Martabak Kampung Antimainstream di Sindujoyo, Gresik

Wednesday, February 17, 2016


Beberapa menit jelang jam 9 malam, rumah bercat putih yang ada di jalan Sindujoyo, Gresik itu mulai ramai oleh pengunjung. Nampaknya sang empunya rumah cuek saja melihat antrian di depan rumahnya yang perlahan tapi pasti terus bertambah.

"Sek yo.. Durung wayahe.." seorang perempuan berkulit sawo matang dan berambut ikal yang belakangan saya tau bernama mbak Diah itu hanya senyum-senyum saja menjawab pertanyaan seorang pengunjung yang memintanya untuk segera 'beraksi'.

Meski demikian, tak seorang pun pengunjung yang terlihat menggerutu atau sekadar menunjukkan raut wajah tak suka. Semua tetap sabar menunggu. Sepertinya, mereka memang sudah mafhum akan begini konsekuensi yang mereka terima kalau berkunjung ke tempat ini.

Sekitar jam setengah sepuluh, mbak Diah mulai mengeluarkan baskom-baskom yang terlihat penuh terisi aneka lauk-pauk dan menatanya di atas sebuah meja kayu yang sudah disediakan di teras rumah bercat putih itu. Pengunjung mulai merapat.

aneka lauk pauk bahan isian martabak

Mungkin masih pada penasaran ya, ini dari tadi antri apaan sih? Hehehe... Percaya gak kalo ini tuh pada ngantri mau beli martabak? Iya, martabak! Tapi ini bukan martabak telor atau martabak manis loh yaa.. Ini adalah martabak bihun, atau kadang disebut martabak kampung.

Tau martabak kampung kan? Martabak kampung ini cemilan legend yang sekarang nyaris punah, hehehe.. Isinya cuma bihun yang dibungkus kulit yang terbuat dari adonan tepung. Adonan kulitnya dibikin tipis seperti kalo kita bikin dadar. Uniknya, penjual martabak kampung selalu pake piring kaleng untuk menipiskan adonan kulit. Jadi adonan kulitnya ditempel di bagian bawah piring kaleng, trus dilapisin plastik. Kemudian ditipisin pake tangan, sampe adonan kulit melebar di bawah piring kaleng. Baru kemudian diisi bihun. Setelah itu dilipat, baru digoreng. Martabak kampung ini paling enak kalo dicocol pake petis. Kenapa disebut martabak kampung? Karena biasanya, martabak ini cuma dijual di kampung-kampung.

Balik lagi ke Sindujoyo, Gresik ya.. Nah di sini, martabak kampungnya unik banget. Antimainstream kalo saya bilang. Kenapa? Karena di sini, martabaknya bukan cuma diisi bihun aja, tapi macem-macem. Ada ati ampela, usus, aneka telor ikan, kerang, bahkan ceker ayam. Jadi pengunjung bisa memilih isian sesuai selera masing-masing. Mau isiannya dicampur-campur juga bisa. Pokoknya suka-suka kita deh... Kalau suka pedas, tinggal bilang. Nanti isiannya itu bakal dikasih cabe rawit. Sebutin aja kamu mau pake cabe berapa? Soalnya kalo kamu cuma bilang pedas, si mbak Diah bakal terus asik ngguntingin cabe rawit ke dalam isian martabak kamu, sampe kamu bilang stop. Makanya hati-hati... Hehehe..

silakan pilih bahan isian sesuai selera

Saya milih tempura, ati ampela, dan usus untuk isian martabak. Semuanya kemudian diaduk bersama sebutir telur. Setelah bahan isian beres, baru adonan kulit disiapkan. Proses bikin adonan kulitnya sama seperti martabak kampung pada umumnya. Piring yang digunakan juga sama-sama piring kaleng. Bedanya, kalo martabak kampung biasanya setelah diisi bihun kulitnya dilipat baru kemudian digoreng. Kalo martabak kampung ala mbak Diah ini, karena isiannya yang banyak itu, jadi martabaknya gak dilipat, tapi didadar jadi seperti omelet.

mbak Diah di antara peralatan tempurnya

Biar pengunjung gak kehausan waktu ngantri, mbak Diah juga menjual es temulawak. Jadi inget jaman kecil dulu. Paling suka beli es temulawak rasa kopi. Rasanya segerrr banget!

"Mbak Diah, tuku pulsa!..." seorang lelaki berteriak dari balik antrian.
Seketika mbak Diah menghentikan aksinya membuat martabak, kemudian mengeluarkan handphone dari saku dan mulai memencet angka-angka yang disebutkan pembeli pulsa. Rupanya lapak martabak mbak Diah juga melayani isi ulang pulsa. Salut! Beliau pandai menangkap peluang.

Pelanggan martabaknya bukan cuma dari Gresik aja looh. Ada juga yang jauh-jauh dari Sidoarjo maupun Surabaya, rela ngantri berjam-jam demi martabak kampung antimainstream ala mbak Diah. Mbak Diah sendiri ternyata sudah cukup lama menekuni usaha martabak kampung ini, meneruskan usaha ibunya. Menurut tetangganya, ibu mbak Diah dulu juga jualan martabak kampung seperti ini, tapi lauk isian martabaknya tidak sebanyak yang disediakan mbak Diah sekarang ini.

jangan ganggu, mbak Diah lagi sibuk!

Penasaran pengen nyobain martabak kampung antimainstream ala mbak Diah? Dateng aja ke Jalan Sindujoyo gang 10, Lumpur, Gresik. Lapak martabak mbak Diah buka setiap malam mulai jam setengah 10 sampai sekitar jam 3 atau jam 4 subuh. Siapin mental buat ngantri yaaa.. :)

rela ngantri demi martabak

begini tampilan martabak kampung antimainstream ala mbak Diah

You Might Also Like

8 komentar

  1. Aku suka isi usus, sekali makan kadang entek 3-5 trus kolesterol cekat cekot. hehehe
    Duh, poleh pingin moleh nang Gresik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Gresik banyak yg jual martabak usus yo mbak....

      Delete
    2. Di Gresik banyak yg jual martabak usus yo mbak....

      Delete
  2. Minggu kmrn baru mudik tp awak dah tak sanggup ngelayap malam2. Ujung2 nya tinggal kenangan aja mbak diah ini, tp dah cukup terpuaskan dengan martabak mbak zuli di faqih usman deket perguruan muhammadiyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Gresik banyak martabak enak ya... Biasanya adekku suka bawain kalo pulang dari Gresik..

      Delete
    2. Di Gresik banyak martabak enak ya... Biasanya adekku suka bawain kalo pulang dari Gresik..

      Delete
  3. Baru tau ada martabak isinya sungguh menggoda iman. Harus masuj list kalo ke gresik

    ReplyDelete
  4. Malam-malam salah baca postingan.. Berhasil lapaaaarrrr.... Unik ya martabaknya...

    ReplyDelete