Ini 6 Alasan Kenapa ZenFone 4 Selfie Cocok Jadi Teman Traveling

Friday, November 10, 2017

Zenfone 4 selfie, review zenfone 4 selfie, smartphone untuk traveling

Di zaman now seperti sekarang, smartphone sudah jadi barang yang wajib dibawa ke manapun kita pergi. Mulai dari bangun tidur, sampai mau tidur lagi, yang namanya smartphone gak bisa jauh-jauh dari genggaman. Apalagi kalau bepergian. Ketinggalan smartphone bisa bikin kita mati gaya selama di perjalanan. Iya nggak? Udaah.. iya-in aja, daripada lama..

Sekarang ini, smartphone jadi salah satu barang yang wajib saya bawa sewaktu traveling. Ya karena buat saya, selain untuk alat komunikasi, smartphone juga saya pake untuk kerja dan obat bete di waktu senggang. Seperti foto-foto untuk konten, bikin video, ngedraft tulisan, ngeblog, ngegame, dengerin musik, nonton film, ngepoin medsos mantan. Wkwkwk yang terakhir tuh gak berfaedah banget!

Selama ini saya teramat puas menjadikan ASUS ZenFone 3 sebagai travelmate. Tapi sejak beberapa hari kemarin, saya mencoba menggunakan ZenFone 4 Selfie untuk kegiatan sehari-hari, termasuk piknik tipis-tipis keliling Batam. 

Piknik tipis-tipis di sore yang gerimis

Ternyata smartphone yang baru saja dilaunching di Jakarta pada tanggal 25 Oktober 2017 lalu ini cukup asyik untuk dijadikan teman jalan. Performa dan fitur-fitur yang disematkan pada gawai ini bikin saya pengen mengajaknya traveling lebih jauh lagi. #kodekeras #IYKWIM

Baca juga: Launching ZenFone 4 Series

Nah, berdasarkan pengalaman setelah menggunakan ZenFone 4 Selfie ini selama beberapa hari, saya menemukan setidaknya 6  alasan kenapa smartphone ini cocok untuk jadi teman traveling

1| Fitur Selfie

Yang namanya traveling, kita pasti donk ingin mengabadikan momen sebanyak-banyaknya. Cara paling gampang untuk ini adalah dengan swafoto menggunakan smartphone. Makanya tak heran kalau smartphone zaman now dilengkapi dengan fitur kamera yang mumpuni. 

Begitu juga dengan gawai terbaru dari ASUS ini. Sesuai namanya, ZenFone 4 Selfie, gawai yang satu ini memang punya fitur yang ajib buat selfie maupun wefie. Sesuai ama taglinenya #weloveselfieandwefie, ZenFone 4 Selfie ini bikin kita pengen selfie dan wefie mulu, hehehe.

Kamera depannya ada dua, yang dalam bahasa kerennya disebut dual selfie camera. Resolusi kamera utamanya 20MP. Sementara kamera lainnya dengan fitur wide-angle 120° memiliki resolusi sebesar 8MP.

Selfie dengan main camera

Zenfone 4 selfie, review zenfone 4 selfie, smartphone untuk traveling
Selfie dengan wide-angle camera

Selfie dengan wide-angle camera (Portrait Mode)

Zenfone 4 selfie, review zenfone 4 selfie, smartphone untuk traveling
Wefie outdoor dengan main camera

Wefie outdoor dengan wide-angle camera

Fitur wide angle 120° nya memungkinkan kita untuk wefie rame-rame ama teman seperjalanan. Atau selfie dengan latar belakang yang lebih luas. Serunya lagi, dengan ZenFone 4 Selfie ini kita tetep bisa selfie cantik meski dalam kondisi yang minim cahaya. 

