Pantau Perjalanan Anak dengan GOJEK

Thursday, April 18, 2019


GOJEK...!! Siapa sih yang tidak kenal dengan nama tersebut? Sejak kisaran lima tahun belakangan nama itu seolah menghegemoni dunia transportasi negeri ini. Tak dapat dipungkiri, saya pun adalah salah satu orang yang dalam keseharian tidak bisa lepas dari GOJEK sebagai pemenuh kebutuhan saya akan layanan transportasi yang praktis, cepat, nyaman, dan tentu saja aman.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman pribadi saya sebagai pengguna setia GOJEK. Setiap harinya, saya menggunakan jasa ojek online untuk keperluan antar jemput anak perempuan saya yang sekolahnya berjarak sekitar 9 kilometer dari rumah. Selain praktis, mampu menembus kemacetan, ongkosnya lebih murah daripada harus berlangganan jasa antar jemput pribadi. Ada alasan terpenting yang lebih menjadi dasar pertimbangan saya menggunakan moda transportasi ini untuk urusan mengawal anak saya sekolah. Apalagi kalau bukan masalah keamanan. Yah untuk zaman seperti sekarang ini rasanya saya lebih percaya pada layanan yang memiliki sistem yang mumpuni. Dan GOJEK hadir sebagai jawaban atas segala keresahan saya.

Untuk mensiasati masalah keamanan, saya dan suami saya menggunakan satu akun GOJEK yang sama hingga bisa diakses dari masing masing smartphone kami, di manapun saya atau suami saya berada. Untuk memesan GOJEK guna keperluan megantar-jemput anak, saya atau suamilah yang melakukan. Karena peraturan sekolah anak saya melarang siswanya untuk membawa smartphone ke sekolah. Jadi kapan pun anak saya minta dijemput, dia hanya perlu menelepon saya atau ayahnya dari HP-nya (mobile call and SMS only). Dan saya akan melakukan tugas misi penjemputan.

Dalam hal ini sejak awal dulu saya sudah memberi brief kepada anak saya bahwa pos sekuriti sekolah adalah titik penjemputan tempat di mana dia menunggu datangnya GOJEK. Sehingga saya hanya perlu menuliskan tempat jemput dan menyebutkan ciri serta "sandi nama jemput" anak saya kepada driver GOJEK yang menjemputnya melalui fitur chat dengan driver. Dan ini adalah lapis pertama sistem pengamanan anak saya.

Keuntungan menggunakan satu akun secara bersama adalah, ketika aplikasi berhasil mendapatkan driver GOJEK untuk anak saya, maka secara otomatis notifikasi akan menghidupkan alarm dering di smartphone suami saya. Dengan demikian otomatis suami saya bisa ikut memantau meski dia sedang berada di luar kota atau luar negeri sekalipun.

Tetap bisa memantau perjalanan dari manapun juga

Mulai dari chat saya briefing driver, posisi driver saat itu, saat driver menjemput anak saya, hingga tracking perjalanan anak saya pergi dan pulang sekolah dan kepastian anak saya sampai di tujuan bisa dipantau. Heheee.. Saya sadar kemampuan pemetaan saya yang tidak terlalu bagus hingga membuat saya kurang pede, maka ini menjadi solusi terbaik. Kebetulan suami saya memiliki kemampuan lebih untuk urusan pengamanan pribadi, maping, evakuasi sampai langkah antisipasi keadaan darurat. Serasa punya secret service pribadi deh pokoknya.

