Piknik Rame-Rame di Pantai Bale-Bale

Monday, November 28, 2016


Ajakan piknik dari boss baru bikin kami sadar, kalo udah lama juga kami gak piknik rame-rame. Terakhir kami pergi bareng itu waktu bikin foto Engineering Family di Meteor Studio Panbil, dan lanjut pesta seafood di Piayu dalam rangka farewell party-nya Niyas, our Engineering Manager. Jadi begitu diajakin piknik lagi, tentu aja kami hepi. Meski tema piknik kali ini juga dalam rangka farewell party-nya dua orang teman, Adi dan Ester. 

Waktu pilih-pilih lokasi, saya usul snorkeling rame-rame di Pulau Abang, tapi langsung ditolak, karena banyak yang kuatir kalo pake acara nyeberang-nyeberang gitu.. Apalagi cuaca juga lagi kurang bagus. Jadinya cari lokasi lain. Ada juga yang usul Pantai Vio-Vio, tapi ke Vio-Vio kan udah tahun lalu. Jadi mending cari tempat baru aja. Kan sekalian, biar saya juga dapet bahan tulisan baru, huehehe.. 

Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya kami sepakat untuk piknik cantik di Pantai Bale-Bale di daerah Nongsa, tepatnya di Kampung Tua Bakau Serip. Pantai ini baru dibuka sekitar 3 minggu yang lalu. Jadi benar-benar masih baru banget. Saya dapat info tentang Pantai Bale-Bale ini dari mbak Sarah (www.sarahjalan.com), teman saya di komunitas Blogger Kepri yang minggu lalu baru aja main ke pantai ini. 

***

Minggu pagi 27 November 2016 itu hujan sempat turun meski cuma sebentar. Jam 8 pagi kami sudah jalan. Sengaja berangkat pagi biar bisa kebagian bale-bale. Tidak sulit mencari lokasi Pantai Bale-Bale ini. Sampai simpang Batu Besar belok kiri (Jalan Hang Jebat), nanti ada pertigaan kalo terus ke Turi Beach, kalo belok kiri ke Tering Bay, ambil yang arah ke Tering Bay (Jalan Hang Lekiu). Ikutin aja terus jalannya sampai ketemu gapura Kampung Tua Bakau Serip. Masuk aja ke perkampungan. Pantai Bale-Bale lokasinya ada di belakang rumah-rumah warga itu.

 Petunjuk arah ke Pantai Bale-Bale

Harga tiket masuk ke Pantai Bale-Bale Rp 5ribu/orang. Pertama sampai, saya langsung suka dengan suasana kampungnya. Kesannya tenang. Pohon-pohon kelapa yang berbaris rapi di sepanjang jalan itu bikin suasana kampungnya lebih terasa. 

 Suasana Kampung Tua Bakau Serip

Kami langsung menuju pantai, dan langsung mengambil dua buah gazebo (bale-bale) berukuran besar. Bale-bale ini free alias gratis. Tapi kalau booking harus bayar Rp 200ribu/bale-bale. Makanya kami sengaja datang pagi-pagi, biar bisa dapet gratis bale-balenya. 

Rejeki Datang Pagi

Makin siang pengunjung pantai makin rame. Untung kami dateng pagi-pagi. Selain bisa kebagian 2 gazebo besar, kami juga masih kebagian menikmati pantai waktu air pasang dan suasana pantai yang asik buat nyantai. 

 Daftar harga sewa permainan di Pantai Bale-Bale

 Dateng pagi masih bisa nyantai begini...

Saya menangkap ekspresi kecewa yang tak bisa disembunyikan dari wajah mereka yang datang siang. Beberapa malah menggerutu. Udah gak kebagian gazebo, sampai di pantai airnya udah surut. Mau nyobain permainan harus antri, mau foto di rumah pohon juga harus antri. Hehehe... Trus salah gue? Salah temen-temen gue? #terAADC

 Gedung-gedung di Singapura kelihatan dari pantai
 Waktu air pasang viewnya seperti ini

Waktu surut viewnya seperti ini

Pesta BBQ

Acara kami hari itu memang piknik sambil bakar-bakar. Kami udah prepare bawa alat bakaran, eh ternyata sampai sana dipinjami lagi 2 alat bakaran dari Pantai Bale-Bale. Lumayan, soalnya yang mau dibakar juga banyak. 

 BBQ time...

 Jefri on fire :D

 Kepiting dan ikan siap dibakar

Kepiting bakar bumbu tandoori

Pak boss bawain kepiting yang sudah dibumbuin pake bumbu tandoori. Jadi tinggal dibakar. Trus ada ikan dan ayam juga. Pokoknya rame deh yang dibakar. Untuk appetizer (halah!) pak Fuad bawa pempek. Trus pak Fauzi bawa es buah. Kurang apa lagi coba? Seru banget kan piknik kami? Hehehe...

