hotel, cuma buat nanya ada kamar kosong ato enggak? Kebayang kan, gimana rempongnya? Makanya, saya hepi banget karena sekarang teknologi udah memudahkan semuanya. Mau cari penginapan yang sesuai selera dan isi dompet tinggal duduk manis aja.

Tapi nyari penginapan saat peak season seperti ini susah-susah gampang juga. Jadi saya surprise banget waktu ngeliat ada hotel yang penampakannya sesuai dengan selera kami, dan harganya pun cocok dengan isi dompet. Buru-buru saya jadiin, sebelum keduluan orang lain. Dan beberapa menit kemudian, voucher hotel pun meluncur manis ke email saya. Urusan tempat menginap untuk malam itu beres.

Padi Heritage Hotel

Untuk malam itu, saya memesan kamar type Cottage Lumbung di Padi Heritage Hotel. Ratenya Rp 270.000/kamar/malam. Tapi malam itu kami nginep gratis, soalnya saya bayar pake poin dari Traveloka. Loyalty point dari Traveloka ini emang berguna banget buat dipake di saat-saat seperti ini.

Suasana Pedesaan di Tengah Kota

Sudah lewat jam 7 malam sewaktu kami sampai di Padi Heritage Hotel. Tidak sulit menemukan lokasi hotelnya yang berada di kawasan perumahan dosen dan karyawan Universitas Brawijaya, Perum Tata Surya, di daerah Dinoyo, Malang.

Lobby hotel

Surprise banget ada penginapan berkonsep pedesaan seperti ini di tengah kota. Dalam gelap malam, kami bisa merasakan suasana pedesaan yang ditawarkan hotel ini. Apalagi kamar type Cottage Lumbung tempat kami menginap berada paling ujung, di antara hamparan sawah dan dekat dengan sungai. Sepertinya, ini adalah kamar dengan view dan suasana terbaik di Padi Heritage Hotel.

Yang di ujung sana itu kamar kami

Sungai dekat kamar kami

Joglo limasan ini cocok buat nginep rame-rame

Kamar Nyaman di Tengah Sawah

Kamar type Cottage Lumbung adalah bangunan berbentuk rumah panggung dari kayu yang di bagian bawahnya ada kolam ikan. Di depan kamar ada hamparan sawah. Ada sungai juga di sebelah kiri kamar. Jadi suasananya nyenengin banget.
Fasilitas dalam kamarnya sebenarnya standard saja. Hanya ada sebuah tempat tidur ukuran king, sebuah meja kecil di sudut kamar dan tidak ada lemari pakaian. Fasilitas lainnya ada LED TV, kipas angin dan teko listrik plus teh dan kopi sachet. Itu saja.

Kamar type Cottage Lumbung

Kamar mandinya cukup luas, meski terlihat simple dan minimalis. Dilengkapi dengan shower dan kloset duduk. Sabun mandi cair dan shampoo disediakan dalam wadah yang terpasang di dinding kamar mandi.

Kamar mandi

Di teras kamar ada dua kursi dan meja kayu yang asyik buat dipake nongkrong sambil menikmati hamparan sawah dan ikan-ikan yang berenang di bawah cottage. Suasananya benar-benar asri, khas pedesaan.

View dari teras kamar

Twin cottage

Sarapan Nikmat Sambil Cuci Mata

Kamar yang kami pesan sudah termasuk sarapan untuk 2 orang. Menu sarapannya diantar langsung ke kamar. Pagi itu menunya 2 piring nasi kuning dengan lauk ayam goreng, perkedel kentang, kering tempe dan telur dadar, 2 mangkuk bubur kacang hijau + ketan hitam, sepiring buah dan 2 gelas teh manis hangat. Porsinya cukup buat kami berlima.

Menu sarapan

Yang penting ngopi...

Saya, suami dan Lala memilih sarapan di teras kamar. Reva dan Farrel memilih sarapan di meja yang ada di tengah sawah. Nikmat banget sarapan sambil menikmati udara pagi yang segar. Apalagi suasana di sekitar kami mendukung banget. Jadi bisa makan sambil menghirup udara segar plus cuci mata.

Sarapan di tengah sawah asyik banget

Berenang Sampai Puas

Habis makan, anak-anak udah pada gak sabar minta berenang. Di Padi Heritage Hotel ini ada dua kolam renang. Satu kolam renang dekat bangunan lobby yang bisa digunakan anak-anak, dan satu lagi kolam renang dewasa di samping rumah joglo. Waktu kami ke sana, hanya kolam renang dekat lobby yang bisa digunakan. Kolam renang satunya lagi, belum dibersihkan.

Air kolamnya cukup hangat. Bikin anak-anak betah berenang. Apalagi, di kolam segede itu yang berenang cuma Reva, Lala dan Farrel. Jadinya seperti berenang di kolam renang pribadi. Tamu-tamu lain lebih memilih foto-foto sambil menikmati suasana yang ditawarkan hotel.

Staycation Sambil Belajar

Padi Heritage Hotel ini ternyata membuka kesempatan buat anak-anak yang ingin belajar dan lebih mengenal tentang dunia pertanian dan budaya Jawa. Jadi bisa belajar menanam padi atau mengenal dan bermain alat musik tradisional. Untuk mengikuti kegiatan ini harus reservasi dulu, jadi gak bisa langsung. Nah karena kami nginepnya dadakan, tau infonya dadakan, jadi gak bisa cobain deh.

Anak-anak seneng main di sawah

Suasananya nyenengin

Jadi tertarik buat balik lagi kesini, dan nyobain fasilitas edukatifnya. Anak-anak pasti seneng..

Padi Heritage Hotel
Jl. Regulus No.9 Perum Tata Surya, Tlogomas, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur, Indonesia