Semakin Produktif dengan Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Friday, September 30, 2022


"Bun, laptopku ilang.."

Reva, si sulung yang baru beberapa bulan jadi siswa SMA melaporkan lewat telepon.

"Hah?! Kok bisa?! Ilang di mana?!"

"Bukan aku yang ngilangin…" Suaranya mulai tidak jelas. Antara kesal, marah, dan mau nangis campur jadi satu.

Masih dengan nada yang tidak jelas itu kemudian mengalirlah ceritanya. Beberapa waktu lalu, laptopnya rusak. Adik saya yang waktu itu kebetulan liburan di Surabaya, berinisiatif membawa si laptop yang lagi ngadat itu ke tukang servis langganannya di Jogja.

Laptop yang dipake Reva itu memang bukan laptop baru. Tapi laptop jadul jaman saya awal-awal kerja di Batam. Umurnya hampir seumur Reva. Jadi kalo denger cerita si laptop ngadat ini atau itu, udah bukan cerita baru lagi.

Sebenarnya, wacana untuk mengganti laptop punya Reva sudah ada sejak beberapa waktu lalu. Apalagi sekarang sejak masuk SMA, kegiatan Reva semakin padat. Dia perlu laptop yang mumpuni untuk membantunya belajar, mendukung eks-kul jurnalistiknya, juga hobi corat-coretnya. Laptop jadulnya jelas sudah sangat kewalahan untuk diajak bekerjasama. Mungkin sudah lelah, karena sudah beberapa kali juga rawat inap di tukang servis. Dan kali itu, sekali lagi si laptop sembuh dari sakitnya setelah diservis di Jogja.

Laptop Ditukar Majalah di Rest Area

Masalah lain justru terjadi sewaktu si laptop sedang dalam perjalanan menuju pemiliknya. Laptop itu dibawa langsung oleh adik saya naik bus dari Jogja ke Surabaya. Dodolnya, sewaktu bus berhenti di rest area di daerah Ngawi, adik saya turun makan, tapi tas ranselnya yang berisi laptop punya Reva itu ditinggal di dalam bus. #tepokjidatadiksaya

"Aku turun gak sampe 10 menit loh!"

Itu kalimat pertama adik saya sewaktu saya berusaha konfirmasi. "Tapi ternyata laptopnya Reva udah dituker majalah. Aku ya gak curiga, wong beratnya masih sama. Taunya pas nyampe rumah. Ternyata yang aku bawa di dalam tas tuh majalah, bukan laptop!"

Entah ini sindikat, oknum, atau apalah namanya. Yang jelas, ternyata kejadian seperti ini bukan pertama kali terjadi di rest area. Jadi, maling-maling ini kayak yang udah prepare gitu. Udah siap dengan setumpuk majalah buat ditukar dengan laptop. So, di sini sekalian saya mau ngingetin temen-temen semua untuk lebih berhati-hati dengan barang bawaan. Terutama di tempat umum. Kalau pas berhenti di rest area, dan temen-temen berniat turun, entah cuma turun sebentar ke toilet atau beli minuman, jangan sekali-sekali meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan.

Saya yang udah terlanjur kesel langsung menutup telepon. Gak peduli lagi ama rentetan kalimat pembelaan diri dari adik saya. Karena jelas-jelas di sini dia yang salah. Tapi mau marah, mau kesel kayak gimana pun juga ya percuma. Gak bakalan bikin laptop Reva balik.

"Bun, beliin laptop baru yaa.. Aku banyak tugas yang perlu laptop nih.."

Akhirnya kalimat itu keluar juga. Otak emak-emak saya langsung sibuk mengkalkulasi budget.


"Bun, beli laptopnya jangan yang berat yaa.. Capek tau pundak aku kalo bawa laptop yang segede Gaban gitu!"

"Jangan yang lemot dan lelet juga. Masa buka email aja se-jam sendiri. Gimana aku bisa ngerjain tugas lainnya?"

"Trus kalo bisa yang baterainya irit. Aku diledekin ama temen-temen, katanya kebutuhan primer aku tuh sandang, pangan, dan colokan!"

"Btw ada gak sih laptop yang gak bikin minus mataku jadi makin nambah? Kelamaan di depan laptop kayak waktu sekolah online kemarin bikin minus mataku jadi nambah niih.."

