Mau Traveling Naik Motor? Cek Dulu 8 Bagian Penting ini..

Thursday, April 27, 2023


Cuti lebaran masih lama, pengen traveling tapi males duluan ngebayangin macetnya arus mudik? Kenapa gak coba traveling naik sepeda motor aja? Lebih enak, bisa nyelip-nyelip, tinggal sat-set wuss pokoknya..

Traveling naik sepeda motor kayaknya bisa jadi alternatif seru buat kamu dan teman-teman looh. Selain lebih praktis, juga bisa lebih mudah explore tempat-tempat yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat.

Tapi sebelum memulai perjalanan, sebaiknya temen-temen cek culu kondisi sepeda motornya. Supaya yakin, sebaiknya dibawa langsung aja ke tukang servis motor. Pastinya biar aman dan nyaman selama perjalanan. Btw, apa aja sih yang wajib dicek saat servis motor?

8 Bagian yang Perlu Dicek Waktu Servis Motor

1. Oli Mesin
Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, juga penyekat antar komponen mesin yang melindungi mesin supaya gak rusak kena gesekan. Makanya, kita perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang sudah dicapai. Rata-rata pabrikan motor merekomendasikan penggantian oli ketika sudah mencapai 2500 km.

Tapi beberapa tahun terakhir, sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km atau 2 kali lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2 kali lebih lama dari oli biasa. Karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

planet ban

2. Oli Gardan
Selain oli mesin, pengguna sepeda motor matic juga wajib memperhatikan kondisi oli gardan. Bedanya dengan oli mesin adalah fungsinya. Kalo oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Sedangkan oli gardan fungsinya untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT).

Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2 kali ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1 kali ganti oli gardan.

3. Busi Motor
Bagian berikut yang wajib dicek sewaktu service motor adalah busi. Busi ini fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala.

Sebagai salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran motor, kita harus memastikan apakah kondisi busi masih berfungsi dengan baik atau tidak? Kalo busi sudah tidak berfungsi dengan baik, maka harus diganti.

4. Ban
Ban juga merupakan bagian wajib yang harus temen-temen cek waktu service motor. Apalagi kalau mau melakukan perjalanan jauh. Wajib banget buat dicek kondisinya. Pemeriksaan ban biasanya meliputi pemeriksaan tekanan udara di dalam ban, juga kondisi ban secara keseluruhan. Kalo ban motor temen-temen sudah gundul, sebaiknya diganti ya…

5. Kampas Rem
Kampas rem juga merupakan salah satu bagian penting yang perlu dicek saat service motor. Kalo kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem. Dan ini bahaya, karena bisa jadi penyebab kecelakaan. Makanya, penting banget untuk selalu mengecek kondisi kampas rem secara rutin.

6. Aki atau Accu
Sebagai sumber listrik pada sepeda motor, kondisi aki juga perlu untuk diperhatikan. Dalam kondisi mesin mati, tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki idealnya berada pada 13,7-14,2 Volt.

Nah, kalo tegangan pada aki sudah tidak sesuai dengan angka ideal tersebut, atau ditemukan adanya kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, maka mau gak mau harus segera diganti. Biar kita tetap bisa berkendara dengan nyaman.

7. Filter Udara
Fungsi filter adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran supaya jangan sampai ada kotoran yang ikut masuk dan menyumbat sistem injeksi dan karburator. Sewaktu service motor, kita bisa meminta mekanik untuk mengecek kondisi filter udara. Apakah masih bisa dibersihkan, atau sudah harus diganti dengan yang baru?

8. Tune Up
Tune up merupakan prosedur perawatan berkala untuk sepeda motor. Tujuannya adalah untuk mengembalikan sepeda motor pada kondisi kerja yang optimal. Tune up sepeda motor meliputi pemeriksaan semua komponen. Terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Biasanya tune up rutin termasuk pemeriksaan tekanan ban, kondisi lampu, karburator, tegangan rantai, rem, dan klakson.

Ada kalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada kita. Jika kita setuju, baru mekanik akan melakukan perbaikan.

Tempat Service Motor Terbaik

Memilih tempat service motor sebaiknya jangan asal-asalan. Inget genks, ini urusannya ama keselamatan kita ketika berkendara loh. Jadi sebaiknya pilih tempat service motor yang memang bagus dan bisa diandalkan. Kalo rekomendasi aku sih, Planet Ban aja! Di Planet Ban, kita bisa service motor rasa baru loh..

