Pijok-Pijok, Tradisi Nyeruit ala Way Kanan

Monday, November 06, 2017

Pijok-pijok, seruit, kuliner way kanan, kuliner lampung

Siang itu rumah Ibu Devi, Kepala Kampung Gedung Batin, belum terlalu ramai. Hanya dua orang ibu terlihat sesekali memeriksa makanan yang sudah dihamparkan menjadi dua baris memanjang di ruang tengah. Hari itu matahari bersinar garang. Setelah berpanas-panas di luar menikmati kemeriahan event Gedung Batin Bamboo Rafting, rasanya saya butuh sesuatu yang segar. Pandangan pun jatuh pada gelas-gelas tinggi berwarna orens dan merah keunguan yang ada di antara makanan. Jus mangga dan jus buah naga itu terlihat begitu menggoda. Glek!

Panas-panas ngeliat jus mangga dan jus buah naga itu rasanya segeeerr...

Sambil menunggu Ika dan mbak Rien selesai mandi, saya, yuk Annie dan Rian memilih untuk ngadem di ruang tamu ibu Devi. Sambil bergantian menikmati hembusan angin dari fan di sudut ruangan. 

"Dee.. kepala!" Yuk Annie yang tengah berkeliling di antara makanan sambil memotret tersenyum sumringah sambil menunjuk mangkuk berisi pindang kepala patin. 

Saya pun ikut berkeliling. Mencari-cari mangkuk berisi kepala patin di antara aneka hidangan yang terhampar di tengah ruangan. Saya tersenyum senang melihat mangkuk berisi kepala ikan patin tak hanya satu, tapi ada banyak. Hohoho.. aman! Tinggal nyari yang paling gede #upps!

Membidik target.. Kepala patin. 

Pijok-Pijok atau Seruit?

"Mau pijok-pijok atau seruit?" Tanya bu Devi sambil tersenyum ramah menyapa kami yang masih numpang ngadem di dekat kipas angin di ruang tamu rumahnya. 

"Pijok-pijok!" Jawab saya mantap. 

"Kalau gitu nanti cari sambalnya yang khusus buat pijok-pijok.." 

"Emang beda ya, bu?"

"Beda. Kalau pijok-pijok, sambalnya yang gak diulek. Jadi rasanya pun lebih mantap. Kalau seruit pakai sambal terasi yang diulek." Bu Devi menjelaskan sambil keliling di antara makanan mencari sambal pijok-pijok. 

"Nanti mau duduk dimana?" Tanya beliau lagi. 

"Saya duduk di sini boleh ya, bu?" Jawab saya nyengir sambil menunjuk mangkuk berisi pindang kepala patin. 

"Tentu boleh.." Jawab bu Devi lagi sambil meletakkan mangkuk berisi sambal pijok-pijok dekat mangkuk pindang kepala patin incaran saya. 

Apa Sih Pijok-Pijok?

Pijok-pijok ini bisa dibilang tradisi nyeruit ala Way Kanan. Tau seruit kan? Seruit adalah olahan kuliner khas Lampung yang dibuat dari campuran sambal terasi, terong bakar atau rebus, ikan, dan tempoyak (durian yang sudah difermentasi). Semuanya dicampur dan diaduk menggunakan tangan. Kebayang gimana rasanya? Yang pasti rasanya rame! Ada pedas, gurih, juga asam.

Sambal seruit ini nikmat banget dimakan dengan nasi putih hangat dan lalapan segar. Kalau nyeruit adalah sebutan dari makan seruit bersama-sama. 

Biar lebih jelas apa itu seruit, tonton video yang pernah saya posting di instagram ini yaa..



Nah pijok-pijok ini sama dengan seruit. Baik bahan yang digunakan maupun cara membuatnya pun sama. Yang bikin beda adalah sambalnya. Seperti yang dijelaskan oleh ibu Devi, sambal untuk pijok-pijok gak diulek. Jadi cuma diiris kasar gitu aja. Bahan sambalnya menggunakan cabe merah, terasi, bawang merah, dan rampai (tomat kecil/tomat cherry). Semua bahan sambal itu dicampur jadi satu dan diaduk pakai tangan. Jadi sensasi pedesnya bukan cuma di mulut gaes, tapi juga di tangan. Huahahaha..

