Rute Kereta Api Favorit dengan Pemandangan Menakjubkan

Monday, January 24, 2022


Setiap perjalanan selalu punya cerita menarik, entah ke mana saja tujuan kamu, sama siapa kamu melakukan perjalanan tersebut, atau apa moda transportasi yang kamu pilih. Nah, kalau membahas alat transportasi untuk perjalanan antar provinsi di Pulau Jawa, kereta api menjadi salah satu pilihan yang paling saya gemari. Selain harganya yang terjangkau, kereta juga menawarkan berbagai fasilitas yang sudah pasti membuat perjalanan kamu semakin nyaman.

Bahkan, sekarang memesan tiket kereta api sudah jauh lebih mudah dan praktis. Pasalnya, kamu tidak lagi harus keluar rumah hanya untuk mengetahui jadwal keberangkatan, rute, hingga harga tiket kereta. Sekarang, kamu bisa memanfaatkan banyak aplikasi penyedia jasa pemesanan tiket dan hotel, Traveloka Lifestyle SuperApp salah satunya. Segera pesan tiket kereta online di sini!

Rute Kereta Api Favorit dengan Pemandangan Menawan

Menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan pastinya jadi hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu saat berada di dalam kendaraan, ya? Kalau naik pesawat, kamu melihat indahnya alam dari atas awan. Nah, kalau naik kereta, kamu pasti tersihir dengan pemandangan sekitarnya. Berikut rute kereta api favorit dengan pemandangan yang begitu menawan dan tidak boleh terlewatkan:

Rute Jakarta Bandung

Menuju ke Bandung naik kereta akan membawa kamu mendapatkan perjalanan singkat yang sangat seru dan tak terlupakan. Bukan tanpa alasan, jalur kereta dengan rute Jakarta Bandung memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis karena membelah bukit yang berada di sepanjang Tanah Sunda. Kamu akan melintasi jembatan yang tinggi, bahkan memasuki terowongan yang sangat fenomenal peninggalan zaman pemerintahan Belanda.

Saya sempat mencoba jalur ini waktu jalan-jalan ke Bandung sama temen-temen BLUS beberapa waktu lalu. Sepanjang perjalanan, mata saya benar-benar dimanja oleh pemandangan indah di luar jendela. Sampai rasanya sayang untuk melewatkannya dengan tidur. 

Rute Wisata Ambarawa

Jalur perlintasan kereta api yang berada di Ambarawa, Provinsi Jawa Tengah ini dibuat khusus untuk perjalanan kereta api wisata. Jadi, tidak untuk perjalanan kereta penumpang jarak jauh seperti rute Jakarta Bandung, ya. Menumpang kereta api tempo dulu dengan bahan bakar uap, kamu akan dibawa melintasi jalur kereta dengan pemandangan hijaunya area sawah pada sisi kanan dan kiri. Tak ketinggalan, indahnya pemandangan Rawa Pening yang letaknya memang tidak jauh dari rute jalur kereta Ambarawa ini.

Rute Jakarta Solo atau Yogyakarta

Tak jauh berbeda dengan jalur kereta dengan rute Jakarta Bandung, jalur kereta untuk rute perjalanan dari Jakarta ke Solo atau Yogyakarta pun didominasi oleh area hijaunya sawah dan perkebunan. Belum lagi dengan megahnya Gunung Merapi di kejauhan yang semakin membuat perjalanan kamu tak terlupakan. Kamu akan merasa seperti kembali menyatu dengan alam, meninggalkan tingginya gedung pencakar langit dan menikmati hijaunya daun di pepohonan.


Rute Pantura Jawa Tengah

Salah satu rute perjalanan kereta api paling favorit, yaitu rute yang melalui kawasan Pantura. Sudah bisa dipastikan, kamu akan disuguhi dengan indahnya pesisir pantai Jawa bagian Utara. Bahkan, letak jalur kereta yang sangat dekat dengan bibir pantai membuat kamu merasa seperti benar-benar sedang melintas di atas air.

Tak heran jika jalur kereta Pantura sering dijadikan tempat berburu foto kereta api oleh para fotografer penikmat ular besi ini. Supaya kamu bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan ini, pastikan kamu memesan tiket kereta api rute ke Semarang atau Surabaya di siang hari, ya!

Rute Kutoarjo Solo

Terakhir adalah jalur kereta api lokal dengan rute Kutoarjo menuju Solo. Rute tersebut melintasi kawasan Yogyakarta. Sudah bisa dipastikan, kamu akan mendapatkan suguhan hijaunya area sawah yang asri dan begitu menyejukkan mata. Tak hanya itu, jalur kereta dengan rute ini juga melewati beberapa jembatan berukuran besar, sebut saja Jembatan Bogowonto dan Progo dengan aliran air sungai yang deras.

Kalau kamu ingin menikmati indahnya sawah nan asri, kamu bisa memesan kereta api Prambanan Ekspress dengan rute Kutoarjo menuju Solo atau sebaliknya. Perjalanan untuk kereta api lokal ini tidak sampai malam hari, jadi pastikan kamu sudah mengecek jadwal keberangkatan dengan benar, ya!

Selain untuk perjalanan antar provinsi di Pulau Jawa, masih ada lagi jalur kereta dengan pemandangan alam yang tidak kalah menakjubkan, yaitu jalur kereta wisata di Danau Singkarak. Jalur ini melayani rute dari Solok menuju ke Sawahlunto dan Batubabal juga sebaliknya. Berada di kawasan Sumatera Barat, jalur kereta dengan rute tersebut menyuguhkan indahnya Danau Singkarak juga hijaunya perbukitan yang begitu menawan. Sayangnya, rute ini hanya beroperasi jika disewa alias tidak secara reguler.

Itu tadi rute kereta favorit yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Kamu tentu bisa menikmatinya secara langsung saat melakukan perjalanan liburan nantinya. Namun, jangan lupa, supaya lebih praktis dan mudah, pesan tiket perjalanan kereta api favoritmu hanya di Traveloka Lifestyle Superapp, ya!

Eh, kamu juga bisa menikmati fasilitas tambahan di kereta api looh.. Selamat bersenang-senang naik kereta api 😉

You Might Also Like

0 komentar