Segarkan Hari dengan Es Kunyit Asam Pelangi

Saturday, December 14, 2019


Belakangan ini, panasnya Surabaya rasanya sudah over banget. Daerah-daerah lain di Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Tapi di Surabaya, hujannya masih ogah-ogahan. Jadi maklumin aja, kalo curhatan warga Surabaya dan sekitarnya masih seputar cuaca panas dan masih merindukan hujan.

Menghadapi cuaca panas kayak gini, paling enak emang menikmati sesuatu yang adem dan segar. Seperti misalnya, piknik ke daerah ke pegunungan minum es campur atau es buah. Enaknya sih bikin sendiri ya, biar lebih puas.

Eh pas banget buka kulkas ada stok buah-buahan. Jadi gak perlu keluar rumah. Cuaca di luar panasnya bikin mager, cuy! Langsung deh eksekusi buah-buahan yang ada jadi minuman segar. 

Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan

Biar rasanya makin enak, sengaja saya tambahin Herbadrink Kunyit Asam. Saya memang sangat menyukai jamu-jamuan. Salah satu jamu kesukaan saya adalah jamu kunyit asam. Selama ini saya memang sering bermasalah dengan yang namanya nyeri haid. Jadi minum jamu kunyit asam bisa dibilang sudah jadi rutinitas bulanan buat saya. Kandungan kurkumin pada kunyit dan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa bisa meredakan kontraksi rahim. 

Gak hanya rasanya yang enak, kunyit asam juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan selain untuk meredakan nyeri haid. Di antaranya adalah:

  • Meredakan Nyeri Haid
  • Meredakan Peradangan 
  • Sebagai Antioksidan
  • Mengendalikan Gula Darah
  • Mengobati Anemia
  • Mengurangi Mual
  • Menurunkan Berat Badan
  • Mengatasi Masalah Bau Badan

***

Biasanya saya beli jamu kunyit asam di mbok jamu langganan yang lewat depan rumah. Cuma seringnya pas lagi pengen minum jamu, mbok jamu langganan justru malah gak lewat. Makanya saya selalu nyetok Herbadrink Kunyit Asam di rumah. Gak cuma varian kunyit asam sih, tapi juga varian-varian lain seperti sari jahe, sari temulawak, beras kencur, atau lidah buaya.


Kenapa saya suka Herbadrink? Karena Herbadrink merupakan minuman tradisional Indonesia yang menggunakan bahan-bahan alami dan diproses serta dikemas dengan teknologi modern. Jadi minuman sehat yang lebih praktis, tanpa harus kehilangan segala kebaikan alaminya. Makanya saya suka banget minum Herbadrink. Baik cuma diseduh begitu saja, atau dikreasikan jadi sesuatu.

Herbadrink bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko maupun supermarket terdekat. Juga bisa dibeli secara online di konimexstore.com dan official store Konimex di Shopee dan Tokopedia.


Kali ini saya coba kreasikan Herbadrink Kunyit Asam dengan aneka buah-buahan segar. Karena kebetulan stok buah yang ada warna-warni, saya kasih nama aja minuman ini jadi Es Kunyit Asam Pelangi. 

Resep Es Kunyit Asam Pelangi

Bahan:

  • 2 sachet Herbadrink Kunyit Asam
  • Strawberry segar
  • Nanas madu
  • Jeruk sunkist
  • Buah kiwi
  • Lidah buaya
  • Air
  • Es batu secukupnya
Bahan es kunyit asam pelangi

Note: untuk buah-buahan, jenis dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan persediaan di rumah masing-masing ya. Saya juga tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya, karena Herbadrink sudah manis dengan pemanis alaminya. 

Cara Membuat:

  • Kupas dan cuci bersih semua buah lalu potong sesuai selera.
  • Belah jeruk sunkist dan ambil bulir jeruknya saja.
  • Campurkan semua buah dengan Herbadrink Kunyit Asam, lalu simpan di lemari pendingin untuk beberapa saat agar meresap ke dalam buah.
  • Ambil beberapa sendok campuran buah ke dalam gelas, tambahkan air dan es batu.
  • Es kunyit asam pelangi pun siap dihidangkan. 

