[Jelajah Pulau] Pesona Pulau Buluh

Friday, March 21, 2008


Jumat, 07 September 2007

Bermodalkan rasa ingin tau dan pengen cari sesuatu yang beda di Batam akhirnya perjalanan ini kita mulai.. Aku ama Melly janjian ketemu di pasar Sagulung jam 8 pagi. Dari situ langsung cari taxi ke pelabuhan Sagulung. Jangan salah sangka dulu mengenai yang namanya taxi di Batam. 

Yang namanya taxi di Batam tuh ga beda ama angkot lainnya. Bisa ditawar and bisa share ama penumpang lain.  Setelah tawar-menawar akhirnya disepakati harga Rp 10rb/orang. Karena emang jarang ada angkutan ke pelabuhan Sagulung. Kondisi jalan menuju pelabuhan Sagulung bener² memprihatinkan.  Rusak parah….!!! 

Sesampai di pelabuhan Sagulung kita langsung nyebutin tujuan kita, yaitu Pulau Buluh. Karena emang banyak banget pulau² di sekitar Batam. Begitu ada penumpang, baru pompongnya diisi bahan bakar. Rupanya untuk menghemat biaya. Aku kira harus nunggu pompongnya penuh baru kita diantar ke Pulau Buluh, ternyata gak perlu. Jadi asli tuh pompong kita naikin berdua aja… Seruu…!!! 


Tekong kita namanya Pak Amran. Seneng banget terombang-ambing di atas pompong sambil memandang laut & langit yang sama birunya… Kurang lebih 5 menit akhirnya kita sampai di Pulau Buluh (cepet banget yaa…?!) Yang seru lagi, untuk masuk ke Pulau Buluh kita gak lewat dermaga, tapi naek dari belakang rumah penduduk yang mana tangganya bener² vertical ladder…!!! Seru kan…?!?!

Pulau Buluh merupakan perkampungan nelayan pesisir tertua di Pulau Batam. Pulau ini berdiri tegap diapit beberapa gugusan pulau besar dan kecil yang sekarang dimanfaatkan pemerintah sebagai kawasan terbesar untuk kegiatan industri galangan kapal atau shipyard (salah satunya adalah tempat kerja kami, PT. Batamec Shipyard. Hehehe…)

Dari sebuah artikel yang aku baca, aktifitas budidaya yang terkenal di wilayah Pulau Buluh adalah penangkaran buaya, peternakan babi & budidaya anggrek. Naah.. berdasarkan info dari artikel itu juga aku dan Melly tertarik untuk jalan² ke Pulau Buluh. Tapi, setelah kita ngelilingin itu pulau sampek gempor, gak nemu satu pun yang namanya penangkaran buaya dan budidaya anggrek. 

Setelah tanya² taunya penangkaran buayanya ada di Pulau Bulan yang katanya masih lumayan jauh dari Pulau Buluh. Jadi lah kita cuman keliling² ga tentu arah di Pulau Buluh. Menyesatkan banget itu yang bikin artikel. Pasti penulisnya belum pernah dateng langsung ke Pulau Buluh, jadi cuman asal copas aja entah info dari mana. 

Sempat pengen ketawa juga siih.. Untung aja kita gak jadi kemping di sini, coba kalo kita dan temen² jadi kemping kesini. Waduuuh…!!! Pasti lucu  n bakal jadi tontonan warga sekampung kalo kita masuk Pulau Buluh lengkap dengan tenda n perkakas kemping laennya. Mau kemping di mana neeeeek…?!?! 

 Melly nampang di depan SMPN 5 Batam

Di depan masjid Nurul Iman

Tapi untung aja aku & Melly selalu bisa nikmatin setiap suasana. Tapi seru juga loh, ngeliatin kehidupan sehari² warga nelayan. Oiya, di Pulau Buluh ga ada satu pun sepeda motor apalagi mobil. Transportasi yang kita liat ya cuman sepeda pancal. Trus masalah listrik, mereka bisa nikmatin listrik cuman mulai jam 5 sore sampe jam 7 pagi. Kalo hari Minggu bisa lebih lamaan dikit, sampe jam 12 siang. Alhamdulillah… kita masih bisa nikmatin listrik tiap saat.

Kami sempat mampir ke Masjid Nurul Iman yang ada di Pulau Buluh. Masjid yang kabarnya dibangun pada tahun 1872 ini masih berdiri dengan kokoh. 

Setelah puas liat² n ngelilingin Pulau Buluh kita minta dijemput lagi ama Pak Amran, kebetulan tadi kita udah minta no HPnya. Ternyata turunnya kita lagi² harus turun dari belakang rumah penduduk. Hehehe… sekali lagi lewat vertical ladder. Gak kebayang deh, orang² yang setiap harinya harus turun naik lewat situ..!!!

 Dermaga Pulau Buluh

Pas pulang, kita diajak lewat jalan lain ama Pak Amran. Huuuaaaa… kita baru tau, kalo di pojokan Pulau Buluh ada klentengnya. Dari yang aku baca di koran, klenteng itu merupakan klenteng tertua di Pulau Batam loh… Sambil jalan Pak Amran nunjukin pulau² lain yang keren yang bisa jadi tujuan kalo kita mau jalan² lain kali. Waaah.. mau banget deeehh.. Sampe ketemu lain kali ya Pak Amran… 

 Klenteng tertua di Batam


Thanx To :
1.       Allah SWT atas keindahan alam-Nya.
2.       Pak Amran yg udah nganterin kita.

You Might Also Like

0 komentar