Mengunjungi Pantai VioVio, si Cantik di Pulau Galang

Tuesday, December 15, 2015


There are big ships and small ships. But the best ship of all is friendship - anonymous

Dalam suatu meeting rutin Engineering Department yang membosankan siang itu, tiba-tiba aja si boss ngajakin piknik. Katanya udah lama kita gak piknik bareng. Muka-muka ngantuk di sekitar saya mendadak langsung sumringah. Hahaha.. si boss tau banget nih, kalo kita semua emang butuh piknik. Dan seketika topik meeting kami pun berubah. Dari yang ngebahas project baru, langsung belok ngebahas piknik. You know us so well, boss :)

Kami sepakat untuk piknik di Pantai Vio-Vio yang ada di Pulau Galang, Batam. Pantai Vio-Vio ini masih tergolong baru. Lokasi pantainya berada tak jauh dari Jembatan Tuanku Tambusai, atau yang lebih popular dengan nama Jembatan 5 Barelang, yang menghubungkan Pulau Rempang dan Pulau Galang. 

 Payung warna-warni di Pantai Vio-Vio

Piknik kali ini kami sepakat untuk melakukan sesuatu yang beda dari biasa. Sambil piknik, kami mau bersih-bersih kawasan di sekitar Pantai Vio-Vio, sekalian buat program CSR-nya PT. Batamec Shipyard nih.. Kalo kata pepatah, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Kalo kata saya sih, CAPEK! Hehehe.. emangnya gak capek, ngedayung ke dua tiga pulau?!

Program CSR (Corporate Social Responsibility) ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan sekitar sesuai dengan yang tertuang dalam Undang-undang Perseroan Terbatas (UUPT) No. 40 tahun 2007 pasal 74 yang menyebutkan bahwa perseroan yang menjalankan usaha di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.   

Kebetulan perusahaan tempat saya bekerja baru aja lolos sertifikasi ISO 14001 (Standar Lingkungan) dan OHSAS 18001 (Standar Keselamatan dan Kesehatan). Jadi anggap aja piknik plus program CSR kami ini sebagai ajang perayaan dan cara kami untuk bersyukur. 

Di hari yang disepakati, kami berangkat dengan perasaan hepi, sehepi matahari yang bersinar pagi itu. Kami sengaja berangkat pagi biar bisa puas main-main di pantainya. 

 Ready to go

Buat yang belum tau Pantai Vio-Vio ini, lokasinya setelah melewati Jembatan 5 Barelang, terus aja. Pantai Vio-Vio lokasinya bersebelahan dengan Pantai Mirota, dan berseberangan dengan Camp Vietnam. Kalo sudah melewati Pantai Mirota, perhatikan di sebelah kiri jalan ada spanduk penunjuk arah menuju Pantai Vio-Vio, jadi langsung nyeberang aja, soalnya pantainya ada di sebelah kanan. Tiket masuk kawasan Pantai Vio-Vio adalah Rp 10.000 per orang dewasa, anak-anak gak dipungut biaya.

 Jembatan 5 Barelang

 Spanduk Pantai Vio-Vio di sebelah kiri jalan

Jalan menuju pantainya kayak gini

Jalur menuju Pantai Vio-Vio masih berupa jalan tanah yang naik turun dan belok belok. Jadi perlu hati-hati bawa kendaraan, terutama kalo lagi musim hujan. Licin, cyiiin...! Di atas bukit, sebelum turun ke pantai kami berenti dulu buat foto-foto. Sekalian mau pamer kaos baru, hahaha.. 

 Boyband :p

Batam Top Model :p

 Pamer kaos baru doonk :p

Pemandangan dari atas situ cakep bener. Lautnya berwarna biru bergradasi tosca. Terlihat jelas pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai, juga kapal-kapal yang berlayar melintasi samudera. Langit biru dengan gumpalan awan-awan tipis menjadi bingkai yang manis untuk pemandangan yang tersaji pagi itu. Suka! 

 Pantai Vio-Vio dari atas bukit

Semakin dekat semakin terlihat hamparan pasirnya yang putih dan luas. Gazebo-gazebo berukuran sedang dengan kapasitas sekitar 15 orang berbaris rapi di pantai seolah menunggu pengunjung yang ingin bersantai. Gazebo-gazebo berukuran sedang itu disewakan seharga Rp 150.000 per gazebo. Sementara gazebo yang berukuran lebih besar disewakan seharga Rp 200.000 per gazebo. 

 Gazebo di sepanjang pantai

 Banana boat-nya udah nungguin tuh..

Another view Pantai Vio-Vio

Buat yang gak mau sewa gazebo bisa memanfaatkan paranet yang ada di sekitar pantai. Gratis. Mau sewa tikar buat alas duduk juga bisa. Harganya Rp 50.000 per tikar ukuran 2x3 meter. Hari itu kami milih pake paranet aja, untuk alas duduk, kami udah bawa sendiri. 

