Tips Simple Mengatasi Mabuk Laut

Saturday, April 08, 2023

tips mabuk laut

Pertanyaan yang paling sering aku terima sepulang dari perjalanan naik kapal laut adalah, "gak mabuk laut?" 

Jawabnya, alhamdulillah, enggak! 

Mungkin karena setiap naik kapal laut, suasana hati dan pikiranku selalu dalam keadaan sehat, hepi, dan baik-baik saja ya… Seperti waktu ke Banda Naira beberapa waktu lalu.

Waktu itu selama seminggu, aku dan Choty hidup berpindah-pindah dari satu kapal laut ke kapal laut lainnya. Tapi alhamdulillah, kami sama sekali gak ngalamin yang namanya mabuk laut. Sebabnya ya bisa jadi karena waktu itu suasana hati dan pikiran kami sedang hepi. 

Gak tau ya, aku kok selama ini mikirnya bahwa mabuk perjalanan, termasuk mabuk laut, itu 80% pemicunya adalah sugesti pikiran dan suasana hati. 20% sisanya baru faktor lain, seperti masalah kesehatan, cuaca, dan lain sebagainya. 

Sering kan ngeliat, mungkin keluarga atau teman kita, yang setiap mau bepergian selalu parno takut mabuk. Yang kayak gini ini menurut aku yang harus dilawan. Kalo belum pergi aja udah parno duluan, ntar yang ada di pikiran kita ya cuma ketakutan dan kekhawatiran itu aja. Kita jadi gak bisa nikmatin perjalanan. Dan karena sugestinya udah mabuk, mabuk, mabuk, akhirnya ya bakal mabuk beneran 😄😅. 

Buat temen-temen yang pengen bepergian naik kapal laut, tapi takut mabuk, aku punya beberapa tips simple nih. 

Perut jangan sampai kosong

Sebaiknya, sebelum berangkat makan dulu. Makan sedikit aja, jangan sampai kekenyangan juga. Kalo mungkin gak bisa makan berat, coba makan roti atau cemilan yang agak berat. Pokoknya jangan sampai naik kapal laut dalam keadaan perut kosong. 

Jangan baca buku atau main gadget

Baca buku atau main gadget mungkin bisa jadi salah satu cara biar ga bosen di perjalanan. Tapi kelamaan menunduk ketika baca buku atau main gadget, apalagi dalam kapal yang sedang bergerak, justru bisa bikin kita pusing looh. 

Jadi kalo kamu takut mabuk laut, saran aku sebaiknya jangan baca buku atau main gadget ketika kapal berlayar. 

Pilih berada di ruang terbuka

Kalo naik kapal laut, sebaiknya pilih berada di ruang terbuka daripada dalam ruang tertutup. Berada di dalam ruang tertutup bisa bikin perasaan kita jadi gak nyaman. Ujung-ujungnya malah pusing dan mual. 

Jadi mending cari ruang terbuka buat dapet udara segar sambil menikmati pemandangan atau suasana. 

Alihkan pikiran pada hal-hal menyenangkan

Seperti yang aku bilang di awal tadi, kebanyakan penyebab mabuk perjalanan itu berasal dari sugesti pikiran. Jadi sebaiknya buang jauh-jauh pikiran negatif, perasaan takut, kuatir, dll yang bikin gak nyaman. Ganti ama hal-hal yang menyenangkan. 

Kalo belum berhasil, coba nikmati pemandangan atau suasana sekitar. Pokoknya buang jauh-jauh pikiran negatif.

Minum yang anget-anget atau makan permen

Minuman hangat seperti teh anget atau jahe anget bisa bikin perasaan jadi lebih rileks looh. Kamu bisa pesan minuman anget di cafetaria atau kantin kapal. 

Makan permen mint atau permen jahe juga bisa buat ngilangin mual looh. Coba deeh.. 

Btw, kenapa aku gak menyarankan minum obat anti mabuk? Bukan gak menyarankan, tapi kalo buat aku, obat anti mabuk itu udah pilihan terakhir banget. Tapi kalo kamu emang mau minum obat anti mabuk, minumnya sebelum naik kapal yaa.. Jangan pas udah ngerasa mabuk, baru minum obat. Biasanya efek dari obat anti mabuk ini bikin ngantuk. 

Gimana? Semoga tipsnya bermanfaat yaaa..

You Might Also Like

0 komentar