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) untuk Teman Sehari-Hari

Duh, padahal emaknya belum juga bilang "IYA", si anak udah heboh aja. Akhirnya kami pun berdiskusi panjang tentang laptop idaman. Kami sama-sama tergoda ama laptop ASUS yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Fitur-fitur yang dimiliki si Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini sesuai ama kebutuhan Reva. Plus, harganya masih sesuai ama budget. Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini harganya ada di range Rp 11 juta sampai Rp 13 juta. Padahal ya, tadinya saya kira laptop ini tuh harganya di atas Rp 15 juta lah minimal. Lah ngeliat spesifikasinya aja begitu mumpuni jhe!

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Penasaran kayak apa fitur-fitur dan keunggulan dari laptop ini? Lanjutin baca yaa..

Bodi Ringkas, Tampilan Stylish


Secara ukuran, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini terbilang ringkas dan ringan banget. Bobotnya cuma 1,4 kg dan tebal bodinya cuma 18,9 mm. Cukup ringan dan tipis buat dimasukin ke dalam tas. Ini sesuai banget ama yang dimau Reva, bukan laptop segede Gaban, yang kalo dibawa-bawa di ransel bikin pegel pundak.

Untuk mendukung aktivitas eks-kul jurnalistiknya, keyboard Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini sudah support banget. Karena keyboard laptop ini memang didesain secara ergonomis di mana jarak tombol, kedalaman tekan, serta stabilitasnya bener-bener dirancang khusus dan presisi supaya penggunanya nyaman saat mengetik. Ukuran touchpad-nya juga lebih luas. Jadi lebih nyaman kalo mau gerakin kursor atau scroll halaman. Gak cuma itu aja, keyboard Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini juga dilengkapi dengan lampu latar atau backlit yang memungkinkan penggunanya mengetik di tempat yang minim cahaya.

Masalah tampilan, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini juga gak kalah keren. Logo ASUS Vivobooknya bukan di tengah-tengah punggung laptop, tapi di bagian samping. Modelnya juga bukan tulisan biasa aja, tapi modelnya timbul kayak badge. Pokoknya keren deh!

Dua pilihan warnanya yaitu Cosmos Blue dan Solar Silver sama-sama cakep, bikin bingung mau pilih yang mana. Kata Reva, yang Cosmos Blue itu ngasih kesan dinamis dan energik. Kalo yang Solar Silver kesannya elegan dan manis. Bingung kan mau pilih yang mana?




Buat yang sering meeting online atau melakukan conference call, juga cocok banget nih. Soalnya Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini dilengkapi teknologi AI Noise Cancelling, yang mampu meredam suara bising di sekitar. Jadi mau meeting online di manapun, ayo aja!

Performa Kencang Anti Lemot

Untuk urusan performa, saat ini Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini termasuk laptop 14 inci paling powerful loh di kelasnya. Processornya pake AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors. Processor ini tuh biasanya dipake di laptop gaming. Nah, kalo processor jenis ini dipakaikan pada Vivobook Pro 14 OLED, kebayang donk gimana powerfulnya laptop ini? Ditambah lagi kartu grafis AMD Radeon yang melengkapinya. Bikin performanya makin kencang, no ngelag-ngelag club! Gak bakalan ada lagi cerita laptop lelet yang bikin bete.

Vivobook Pro 14 OLED ini hadir dalam 3 varian spesifikasi. Dan varian tertinggi dari Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini ditenagai oleh AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor. Prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 8-core dan 16-thread serta mampu berjalan di frekuensi hingga 4,4GHz.

Dan untuk urusan penyimpanan, gak perlu kuatir. Karena Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini dibekali dengan memori berkapasitas hingga 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas 512GB. Ini artinya, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini sangat bisa diandalkan untuk berbagai aktivitas, tanpa kuatir tiba-tiba ngelag di tengah jalan.

Baterai Awet Buat Dipakai Seharian

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menggunakan baterai 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion yang mampu bertahan hingga 8-10 jam dalam sekali pengisian. Fast charging juga, karena didukung dengan 90W AC Adapter dengan Output: 19V DC, 4.74A, 90W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal yang mampu mengisi daya baterai laptop kurang dari 2 jam.