Eh, gimana? gimana? Service motor rasa baru? Service motor rasa baru ini dikenal juga dengan sistem service terpadu. Tujuannya untuk meningkatkan performa motor dengan cara yang cepat dan biaya yang lebih hemat.

Pada service motor rasa baru ini, pemeriksaan dan perbaikan motor difokuskan pada bagian vital kendaraan yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, jarang dicek, dan jarang disetel rutin.

Manfaat Service di Planet Ban
  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Dengan begini, otomatis, mesin jadi lebih awet dan jarang rusak.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan jadi lebih enteng.
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu gak perlu sering-sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
  • Kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa sih Bedanya Service Motor di Planet Ban dengan Tempat Service Lain?

Kalo service motor di tempat lain, kadang suka masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Malah kadang masih ditemukan juga kotoran dan debu di blok CVT yang bikin motor jadi terasa berat.

Nah, kalo service motor di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan sampai kelihatan seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran. Pokoknya jadi kelihatan seperti baru deeh..

Di Planet Ban, untuk service motor selengkap ini, harganya terjangkau banget looh.. Untuk service motor injeksi, harganya cuma Rp 20.000. Service CVT plus rantai harganya Rp 19.500. Bahkan untuk service throttle body, harganya cuma Rp 20.000. Terjangkau banget kan?

So, tunggu apa lagi? Buruan bawa sepeda motor kesayangan kamu ke Planet Ban sekarang juga, buat dapetin layanan service terbaik untuk service motor rasa baru..

Habis service, siap diajak blusukan ke mana aja 😉

You Might Also Like

25 komentar

  1. Emang seru travelling naik motor, ada tantangan tersendiri. Sekarang nggak usah kuatir kalau mau servis karena PlanetBan ada dimana-mana kok apalagi pelayanannya juga OK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Wan.. Sekarang kalo mau service motor pokoknya langsung cusss ke Planet Ban yaa

      Delete
  2. Beneran loh mbak, servis motor tuh harus memilih tempat servis yang oke. Soalnya saya pernah tuh udah servis habis banyak eh hasilnya gak maksimal, pengen misuh rasanya, ups

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha geregeten banget rasanya ya, mba.. Makanya mending service di Planet Ban aja yaaa. Puas!

      Delete
  3. Harus sering2 cek motor nih biar tetep enak dipakai apalagi skrg ada planet ban

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangeeet.. Jangan taunya cuma make aja yaa.. 😄

      Delete
  4. Sekarang ini aku juga lebih banyak traveling naik motor, lebih sat set sat set hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih praktis yaa... Apalagi kalo boncengan ama bojo, cieeee...

      Delete
  5. banyak bangettt faedah service d Planet Ban ya mba.

    harga super Ok, ga bikin worry.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Harga ama hasil servicenya sama2 memuaskan

      Delete
  6. Sebelum traveling emang wajib servis dulu yaa motornya biar lancar dan enak dipakainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangeeet! Jangan sampe mogok di perjalanan yaaa

      Delete
  7. Di Kepanjen udah ada lho. Pernah ganti oli di sini dan cepet banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi lebih gampang kalo mau servis motor ya, Nis...

      Delete
  8. Bener banget kalau traveling pakai motor lebih sat set deh tapi memang musti rajin servis motornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bener banget, Von.. Apalagi kalo pas macet-macet gitu yaaa

      Delete
  9. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba.. Bener-bener kudu dicek semua bagian ya.. Biar kita juga nyaman makenya..

      Delete
  10. Di daerahku juga ada Planet Ban, dan kelihatannya selalu rame. Rupanya banyak yang cocok servis di aana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba.. Untung deket rumah juga ada. Padahal tempatku termasuk kota kecil loh. Seneng banget jadinya

      Delete
  11. MBa Dian kalau urusan perawatan kendaraan emang keren ih. Travelling pake motor emang paling juara ya. Apalagi kalau kendaraan abis service dalam kondisi prima. mau kemana aja langsung gaaasss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Aya.. Traveling naik motor emang lebih enak yaaa.. Lebih sat set mau kemana-mana 😄

      Delete
  12. Wah, kupikir Planet Ban cuma buat ganti ban ternyata bisa buat servis, ya. Makasih atas rekomendasinya, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama. Dulu kukira juga gitu.. Ternyata bisa service juga. Dan recommended

      Delete
  13. Mbaak Dian, minal aidhin wal faidzin ya Mbak. Kangen sudah lama ndak blogwalking dan jalan2 ke blog Mbak Dian hehehe

    ReplyDelete