Lalapan segar teman buat pijok-pijok

Pertama kali saya mengenal pijok-pijok sewaktu mengikuti event Festival Radin Djambat dalam rangka HUT Kabupaten Way Kanan ke-18 pada bulan April lalu. Waktu itu kami menikmati pijok-pijok ramai-ramai bersama bapak Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya. Memang sejatinya, seperti itulah cara menikmati pijok-pijok maupun seruit. Makan bersama-sama dalam suasana akrab dan menyenangkan. Itulah makna kebersamaan dalam seruit ataupun pijok-pijok.

Baca juga: Bamboo Rafting di Sungai Way Besai

Yuk Annie dan Bapak Bupati Raden Adipati Surya

Makan rame-rame gini tuh nikmat banget | Dok. Rinto Macho

Pijok-Pijok itu Seru...

Dan kali ini, pijok-pijok dimasukkan dalam rangkaian acara Gedung Batin Bamboo Rafting. Jadi siang itu, setelah lelah bermain rakit, para peserta bamboo rafting dipersilakan untuk mencicipi pijok-pijok di rumah bu Devi bersama para undangan dan Bapak Wakil Bupati Way Kanan. 

Rasanya sepeeti de javu. Bulan April lalu, kami pijok-pijok di rumah bu Devi bersama rombongan Bapak Bupati Way Kanan. Dan hari itu, kami pijok-pijok lagi di rumah bu Devi. Kali ini bersama rombongan Bapak Wakil Bupati Way Kanan, yaitu Bapak Edward Antony. Kegiatan yang sama, di tempat yang sama, tapi dengan orang-orang yang beda. Dan tentu saja, dalam balutan suasana yang juga berbeda.

Rombongan wisman pijok-pijok di Gedung Batin | Dok. Katerina 

Pijok-pijok bareng bapak-bapak kadis dari berbagai instansi | Dok. Katerina

Rombongan wisman, awak media, rombongan kepala dinas dari berbagai instansi di Way Kanan, juga bapak Wakil Bupati berbaur duduk lesehan mengelilingi hidangan yang sudah tertata rapi di tengah ruangan. Saya dan teman-teman blogger duduk bersama rombongan kepala dinas. Ada Bapak Kadarsyah (Kadis Perikanan). Beliau inilah yang menyumbang ikan untuk kuliner pijok-pijok siang itu. Ada juga Bapak Hendri Syahri (Kepala Badan Pendapatan Daerah), Bapak Pardi (Kadis Sosial), Bapak Juanda (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM), dan masih banyak lagi. 

Makan dengan cara dan suasana seperti ini bikin napsu makan jadi bertambah. Kami makan dengan nikmat sambil berbincang santai. Menikmati makna kebersamaan yang ditawarkan oleh si pijok-pijok. Saya berharap semoga tradisi pijok-pijok ini bisa terus dilestarikan di Way Kanan. Sayang kalau sampai tradisi seperti ini harus hilang ditelan zaman.

 Ekspresi kelaperan | Dok. Jhon Faizar

Mari makaaan... | Dok. Jhon Faizar

Selesai makan, ruang tengah rumah bu Devi mendadak berubah jadi lokasi foto. Sasarannya adalah para wisman yang baru saja selesai makan. Para wisman itu mau tak mau akhirnya meladeni ajakan foto bareng dari warga. Beragam ekspresi, berbagai pose diabadikan dalam jepretan kamera. Bukan sekali dua kali, tapi berkali-kali.

Wisman yang jadi sasaran diajak wefie

Sampai ngerasa kasihan dengan para wisman itu. Mereka pasti capek dan mungkin juga bete ditarik sana sini untuk diajak berfoto. Tapi karena ingin berlaku sopan mereka pun tetap meladeni ajakan berfoto meski dengan senyum terpaksa. Saya cuma bisa senyum-senyum menonton acara foto-foto itu.

