Engineering Gathering di Pantai Tegar Putri

Monday, June 05, 2017


Fill your life with adventures, not things. Have stories to tell, not stuff to show - anonymous 

Setelah beberapa pagi Batam diguyur hujan, hari itu bisa menyaksikan matahari bersinar cerah dari balik jendela kamar rasanya sungguh bikin hepi. Apalagi hari itu, Minggu 7 Mei 2017, saya dan teman-teman Engineering Department mau piknik ke Pantai Tegar Putri. Sebuah pantai berpasir putih yang ada di Pulau Galang Baru. Pulau terakhir dalam rangkaian pulau-pulau yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. 

Berhubung lokasinya cukup jauh dari kota tercinta (baca: Batuaji), jadi kami sepakat untuk berangkat pagi-pagi. Takut ngantri di imigrasi, wkwkwk.. Selain itu kami juga mengejar air pasang sih. Soalnya dari tabel pasang surut yang kami baca, hari itu air laut akan mulai surut sekitar jam 10 am. Dan baru pasang lagi sekitar jam 6 pm. Kan sayang kalo sampai sana ternyata airnya surut. Gak bisa main air donk...

Dan seperti yang saya bilang di awal tadi, Pulau Galang Baru ini kan merupakan pulau terakhir yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Itu artinya, untuk sampai di pulau ini kita harus ngelewatin 6 jembatan dan 6 pulau. Diperlukan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan untuk sampai di Pulau Galang Baru. 

 Peta dari Batuaji ke Pantai Tegar Putri

Keenam jembatan yang dilewati itu masing-masing memiliki nama yang diambil dari nama pahlawan di Kepri. Tapi sepertinya warga Batam lebih senang menyebut jembatan-jembatan itu dengan jembatan satu, jembatan dua, dst. Oiya, nama-nama jembatan dan pulau-pulau yang dihubungkan pernah saya tulis di sini

Bagaimana Menuju ke Pantai Tegar Putri?

Buat yang mau ke Pantai Tegar Putri, gampang kok. Ancer-ancernya, perhatiin 1 tower yang ada di sebelah kanan jalan setelah melewati Jembatan 6. Jangan salah ya, sebelum 1 tower yang berdiri sendirian itu, ada 2 tower lain yang berdiri berdampingan. Cuekin ajah. Toh mereka udah berpasangan. #apaansih.. 

 Tower dan plang Pantai Tegar Putri

Nah kalo udah kelihatan 1 tower yang ada di sebelah kanan jalan, kamu lihat ke sebelah kiri, disitu ada plang bertuliskan Pantai Tegar Putri. Iya, kamu belok ke kiri, tinggal ikutin aja jalannya. Lumayan sih, sekitar 2 km. Jangan kaget begitu belok kiri jalannya agak menanjak. Jalurnya masih berupa jalan tanah yang konturnya naik turun dan berkelok-kelok. Nikmatin aja perjalanannya. Anggep aja naik komidi putar. Kalo saya bilang rollercoaster itu terlalu berlebihan. 

 Jangan kaget pas belok jalannya langsung menanjak

Jalan masuknya seperti ini

Nikmatin aja pemandangan yang ada

Spot foto di pinggir jalan :D

Oiya, satu lagi. Jangan terlalu mengandalkan GPS untuk mencari lokasi Pantai Tegar Putri. Karena 2 teman saya mengaku kelewatan karena mengikuti 'saran' dari GPS. Kalo ngikut GPS, sampai di depan 1 tower ini kamu masih akan diarahkan untuk terus, bukan belok ke kiri. Kalo terus ntar ketemunya Pantai Cakang, bukan Pantai Tegar Putri. 

Sebelum sampai di pantai, ada pos untuk membayar tiket masuk. Harga tiketnya 10K/orang dewasa. Anak-anak free. Simpen baik-baik tiketnya. Kalo di dalam ditagih lagi, tinggal tunjukin aja tiketnya. 

 Bayar pass masuk di sini

Tiket 10K/orang

Fasilitas di Pantai Tegar Putri

Asiknya pantai ini, area parkir kendaraan berada persis di tepi pantai. Malahan kalau camping, kendaraan bisa diparkir persis di samping tenda atau gazebo. Di sini memang sudah tersedia beberapa gazebo yang bisa disewa. Harga sewanya 50K/gazebo. 