Wefie malem-malem outdoor dengan main camera

Wefie malem-malem outdoor dengan main camera

2| Kualitas Kamera Utama

Belakangan, saya jadi males traveling bawa-bawa kamera DSLR. Berat cyiin! Sebagai gantinya, saya mengandalkan kamera smartphone. Gak usah smartphone mahal, yang penting hasil fotonya gak malu-maluin buat dipamerin di medsos. Foto-foto di blog maupun instagram saya hampir semua adalah hasil jepretan kamera smartphone.


Selama ini saya cukup puas dengan hasil foto ZenFone 3 kesayangan. Tapi setelah beberapa hari PDKT ama ZenFone 4 Selfie, kok rasanya jadi ingin mendua ya? Soalnya hasil foto ZenFone 4 Selfie gak kalah kece ama ZenFone 3. Hasil fotonya tajam. Bahkan saat saya memotret malam hari dalam kondisi yang minim cahaya. Ini karena ASUS telah menyematkan LED RealTone Flash pada ZenFone 4 Selfie.

Foto malam-malam hasilnya tetap tajam

Kamera belakang ZenFone 4 Selfie ini memiliki resolusi 16MP yang memiliki sudut pandang hingga 80%. Jadi cukup luas dan asyik untuk memotret landscape

Hasil foto outdoor kamera belakang

ZenFone 4 Selfie ini juga dilengkapi dengan fitur Portrait Mode. Dimana kita bisa menampilkan efek bokeh pada background foto. Hasilnya lumayan keceh. Cuma sayang kita nggak bisa mengatur level kebokehannya (KEBOKEHAAAN?? Dapet dari KBBI terbitan mana tuh? huahahaha...) Jadi kadang hasilnya malah terlihat nggak real.

Semoga ASUS segera meng-update fitur Portrait Mode di ZenFone 4 Selfie ya. Soalnya buat saya pribadi, Portrait Mode ini cukup menyenangkan. Apalagi kalau kita traveling ke tempat rame dan kita pengen selfie di situ. Kita bisa aktifkan fitur ini. Jadi fokusnya cuma ke kita, dan orang lain yang ada di sekeliling kita diblur aja, huahaha... 😂😂😂

Fitur Portrait Mode ini bisa digunakan pada kamera depan maupun kamera belakang. 

 Hasil foto indoor kamera belakang dengan Portrait Mode

Hasil foto indoor kamera belakang tanpa Portrait Mode

3| Baterai Awet dan Fast Charging

Yang namanya traveling pasti lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Pastinya kita butuh smartphone yang baterainya awet buat dipake seharian. Rempong banget kan ya kalo bentar-bentar kita kudu nyari colokan buat ngecharge

Setelah beberapa hari menggunakan ZenFone 4 Selfie, saya cukup puas dengan baterainya yang lumayan awet menurut pemakaian saya. Baterainya yang berkapasitas 3000mAh tahan saya pake seharian. Ya dipake motret, main medsos (blogwalking, instagram, FB, sesekali youtube), ngegame dan dengerin musik. Dalam sehari saya cuma ngecharge sekali aja. Ngecharge-nya pun terbilang cepat. Dari baterai yang tersisa 10% saya cuma perlu waktu 2 jam untuk ngecharge sampai full. 

Sampe larut malam masih betah main-main ama ZenFone 4 Selfie. Baterainya awet


4| Kapasitas Memori & Performa Smartphone

Processor dan RAM merupakan salah dua faktor yang berpengaruh terhadap kinerja smartphone. Kalau processornya gak bagus trus RAM juga kecil, ya jangan bete kalo tiba-tiba gawai kamu jadi lemot karena kebanyakan applikasi. Atau misal si HP mendadak nge-lag sewaktu 'dipaksa' menjalankan beberapa applikasi sekaligus. 

Nah sewaktu saya tau kalo ZenFone 4 Selfie ini dibekali 'otak' yang kece yaitu Qualcomm Snapdragon 430 Mobile Platform dengan 64 bit Octa-core dan RAM sebesar 4GB plus ROM sebesar 64GB, saya langsung hepi. Iya donk, udah kebayang aja ini smartphone bakal was wus lancar jaya waktu dioperasikan. 

