[Jelajah Pulau] Ikan-Ikan Cantik di Tanjung Kubu Island

Tuesday, March 25, 2008


Tg.Kubu, Batam 09 September 2007

Berdasarkan promosi dari Pak Amran waktu aku ama Melly ke Pulau Buluh, akhirnya aku jadi penasaran pengen ke Tg. Kubu Island. Rencananya kita mau pergi rame² ama team jalan² PT. Batamec Shipyard yang laen. Ini kan hari minggu terakhir sebelum memasuki Bulan Romadhon.. 
Mulanya kita pengen kemping ke Pulau Indah yg letaknya di belakang Pulau Belakang Padang. Tapi karna ngeliat cuaca di Batam hari² terakhir ini, kita jadi mikir juga kalo mau kemping… Jadi disepakati lah tujuan kita ke Tg. Kubu Island. Rencananya disana kita pengen mancing, trus BBQ and yang pasti gak ketinggalan adalah ciblon alias berenang²… 

Mulanya kita buka pendaftaran seperti biasa. Sebenere kita dah punya team khusus jalan², cuman kadang kita masih buka pendaftaran biar lebih rame aja gitu… tapi males aja sih kalo ngajak orang yang banyak cincong, ribut ini-itu, buntut²nya ga ikut karna berbagai macam alasan. 

Eh taunya pas hari H nya ada aja halangan.. si Melly dapet rumah kontrakan, jadi hrs pindah hari itu. si Damar sakit, trus si Juju gak bisa dihubungin, taunya dia udah lama ganti nomer. *tepok jidat si Juju!
Ya udah, karna udah niat akhirnya aku jalan sendiri. Lagian udah terlanjur nelpon Pak Amran.. 
Jam 9 am aku sampe di Pelabuhan Sagulung. Pak Amran juga rupanya udah siap ama pompongnya. Ternyata Pak Amran masih mau nganter orang lain dulu. Akhirnya aku diajak dulu ke rumah Pak Amran yang ternyata berada di Pulau Buluh. 

Di rumah Pak Amran aku disuguhi teh. Sambil nunggu Pak Amran aku poto² aja deeh.. Seru juga ngeliatin kehidupan sehari-hari warga nelayan. Tiap rumah punya pompong sebagai alat transportasi sehari-hari. Yah, sama kaya motor ato mobil di kota-kota gitu deeh… Seneng aja ngeliatin anak² kecil pada jago mendayung di tengah laut.. Udah kerjaan sehari²….

Gak lama kemudian Pak Amran dateng and siap nganter aku.  Aku dianter dulu beli udang buat umpan. Beli udangnya masih di Pulau Buluh juga… Waah… ternyata udangnya gede² … Kalo gini sih biar ga dapat ikan juga gpp. Udangnya aja ntar yang digoreng… 

Dari kemaren waktu aku pake pompong Pak Amran sempat bertanya² juga dalem hati, kenapa bagian dasar pompongnya ada aernya, trus cuman ditutupin kayu yang jarang².. Aku kira tuh aer laut yang masuk. Taunya emang disengaja dibikin gitu buat naroh udang n ikan hasil tangkepan. Jadi udangnya disebar aja gitu dilantai pompong. Hehehe… baru tau juga kaaan…?!?! 

Yaa dimulailah perjalalan kali ini …!!! Eh, tapi kok mampir lagi sih…?!?! Taunya mau ngisi minyak buat tuh pompong, hehehe… kayak SPBU buat pompong gitu deeh.. Abis ngisi bahan bakar, akhirnya perjalanan dimulai beneran… Seruuuuu bangeeet, pompongnya disetir laju ama Pak Amran.  Jadi ngelewatin pulau² kecil yang ada di sekitar situ… Di sebelah kiri kita ngelewatin Pulau Boyan ama Pulau Cecer. Trus di sebelah kanan kita berjajar galangan² kapal di Batam. Mulai dari galangan kecil sampe galangan besar kayak Nippon Steel.

Tiba² laju pompong berkurang and menuju ke tonggak² yang ada di tengah lautan. Rupanya di sini kita bakal mancing. Setelah pompong ditambatkan ke tonggak² yg tersedia barulah kita mempersiapkan peralatan pancing. Aku emang ga bawa pancingan soalnya di pompong Pak Amran udah disediain banyak banget pancingan. Jd tinggal milih deeeh.. 

Waah.., baru sebentar mancing Pak Amran udah dapet ikan. Ikannya cantik loh.., lebih pantes buat dijadiin ikan hias daripada untuk digoreng. Oiya, udang yang buat umpan kan gede², jadi bisa dibagi 2 malah ada yg bisa dibagi 3 saking gedenya tuh udang… Pak Amran gampang bgt dapet ikan, ikannya udah pada kenal kali ya…?! Hehehe… Gak sampe 1 jam mancing ikan yg di dapet udah banyak bgt. Mana ikan nya cantik² and warna-warni lagi… Ikan hasil pancingan kita dilepas gitu aja didalem pompong…

Udah dapet ikan lumayan banyak, Pak Amran ngajak pindah tempat. Aku sih ayo aja lah… Gak perlu jauh² jalan, trus pompongnya ditambatin lagi di tonggak² yang tersedia, trus kita mulai mancing lagi di situ… Mancing di Tg. Kubu enak loh.., bentar aja pasti dapet ikan. Udah gitu pemandangan di sekitar  kita lumayan bagus… Kata Pak Amran kalo kita mau mancing trus bakar² ikan di situ bisa, soalnya pulau itu kosong. Trus kalo kita pengen istirahat atau berteduh juga bisa, soalnya disitu ada 2 pondok kosong yang bisa dipake. 


Setelah kurang lebih 2 jam mancing kita jalan² lagi naek pompong. Mampir lagi di rumah Pak Amran di Pulau Buluh. Beliau nawarin  aku mau tetep mancing atau mau jalan² dulu di Pulau Buluh, soalnya Pak Amran ada perlu di kampungnya. Akhirnya aku milih balik aja ke Batam. Lagian aku kan udah pernah ngelilingin Pulau Buluh ama Melly. Pak Amran jd ngerasa bersalah bgt. Jadi lah aku dianterin lagi ke Pelabuhan Sagulung. Pas dibayar Pak Amran gak mau dibayar penuh. Padahal seharusnya aku bayar Rp 100rb. Itu udah sesuai tarif yang berlaku di Pelabuhan Sagulung. Tapi Pak Amran cuman minta Rp 70rb sambil gak berenti² minta maaf. 




Ya Allah pak…, gpp lagi.. aku juga udah seneng kok diajak muter², diajak mampir ke rumah bapak, udah dapet banyak ikan, aku gak merasa rugi, malah seneng bgt…. Lain kali temen² pasti mau kalo diajak mancing ke Tg. Kubu. Apalagi kalo mereka liat poto²ku besok… pasti makin minat… 

Thanks to :
1. Allah SWT atas keindahan alam Nya
2. Pak Amran yg udah mau nganterin aku
3. Keluarga Pak Amran yg udah menjamu aku di Pulau Buluh

You Might Also Like

4 komentar