Being an Expert with ExpertBook B9450

Saturday, August 29, 2020


We are all experts in our own little niches - Alex Trebek

Kalau disuruh milih, mending jadi orang yang bisa melakukan berbagai hal, tapi bisanya itu hanya sekadar bisa, atau jadi orang yang cuma menguasai satu bidang tapi menguasainya tuh yang bener-bener menguasai. Bahasa kerennya, expert di bidang itu. Kalau saya sih, pengennya menguasai banyak bidang dan semuanya dikuasai dengan teramat sangat baik. Eits, tunggu! Gak semudah itu, Bambang!

Menurut Bo Sanchez, seorang penulis dan pengusaha asal Filipina, hidup itu bukan tentang menjadi ahli dalam segalanya, tapi tentang menjadi ahli dalam satu hal dan menunjukkannya pada dunia. Dan untuk menjadi seorang yang expert di suatu bidang itu pastinya gak mudah. Perlu proses yang panjang. Bukan ujug-ujug dalam sekejap langsung jadi ahli. Kalo kata pepatah, the expert in anything was once a beginner.

Bekal Menjadi Expert

Untuk menjadi seorang yang expert atau ahli dalam suatu bidang diperlukan bekal yang cukup. Apalagi yang namanya persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Kalau ingin tetap eksis dan berkibar, bekalnya juga gak boleh main-main. Apa aja sih bekal yang harus disiapkan?

1. Terus Belajar dan Meng-upgrade Skill

Belajar dari sebuah penelitian di Berlin Academy of Music, bahwa untuk menjadi seorang yang expert di suatu bidang, kita perlu mengalokasikan waktu lebih lama untuk belajar dan berlatih, minimal selama 10.000 jam.

Jangan pernah membatasi diri dalam belajar. Kita bisa belajar dari mana saja, dari siapa saja. Terus tingkatkan kemampuan kita di bidang yang kita geluti. Bisa dengan mengikuti kursus atau pelatihan yang sesuai. Bahkan di masa pandemi seperti sekarang ini, kesempatan untuk belajar dan meningkatkan skill tetap terbuka lebar melalui kelas-kelas online.

2. Membangun Networking

Jaringan pertemanan yang luas bisa jadi kunci sukses di dunia kerja. Tapi sebaiknya, bukan hanya sekadar memperluas jaringan kerja, tapi membangun jaringan tersebut dan menjaganya dengan baik.

3. Perbaiki Attitude

Dari kecil kita pasti sudah sering dengar tentang filosofi padi. Semakin berisi, semakin merunduk. Begitu juga dalam dunia kerja. Harusnya kita seperti padi. Jangan mentang-mentang sudah expert di suatu bidang, trus jadi sombong dan bertingkah. Duh, siapa pun juga bakal males sama orang yang sombong dan bertingkah. Menjadi humble, murah senyum, menjaga lidah dan tutur kata, tentu jauh lebih baik.

Percaya deh, gak ada yang betah kerja bareng ama orang yang punya sifat ngeselin. Kalau belum bisa jadi orang yang nyenengin buat banyak orang, setidaknya jangan jadi orang yang ngeselin buat orang-orang di sekitar kita.

4. Perangkat Kerja yang Mumpuni

Untuk menunjang kinerja yang baik, perangkat kerja yang mumpuni juga tentu memegang peranan penting. Sebagai seorang pekerja profesional, tentu perlu laptop yang bisa diandalkan sebagai partner bekerja di segala suasana. Punya performa yang powerful, tangguh, nyaman digunakan untuk bekerja seharian, plus punya sistem keamanan yang canggih.

Sepertinya, ASUS memang memahami kebutuhan para pekerja profesional ini. Hingga pada 2 Juni 2020 lalu, ASUS merilis ExpertBook B9450, sebuah laptop yang diciptakan untuk para pebisnis yang mobile dan dinamis. Menurut saya, ExpertBook B9450 ini paket komplit banget. Mulai dari tampilannya yang manis, fiturnya yang fantastis, sampai harganya yang cukup bikin dompet meringis.

Kenalan yuk ama ASUS ExpertBook B9450

Laptop Bisnis Berbodi Tipis dan Sangat Ringan

Mari katakan selamat tinggal pada laptop kerja berdesain kaku, berukuran besar, tebal, dan berat. Karena sekarang ada ExpertBook B9450, laptop kerja yang desainnya minimalis, berukuran lebih kecil dari kertas A4, dengan ketebalan hanya 14.99 mm dan beratnya hanya 870 gram. Gak sampe sekilo, cuy! Ini berkat sasisnya yang menggunakan material magnesium-lithium alloy. Bezelnya yang Superslim menjadikan layarnya yang berukuran 14 inci terlihat seperti berukuran 13 inci. 