Hari itu salah satu agenda kami selain bersih-bersih pantai adalah bakar-bakar ikan. Lagian, main di pantai emang paling asik kalau sambil bakar-bakar ikan.. Di Pantai Vio-Vio ini sudah disediakan barbeque pit sederhana buat yang mau ber-barbeque ria. Jadi gak repot lagi deh...

Barbeque time

Langit yang tadinya cerah perlahan berubah menjadi gelap dan akhirnya manjatuhkan satu per satu muatannya. Perubahan cuaca yang seperti ini sudah bukan hal aneh lagi di Batam. Rintik hujan nggak membuat mereka yang asik main bola berhenti bermain, malahan mereka jadi semakin semangat main bola di bawah rintik hujan. Begitu juga dengan dua bocah, Lala dan Angel, yang tetap asik bermain air dan pasir. 

 Yang asik main bola

 Yang tetep asik main bola sambil hujan-hujanan

 Yang asik main pasir

Yang asik main air

 Yang asik bakar ikan

Yang asik nungguin ikannya mateng

Yang asik mojok.. cie.. ciee... si boss euy :p

Yang lain pastinya juga gak mau ngelewatin kesempatan main-main air. Underwater-nya lumayan bersih. Tapi kemaren kami gak nemu ikan-ikan yang berenang di sekitar situ, ketemunya cuma sama ubur-ubur dan kepiting. 

 Ubur-ubur

 Yeeaaay.. dapet kepiting

Lagi enak-enak makan, tiba-tiba hujan yang tadi sempat berhenti, turun lagi dengan semakin deras. Kami tetap makan dengan nikmat. Gimana ga nikmat, kalo menunya nasi briyani, chicken tandoori, mutton curry, plus ikan bakar sambal dabu-dabu. Mantap!

 Ikan bakar bikin laper

Sambal dabu-dabu ala Mitha

Niyas, boss kami yang berkebangsaan India itu yang bawain nasi briyani, chicken tandoori dan mutton curry untuk menemani si ikan bakar. Hepi deh punya boss yang pengertian begini, tau banget kalo anak buahnya pada doyan makan dan butuh piknik, hahaha... Hepi juga punya temen-temen yang kompak dan asik seperti Engineering team ini. 

 Mari makaaaan...

Abis semua makan, baru deh kita mulai acara bersih-bersih pantainya. Kebetulan hujan juga sudah reda. Hari itu kami hanya menyisir dan membersihkan kawasan pantai yang sebelah kanan, dekat hutan bakau. Kami tidak menyisir bagian kiri pantai, karena pada saat yang sama, di bagian kiri pantai sedang ada gathering komunitas dog lovers. Hehehe agak ngerasa kurang nyaman aja ama anjing-anjing gedenya yang dibiarin lari-larian di sekitar situ :) Jadi cukuplah kami ngebersihin kawasan pantai yang di sebelah kanan aja. 

 Waktunya bersih-bersih pantai, mungutin semua sampah

 Foto bareng sebelum bersih-bersih

Pantai Vio-Vio ini juga dikenal dengan nama Pantai Cantik. Dan setelah dibersihkan, jadi makin terlihat cantik dan bersih pastinya. Semoga setiap pengunjung yang datang ke pantai ini punya kesadaran untuk terus menjaga dan merawat agar pantai ini tetap cantik dan bersih. 

 Semoga bisa terus bersih seperti ini...

Buat kamu yang penasaran ama Pantai Vio-Vio, dateng aja... Fasilitasnya cukup lengkap kok. Ada permainan banana boat juga looh, harganya Rp 25.000 per orang. Kalo laper, dan gak bawa bekal, ga usah khawatir, di sini juga ada kantin yang menyediakan makanan. Mulai dari makanan ringan sampai berat semua ada.. 

 kantinnya bersih

Happy holiday!

You Might Also Like

56 komentar

  1. Baru mau ke pantai ini weekend besok demi postingan blogm eh udah keduluan bloger kece ini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. sengaja, Bal.. Mumpung belum ada yang nulis tentang Vio-Vio nih.. :D :D

      Delete
  2. Cieh itu yang megang gitar, pakem banget gayanya hahaha. Oke sip, siang ini aku mau pesen ikan bakar aja *slruup, ngiler gegara postingan ini, foto akan dilaporkan melalui grup WA* hahaha.

    Aku sudah putihan nih, udah lama gak jalan-jalan (ke pantai). Walaupun kayaknya pantainya gak terlalu kece *kalo dibandingin Maldives yang aku datangi di mimpi semalam* tetep aja kecibangkecibung main air itu menyenangkan hurraaay!

    *komenrandom* *sungkemlebaransekalianmintaTHR*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha.. gayanya doank :D
      Dan aku tiba-tiba jadi pengen makan nasi briyani siang ini.. :D

      Kapan ya aku ke Maldives? Dalam mimpi aja belum kesampaian ke sana *sodorinamplopTHR

      Delete
  3. Dua tiga pulau terlampui,? Tenggelam deh. ITU biryani kayaknya lezat sekali.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi briyaninya enaaaak.. Jadi laper sendiri aku :D

      Delete
  4. ahhhhhhhhhhhhh...............next trip wajib kesini..............#PantaiBaru#kekinian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku liat di IG kayaknya emang lagi #kekinian nih Vio-Vio :D

      Delete
  5. bisa jadi alternatif liburan akhir tahun nich nice trip :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... mumpung tempatnya belum seramai pantai-pantai di sebelahnya :)

      Delete
  6. Pengen kesana tapi kok jauh amat dari tempatku. Photonya sip banget, terutama yang ikan bakarnya. Gazebo, pantai semuanya perfect banget. Masukin dalam list destinasi wisata 2016 dulu aja deh :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan bakarnya bikin laper ya :)
      Sipp.. mudahan tahun 2016 bisa kesini ya..

