Food Junction, Tempat Hangout Kekinian di Surabaya Barat

Saturday, March 12, 2016



Surabaya punya tempat hangout baru yang kekinian, namanya Food Junction. Lokasinya di Grand Pakuwon, Tandes. Waktu awal-awal buka pada akhir Januari 2016 lalu, saya udah penasaran ama tempat yang satu ini. Soalnya Food Junction ini disebut-sebut mengadaptasi Floating Market di Lembang sana. Jadi meski namanya Food Junction, tapi tempat ini gak cuma menyediakan aneka kuliner aja. Yang jadi point of interestnya justru ada pada danau buatan seluas 4400 m2 dan wahana-wahana permainannya.  

Rencana mau ke sana sama sahabat juga keluarga selalu gagal. Apalagi sepanjang bulan Januari - Februari hampir tiap sore di Surabaya turun hujan. Jadi mikirnya sayang banget ke sana kalo lagi hujan. Kan gak asik udah jauh-jauh dateng ternyata sampe sana gak bisa seru-seruan nikmatin suasananya gara-gara sibuk cari tempat berteduh. Soalnya dari foto-foto yang beredar di instagram, tempatnya tuh emang terbuka kecuali area food court-nya.

Dan akhirnya, baru awal Maret saya kesampaian ngajak keluarga ke Food Junction. Dari tempat tinggal kami di Waru, Sidoarjo ke lokasi Food Junction di Tandes, Surabaya Barat, hujan deras dan mendung pekat bergantian menemani perjalanan kami. Untung pas sampai di lokasi gak hujan, cuma agak mendung aja. Gagal deh dapet foto danau dengan latar langit yang merona keemasan *grin..

Cuma dapet foto danau berlatar lampu dari Festival of Lights :D

Sore itu suasana Food Junction rame banget. Keramaian sudah terlihat sejak dari parkiran. Area parkirnya yang luas terlihat penuh oleh kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Dari parkiran, makin jelas terlihat kalo di dalam suasananya jauh lebih ramai.


Tempat Hangout yang Selfiable

Pelantar di tepi danau dipenuhi pengunjung yang asik berselfie ria. Antrian pengunjung juga terlihat di setiap wahana permainan. Dan suasana di dalam food court pun penuh, sampai gak ada satu pun meja yang kosong.  

 Semua area dipenuhi pengunjung

 Tuh liat.. rame banget kan?

Kalo dari yang saya liat kemarin sih, kebanyakan yang datang ke sana niatnya karena ingin foto-foto. Tua, muda, semua pada asik selfie. Jadi jangan heran ya, kalo misal lagi asik jalan tiba-tiba ada tongsis nyelonong di depan muka. Ato pas lagi asik foto dengan background cakep tau-tau pas diliat hasilnya ada penampakan orang di belakang.. #cropable.

Selfie sih selfie mbak, tapi jangan buang sampah sembarangan donk...

Ini wajar sih, karena lokasinya emang fotogenic dan selfiable banget. Mulai dari danau, area food court, sampai lampu-lampu di Festival of Lights, semua menarik untuk dijadikan background selfie maupun objek foto.

Festival of Lights

 Suasana danau

Tempat Hangout Segala Usia

Sebagai tempat hangout yang kekinian, Food Junction ini cukup lengkap. Wahana yang ada cocok untuk segala usia. Jadi bukan buat bocah aja, orang dewasa juga bisa seru-seruan di sini. Kayak bumper boat, kano, perahu dayung, atau mobil kayuh berlampu warna-warni yang di Food Junction dikasih nama helicak, semua itu bisa dinaiki oleh pengunjung dewasa. Harga setiap wahana bervariasi mulai dari 15 ribu - 30 ribu.

 Mobil VW itu di sini namanya helicak

Buat anak-anak ada beberapa wahana permainan yang bisa dicoba, yaitu safari train, carrousel, trampolin, ferris wheel, bom bom car, dan banyak lagi deh.. Lala dan Farza langsung heboh ngeliat mobil warna-warni dan safari train, yang kalo kata mereka itu kereta kelinci.

 Lala & Farza naik carrousel

Antrian di kedua permainan itu cukup panjang. Dan baru aja kami mau ikutan ngantri tiba-tiba hujan turun. Walhasil antrian buyar, semua sibuk berlarian cari tempat berteduh. Ternyata hujan yang turun tiba-tiba itu singgah cuma sebentar. Begitu hujan reda kami balik ke tempat antrian untuk naik helicak yang tadi sempat mengular. Beruntung kali itu kami dapat antrian di baris ke-3. 