So, kalo pake Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini Reva gak bakal diledekin lagi ama temen-temennya, bahwa kebutuhan primer dia tuh sandang, pangan, dan colokan! 😄



Gak cuma itu, ASUS juga membekali Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini dengan sistem pendingin IceCool Plus Thermal Technology yang mampu mendinginkan secara optimal saat processor AMD Ryzen 7 5800H bekerja berat. Sistem pendingin tersebut ditenagai oleh dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP), dan mampu menghadirkan aliran udara 16 persen lebih baik serta memastikan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat selalu bekerja secara optimal.

Teknologi OLED Aman untuk Mata

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini menggunakan teknologi layar ASUS OLED (Organic Light-Emitting Diode). Layar ASUS OLED ini dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah. Gak tanggung-tanggung loh, pada tingkat kecerahan yang disetting hanya 11% pun layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Keren banget kan?

Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3. Artinya, layar ASUS OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop. DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna yang sangat banyak gak berarti apa-apa kalau warna yang ditampilkan tidak akurat. Nah, di sinilah salah satu keunggulan utama ASUS OLED, yaitu layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya.


Layar ASUS OLED juga sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display, jadi tingkat akurasi reproduksi warnanya sudah gak perlu diragukan lagi.

Dan salah satu yang paling penting dari teknologi ASUS OLED adalah karena memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak.

Fitur Eye Care di ASUS OLED tidak hanya sekadar dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Dengan menggeser spektrum cahaya biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru yang berbahaya tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

ASUS OLED ini solusi banget buat yang pengen tetap menjaga kesehatan mata meski sehari-hari harus ngadep laptop.

Aman dan Terlindungi

Kejadian buruk kehilangan laptop di perjalanan bikin saya mau gak mau harus aware ama keamanan laptop dan perangkat kerja. Menariknya, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dilengkapi dengan fitur keamanan seperti sensor sidik jari.


Pada Vivobook Pro 14 OLED (M3400), sensor sidik jarinya jadi satu ama tombol power. Jadi cukup satu sentuhan mesra untuk mengakses dan membuka si Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga dilengkapi dengan pelindung webcam. Jadi misal kita selesai menggunakan webcam, kita bisa langsung geser webcam shield-nya. Biar gak ada orang iseng yang mengintip aktivitas kita lewat webcam.


Nah, fitur-fitur keamanan kayak gini tuh bisa melindungi kita dari tangan-tangan jahil dan gak bertanggung jawab di sekitar kita. Laptop itu kan privasi kita. Pastinya kita gak mau kan, kalau sampai privasi kita dilanggar? Makanya, keberadaan fitur keamanan yang disematkan pada laptop kayak gini tuh penting banget.

Yaaa.. walaupun fitur ini tidak bisa mencegah kehilangan laptop, apalagi yang disebabkan karena kelalaian sendiri, tapi setidaknya fitur ini, terutama sensor sidik jari, bakal bikin si pencuri laptop juga kesel karena gak bisa mengakses laptop curiannya.

Duh, ngebahas fitur-fitur dan keunggulan dari Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini kok bikin saya jadi gak sabar pengen segera unboxing, biar Reva bisa makin produktif dan semangat belajarnya.

"Beli dulu laptopnya, Bun! baru di-unboxing!"



Main Spec. 

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) 

CPU 

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, 

up to 4.4 GHz max boost) 

Operating System 

Windows 11 Home 

Memory 

16GB DDR4 

Storage 

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD 

Display 

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits, 

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black 

Graphics 

AMD Radeon™ Graphics 

Input/Output 

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm 

Combo Audio Jack, Micro SD card reader 

Connectivity 

Wi-Fi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5 

Camera 

720p HD camera with privacy shutter 

Audio 

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio 

Battery 

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion 

Dimension  

31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm 

Weight 

1.4 Kg 

Colors 

Solar Silver

Price 

Rp12.799.000  

Warranty 

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty 

You Might Also Like

2 komentar

  1. emang sih laptop ini keren karena tipis dan powerfull ya mba dee

    ReplyDelete
  2. Laptop pake sistem cooling dengan dual fan...auto laptop keren

    ReplyDelete