Review Hotel Sumba Sejahtera, Tambolaka

Thursday, February 15, 2018


Jangan menilai sesuatu dari tampilan luarnya. Ungkapan itu sepertinya tepat untuk menggambarkan hotel Sumba Sejahtera. Hotel yang jadi tempat menginap kami di Tambolaka, Sumba Barat Daya. Dari luar, hotelnya terlihat kecil, cuma menempati satu bagian ruko. Tapi sewaktu masuk, ternyata hotelnya luas banget.


Di sebelah hotel itu toko-toko mainan. Jadi kami kira, hotelnya ya cuma 1 ruko itu aja. Ternyata bagian belakang dari toko-toko mainan yang ada di deretan ruko itu juga bagian dari hotel.

Dari lobi, baru terlihat kalau hotel ini ternyata gede juga. Bangunannya terdiri dari 3 lantai dengan kamar-kamar yang berjajar di sisi kiri dan kanan. Ada beberapa ruang duduk untuk bersantai di luar kamar.

Baca juga: Review Penginapan di Kaki Rinjani

Lobi hotel 

Mannequin di lobi hotel

Bangunan hotel

Ruang duduk di hotel

Ruang duduk di area lain

Siang itu, Sabtu 10 Februari 2018, saya tiba lebih dulu di Tambolaka. Teman-teman saya yang lain baru akan tiba sore harinya. Jadi oleh kak Arto, driver yang akan menemani kami selama di Sumba, saya diantar lebih dulu ke hotel. Kebetulan banget, hotel ini jaraknya cukup dekat dengan bandara Tambolaka. Gak sampai 5 menit naik mobil. 

Fasilitas Lengkap

Bersih. Itu kesan pertama yang saya tangkap dari hotel Sumba Sejahtera. Saya menginap di kamar tipe standard nomor 207. Ukuran kamarnya sedang saja, tidak terlalu luas, tapi juga tidak terlalu sempit untuk saya tempati bertiga dengan Choty dan Rifa.


Di dalam kamar ada 1 buah single bed dengan seprai berwarna biru polos, 1 set meja kursi, 1 buah lemari kecil, dan 1 buah meja kayu yang cukup untuk menampung ransel-ransel dan barang bawaan kami bertiga. Kamar kami juga dilengkapi AC. Jadi selain bersih, kamarnya juga cukup nyaman.

Perabotan sederhana tapi cukup lengkap

Di antara tempat tidur ada palet kayu yang bisa banget buat naroh HP atau kamera. Bisa sambil ngecharge juga, soalnya di atas palet kayu itu sudah disediakan colokan listrik. Dan gak usah khawatir bakalan rebutan colokan ama roommate, karena colokan ada di samping masing-masing tempat tidur.

Palet kayu dan colokan listrik

Kamar mandi di dalam kamar dilengkapi shower air panas, kloset duduk, dan wastafel lengkap dengan cermin. Sabun, shampoo, juga sikat gigi dan odol pun sudah tersedia. Yang saya suka, di dalam kamar mandi ini ada banyak cantolan baju. Selain itu ada jemuran kecil juga di dalam kamar. Berguna banget buat kami yang tiap hari kudu nyuci baju. Maklum, demi ngirit bawaan jadinya kami pake sistem cuci-kering-pakai-repeat untuk baju, hehehe..

Kamar mandi

Selain kamar tipe Standard 1 (IDR 330K/night) seperti yang kami tempati, Hotel Sumba Sejahtera ini punya beberapa tipe kamar lain, seperti Ekonomi (IDR 220K/night), Standard 2 (IDR 385K/night), Superior 1 (IDR 440K/night), Superior 2 (IDR 550K/night), VIP A (IDR 715K/night), dan VIP B (IDR 1100K/night).