 Gazebonya seperti ini

Begitu sampai, kami langsung suka ngeliat pantainya yang berpasir putih. Garis pantainya cukup panjang. Bakal puas kalo mau lari-lari atau guling-gulingan di pantai ini. Banyak pohon juga, cocok banget buat gantungin hammock.

Sebagai daerah kepulauan, di Batam emang gampang banget ketemu pantai. Dan salah satu dari sekian banyak pantai yang recommended untuk dikunjungi adalah Pantai Tegar Putri ini.

Bos saya yang berkebangsaan India mengakui, dari beberapa pantai yang sudah dia kunjungi di Batam ini, Pantai Tegar Putri yang paling asik.

Saya sempat penasaran, kenapa pantai ini dikasih nama Pantai Tegar Putri? Menurut pengelolanya, aslinya namanya cuma Pantai Tegar. Diambil dari nama daerah tempat pantai ini berada. Tapi sewaktu bikin plang, desainernya ngusulin namanya ditambah jadi Tegar Putri. Pengelolanya pun setuju. Jadilah nama Pantai Tegar Putri sampai sekarang.

 Garis pantainya cukup panjang

Puas main-main di pasir

Seru itu kalo rame-rame

Yang langsung asik main pasir

 Cieee yang pake kaos baru :p

Ini pada ngapain sih?

Fathers and sons

Sebagai pantai baru, fasilitas yang ada di Pantai Tegar Putri sudah cukup lumayan. Toilet, ruang bilas, dan warung sudah tersedia di sini. Sayangnya belum ada mushola. Tapi kalau mau sholat bisa sih di gazebo.

Pantainya bersih. Pihak pengelola hotel menyediakan tempat sampah untuk masing-masing gazebo. Nah kalo udah disediain tempat sampah gini, kan kebangetan kalo masih ada yang buang sampah sembarangan. 

BBQ Party

Seperti biasa, kalo piknik ke pantai tujuan utama adalah untuk BBQ-an. Err... selain pamer baju baru tentunya, hehehe... Dan masih seperti piknik sebelumnya waktu ke Pantai Bale-Bale, si bos nyumbang kepiting yang udah dibumbuin pake bumbu tandoori. Jadi di pantai tinggal dibakar aja. Selain kepiting, juga ada ayam dan ikan. Pokoknya bener-bener pesta BBQ. 

Ayam, ikan, dan kepiting siap dibakar

 Yang asik bakar-bakar

Yang asik nungguin ikan

Lagi asik bakar-bakar, tiba-tiba hujan turun dengan deras. Akhirnya semua terpaksa pada ngungsi di warung. Dan acara bakar-bakarnya pun dilanjutin di warung. Nanggung. 

Hujannya reda pas barengan ama acara bakar-bakarnya selesai. Jadi kami pun langsung makan. Alhamdulillah nikmat banget. Makan rame-rame di pantai sambil menikmati air laut yang semakin surut. Yang kayak gini nih yang bikin hepi. Bener gak?

Department tempat saya bekerja bisa dibilang cukup rajin ngadain piknik atau gathering seperti ini. Kebetulan banget untuk hal yang satu ini kami emang kompak. Ya, meskipun kalo urusan kerjaan jarang bisa kompak. Hehehe.. Tapi asik aja sih. Dengan piknik rame-rame begini, kita bisa jadi lebih akrab. Apalagi tiap acara piknik begini semua pasti bawa keluarga. Jadi bisa lebih saling mengenal.

Next, piknik kemana lagi kita gaes?

 Makan rame-rame

Dunia milik berdua...

Foto keluarga

You Might Also Like

39 komentar

  1. Waduh baca balerang jadi ingat jembatan balerang batam, kangennya ..
    oh ya itu pantainya bersih banget indah
    walau acara sempat diguyur hujan tetap seru deh, itu kepiting bakar nantang banget

    hehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Pantainya bersih. Jadi seneng main-main disana. Alhamdulillah walau sempat diinterupsi hujan, tapi acara bakar2an dan makan2nya sukses :D

      Delete
  2. Wah... mantap banget tuh maen ke pantai terus makan-makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Apalagi kalo rame-rame gini yaa

      Delete
  3. Seru ya timnya..
    Pantai ini bagusnya memang waktu pasang, ditambah lagi memang pantainya teduh, jadi asyik buat bobo siang sama bakar-bakar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah temennya asik2 :D
      Tapi bener deh, pantainya asik. Kmaren bosku sampe bilang dari beberapa pantai di Batam yang sudah didatengin ama dia, Pantai Tegar Putri yang paling keceh

