[Jelajah Pulau] Menikmati Indahnya Pantai Setoko

Tuesday, June 03, 2008


“Yan, ada tempat cakep banget. Pantainya putih, bersih… keren dah pokoknya..”
“Dimana Mar…?!?! “  (Njawab asal masih sambil ngadep computer)
“Deket, di Jembatan 3. Pantainya putih, banyak bintang lautnya”
“Serius lo…?! Namanya apa…?!?!” (Dengan mata berbinar² berpaling dari computer mulai nanggepin omongan si Damar)
“Pantai setoko. Hehehe… Gue cuman ngarang namanya. Abis adanya di Pulau Setoko,  Jadi pantainya namain aja pantai Setoko”
“Sebelah mana tempatnya Mar…?!?!”  (Udah makin lupa ama computer)
“Pokoknya dari jembatan 3, ada plang Rumah makan Rindu Alam, lu masuk aja deh ngikutin jalan…”

* * * * *
Itu percakapan antara aku ama Damar beberapa waktu yang lalu. Wah… hari Minggu besok boleh dicoba nih. Lumayan daripada cuma bengong dirumah. Langsung aku cari info di Om Google, ternyata ada yang pernah posting. Lengkap ama poto²nya lagi. Waah… makin mantap aja nih kesana.  Sengaja gak bikin woro² seperti biasanya. Coz menurut Damar, untuk menuju kesana masuknya lumayan jauh, jadi mending naek motor.

Singkat cerita, tgl 1 Juni 2008, tibalah hari Minggu yang dinanti² itu.  Rencananya si Bagoes pengen ikutan asal dapet pinjeman motor. Jadilah kita sepakat ketemuan di depan Yahya medical Sagulung  jam 6.30 am, sekalian beli sarapan.  Sengaja kita beli nasi bungkus disitu buat dimakan entar di pantai. Gara² kelamaan nunggu si Erik, akhirnya ludes juga sepiring lontong sayur disitu…

Lengkaplah sudah rombongan kecil kita. Bener² rombongan kecil karena kita emang cuman berempat. Aku, Antok, Bagoes dan Erik.  Menggunakan sepeda motor yang dipacu dengan kecepatan standart 60km/jam kita langsung menuju tempat tujuan. Ngelewatin Jembatan 1 Barelang yang menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton. Jembatan Barelang masih sepi banget…

Kita jalan terus ngelewatin jembatan 2 yang menghubungkan Pulau Tonton dan Pulau Nipah. Lanjut terus ke jembatan 3 yang menghubungkan Pulau Nipah dan Pulau Setoko.


Pas lewat jembatan 3 ini disebelah kanan ada rumah makan. Ini seperti ancer² yang dikasih Damar. Langsung kita nyebrang and masuk ke jalan yang portalnya emang udah terbuka itu. Tapi apa bener ini jalannya…?! Kata Damar kan rumah makan Rindu Alam. Lha ini rumah makan Fauzan..?! Masa iya sih…?!?! Makin ragu lagi setelah kita masuk semakin jauh. Kok ini jalannya jelek dah gitu isinya cuma truk² pasir. Kata Damar jalannya bagus kok.. Karena ngerasa gak yakin akhirnya kita balik lagi ke jalan utama.

Balik lagi kejalan utama kita coba nelpon Damar, untuk minta info yang lebih jelas. Ditelponin bolak-balik gak diangkat.. Mulai ada yang mengutuki Damar, jangan² Damar Cuma bercanda lagi…?!?! Tapi gak mungkin ahh… Kan udah ada yang posting poto² pantai Setoko ini. Akhirnya kita berempat milih terus lagi menyusuri jalan utama. Gak lama kemudian kita ngeliat sebuah gapura dengan tulisan Budidaya hasil laut, jalan masuknya bagus udah diaspal. Tapi kan gak ada rumah makan Rindu Alam nya…?!?! Daripada penasaran kita coba aja masuk. Masuk terus akhirnya sampailah kita di…. Lapangan…!!! Yup.., jalan itu akhirnya berakhir di lapangan. Mau gak mau akhirnya kita balik lagi ke jalan utama.

Kembali lagi menelusuri jalan utama tiba² gak jauh di depan kita tampaklah sebuah gapura dengan tulisan Selamat datang dan disebelahnya ada plang kecil bertuliskan Rumah makan Rindu Alam. Yipppiee… akhirnya sampailah kita dijalan yang benar. Jalannya emang naik turun, tapi enak coz udah diaspal. Disepanjang jalan banyak orang² bersepeda yang kewalahan mengayuh sepeda di jalan yang menanjak itu. Sesuai informasi dari Damar, kita terus aja ngikutin jalan itu. Sampai akhirnya disebuah perempatan yang ada rumah mewahnya kita harus ngambil jalan ke kiri. Terus lagi, sampai akhirnya disebuah portal yang dijaga oleh seorang Bapak. Kita diminta uang sebesar 3000 rupiah/ motor.