Untuk semakin memperkuat kepastian bahwa suami saya benar-benar memonitor pergerakan ojek anak saya, saya selalu menggunakan fitur Bagikan Perjalanan. Fitur ini baru saja diluncurkan GOJEK bersama fitur Tombol Darurat. Dengan fitur Bagikan Perjalanan, saya bisa mengetahui pergerakan terbaru ojek anak saya. Saya pun bisa membagikannya lewat Whatsapp ke nomor suami saya. Hal ini saya lakukan untuk mensiasati apabila mungkin suami sedang sibuk di luar, hingga kurang memperhatikan notifikasi GOJEK yang masuk. Maka dering Whatsapp dari istrinya lah yang secara otomatis akan memperlihatkan di mana posisi ojek yang sedang mengantar atau menjemput anaknya. Selain mengetahui pergerakan ojek, suami saya bisa mengetahui detail data driver yang mengantar. Dan fitur aplikasi ini menjadi salah satu kemudahan yang diberikan GOJEK dalam rangka menjamin rasa aman konsumennya.

Selain Bagikan Perjalanan, ada juga fitur baru Tombol Darurat yang bikin saya merasa aman. Tombol Darurat akan langsung terhubung pada Unit Darurat GOJEK yang siap melayani 24/7. Sehingga pengguna dapat merasakan keamanan karena GOJEK sudah menyiapkan pertolongan untuk kondisi terburuk seperti kecelakaan atau pencurian. Dan kabar baiknya, Tombol Darurat sudah bisa diakses pengguna GO-CAR se-Indonesia. Semoga bisa segera diakses di GO-RIDE juga ya

Satu lagi yang semakin menambah rasa aman dan nyaman saya. Karena saat ini GOJEK telah menyempurnakan dirinya dengan layanan asuransi penumpang: Asuransi GO-RIDE. Sebuah bentuk care treatment yang didedikasikan GOJEK untuk menjamin perlindungan keamanan dan keselamatan penumpangnya. Mengingat segala sesuatu bisa saja terjadi di jalanan. Mulai dari ancaman tindak kejahatan hingga yang paling tidak kita inginkan yaitu kecelakaan lalu lintas. Dan ini seakan semakin mempertebal lapis pengamanan terhadap anak saya secara menyeluruh.

Selain fitur dan program untuk penumpang, GOJEK juga punya program untuk mitra driver. GOJEK menerapkan proses perekrutan yang ketat, pelatihan driver melalui Rifat Drive Labs dan juga pembekalan edukasi melalui mitra driver.

Pada saat perekrutan, GOJEK menyediakan modul pelatihan pada setiap driver, yang berisikan informasi mengenai cara menggunakan aplikasi pengarah jalan, cara merawat kondisi kendaraan, patuh pada peraturan lalu lintas, dan cara memberikan pelayanan yang baik.

Enggak hanya itu. GOJEK juga menggandeng Rifat Drive Labs untuk melatih para driver. Program RDL GOJEK dibikin Duta Keselamatan Berkendara, Rifat Sungkar. Dalam waktu 4 tahun terakhir, lebih dari 300 ribu mitra pengendara GOJEK di 20 kota di Indonesia, sudah bergabung dalam program ini. Program ini masih terus berjalan dan diikuti lebih dari 10 ribu mitra driver setiap bulannya. 

Dalam program, driver dapat edukasi soal Pengetahuan tentang tanggung jawab, kesabaran, dan empati; Defensive riding; keselamatan berkendara; pre trip inspection; dan sesi praktek.

Ada pula program #TrikNgetrip untuk driver dari GOJEK. Ini merupakan edukasi bagi driver soal bagaimana menyampaikan pesan, dengan cara yang menyenangkan, memberikan pelayanan terbaik, dan tips dalam berkendara serta perjalanan.

Tak hanya itu, GOJEK menyelenggarakan serangkaian workshop untuk meningkatkan keterampilan driver lewat Bengkel Belajar Mitra. Program ini rutin diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia dengan menggandeng para profesional di bidangnya masing-masing untuk memberikan pembekalan kepada driver GOJEK dalam meningkatkan layanan dan mengasah pengetahuan di bidang lainnya. Untuk para mitra driver yang memberikan layanan super terbaiknya dan memberi kontribusi positif dalam masyarakat, GOJEK turut mengapresiasi dengan memberikan sebuah penghargaan, bernama Driver Jempolan. Penghargaan ini diberikan GOJEK untuk memotivasi para mitra driver untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Penghargaan ini disematkan pada driver berupa pin pada jaket GOJEK mereka.