      Delete
  4. waduh waduh pantai yang sangat cetar, ikut makan dong lapar nih :)

    ReplyDelete
  5. kok aku ngeliatnya kayak view di labuhan jukung ya :D

    salfok ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha mirip ya Ded? Bedanya disini belum ada homestay2 kayak di Labuhan Jukung :D

      Delete
  6. wuah di batam ada pantai bagus juga ternyata, kalo ke batam biasanya cuma shopping aja di nagoya. heuheu. mbak itu benaran kesana harus pake paspor ?! aq pernah ke kampung vietnam, apa pantainya dekat dg daerah tersebut ?!
    thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha enggak. Gak perlu pake passport kok. Itu cuma becandaan temen2 saya yg tinggal di Nagoya. Katanya saking jauhnya Batuaji klo kesana kudu pake passport dan melewati imigrasi :D Pantai Tegar Putri ini klo dari camp Vietnam masih terus lagi. Masih harus ngelewatin 1 jembatan lagi :)

      Delete
  7. Jalan ke pantainya lumayan menguji iman ya he3
    Duuh aku salah, buka tulisan ini pas puasa trus liat ikan bakar itu jadi baper wakakaka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, Wan.. Apalagi kalo pas hujan. Jalanannya becek, harus ekstra hati2..

      Delete
  8. Wow, pikniknya beneran niat sampe bawa lauk yang siap dimasak. Ngebayanginnya aja udah seru (dan ribet dikit hehe). 74 km kalo di palembang sini bisa tembus 3 jam kali ya hahaha. Enak Batam jalanan (pinggirannya) masih lenggang :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya Yan, niat banget. Tau gak, untuk piknik begini kami selalu ngadain meeting loh di kantor. Buat ngebagi siapa bawa apa :D Niat banget kan?

      Delete
  9. pantainya keren pokoknya pas kesini lagi surut tp pengen balik lagi mudah2an ntr pasang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu ngecek jadwal pasang surut, Sad... Kalo pasang emang lebih cakep

      Delete
  10. Pernah kesini tapi pas mendung dan gerimis manja. Pantai nya cukup bersih untuk sekelas pantai di Batam

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Hehehe pasti karena ngeliat kepitingnya :D

      Delete
  12. INi namanya menantang maut, eh pantainya indah banget. Kapan ya bisa ke Batam hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kok menantang maut sih? Ayo Bai sini main ke Batam..

      Delete
  13. Wah Pantai nya yg masih sepi pengunjung. Emang asyik y Mbak BBQ bareng teman ataupun keluarga di Pantai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sebenernya rame sih Jrin.. Cuma sengaja pengunjung lain gak diekspos hahaha...
      Yuk sini, kapan jadinya ke Batam?

      Delete
  14. Kece banget.. seru banget dah kalau udah gathering begini, apalagi di pantai..bahagia banget idup.

    Jauuuuh ya pantai Tegar Putri. Aku belum pernah kesana mba Dian. Aduh apakabar kalau warga Bali (baca:Baloi) ke sana melewati Batuaji? bisa antri imigrasi alamat lama neh...wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat pagi Chay, biar gak ngantri di imigrasi :D

      Delete
  15. waaah aku jadi pengen ngerasain sensasi jalan2 di batam sambil nyebrang di jembatan yang menghubungkan antar pulau...

    ReplyDelete
  16. Asik banget kalo ke sini pas air laut lagi pasang. Dan departmtment kalian kompak banget ya mba, seneng ngeliatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Eka.. Kalo urusan piknik bisa kompak :D

      Delete
  17. Ada adegan off roadnya dulu ya mbak Dee, tapi terbayar dengan indahnya pantainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adegan off roadnya gak parah2 banget kok mbak :D Tapi seru sih. Terbayar waktu sampai di pantainya.. :)

      Delete
  18. enak ya mbak bisa mantai rame-rame seperti itu, bakar-bakar lihat kepitingnya membuat aku terpesona deh

    ReplyDelete
  19. jalannya lumayan hardcore ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak parah2 banget kok kak.. Kayaknya malah lebih parah jalan masuk Vio2 deh.

      Delete
  20. Tempatnya asyik dan bersih ya Mbak.... Harus ke sana ni bawa crucils...

    ReplyDelete