Berburu Oleh-Oleh di Padang

Sunday, August 16, 2015


"Jangan lupa kripik sanjai yaa.." 

Rata-rata begitu komen teman-teman dan sodara begitu tau kami sekeluarga mau pergi ke Padang. Siapa sih yang gak kenal kripik singkong berbalur bumbu balado yang endang gulindang itu? Kripik sanjai emang identik banget ama Ranah Minang. Tapi apa emang cuman itu oleh-oleh khas dari Padang?

Tentu saja enggak donk. Kripik sanjai itu cuman satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Ranah Minang. Waktu ke Padang kemaren saya dikenalin ama macem-macem cemilan khas Padang ama Etin. Ada raki, rendang telur, karak kaliang, juga karupuak jangek alias kerupuk kulit atau kalo di Jawa dikenal dengan nama kerupuk rambak. Ya, saya dikenalin ama semua cemilan itu plus dibungkusin sekardus buat oleh-oleh ama si Etin, makasih darling.... 

Karena udah dibungkusin sekardus penuh cemilan ama si Etin, saya jadi gak kepikiran lagi mau beli oleh-oleh apa buat dibawa pulang ke Batam. Tapi sewaktu jalan-jalan ke Jembatan Siti Nurbaya, tukang ojek yang membonceng saya nunjukin toko Christine Hakim, yang katanya pusat oleh-oleh di Padang. Lokasinya emang deket banget ama Jembatan Siti Nurbaya. 

 Toko Christine Hakim

Nama tokonya mengingatkan pada aktris senior Indonesia yang dulu pernah memerankan Cut Nyak Dien itu ya. Tapi percaya deh, pemilik toko ini sama sekali gak ada hubungannya ama aktris senior itu. Cuman kebetulan aja namanya sama. 

Katanya sih, kripik balado Christine Hakim ini merupakan salah satu yang recommended di Padang. Saya jadi penasaran juga akhirnya pengen nyobain. Jadi waktu abis dari Jembatan Siti Nurbaya, saya minta diajak singgah dulu di toko oleh-oleh itu. Toko Christine Hakim ini tidak cuma menjual kripik sanjai aja kok, ada rendang dan dendeng kemasan, ada macem-macem kripik dan cemilan yang gak melulu khas Padang, seperti stik keju, kripik pisang, juga kripik nangka. 

 aneka cemilan di toko Christine Hakim

Saya langsung menuju ke rak yang berisi kripik sanjai. Wuiiih... kripik sanjainya aja ada macem-macem jenis, bentuk dan ukuran kemasan. Selain kripik sanjai yang umum dengan rasa pedas, gurih, manis itu, ada juga kripik sanjai rasa durian. Dan ini yang bikin saya penasaran.. Saya bukan durianlover, malah aslinya gak doyan ama durian. Tapi beneran deh, kali ini saya justru penasaran ama kripik sanjai rasa durian ini. Jadi saya putuskan untuk membeli beberapa bungkus kripik sanjai original dan kripik sanjai rasa durian. 

 Kripik balado durian

Lala pun langsung ngambil sebungkus kripik pisang dan memasukkannya ke dalam keranjang belanja, tanpa saya tanya bocah kriwil itu menjelaskan, "kan kemarin kripik pisang Lala diambil munyet!" hahahaha.. rupanya ada yang belum ikhlas kripik pisangnya direbut monyet di Taman Panorama kemarin sore. 

Menuju ke kasir, saya melewati rak yang memajang bermacam-macam kopi. Saya pun tergoda. Dari sekian banyak pilihan yang ada, saya mengambil sebungkus kopi robusta. Ya, saya cuman beli sebungkus kecil ukuran 120 gram, yang akhirnya sampai di Batam saya jadi nyesel, kenapa cuman beli sebungkus.. Mungkin Padang bukan penghasil kopi terkenal seperti Lampung atau Aceh ya, tapi kopi robusta gold merk Bundo Kanduang yang saya beli kemarin itu rasanya pas banget di lidah saya yang memang penggemar kopi jenis robusta. 

 jejeran kopi yang menggoda

 Lala ikut penasaran...

 ini penampakan kopinya..

***

Selain toko Christine Hakim, ada lagi toko yang bisa dijadikan pilihan untuk berburu oleh-oleh di Padang, namanya Silungkang Pandaisikek. Dalam perjalanan menuju bandara, kami sempat singgah di toko ini sebentar. 

 kain tenun songket aneka warna

 aneka souvenir khas Padang

Beda dengan toko Chrsitine Hakim yang menyediakan oleh-oleh berupa makanan, toko Silungkang ini menyediakan oleh-oleh berupa kain tenun songket, kaos-kaos khas Padang, mukena, juga souvenir seperti miniatur Jam Gadang, magnet kulkas, dan gantungan kunci khas Minangkabau. 

Di sini saya membeli beberapa potong kaos bergambar Jam Gadang untuk anak-anak dan ponakan. Juga membeli gantungan kunci berbentuk miniatur Jam Gadang dan rangkiang atau lumbung padi untuk teman-teman di kantor. 

Lagi liburan di Padang? Mau cari oleh-oleh juga? Mungkin toko Christine Hakim dan Silungkang Pandaisikek bisa jadi pilihan anda.. 

- o0o -

Toko Christine Hakim
Jl. Nipah no 38, Padang (dekat Jembatan Siti Nurbaya)
Telp (0751) 33318
www.tokochristinehakim.com (bisa looh kalo mau beli kripik online)

Silungkang Pandaisikek
Jl. Jenderal Sudirman no 5A, Padang.
Telp (0751) 22101

You Might Also Like

2 komentar

  1. Huaaaa kangen Padang. Dulu aku sama bos belanja di sini juga. Padahal dari Padang kudu kejar flight ke Bengkulu (dengan transit di Jakarta dulu) jadilah bekardus-kardus keripik dititip di Soetta hahaha. Kopi robusta kayaknya enak nih dicoba. Slruppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Aku juga kangen Padang... trlebih kulinernya. Kemaren kurang puas kulineran, maklum jalan-jalannya pas lagi puasa, hehehe...
      Iya, kopinya enak Yan.. cocok di lidahku..

      Delete