Duh rasanya kian hari semakin cinta saja saya pada GOJEK. Seakan semua yang saya butuhkan dalam hidup ini ada dalam satu aplikasi di layar ponsel saya. Rasanya tak ada lagi alasan untuk berpaling hati dari GOJEK. Sudah saatnya kita #UninstallKhawatir. Jangan lupa, untuk memutakhirkan aplikasi terbaru GOJEK agar fitur Tombol Darurat dan Bagikan Perjalanan bisa dipakai.

Maju terus GOJEK, berikan yang terbaik untuk bangsa negeri ini.

You Might Also Like

51 komentar

  1. Samaaaa nih mba, saya juga sering pakai jasa gojek buat jemput anak sih.

    Dulu deg2an banget sebenarnya.
    Tapi setelah ada #UnintallKhawatir jadi lebih plong aja, dan lebih tenang rasanya.

    Bisa pantau perjalanannya langsung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang jadi lebih tenang yaa.. Karena kita bisa mantau langsung perjalanan anak kita

      Delete
  2. Kalo gojeknya bisa dipantau gini jadi makin aman dan nyaman ya pakai gojek mbak. Apalagi urusan anak pasti hati-hati banget.

    ReplyDelete
  3. Waaa sebagai pelanggan setia aku baru ngeuh bisa bagikan perjalanan. Seneng jd ga perlu khawatir gimana2 terimakasiih gojek. Makasih mbak sudah berbagi infonyaa

    ReplyDelete
  4. Mantab ya mba...dengan fitur baru ini, tidak hanya pengguna yg merasa aman tapi juga keluarga di rumah. Jempol deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Bener2 uninstall khawatir jadinya ya 😊

      Delete
  5. Sepertinya harus dicoba nih fitur baru dari GOJEK biar perjalanan menjadi aman dan nyaman, thanks infonya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak.. Buruan dicoba fitur barunya gojek 😊😊

      Delete
  6. Aku juga pelanggan setia Go-Jek, emang Go-Jek nyaman. Sejauh ini naik Go-Jek aman dan murah sesuai km juga. Apalagi Mamang Go-Jek enak kalau diajak ngobrol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener banget.. Jadi gak ngerasa boring sepanjang perjalanan ya, karena ada temen ngobrol 😀😀

      Delete
  7. Anakku sudah sering protes, kalo pakai mobil jemputan terlalu pagi berangkatnya.. dan dia masih ngantuk katanya.. aku lagi menimbang nih mba, apa aku pakai gojek aja ya untuk antar jemput sekolah anakku.. kasian juga sih kalo harus naik jemputan sekolah.. fitur baru ini bisa pantau posisi perjalanan ya.. wah.. patut dicoba ini.. InshaAllah lebih aman ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Insya Allah lebih aman. Karena kita bisa mantau langsung

      Delete
  8. Nah ini, dengan bisa dipantau berarti bikin tenang para ibu nih, nggak ada lagi kuatir dan cemas ya karena bisa dipantau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak.. Kita bisa tetap mantau, meski gak ikut njemput

      Delete
  9. waiya bener, kalau perjalanan anak bisa dipantau kita juga ga jadi khawatir nungguin di rumah ya.