Tapi jangan salah. Meskipun terlihat minimalis dengan bodi tipis dan ringkas, ExpertBook B9450 ini tangguh loh. Karena proses pembuatan bodi ExpertBook B9450 juga tidak sembarangan. Keseluruhan proses pembuatannya melalui 21 tahap manufaktur sehingga menghasilkan bodi yang tidak hanya kokoh namun juga presisi dan detail. ExpertBook B9450 juga menggunakan desain fair-faced concrete yang dibentuk sangat presisi. Desain tersebut tidak hanya membuat ExpertBook B9450 semakin kokoh namun juga terlihat premium dan istimewa.


Keseluruhan bodi ExpertBook B9450 juga dibuat menggunakan metode CNC milling serta telah dilengkapi dengan lapisan khusus pencegah korosi. Menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating pada bodi magnesium lithium, membuat ExpertBook B9450 terhindar dari efek korosi dan oksidasi jangka panjang. ExpertBook B9450 pun tampil semakin tangguh.

Baterainya Awet Meski Dipakai Seharian

ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian baterai. Varian yang menggunakan baterai 33Wh dapat bertahan hingga 12 jam penggunaan, sedangkan varian yang menggunakan baterai 66Wh dapat bertahan hingga 24 jam penggunaan. Kebetulan unit yang saya pakai kali ini adalah yang menggunakan baterai 66Wh. Dan setelah mencobanya langsung, baterainya tahan selama lebih dari 24 jam dengan pemakaian standar untuk mengetik artikel dan browsing. Saya emang sengaja tidak mematikan laptop, karena pengen tau setahan apa sih baterainya? Dan sampai saya mengetik artikel ini, baterainya masih tersisa 37%. Cocok nih buat para pebisnis yang mobile. Jadi gak perlu lagi rempong rebutan colokan listrik kalo kebetulan harus meeting dengan klien di luar kantor.

Faktor lain yang paling mempengaruhi kemampuan ExpertBook B9450 sehingga dapat bertahan seharian tidak lain adalah berkat prosesor 10th Gen Intel Core terbaru. Prosesor generasi terbaru dari Intel tersebut kali ini hadir dengan optimalisasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya sehingga mampu tampil lebih kencang namun tetap hemat daya. Prosesor 10th Gen Intel Core yang digunakan di ExpertBook B9450 tampil dengan cTDP sebesar 10 hingga 25 Watt, membuat daya tahan baterai lebih panjang berkat konsumsi dayanya yang rendah.

Tangguh Berstandar Militer AS (MIL-STD 810G)

Buat pebisnis yang mobile, jaminan ketangguhan seperti yang ditawarkan ExpertBook B9450 ini tentu merupakan angin sorga. ExpertBook B9450 telah menerima sertifikasi lolos uji ketahanan bersatandar militer AS (MIL-STD 810G).

Tidak hanya sampai di situ, ExpertBook B9450 juga telah lolos dalam serangkaian uji ketangguhan ektrem. Sebanyak 21 jenis pengujian ekstrem telah dijalani oleh unit ExpertBook B9450, seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan diu ketinggian serta suhu ekstrem. ExpertBook B9450 pun dinyatakan lolos semua pengujian tersebut.


Keyboard dengan fitur spill-resistant atau tahan terhadap tumpahan cairan juga melangkapi ketangguhan ExpertBook B9450. Laptop ini tidak akan rusak seketika saat minuman Anda secara tidak sengaja tumpah ke bagian keyboard-nya. Tidak hanya data bisnis Anda yang berharga dapat terselamatkan, ExpertBook B9450 pun tetap masih bisa digunakan.

Performa Powerful

ExpertBook B9450 ditenagai oleh prosesor Intel Core 10th Gen terbaru yang hadir dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Prosesor generasi terbaru dari Intel tersebut tidak hanya powerful tetapi juga hemat daya, serta telah dilengkapi dengan berbagai fitur modern, seperti dukungan terhadap Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Thunderbolt 3. Prosesor 10th Gen Intel Core yang digunakan di ExpertBook B9450 tampil dengan cTDP sebesar 10 hingga 25 Watt, membuat daya tahan baterai lebih panjang berkat konsumsi dayanya yang rendah.