Jadi betah ngegame... | taken with ZenFone 3

Selama beberapa hari saya pake ZenFone 4 Selfie ini, saya coba untuk menjalankan banyak applikasi sekaligus. Mulai dari ngeblog, buka medsos, ngegame, dengerin musik, sampai nonton youtube. Hasilnya oke banget. Lancar jaya gak sampai hang atau nge-lag. 

5| Triple Slot SIM Tray

Berbeda dengan ZenFone 3 yang slot SIM card-nya berjenis hybrid, ZenFone 4 Selfie ini menggunakan triple slot SIM tray. Jadi kita bisa memasang dua SIM card sekaligus external memory. Yaa walaupun memory internalnya ZenFone 4 Selfie ini udah gede, tapi kita pasti perlu donk memory external untuk nyimpen foto-foto dan video traveling yang jumlahnya pasti ratusan bahkan ribuan. Bener gak?

Jadi dengan adanya triple slot ini, kamu gak perlu galau lagi mau pilih pasang dua SIM card atau pasang memory external

Triple slot SIM tray | taken with ZenFone 3

6| Nyaman Digenggam

Satu lagi yang saya suka dari ZenFone 4 Selfie ini, adalah desainnya. Dengan ukuran 155.66x75.9x7.85mm dan berat 144 gram, bikin smartphone ini terasa ringan tapi rasanya nyaman banget waktu digenggam. Casingnya beda dengan ZenFone 3 yang terlihat mewah tapi licin.

Desainnya manis | taken with ZenFone 3

Dengan desain dan ukuran seperti ini, ZenFone 4 Selfie cocok banget buat dibawa traveling. Nyaman dan dan pas digenggam plus gak licin, jadi gak khawatir merosot dari genggaman tangan. 

Nyaman digenggam | taken with ZenFone 3

Untuk pilihan warna ada Deepsea Black, Rose Pink, dan Sunlight Gold. Kalau saya sih jelas, naksir yang Deepsea Black. Tapi kemaren saya kebagian yang warna Rose Pink. Ya gakpapa sih, cuma saya mendadak jadi ngerasa manis banget pake smartphone berwarna pinky begini, hahaha.. 

***

Nah itu tadi 6 alasan yang bikin saya yakin bahwa ZenFone 4 Selfie ini cocok buat diajak traveling. Jadi, meskipun namanya ZenFone 4 Selfie, ternyata smartphone ini gak cuma unggul di fitur selfie aja. Terbukti performa dan fitur-fitur lainnya pun cukup mumpuni. 

Kalau kamu tertarik untuk meminang si ZenFone 4 Selfie ini dan menjadikannya travelmate, kamu bisa beli di ASUS Official Store di Lazada. Harganya Rp 3.499.000.

Note: Foto-foto di postingan ini adalah hasil jepretan ZenFone 4 Selfie tanpa filter dan tanpa diedit. Editing cuma resize dan kasih watermark. Eh ada juga hasil jepretan ZenFone 3 dink (lihat keterangan pada foto ya..)

Zenfone 4 selfie, review zenfone 4 selfie, unboxing zenfone 4 selfie, smartphone untuk traveling
Paket penjualan ZenFone 4 Selfie | taken with ZenFone 3


You Might Also Like

30 komentar

  1. Naksiiiirrrrrrrrrr sama ZenFone4 Selfie nyaaaaa ^_^ Lalaaa, tante kangeeeeennn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai tante Manda.. Ada salam dari Lala. Kapan main ke Batam? 😉

      Delete
  2. smartphone zaman now kameranya mumpuni bener.. udah mah resolusinya tinggi, bisa bokeh pulaa, udah macam mirrorless aja.. huwaaa.. Tuhan tolong jatuhkan 1 zenfone 4 selfie dari langit untuk hamba yang masih pake smartphone zaman past..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha semoga segera kejatuhan ZenFone 4 Selfie dari langit yaa 😊😊