Tak lama kemudian, tampaklah sebuah hamparan pantai berpasir putih yang indah banget….. Walaupun Batam dikelilingi lautan, tapi jarang² ada pantai separti ini. Pantainya bersih, karena mungkin belum banyak orang yang kesini. Pasirnya putih, lautnya keliatan luaaaaaas banget. Tempatnya tenang, cocok banget buat yang pengen ngelamun dan merenungi nasib. Hehehe…


Kita berempat langsung cari tempat teduh buat nyimpen tas. Antok  ga tahan godaan langsung aja nyebur, Erik juga rupanya udah ga tahan. Langsung buka bekal and makan dengan lahap. Hehehe.. Laper tho…?!?! Aku juga langsung menceburkan diri. Ga tahan godaan coz aernya seperti memanggil².. Wuiiih… suegerrr…!!! Si Bagoes pengen nyebur juga, tapi ragu coz gak bawa baju ganti. Tapi pandangan matanya gak lepas memandang lautan. Hehehe… sepertinya gak tahan godaan juga dia… akhirnya langsung nyebur juga. Tinggal si Erik aja yang tetep bertahan. Ngeliat tempat yang cakep gitu gak afdhol banget rasanya kalo gak diabadikan. Jeprat – jepret dari sisi manapun tetep aja background nya keren. Keasyikan poto tiba² anginnya jadi kenceng and langit nya berubah jadi gelap. Wah.. bakalan ujan nih.


Puas maen aer dan bernarsis² ria membuat kita jadi laper. Langsung aja buka bekal. Rasanya nikmat bener makan nasi bungkus sambil memandangi lautan… Jarang² bisa begini nih…  Hidup ini terasa indah, terutama bila kita bisa memaknai arti kehidupan itu sendiri… Seperti saat ini, ditengah keindahan alam ciptaan Nya, diantara para sahabat… suwer… rasanya masih pengen berlama² ditempat ini.

Selesai makan, tiba² turun hujan. Tanpa perlu ganti baju kita langsung menuju parkiran. Ngapain juga ganti baju, tar kena ujan pasti bakal basah juga.. hehehe..  di dekat tempat motor² kita diparkir ada pondok yang bisa dipake berteduh. Akhirnya kita berempat ikut berteduh juga bareng ama 3 cewek lain yang udah berteduh duluan disitu.  Erik yang gak mau ngelewatin kesempatan itu akhirnya mencoba tebar pesona. Hehehe.. dapet nomer telponnya gak Rik…?!?!

Pas ujannya agak reda akhirnya kita pulang.  Baru jalan beberapa meter tiba² ujannya deras lagi. Kita langsung berteduh di sekolah yang letaknya gak jauh dari situ. Jadi prihatin ngeliat kondisi sekolah itu. Bangunan luar gedungnya sih masih bagus. Tapi ruang kelasnya berantakan banget..  mana atapnya bocor lagi. Gak kebayang gimana anak² itu belajar kalo musim ujan..


Karena ujannya gak berenti², akhirnya kita berempat memilih nekat menerobos hujan itu. Nanggung, baju kita udah basah semua. Hehehe… Ternyata di daerah Pulau Nipah gak ujan. Jadilah kita seperti orang aneh yang abis kecebur. Secara orang² itu pada kering lha kita…?!?! Tapi kita cuek aja. Sampe jembatan 1 si Erik ngajak berenti. Dia minta dipoto berlatar jembatan 1 Barelang. Hehehe… jadi curiga Rik, jangan² kamu ikut kita plus dandan keren dari tadi and gak mau nyebur itu cuman gara² pengen berpoto di jembatan ini…?!?! Hehehe… Lagi asyik²nya Erik bergaya tau² ujan turun lagi dengan derasnya.  Ga ada pilihan lain kali  ini, kita emang harus pulang… (Ian)


Thanks to :
  1. Allah SWT  atas keindahan alam ciptaanNya.
  2. Damar atas informasinya ttg pantai Setoko ini.
  3. Nur yang udah minjemin motornya buat Bagoes.
  4. Mbak Lina yang udah posting ttg pantai Setoko di blognya http://mozank3roet.multiply.com
  5. Firman yang udah minjemin kameranya buat kita.

You Might Also Like

0 komentar