ASUS ExpertBook B9450 merupakan salah satu laptop yang menjadi bagian dari Project Athena yang digagas oleh Intel. Project Athena merupakan sebuah inisiatif dari Intel untuk menghadirkan standar baru di dunia komputasi mobile. Laptop yang merupakan bagian dari Project Athena harus memenuhi standar kualifikasi khusus dari Intel, mulai dari fitur, performa, responsivitas, hingga daya tahan baterai. Tujuan Project Athena adalah menghadirkan laptop dengan standar mobilitas tinggi untuk pengguna di seluruh dunia.

ASUS ExpertBook B9450 telah memenuhi standar untuk menjadi bagian dari Project Athena. Selain didukung prosesor 10th Gen Intel Core yang memiliki performa tinggi serta hemat daya, ExpertBook B9450 juga didukung oleh memori berkapasitas besar yaitu hingga 16GB yang mendukung fitur dual channel, serta dua buah media penyimpanan menggunakan NVMe PCIe x4 SSD dengan kapasitas hingga 2TB. Kombinasi komponen tersebut membuat ExpertBook B9450 memiliki performa dan responsivitas kencang, serta daya tahan baterai yang panjang sesuai dengan visi Project Athena.

Sistem Pendingin Paling Canggih

Sistem pendingin yang digunakan di ExpertBook B9450 adalah Advanced Thermal Module. Sistem pendingin tersebut hadir dengan dimensi 25% lebih kecil dari sistem pendingin laptop pada umumnya namun tetap mempu memberikan performa pendinginan yang mumpuni. Menggunakan sistem pendingin ini, ASUS ExpertBook B9450 tetap dapat mempertahankan performanya secara optimal sepanjang waktu serta tampil dengan bodi yang tipis, ringkas, dan ringan.

Terdapat tiga kelebihan utama dari Advanced Thermal Module yang digunakan di ExpertBook B9450. Pertama, sistem pendinginnya menggunakan tilted heatsink design, dimana heatsink yang digunakan hadir dengan desain khusus sehingga dapat mengalirkan udara secara optimal.

Kelebihan kedua adalah struktur sistem pendinginnya, dari heatpipe, heatsink, hingga case untuk kipas, merupakan satu bagian dan bukan terdiri dari beberapa bagian yang disambung. Menggunakan desain tersebut dapat meningkatkan performa pendinginan khususnya pada proses pelepasan panas dari komponen pendingin.

Kelebihan ketiga adalah setiap sirip (fin) yang ada di heatsink dibuat menggunakan bahan alluminium alloy. Bahan tersebut memiliki performa pelepasan panas yang sama dengan tembaga yang banyak digunakan di laptop pada umumnya, namun memiliki bobot yang lebih ringan.

Salah satu yang membuat ExpertBook B9450 berbeda dengan laptop lainnya adalah kehadiran lapisan anti panas di bagian dalam bodinya. Lapisan tersebut hadir membungkus komponen utama ExpertBook B9450 sehingga sebagian besar panas yang dihasilkan dapat disalurkan melalui sistem pendinginnya. Lapisan anti-panas ini tak lain adalah graphite sheet yang dipasang di bawah keyboard dengan fungsi utamanya adalah mencegah panas berlebih untuk menyebar ke bagian keyboard.

Konektivitas Lengkap dan Modern

Salah satu keunggulan ExpertBook B9450 adalah hadir dengan fitur konektivitas yang super lengkap namun tetap dalam balutan bodi yang sangat ringkas. Tidak hanya opsi konektivitas modern yang menggunakan interface USB Type-C, legacy port seperti USB Type-A dan HDMI tetap hadir di ExpertBook B9450. 


Tidak hanya itu, ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan konektivitas melalui ethernet (LAN) yang dapat dilakukan menggunakan adapter khusus melalui port Micro HDMI. ExpertBook B9450 sendiri telah dilengkapi dengan chip mac address permanen sehingga laptop ini telah mendukung penggunaan dalam skala enterprise dimana setiap laptop perusahaan harus memiliki physical address agar mudah di-manage dan dikenali.


ExpertBook B9450 dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 3 yang hadir menggunakan interface USB Type-C. Thunderbolt 3 merupakan port berteknologi terkini yang tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transfer data. Thunderbolt 3 di ExpertBook B9450 memiliki fungsi lain, yaitu sebagai 4K display output serta fasilitas pengisian daya.