 Pempek buat camilan

Trus makannya sambil duduk lesehan rame-rame di pantai. Sumpah! Nikmatnya jadi berkali-kali lipat. Gak percaya? Coba aja sendiri... 

 Mari makaaaaan....

Makan begini tuh nikmatnya dobel-dobel...

Bale-Bale dan Kebersihan Pantai

Ada 4 buah bale-bale ukuran besar (2x2 meter). Sisanya adalah bale-bale kecil dengan bangku kayu untuk bersantai. Area pantainya sendiri tidak terlalu luas dan dikelilingi tanaman bakau. Pasir pantainya yang putih kekuningan terlihat cukup bersih. Tapi harus hati-hati, soalnya kemarin kami nemu banyak pecahan kaca juga paku yang tercecer. Jadi kalau main pasir, lebih baik tetap pakai sandal. 

 Bale-bale kecil buat nyantai

Bale-bale besar ukuran 2x2m

Sebenarnya pihak pengelola Pantai Bale-Bale ini cukup concern ama masalah kebersihan. Di setiap bale-bale sudah disediakan tempat sampah. Trus kalo ngeliat ada sampah, mereka langsung ngebersihin. Berkali-kali juga mereka mengingatkan lewat pengeras suara agar pengunjung membuang sampah di tempat yang sudah disediakan. Tapi gitu ya tetep aja ada yang buang sampah sembarangan. 

 Lala bantuin bersih-bersih pantai.. wkwkwkwk

Fasilitas dan Permainan

Sebagai pantai yang baru dibuka sekitar 3 minggu, fasilitas dan sarana permainan yang disediakan Pantai Bale-Bale ini cukup lengkap. Ada cano dan banana boat, harganya Rp 30ribu/orang/1 jam. Bisa sewa papan surfing juga, harganya Rp 15ribu - Rp 20ribu. Mau naik boat wisata ke Pulau Putri juga bisa, harganya Rp 30ribu/orang. 

 Ada yang mau naik cano?

Ada juga panahan dan paint ball. Masing-masing harganya Rp 10ribu. Untuk panahan dapet 6 anak panah. Dan paint ball dapet 6 bola. Kalo kena sasaran, dapet free 1 bola lagi. Jadi kalo semua kena ya dapet 6 bola lagi. Berlaku untuk paint ball aja. 

 Nyobain main panahan

 Panah Arjuna. Halah!

 Main paint ball

Di sini juga disediain permainan untuk uji ketangkasan dan keseimbangan, seperti berjalan di seutas tali, berjalan di kayu yang digantung pada seutas tali, atau memanjat jaring spiderman. Permainan-permainan ini semuanya gratis. 

 Seru juga...

 Tempat nongkrong Lala

Setiap hari para pengunjung juga akan disambut dengan pertunjukan tari persembahan. Sebenarnya tarian ini untuk menyambut rombongan tamu dari Korea yang dibawa oleh Inko Travel. Mereka sudah ada kontrak kerjasama dengan pihak pengelola Pantai Bale-Bale ini. Dalam sehari bisa ada 5 sampai 6 pertunjukan tari persembahan. 

 Tari persembahan

 Senyum manis adik-adik penari

Para wisatawan Korea itu terlihat begitu menikmati setiap gerakan tari. Bahkan mereka tak ragu  naik ke atas panggung dan ikut menari. Lucu juga ngeliat gerakan mereka yang justru malah terlihat seperti gerakan senam, hehehe.. 

Fasilitas lain yang disediakan Pantai Bale-Bale ini adalah mushola, toilet, kantin, kios souvenir, viewing platform untuk bernarsis-narsis ria, dan hiburan berupa permainan organ tunggal. Bapak-bapak yang main organ keren loh. Beliau menguasai berbagai jenis lagu. Dan kemarin itu, temen-temen Engineering Batamec ikut nyumbang macem-macem lagu. Mulai pak Fuad yang nyanyi lagu Melayu, Vany dan Jefri yang nyanyi lagu Batak, Mitha yang nyanyi lagu Bugis, Fadli yang nyanyi lagu Padang, sampai Salim yang nyanyi lagu lawas. Pokoknya serasa panggung hiburan kemarin itu milik rombongan Batamec, hehehe...

 Ini spot foto di Pantai Bale-Bale

 Pak Fuad in action

Kalo yang ini pengamen dari mana ya?