Daftar harga kamar

Makanan Enak dan Banyak Pilihan

Saya sampai di Sumba tepat ketika jam makan siang. Pas banget lagi laper-lapernya. Awalnya saya kira saya akan kesulitan mencari makan begitu sampai di Tambolaka. Tapi ternyata tidak. Begitu masuk kamar hotel, saya langsung sumringah melihat di atas meja ada daftar menu makanan yang disediakan oleh resto Hotel Sumba Sejahtera. Harga yang tertera di situ pun masih terbilang wajar. Yaa.. standard harga makanan di Batam lah..

Daftar harga makanan di resto hotel

Pilihan makanan dan minumannya cukup beragam. Dan pilihan saya jatuh pada sepiring nasi goreng special dan segelas es jeruk nipis. Pilihan yang tepat untuk siang yang terik di Tambolaka. Nasi gorengnya enak. Lengkap dengan telur ceplok, sambal, dan kerupuk. Porsinya lumayan gede. Cocok buat saya yang siang itu lagi kelaparan, hehehe..

Nasgor special + es jeniper

Kamar yang kami pesan sudah termasuk sarapan. Pilihan menu sarapannya cukup beragam. Selain roti tawar dengan pilihan selai atau coklat, ada juga nasi plus lauk pauk. Lauknya berganti setiap hari.

Menu sarapan

Selama menginap di sana, karena kami rencananya mulai jalan sejak pagi, jadi kami minta ijin untuk membungkus jatah sarapan kami. Staf hotel dengan ramah mengijinkan, mereka mempersilakan kami untuk membungkus makanan yang ada. Dan dengan tanpa malu-malu, kami membungkus nasi dan lauk pauk untuk bekal kami berlima. Sengaja bungkus agak banyakan, biar bisa sekalian buat makan siang. Gak ketinggalan roti tawar juga kami bungkus untuk cemilan selama di jalan.

Ruang makan
***

Kesimpulannya, Hotel Sumba Sejahtera ini cukup recommended buat kamu yang mau liburan di Sumba, khususnya di Sumba Barat Daya. Selain lokasinya yang sangat dekat dengan bandara, hotel ini juga bersih dan nyaman. Staf hotelnya juga ramah-ramah.


Hotel Sumba Sejahtera
Jl. Radamata, Tambolaka, Sumba Barat Daya, NTT 87255
Telp: (0387) 2524123, 082218179999

You Might Also Like

12 komentar

  1. Nice share mbak de, jadi dapat referensi lagi, siapa tahu bisa ke sumba

    ReplyDelete
  2. Wa,bisa bungkus sarapan ya hehe...

    ReplyDelete
  3. Suka dengan kamar mandinya mbak Dee. itu yang bermotif floral keramiknya kan?

    ReplyDelete
  4. mirip2 guest house ya hotel di sana mbak..

    duh sumba aku mupeng..

    ReplyDelete
  5. Aku pun nggak nyangka, ternyata bagian dalamnya luas dan bagus.

    Ajakin aku ke Sumba biar aku nginep di sini jugaaaaa

    ReplyDelete
  6. Langsung menuju makanan enak dan banyak pilihan haha.
    Enak kalau pas kelaparan malam2 aman ya mbak :D

    ReplyDelete
  7. wah aku baru tahu bisa bungkus sarapan segala. lumayan euy

    ReplyDelete
  8. Cakep ya hotelnya. Padahal Sumba khan bukan termasuk kota besar
    Mungkin karena daerah tujuan wisata kali ya
    Btw itu dinding kamar mandinya lucuuuuu

    ReplyDelete
  9. Lumayan dalamnya ya, padahal luarnya kayak kost kostan, kalo jalan-jalan ke kota kecil memang sering nemu hotel murmer gini, bisa jadi nginap disini nih kalo ke Sumba

    ReplyDelete
  10. Bisa jadi referensi kalau balik ke daerah ini. AKu juga banyak traveling di Indonesia timur tahun 2012-2104..belum sempet review hotel2nya keburu pindaaah ehehe

    ReplyDelete
  11. Wah asyik ya tempatnya. Pengen kesana deh 😍😘

    ReplyDelete
  12. Bisa jadi tujuan nginap kalo di Sumba nih.
    Biar bisa ngebungkus sarapan juga. :D

    ReplyDelete