Drama Satu Babak Gara-Gara Helicak

Tiba-tiba dari depan kami ada ribut-ribut. Seorang bapak berbadan gempal dan berambut plontos dengan wajah sangar terlihat marah-marah ke penjaga permainan helicak. Rupanya tadi sudah hampir giliran bapak plontos dan keluarganya naik helicak, tapi karena hujan jadi antrian buyar. Dan waktu hujannya reda dan si bapak plontos balik ke antrian, ternyata antrian barunya udah panjang. Si bapak plontos rupanya gak terima, makanya dia marah sambil misuh-misuh gak jelas ke penjaganya.  

Entah karena takut atau gak enak, akhirnya petugasnya mempersilakan si bapak langsung naik ke helicak. Eehh bukannya bilang makasih udah diijinin nyerobot antrian baru, si bapak plontos malah mau mukulin penjaganya. Ealah paak... segitunya deh.. Pasti bapak kurang piknik ya? Makanya sensi dan emosian gitu.. Ngantri aja kok pake ribut paaak...

Naik helicak

Drama satu babak itu akhirnya berakhir setelah ada yang melerai. Sempat jadi bahan tontonan dan ketawaan dari pengunjung lain. Lucu aja gitu.. Ada bapak-bapak bertampang sangar ngamuk-ngamuk cuman gara-gara pengen naik helicak. Hihihi... 

Balada Kereta yang Kehabisan Bensin

Habis naik helicak, para krucil minta naik kereta kelinci. Kebetulan antriannya gak seramai antrian helicak. Tapi pas udah hampir giliran anak-anak naik, tiba-tiba supir kereta kelincinya turun setelah sebelumnya meminggirkan keretanya.

 "Bensinnya habis!" Jawabnya sambil berlari ke arah luar ninggalin para pengunjung yang cuma bisa bengong.

 Loko kereta kelinci kehabisan bensin :D

Lala & Farza nunggu kereta

15 menit berlalu. Supir kereta yang ditunggu-tunggu gak datang juga. Beberapa bocah yang sudah duduk di atas kereta mulai menunjukkan wajah bete bahkan ada yang mulai nangis. Beberapa pengunjung akhirnya pergi meninggalkan antrian sambil menggerutu dan menggendong anak mereka yang nangis. Kami sih memilih tetap menunggu, soalnya sayang duitnya, hehehe.. Lagian Reva, Lala dan Farza juga masih asik main lari-larian. Sedikit pun gak menunjukkan wajah bete atau bosan.

Akhirnya supir kereta datang sambil lari-lari bawa 1 jerigen plastik. Tampangnya keliatan capek banget kayak yang habis lari dari kenyataan Surabaya-Mojokerto.

 Pak supir dengan jerigen bensin

Setelah bensin beres, bocah-bocah pun naik sesuai antrian. Dan rupanya belum sampai pada giliran Reva, Lala juga Farza. Tapi setelah jalan 2 putaran, kereta kelincinya berenti lagi. Katanya bensinnya habis jadi cuma bisa 1 putaran lagi aja. Seharusnya, 1 tiket itu berlaku untuk 2 putaran. 

Kami bengong. Kok bisa sih gak dipersiapin sebelumnya? Beberapa pengunjung mulai ngomel karena merasa capek nunggu dan ternyata masih harus nunggu lagi. 

"Bensinnya kok gak disiapin sih mas?" Tanya seorang bapak dengan nada kesal.
"Iya pak.. Masih dibeli. Ini aja tadi saya ngetap bensin motor saya. Makanya cuma dapet dikit." Jawab mas supir dengan wajah pasrah dan lelah. 
"Jadi ini udah gak bisa jalan?" Tanya bapak yang lain lagi.
"Bisa pak, tapi cuma 1 putaran aja"
"Ya udah deh mas, gakpapa anak-anak saya naik 1 putaran aja." Saya menyodorkan 3 tiket ke mas supir.
"Gak sayang bu cuma 1 putaran?" Si mas supir ragu menerima tiket saya.
"Gakpapa mas. Dari pada harus nunggu lagi. Lama.."

Dan akhirnya banyak yang ikutan, lebih rela anaknya naik kereta kelinci cuma 1 putaran, dari pada harus nunggu si supir yang nyari bensin entah kemana lagi?

 Kereta berangkaaat.. Meski cuma 1 putaran.. hehehe...

Sayang banget sampai ada kejadian begini. Harusnya pihak pengelola sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Bukan setelah bensin habis baru sibuk pergi beli, sementara antrian pengunjung terus bertambah. Iya kalo belinya deket.. Lah ini? Udah nunggu lama, eh pas sampe giliran harus nunggu lagi gara-gara bensinnya habis (lagi). Semoga hal ini bisa jadi perhatian pihak pengelolanya. Biar di kemudian hari gak ada lagi kejadian kayak gini. 