***

Buat yang mau piknik di Pantai Bale-Bale, saya saranin datang pagi-pagi. Suasana pantai ini cukup asik buat piknik rame-rame atau sekadar bersantai menikmati suasana. Cuma lautnya yang deket-deket pantai kurang recommend buat cebur-ceburan. 

 Mereka hepi bisa nyebur...

Mau piknik tapi gak mau rempong nyiapin macem-macem juga bisa langsung kontak pihak marketing Pantai Bale-Bale. Mereka punya paket yang harganya Rp 85ribu/orang dan Rp 150ribu/orang. Udah termasuk makan, free flow air mineral, sound system, peralatan games. Bedanya yang harga Rp 150ribu/orang itu udah termasuk sewa cano, banana boat, panahan, dan paint ball. Cocok nih buat yang mau bikin event kantor. 

 Anak-anak emang paling suka main pasir...

 Abhy ini jadi bintang seharian kemaren.. lucu banget ini bocah...

 Numpang narsis

Foto bareng

Buat yang mau tanya-tanya atau mau bikin acara di Pantai Bale-Bale, silakan hubungi Pak Joko 081270060799. Beliau ini salah satu tim marketingnya Pantai Bale-Bale. Jangan hubungi saya ya, hehehe... 

Jadi? Kapan kamu ke Pantai Bale-Bale?

You Might Also Like

36 komentar

  1. Wuih keceh juga ni pantai mba 😊 Noted, harus kesini hehe

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Iya bener langsung rame. Kami jug akaget, Gak nyangka ternyata pantai ini lagi hits banget...

      Delete
  3. Wah boleh jg nih mbak Dian lengkap banget ulasanya mantap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pak Fuad.. Suaranya juga mantap!

      Delete
  4. Tripnya rame, fotonya banyak, makanannya bikin ngeces. Itu kepiting dagingnya tebel atau dikeluarin dagingnya, diolah pake tepung, dimasukin lagi trus dibakar mbak Dee?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibakar sekalian cangkangnya Yan.. itu sebelumnya udah direbus dulu, trus dibumbuin pake bumbu tandoori.. Jadi dagingnya udah mateng.

      Delete
  5. Emang view-nya cakepan pas air lautnya pasang, Mbak. Ikannya bawa sendiri atau beli di sono, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikannya bawa sendiri mbak.. Udah dibumbuin juga, di sana tinggal dibakar...

      Delete
  6. Kayaknya asyik juga ini pantai. Yuk kapan kita rame-rame ke sana?

    ReplyDelete
  7. Duh. Keren kali tempatnya. Kita bisa ikutan nari gak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mereka lagi latihan bisa, Zack.. Tapi kalo pas tamu dari Korea-nya dateng gak bisa...

      Delete
  8. 2h keren nih mbak, harusnya semua pantai rakyat di batam dikelola kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener teh.. Jadi kan lebih nyaman ya..

      Delete
  9. lumayan murah ya harga sewa canoe dll, ada banyak permainan lg, agak profesional nih pengelolaannya

    ReplyDelete
  10. widih pantainya baguss, memanjakan pengunjung bgt :D,, dan bersihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengelolanya aware banget ama kebersihan. Salut lah..

      Delete
  11. Wahh Pantai baru, bisa di explore nanti, btw apa artinya " Bale bale" Ya?

    Bale dikampung saya artinya Ruang depan/ruang tamu...

    hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku taunya artinya bale-bale tuh bangku panjang yang biasa ada di teras rumah, buat duduk-duduk santai sambil ngopi.. Biasa ada di kampung-kampung mas..

      Delete
  12. Aseeekkkkk ...mainannya tambah banyak lagi disana.... hemat dong ya kesana dapat gazebo gratis..hahaha

    ReplyDelete
  13. Seru pantainya.
    Viewnya juga cakep kalo lagi pasang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo lagi pasang cakep.. Jadi bagusnya sebelum kesana cari tau dulu waktu pasang surut hehehe

      Delete
  14. wuiihh.. nampaknya tempat keren nihh.. lihat foto BBQ makin ngiler pengen ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi alternatif buat weekend nanti pak :)

      Delete
  15. Pantainya kece, bakarannya menggoda, dan jadi sedih karena jauh dari jogja. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo Manda.. kapan nih mau singgah di Batam?

      Delete
  16. Ya Tuhan, foto-fotonya bikin pengen langsung ke sana. Huhuhuhu. Pulau Bale-bale, aku dataaaaaang!

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  17. pantai nya cocok nih buat nge camp bareng temen, visit juga diskusiaja.blogspot.com wisata alam yogyakarta yg view nya juara :)

    ReplyDelete
  18. Waaah, asik yah piknik reramean gitu. Jadi seru keliatannya..

    ReplyDelete