Macam- Macam Plester Luka

Wednesday, March 18, 2020


Ketika ada yang terjatuh pasti Anda langsung mencari plester luka yang memberikan kelebihan untuk menutupi luka dalam jangka waktu yang lama. Banyak sekali berbagai macam jenis plester luka sebenarnya. Plester luka adalah bahan yang digunakan untuk pemakaian luar luka dari bahan yang dapat melekat kulit dan menempel pada luka dan menjadi bantalan. Plester berguna melindungi luka terbentur, rusak atau kotor.

Plester biasanya ditutupi oleh tenunan, plastik atau karet lateks yang memiliki kemampuan merekatkan. Sudah kita temukan banyak sekali variasi plester dengan fungsi perlindungan, terdapat juga jenis yang khusus untuk kegunaan tertentu seperti untuk kedokteran olahraga, rehabilitasi dan lain lain. Tetapi kembali lagi fungsi utama dari plester yaitu menyebarkan pengobatan kekulit dan melindungi luka tersebut atau bisa juga disebut dengan plester transdermal.

Selain plester transdermal juga ada yang namanya plester revolusioner. Plester revoluisoner ini biasanya digunakan untuk meminimalkan luka yang disebabkan hasil operasi. Plester ini terbuat dari silikon direkatkan diatas luka dan didiamkan sampai delaman minggu. Plester ini bekerja dengan mengurangi ketegangan pada kulit yang mengarah ke jaringan parut. Setelah operasi, jahitan biasanya dilakukan untuk merekatkan dua sisi jaringan bersama-sama sehingga dapat menyembuhkan luka dan kembali menggabungkan kulit.

Plester luka sebenarnya memiliki beberapa golongan seperti Autoclave tape artinya plester untuk mengontrol sterilisasi. Ada juga adhesive tape yang artinya dapat melekatkan atau menempel pada tubuh kita. Biasanya masyarakat awam mengenalnya dengan sebutan plester rol-rol an yang digunting untuk dipakai sebagai penutup luka atau menempelkan pada tubuh kita. Plester adhesive ini memiliki bentuk fisik yang berpori, berwarna merah kecoklatan dan agak tebal. Ada juga golongan plester lainnya yaitu medical tape atau plester obat ini artinya plester yang mengandung obat dan terakhir golongan plester adalah surgical tape yaitu plester yang digunakan dalam pembedahan yang tidak meninggalkan residu dan tidak meninggalkan rasa sakit apabila dilepaskan setelah menempel dan tidak menyebabkan gatal-gatal serta alergi. 

Plester sebagia pembalut luka ringan, pembalut luka setelah operasi, plester penurun panas, plester penghilang rasa sakit dan yang lainnya merupakan jenis dan manfaat plester. Adapun penggunaan plester seperti hampir sama yaitu menempelkan plester pada tempat yang sakit dan plester sebagai pembalut luka cara yang digunakan hanya melepas bagian yang akan menutupi pusat obat.

Nah, untuk luka yang ringan saja bisa menggunakan plester luka dari Hansaplast. Hansaplast ini memiliki banyak macam juga dalam hal plester luka. Misalnya saja Foot plester yang digunakan untuk kenyamanan kaki dan mencegah serta melindungi lecet pada kaki sehingga bisa aktif sepanjang hari. 

Lalu ada juga plester untuk menurunkan panas pada anak seperti Hansaplast cooling fever Disney frozen dan Hansaplast cooling fever marvel avengers dengan fungsi menurunkan demam anak juga dihias dengan gambar gambar kartun khusus untuk anak anak. 

Lalu ada juga Plester aqua protect dari Hansaplast untuk melindungi luka dari air dan plester ini memiliki sifat 100% kedap air. Untuk plester luka Hansaplast untuk anak anak seperti Plester anak mickey and friend, Plester anak princess, Plester Disney the lion king, plester Hansaplast frozen dan plester kain elastis junior fun. 

Selain itu macam macam plester Hansaplast seperti Plester Hansaplast roll, plester kain elastis plester kain elastis jumbo, plester plastik dan plester transparan merupakan semua macam plester Hansaplast.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Baru tau kalo plaster ada banyak jenisnya.
    Selama ini cuma tau handsaplast dan plaster roll doang.

    ReplyDelete