Sampe ganti pose entah berapa kali.. *grin

Ahh... semoga saja yang lekat di benak para wisman itu adalah indahnya kebersamaan dan kekeluargaan dalam menikmati pijok-pijok di Gedung Batin. Bukan sekadar selfie dan wefie yang heboh itu.

Eh, jadi kapan kamu mau nyobain pijok-pijok di Way Kanan?

You Might Also Like

24 komentar

  1. Oooo pijok-pijok itu tradisi kuliner khas Kampung toh.... Duh sungguh bikin lapar itu saambal terasi dikasih tempoyak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khas Lampung, mbak.. Tepatnya dari Way Kanan. Coba bikin mbak, dijamin nagih 😊

      Delete
  2. "Eh, jadi kapan kamu mau nyobain pijok-pijok di Way Kanan?"

    Hmmm, kapan yaaa? Penasaran sih rasanya.. udah sering diceritain nyonya tapi belum pernah nemu di Bandar Lampungnya hahaha..

    Salam kenal
    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau cobain pijok-pijok sih lebih afdal kalo nyobain langsung di Way Kanan 😊

      Delete
    2. entah kapan ke way kanannya hahaha.. tapi catat dulu deh di bucket list :D

      -Traveler Paruh Waktu

      Delete
    3. Iya.. Kudu masuk dalam daftar kunjungan berikutnya.. 😁

      Delete
  3. mudah-mudahan punya kesempatan dtg ke way kanan jadi merasakan kulinernya,, apalagi kalo kulinernya ramean seperti itu,, tambah seru makannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, pijok-pijok ini rasanya jauuuh lebih nikmat kalo makannya rame-rame 😊😊

      Delete
  4. Ya ampuuunn aku lgs pgn cobaaaa :D. Blm prnh ke lampung, blm tau jg makanan khasnya.. Walopun tempoyak aku srg dgr karena di palembang juga ada.. Kapan2 kalo k lampung aku mau coba makanan khasnya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pas lagi ada tempoyak bisa langsung coba bikin di rumah mbak. Trus makannya rame-rame ama keluarga besar. Nikmat!

      Delete
  5. Glek, ngeliatnya jadi pengen makan :D
    Daku sudah pernah nyoba seruit, itu saja enak ya, apalagi pijok-pijok.
    Bikin wish list ke Lampung ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Sensasi pedesnya pijok-pijok lebih asoiii daripada seruit.. 😂😂😂

      Delete
  6. Nah jadi tahu soal pijok-pijok. Mau iciip. Mau cobain langsung haha, asal hatiku aja nggak dipijok-pijok *alagh


    @omnduut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk... Hati dipijok-pijok itu maksudnya dibejek-bejek campur cabe? Pedes donk... 😂😂

      Delete
  7. Wah jadi tahu nih seruit itu gimana. Cara bikinnya ko sepertinya mudah ya, Teh, asal ada bahan-bahannya aja..he

    Btw, kalau makan rame2 itu selain menyenangkan, jadi lebih semangat akan nafsu makannya, apalagi enak gitu makanannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bahan-bahan untuk bikin seruit atau pijok-pijok mudah didapat. Bikin sendiri juga bisa. Tapi rasanya kurang seru ya kalo gak makan rame-rame..

      Delete
  8. Pijok2 mah bikin mupeng pengen makan lagi. Seketika lafarrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Barb.. Bikin napsu makan jadi meningkat 😁😁

      Delete
  9. Bahannya banyak tinggal pilih. Cuma ga tahan kalo mesti aduk2 pakai tangan ya. Pedessss 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pedes yang di tangan itu awet semaleman... 😂😂😂

      Delete
  10. Ternyata pengetahuanku tentang kuliner di wey kanan masih sangat nol.
    Bahkan aku masih g abisa ngebayangin gimana bentuk Pijok-Pijok dan Seruit, makanan apa coba eta haha.
    Jadi pengen kesini da nyobain kulinernya, kebetulan aku suka makanan bersambal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku awalnya juga gak kebayang.. Emang kudu langsung nyobain baru paham.. Hehehe..

      Delete
    2. Culik aku ke sini teh Dian pliss

      Delete
    3. Yuk kapan rame-rame ke Way Kanan? 😄

      Delete