Pentingnya Data Center dalam Infrastruktur IT

Sunday, May 10, 2020


Internet menjadi kepentingan yang sangat krusial karena internet bisa digunakan untuk berbagai aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Namun, harus kita ketahui bahwa agar internet dapat berjalan dengan lancar internet memerlukan server yang terhubung pada data center.

Data center yaitu sebuah media atau fasilitas sebagai tempat penyimpanan server dan hosting web server berada. Data center bisa diibaratkan sebagai rumah untuk semua data-data yang terhubung melalui server yang bertugas untuk melindungi data maupun segala jenis informasi dari berbagai server hosting.

Pentingnya Data Center Dalam Infrastruktur IT

  • Sumber daya listrik
Data center mempunyai system power supply yang baik. Sehingga apabila terjadi pemadaman listrik, maka umumnya Barry bank akan menyediakan data agar generator diesel masuk. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan jika hampir tidak ada gangguan dalam sumber daya listrik yang berarti bahwa uptime server memiliki daya yang tinggi.

  • Security
Keamanan (security) merupakan salah satu fitur yang paling penting yang diperlukan klien data center. Karena dengan ini semua akses fisik dapat dikontrol sepenuhnya. Selain itu, identitas bisa dikonfirmasikan melalui biometric dan semua aktivitas adalah video-login.

Pemrosesan serta Penyimpanan
Dengan adanya prosesor multicore di pasar saat ini, kecepatan pemrosesan di data center dapat ditingkatkan dalam hitungan jam. Penyimpanan tambahan pun juga bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan.

  • IP Provider
Tahukah Anda jika internet dengan kecepatan tinggi sangat penting bagi e-commerce? Karena hal ini mempertimbangkan jangkauan yang sangat dibutuhkan oleh pebisnis online di dunia saat ini. Sehingga banyak penyedia layanan IP yang berlokasi di satu tempat.

Hal ini terbukti sangatlah menguntungkan daripada berlangganan untuk koneksi individual. Karena ada penghematan modal hanya dengan menyewa koneksi dengan jangka waktu tertentu daripada membeli saluran khusus

  • Bandwidth
Tatkala bisnis online berkembang, bar yang berfungsi untuk kebutuhan bandwidth meningkat secara radikal. Registrasi produk, iklan video, pemasaran berbasis web, konferensi audio, kolaborasi video dan audio merupakan semua aplikasi bandwidth yang lengkap. Sehingga data center dilengkapi untuk menangani kebutuhan setiap hari dengan baik.

Data center tetap akan menjadi kebutuhan untuk perkembangan teknologi di dunia seterusnya. Sebab, data senter menjadi pusat penyimpanan serta pengolahan data. Untuk itu, dalam pengembangan data center hal yang harus diperhatikan adalah perkembangan teknologi software. Public cloud serta teknologi pendukung lainnya tetap akan merajai dunia backup dan penyimpanan data yang paling tepat, aman, fleksibel, serta efisien. 

Sistem komputasi cloud sendiri telah terbagi-bagi menjadi public cloud, private cloud, hybrid cloud. Sementara bagi para pengguna tinggal menggunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing tiap organisasi. Namun, meskipun begitu hal yang tetap dibutuhkan yang berhubungan dengan semakin pesatnya kemajuan dunia teknologi di bidang data center yaitu ketersediaan, security, performa, serta skalabilitas jaringan.

Bagi perusahaan besar, pusat data adalah fungsi vital dalam proses operasinya. Saking vitalnya pusat data, apabila setiap terjadi gangguan pada sistem operasi data center, maka bisnis akan mengalami penurunan yang signifikan, terlebih jika bisnis tersebut tidak memiliki cadangan yang efisien. Hal ini disebabkan karena dalam infrastruktur IT, data center yang juga memiliki fungsi sebagai principal respositories yang mencakup segala macam kebutuhan.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan jasa NEX untuk meningkatkan infrastruktur data center di perusahaan Anda selain menambah kualitas system data center serta kinerja. Dengan meningkatkan kualitas dan performa serta keamanan untuk setiap perusahaan data center maka akan mendukung system pencegahan kondisi kritis perusahaan Anda.

You Might Also Like

0 komentar