      Delete
  3. Itu pas selfie cakupan kameranya bisa luas gtu ya mbak?
    Coba donk minjem takbawa traveling hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pril.. Bisa disetting jadi wide-angle. Serasa selpih pake go pro hehehe

      Delete
  4. Wuih hasil selfie-nya oke banget yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi pengen selfie terus jadinya.. 😂😂😂

      Delete
  5. Jalan-jalan sambil foto-foto oake kamera zenfone seru ya, hasilnnya kece

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iua mbak... Traveling emang kurang lengkap ya kalo tanpa foto-foto 😊😊

      Delete
  6. Waah Zenfone 4 selfie hasilnya bagus ya Mbak ternyata. Saya belum pernah pakai Zenfone soalnya. Hasil foto outdoor malam hari oke ya ternyata.Tajam dan jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Selama ini saya pakai ZenFone 3, puas banget! Hasil fotonya terang dan tajam. Ternyata ZenFone 4 Selfie ok juga

      Delete
  7. Wuih, kualitas fotonya cakeep Maaak... jadi mupeng nih. Secara traveling itu sarat dengan cekrak cekrek upload ya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya betul, mbak Eni.. Traveling tanpa foto-foto rasanya kurang afdal yaa.. 😁😁

      Delete
  8. Duh aku naksir ama fitur wide angle dan bokehnya itu, biar foto selfie atau wefie di sosmed makin paripurna. Selama ini aku-hapeku sih lebih tepatnya-selalu jadi favorit kalo foto wefie ama temen2 sebab hasilnya yang paling bagus :D
    Naah ini dia yang ktunggu-tunggu: Triple Slot SIM Tray sebab selama ini aku ngorbanin ga pake memory external karena pake 2 kartu. MOga ada rejeki memiliki Zenfone 4 Selfie ini, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Wan.. Aku pun jatuh cinta ama fitur wide-angle nya. Sukaaa!

      Delete
  9. Wuihh mantap ulasannya. Moga moga aku dapat rejeki nomplok soal hp smartphone berkelas ini

    Apalagi segi kualitas photo luar biasa ngga kalah sama pesaing pesaingnya. Enak ya bisa jadi blogger travel bisa bawa smartphone dgn kamera yg cukup mumpuni kayak zenfone ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas. So far saya emang puas ama hasil kameranya ZenFone ini. Aamiin.. Semoga ada rejekinya ya mas biar bisa segera meminang si ZenFone 😊

      Delete
  10. Jadi kapan kita foto2 cantik lagi pakai ZenFone 4 Selfie? 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha yuk kapan? Kapan kita jalan bareng lagi? 😉

      Delete
  11. keren nih keknya, duh lama lama ngiler juga aku hehe

    ReplyDelete
  12. Apapun fitrunya selaman baterenya tahan lama dan fast charging pasti aku comot hhh.
    Cocok nih HP nya untuk kegiatanku yang doyan traveling,
    mau atuh teh di beliin satu ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya betul. Baterai yang awet itu penting banget buat diajak traveling. Hahaha aku pun gak nolak kalo dibeliin satu nih ZenFone 4 Selfie 😁😁

      Delete
  13. Cara memberikan watermark with zenfone 4 series itu gmn ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah otomatis ada dari smartphone-nya. Bisa disetting mau dimunculin ato enggak..

      Delete
  14. Tapi hp saya seri selfie 4 (bukan pro) dan itu gk ada settingannya mba.. Bisa tlg jelaskan ngga mba caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada update terbaru kah? Coba dilihat di setting - system updates. Kalau sudah diupdate, nanti langsung masuk ke settingan kamera. Pilih aktifkan watermark

      Delete
  15. Tidak ada update an terbaru di asus pixel masternya mba, adanya cuma time stamp aja, asus watermarknya juga gak ada opsinya.. Saya bingung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditunggu beberapa hari lagi. Harusnya sih udah ada update terbarunya..

      Delete