    ReplyDelete
  10. Iya juga ya mba daripada pake jemputan, gojek juga bisa ya antar jemput anak. Apalagi ada aplikasi ngemudahin utk mantau anak qta. Wah baru tau ada tombol darurat, semuanya untuk ngebantu penumpang sm driver ya mba. Makin kece memang gojek yaa. Salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak.. Makasih sudah singgah 😊😊

      Delete
  11. Saya juga pengguna setia Gojek nih Mba. Saya akui Gojek memang The best sih kalo soal service. Selama saya pakai Gojek, Alhamdulillah enggak pernah ada kejadian aneh-aneh dan semuanya aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Pengalaman saya selama ini juga selalu baik2 saja. Dan semoga akan terus baik2 saja 😊😊😊

      Delete
  12. Sip, Gojek ini andalan banget deh buat apa aja. Antar jemput aman, pesen2 makanan juga oke banget. Makin enggak khawatir kemana2 pake Gojek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak.. Gofood itu penolong banget buat aku.. 😀😀😀

      Delete
  13. wah... aku gak kepikiran punya satu akun untuk suami-istri.
    mungkin nanti ya kalau udah punya anak, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Biar lebih enak mantaunya, hehehe

      Delete
  14. Fitur ini memang sangat membantu ya mba..dan memberi ketenangan buat orang tua

    ReplyDelete
  15. Saya juga sama seperti itu caranya waktu sekolah anak saya punya aturan melarang bawa hp yang ada internetnya. Tetapi, setelah ada peraturan baru, anak saya sekarang udah order GOJEK sendiri. Untungnya sekarang ada fitur bagikan perjalanan. Jadi, saya selalu meminta anak untuk share perjalanannya ke saya via WA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Jadi dari rumah pun kita bisa tetep mantau perjalanannya yaa

      Delete
  16. Waa banget yah mbak degan berbagai macam fitur yang hadir pada app GOJEK ini. Tentunya bikin pelanggan makin merasa nyaman dan aman naik GOJEK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Merasa nyaman dan aman itu yang penting yaa 😊

      Delete
  17. Wah fitur terbaru GOJEK ini inovatif sekali yah, sekarang berasanya jadi lebih tenang nge-GOJEK sejak ada #UninstallKhawatir, terutama karena kadang anakku kalo pulang les suka pake GOJEK sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Jadi kita gak perlu ngerasa khawatir lagi ya 😊

      Delete
  18. Aku kadang pakai kendaraan online utk jemput si bungsu. Seneng banget ada fitur kayak gini jd lebih tenang... 😀

    ReplyDelete
  19. Wah membantu banget nih mbak buatku. Aku juga mengandalkan gojek untuk anter jemput anak sulungku

    ReplyDelete
  20. Waah makin mantep buat pakai gojek terus, fitur-fiturnya makin lengkap, salut sama gojek, selalu memperhatikan kenyamanan penggunanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Yoan.. Alhamdulillah yaa gojek paham ama apa yang konsumen mau..

      Delete
  21. Idealnya,
    Anak usia berapa ya..kak, bisa naik GOJEK sendiri..?
    Hehehe...aku pingin mesenin anakku GOJEK pas waktu pulang sekolah. Tapi anaknya belum mau..

    Hiiks~
    Padahal kalo bisa di tracking, in syaa Allah yaa..

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah ya mba. Jadi nggak kawatir dengan apanya fitur dari gojek ini. Alhamdulillah aku juga male gojek.

    ReplyDelete
  23. Wah, aku banget ini. Sering mantau anak dengan GoJek. Bikin tenang jadinya walau pun dia pulang telat. Makin puas deh dengan fitur dan layanan GoJek ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Rasanya jadi lebih tenang yaa kalo bisa mantau perjalanan kayak gini..

      Delete
  24. Wah bener ya kalau anakku sudah remaja bisa banget pantau perjalanan nya. Jadi lebih tenang tentunya sebagai ortu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Di.. Kita lebih tenang jadinya.. 😊😊

      Delete
  25. Soal perjalanan ku di Makassar, aku percayakan pada Gojek, soalnya aman dan dan nyaman, sukses selalu buat Gojek 😊

    ReplyDelete
  26. Wah cocok bgt ni ya, jadi aman kl semisal ga bisa jemput anak udh di #uninstallkhawatir nya sama GOJEK

    ReplyDelete