      Delete
  7. Ada ubur2 ya mbak....makin takut utk renang..heheh sakit ei kalo kesengat

    ReplyDelete
  8. Kereen neh, piknik sama bersih-bersih, nggak semua orang mau lho.
    next Pantai-pantai di Malang ya Dee ;P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... boleh boleh kalo diongkosin sekalian.. #ngelunjak!

      Delete
  9. Kapan kesini lagi kakakkkkkk... Ajak adek kak, ajak *lope lope

    ReplyDelete
  10. asik bangeeet ya rame-rame piknik ke pantai, nama pantainya unik-unik mba dian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak namanya lucu ya.. Vio-Vio :D
      Yuk kapan ke Batam, mbak Dew? Kita mantaaaaai...

      Delete
  11. Duuuh, asyiknya bisa gathering...asyik2an sama teman2...
    pantainya juga tenang ya, ombaknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah pada kompak kalo diajak piknik :D

      Delete
  12. Sudah lama tak bermain ke pantai hiksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mbak ke Batam.. banyak pantai di sini :)

      Delete
  13. Dulu diajakin kemping sama anak-anak Cumfire di sini, nggak ikut soalnya lagi ada kerjaan. Pengen ke pelantar yang panjang yang foto dia tas bukit itu keren banget dari kejauhan. Lewat mana ya jalannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya lewat Vio-Vio ini juga deh, teh.. Kemaren gak sampai explore ke sebelah sana, soalnya yang kawasan sebelah sana dipake gathering ama dog lovers.. hehehe...

      Delete
  14. Wew, jadi pengen ke Barelang sama camp Vietnam di Pulau Galang. Berhubung pantainya masih lebih bagus di Indonesia Timur atau di Aceh, kayaknya kalau ke Batam dan KepRi pengennya wisata sejarah sama kuliner aja hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. betul! Yuk ke Batam.. Kita wisata kuliner :)

      Delete
  15. Baiklah
    Postingan ini sukses bikin saya merindukan pantai
    Maka wajib hukumnya minggu depan jelajah pantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... maafkaaaaan.. Yuk ke pantai ;)

      Delete
  16. Wokeeeeeh
    Postingan ini sukses bikin aku mupeng ke pantai. Mupeng sama ikan bakar dan mupeng piknik
    Wajib hukumnya direalisasikan minggu depan nih. Biar gak kebayang-bayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuh maaap... Tapi gakpapa deh... Sekali-sekali ngomporin ibuk Prema ;)

      Delete
  17. Ish saya mupeng sama pantai dan ikan bakarnya huhuhu

    ReplyDelete
  18. hiks itu ikan bakar menggoda banget, sih... pantainya apik, Mbak. Kalau pohonnya udah gede2 pasti tambah asyik.. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ini pohon-pohonnya belum tinggi sih.... Kudu nunggu berapa lama lagi ya, hehehe...

      Delete
  19. Horaaay.. Liburan, asik ya mba liburan bareng rekan kantor. Aku mau ngode bos dulu ah biar bisa liburan juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe.... selamat ngode bos yaaaa...
      Selamat liburaaaan...

      Delete
  20. Pantai vio-vio ini kenapa berkesan girly ya buatku.. mungkin saya banyak melihat yang pink pink di sana, hehehe.. seruuu liburannya ya mba dee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya kayak nama anak cewek ya, mbak Ima? Ayoook sini.. kapan mau ke Batam?

      Delete
  21. wahyu seru seklai ya kak, piknik kantor gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget... Untungnya si bos pengertian banget, trus temen-temen juga kompak. hehehehe...

      Delete
  22. Mba Dian, titip salam sama tim batam top model nya yaaah....

    ReplyDelete
  23. Jalan masuk ke pantainya ngeri, setimpal dengan keindahan pantainya...

    ReplyDelete
  24. Bossmu kok pengertian. Persis kek bossku yang mau pindah. Itupun sih diopyak-opyak anak buahnya baru berangkat :p

    ReplyDelete
  25. aku baru denger pantai vio2 ini mbak,pingin kesana....lama g jalan2 soalnya,butuh piknik banget nih hehehe

    ReplyDelete
  26. Waduh.... harus absen di sini nih... hihhihi...

    ReplyDelete
  27. Sempat mau kesini kemarin awal tahun...sayang sopirnya ga berani :(
    jadi ga kesampaian sampe sekarang...

    ReplyDelete
  28. lumayan ya, belum pernah kesini

    ReplyDelete