Hunting Aneka Kuliner

Tampak luar area food court

 Semua meja terisi penuh

 Di dalam juga penuh

Berkunjung ke Food Junction, gak afdal kalo gak hunting kuliner. Ada puluhan tenant kuliner yang dijamin bakalan bikin kamu bingung mau milih yang mana? Hehehe.. iya bener, kami kemaren juga gitu.. Saking banyaknya pilihan, yang ada justru malah bingung mau makan apa?

Saking bingungnya, akhirnya milih soto ayam, nasi bebek Harisa, pempek Farina, dan pastinya duo menu putus asa, nasi goreng dan mie goreng. Hahahaha... Untuk rasa, not bad at all laaah.. Dan untuk harga masih terjangkau lah, standard harga makanan dan minuman di mall sih.

 Bebek Harisa dan pempek Farina

Oiya, gak semua tenant yang ada di sini menyediakan halal food loh ya.. Jadi buat temen-temen muslim perhatiin logo halal sebelum pesen makanan. Kalo ragu, gak ada salahnya untuk tanya langsung.

***

Kesimpulannya, Food Junction Grand Pakuwon ini cukup recommended untuk dijadikan pilihan tempat berakhir pekan bersama teman juga keluarga. Mushola sudah tersedia, jadi gak bingung lagi kalau niat menghabiskan waktu seharian di sini. Sebagai tempat bersantai sambil makan siang atau malam juga oke banget. Saran saya untuk pihak pengelolanya mungkin lebih diperhatikan lagi persiapan-persiapan kecilnya, biar kejadian bensin habis di salah satu wahana permainan seperti yang kami alami gak terulang lagi.


Food Junction Grand Pakuwon
Jl. Grand Banjar Boulevard, Tandes, Surabaya, Jawa Timur.
Phone:  (031) 99019500

You Might Also Like

20 komentar

  1. wah keren ya....sy ke surabaya cuma sempat transit aja..moga suatu hari bisa ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke Surabaya kabar-kabar ya... Mana tau pas saya lagi di Surabaya juga :D

      Delete
  2. duo menu putus asa,hahahahaha.....boleh juga namanya..
    semoga pulang besök bisa kesini,asik banget tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya mbak... duo menu putus asa... :D
      Tempatnya emang asik banget mbak...

      Delete
  3. Lucu baca bapak-bapak plontos emosi gitu, mungkin masa kecilnya kurang bahagia hahahaha.

    Pertama denger tempat ini dari blognya Mbak Nurul, trus Mbak Dian ngulas ini juga. Belum sempat ke sana sih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe.. iya Qy.. Mungkin beliau kurang piknik :D
      Lumayan sih tempatnya kalo buat kumpul-kumpul ama keluarga atau temen. Cuma ya itu, jauh kalo dari Waru, hehehe...

      Delete
  4. Penuh cahaya! Cakep banget kalo buat foto2 ya mbak. Tempat hangout yang asik ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mbak... Makanya lebih banyak yang dateng kesana buat foto-foto dari pada makan :D

      Delete
  5. Wow semakin berkesan dg drama dan balada nya dong disana ...hehehe

    ReplyDelete
  6. Waru-Wonokromo-Kedung Doro_margoMulyo-benowo-Tandes..., wah dah lama tak ke Surabaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dulu berarti sering ke Surabaya ya? Sampek hapal tuh.. :D

      Delete
  7. weh mantep ya, saya belom pernah keosno haha

    ReplyDelete
  8. Aduuuuh.. pengen ke Surabaya...
    Belum pernah ke kota Pahlawan itu hiks

    ReplyDelete
  9. Iki suroboyo kok keren yooo, tandes cidek omahku

    ReplyDelete
  10. Kalo malem bagus ya mbak, aku kesana pas siang itu puanas banget. Mungkin skrg pohon2nya dah lebih banyak ya mbak?

    ReplyDelete
  11. Waooo... Sisi lain Surabaya, jadi kangen :)

    ReplyDelete
  12. wah bagus banget ya, besok kalau pas ke surabaya mau ah kesini. Dulu pernah diajak makan di Pakuwon juga tapi gak tau sebelah mananya hehe

    ReplyDelete
  13. Baru tau ada yang begini di surabaya... super kece (y)

    ReplyDelete
  14. keren tempatnya banyak lampu.mirip ama batu nighg spectacular

    ReplyDelete