Thunderbolt 3 juga membuat ExpertBook B9450 dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat modern. Sebagai contoh, pengguna yang menginginkan performa grafis lebih kencang dapat mengubungkan ExpertBook B9450 dengan perangkat kartu grafis eksternal seperti ROG XG Station 2 melalui port Thunderbolt 3.

Selain memiliki port yang sangat lengkap untuk sebuah laptop berukuran sangat ringkas, ExpertBook B9450 juga hadir dengan teknologi konektivitas nirkabel paling modern. Sebuah modul Wi-Fi 6 (802.11ax) hadir di ExpertBook B9450 untuk memastikan penggunanya tetap dapat terkoneksi dengan kecepatan tinggi.

Wi-Fi 6 (802.11ax) merupakan teknologi Wi-Fi terbaru yang akan menggantikan Wi-Fi 5 (802.11ac). Teknologi nirkabel terbaru ini hadir dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta koneksi yang lebih stabil. Selain Wi-Fi 6 ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sebagai sarana konektivitas ke berbagai perangkat nirkabel lainnya.

Desain Ergolift yang Inovatif

ErgoLift merupakan desain yang memungkinkan bodi utama dan keyboard ExpertBook B9450 terangkat saat digunakan dan membentuk sudut 5 derajat. Posisi keyboard tersebut membuat pengguna ExpertBook B9450 lebih nyaman ketika mengetik sekaligus menghadirkan rongga udara ekstra di bagian bawah laptop ini.

Rongga udara yang dihasilkan dari ErgoLift memiliki dua fungsi. Pertama adalah memastikan aliran udara pada sistem pendinginan tetap optimal sehingga setiap komponen di ExpertBook B9450 dapat bekerja optimal sepanjang waktu. Sementara fungsi kedua adalah rongga tersebut membuat speaker yang berada di bawah bodi ExpertBook B9450 dapat tampil lebih kencang dan jelas.

Desain ErgoLift di ExpertBook B9450 berbeda dengan yang digunakan di laptop ASUS pada umumnya. Kali ini, layar ExpertBook B9450 dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan Anda untuk berbagi tampilan layar dengan mudah dan cepat.


Keyboard dan touchpad merupakan alat control utama di ExpertBook B9450. Untuk itulah ASUS menghadirkan berbagai inovasi pada keyboard dan touchpad yang kali ini khusus dirancang untuk meningkatkan produktivitas ketika bekerja.

Selain nyaman untuk mengetik, keyboard ExpertBook B9450 memiliki fitur spill resistant. Keyboard ExpertBook B9450 mampu bertahan ketika terkena tumpahan air sehingga membuat ExpertBook B9450 lebih tangguh dari laptop pada umumnya. Selain itu, keyboard ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan backlight yang dapat diatur tingkat kecerahannya melalui tombol shortcut yang ada di keyboard bagian atas.

Selain tombol untuk mengatur kecerahan, terdapat juga berbagai tombol shortcut untuk mempermudah penggunaan. Beberapa di antaranya adalah tombol shortcut untuk meng-capture layar, membuka aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows yang sedang digunakan, serta menonaktifkan webcam.

ExpertBook B9450 merupakan salah satu laptop yang telah mendukung fitur Link to MyASUS. Fitur baru di dalam aplikasi MyASUS ini memungkinkan penggunanya untuk mengkoneksikan smartphone yang sedang digunakan sehingga berbagai aktivitas di smartphone langsung dapat dilihat di layar ExpertBook B9450.

Link to MyASUS juga memiliki fitur file transfer untuk mengirim file dari dan ke smartphone tanpa harus menggunakan kabel data, screen mirroring untuk mengontrol smartphone secara langsung lewat layar ExpertBook B9450, dan screen extender yang memungkinkan tampilan layar ExpertBook B9450 dapat dihadirkan di smartphone. Tentu saja Anda juga dapat menjawab panggilan telepon dan membaca semua pesan yang masuk ke dalam smartphone tanpa harus menyentuhnya.

Pendukung Video Conference Terbaik

ASUS ExpertBook B9450 memiliki kamera yang tidak hanya berkualitas, tetapi dilengkapi dengan berbagai fitur. Kamera yang digunakan di ExpertBook B9450 adalah IR camera dengan resolusi HD yang sangat mumpuni untuk kegiatan video conference. Selain itu, kamera tersebut juga telah mendukung fitur Windows Hello facial recognition sehingga dapat digunakan sebagai sarana keamanan ekstra.

Bagi Anda yang menginginkan keamanan dan privasi ekstra, ExpertBook B9450 juga telah hadir dengan fitur webcam shield. Fitur tersebut membuat kamera di ExpertBook B9450 dapat ditutup secara fisik untuk menjaga privasi.


ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan speaker yang telah mendapatkan sertifikasi dari Harman / Kardon. Selain memiliki kualitas suara yang sangat baik, speaker pada ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan fitur Smart Amps Chip. Fitur tersebut memungkinkan speaker dapat mengontrol frekuensi suara secara cerdas sehingga mencegah kerusakan fisik pada speaker.

ExpertBook B9450 juga hadir dengan mikrofon yang dirancang khusus untuk kegiatan video conference. ExpertBook B9450 memiliki empat mikrofon yang ditempatkan secara khusus dan dilengkapi dengan 360-degree far field yang memungkinkannya untuk merekam suara lebih jelas. Mikrofon di ExpertBook B9450 dilengkapi dengan fitur noise cancelling yang memungkinkan suara di sekitar dapat diredam sehingga tidak mengganggu sesi video conference Anda.

Sistem Keamanan Canggih

ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan serangakain fitur keamanan kelas enterprise, yang artinya telah memenuhi standar korporasi besar. Dimulai dari keamanan privasi pengguna, ExpertBook B9450 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem. Dua opsi login menggunakan sistem biometrik pun disediakan di ExpertBook B9450, yaitu melalui fingerprint sensor dan facial recognition sensor.

Bergerak ke keamanan data, ExpertBook B9450 memiliki fitur yang memungkinkan pengguna laptop ini untuk mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan sistem proteksi password. Jika diaktifkan, pengguna yang ingin mengubah pengaturan BIOS atau mengakses data di SSD harus memasukkan password terlebih dulu sebelum dapat benar-benar mengaksesnya.

ExpertBook B9450 juga memiliki fitur ekstra yang tidak dapat ditemukan di laptop mainstream. Pertama adalah fitur USB Storage Block yang memungkinkan pengguna ExpertBook B9450 tidak dapat menghubungkan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin dari administrator. Hal tersebut dikarenakan USB flash disk dapat berisi malware yang bisa menyebar melalui jaringan internal perusahaan.

Fitur lainnya adalah Secure File Shredder. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghancurkan file digital hingga tidak dapat dipulihkan menggunakan metode apapun. Fitur ini berguna agar peretas tdiak bisa memulihkan dan mengakses data yang telah dihapus.

Sebagai sebuah laptop bisnis premium, ExpertBook B9450 juga telah mendukung sistem manajemen IT kelas enterprise. Hadir dengan sistem operasi hingga Windows 10 Pro, ExpertBook B9450 dapat diatur untuk terhubung ke jaringan intranet perusahaan secara cepat dan aman, serta kapanpun dan dimanapun. Dukungan terhadap aplikasi ASUS Control Center dan ASUS Business Center juga membuat tim manajemen IT dengan mudah melakukan control dan manajemen terhadap ExpertBook B9450, bahkan dari jarak jauh.

ASUS ExpertBook B9450 dibangun di atas fitur Trusted Platform Module. Fitur tersebut memungkinkan data dalam perangkan serta aktivitas datanya diproses melalui sistem enkripsi. Di dalam ExpertBook B9450 terdapat sebuah chip khusus yang berisikan RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja. Dengan demikian data yang dienkripsi di ExpertBook B9450 tidak akan bisa dibaca atau diakses di perangkat lainnya.

***

Gimana? Sudah siap menjadi expert dengan ASUS ExpertBook B9450? Sudah siapin budget supaya dompet gak meringis kan? Soalnya ASUS ExpertBook B9450 ini harganya mulai dari Rp 27.499.000

Rp27.499.000 (Core i5, 512GB SSD, 8GB RAM, 33Whr battery, Win 10 Home)
Rp28.499.000 (Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home)
Rp30.999.000 (Core i5, 512GB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)
Rp32.499.000 (Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr battery, Win 10 Home)
Rp34.999.000 (Core i7, 1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)
Rp36.999.000 (Core i7, 2x1TB SSD, 16GB RAM, 66Whr Battery, Win 10 Pro)

Dan telah bisa didapatkan melalui channel online berikut ini:

BliBli : https://bit.ly/ExpertBook-B9450-BliBli
Bhinneka : https://bit.ly/ExpertBook-B9450-Bhinneka
Tokopedia : https://bit.ly/ExpertBook-B9450-Tokopedia

You Might Also Like

0 komentar