***

Gampang banget kan bikinnya? Dingin dan segarnya Es Kunyit Asam Pelangi ini cocok buat dinikmati di tengah panasnya cuaca Surabaya. Cobain deh.. Gak cuma dapet segar dan enaknya aja. Tapi juga manfaat kesehatan dari buah-buahan juga kunyit asamnya.

You Might Also Like

28 komentar

  1. Suegeerrr iki Mba.

    Aku pun penggemar Herbadrink.
    Terutama yg sari jahe.
    Uenaakkk.

    ReplyDelete
  2. Langsung kebayang segarnya Mba, hahaha.
    Namanya juga asam, ditambah kunyit, duh ini sehat banget.
    Kunyit kan antibiotik alami ya, asampun banyak khasiatnya.

    Mau ah cobain herbadrink varian ini, jadi ngiler baca ini :)

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget kunyit asam. Apalagi kalau semingguan jelang haid, wajib banget minum

    ReplyDelete
  4. Kayaknya enak nih buahnya pada asem2 tapi maknyus semua, cuss ah langsung eksekusi cari kunyit asam herbadrink dulu, makasi resepnya ya mba :)

    ReplyDelete
  5. Kalau diseduh dengan air panas, bisa gak Mbak? Cianjur udah sebulan ini hujan trrusss... Kami malah flu berat semua nih dalam rumah. Kalau bisa diseruput hangat, seperti nya enak nih minum kunyit asam hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, teh.. Biasanya juga kuseduh air hangat kok. Cuma ini pas kebetulan cuaca lagi panas banget, jadi kutambahin es

      Delete
  6. Masya Allah, Mbak.. auto ngeces nih aku.. hahaha.
    Sidoarjo juga masih panas terus.. pengennya minum yang dingin-dingin dan segerrr.. cocok banget nih Herbadrink Kunyit Asam dijadiin es kunyit asam pelangi. Tapi stok Herbadrink Kunyit asam ku lagi habis nih. Tinggal yang sari jahe sama temulawak. Mesti beli dulu deh kalo gitu :)

    ReplyDelete
  7. Kreatif banget Mbak, aku baru tau bisa dibuat es seger gini biasanya aku cima diseduh biasa aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Herbadrink bisa dikreasiin jadi macem-macem mbak.. Coba deh.. 😊

      Delete
  8. Seger banget, aku juga suka beli kunyit asem herbadrink ini sejak sulit menemukan mbok jamu di sekitaran rumah

    ReplyDelete
  9. Mba, langsung bayangin segernya loh. Apalagi diminum pas cuaca lagi panas. Herbadrink kudu di stok banyak ya di dapur, jadi tinggal eksekusi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Aku biasa nyetok yang kunyit asam sama sari jahe di rumah

      Delete
  10. Wah seger kayaknya nih kunyt asem dikasi banyak topping gtu mbak. Aku biasa minum kunit asem pas lagi menjelasng mens buat menghilangkan nyeri pms hehe . Biasanya minum kunyitnya herbadrink jg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Pril.. Udah jadi kayak rutinitas bulanan ya 😁😁

      Delete
  11. Duh mbak saya jadi ngiler nih liat es kunyit asam pelanginya. Jadi penasaran sama rasanya, pengen icip hehe. Pastinya segar dan menyehatkan ya.

    ReplyDelete
  12. Saya suka males kalau buat minuman yang berbau kunyit, tangan suka kuning padahal sangat bermanfaat bagi kesehatan, syukurlah aja sachetan kayak gini lebih praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Pake herbadrink lebih praktis jadinya

      Delete
  13. Jakarta sekarang musim hujan nih, dan seperti sore ini hujannya deras banget. Barusan saya nyeduh kunyit pakai air hanget buat menghangatkan badan. Kalau kemarin sore nyeduhnya jahe panas. Enak ada Herbadrink, tinggal seduh aja, trus bisa langsung minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mbak.. Mau diseduh anget atau dingin tetep enak ya 😊

      Delete
  14. Pas panas trus ditawari foto dengan es begini. Lemah banget saya sampai ngences mau ikutan menikmati segarnya

    ReplyDelete
  15. Kreatif banget nih Mbak. Kunyit asam dicampur buah-buahan..aku ngebayangin rasanya pasti segar banget.

    ReplyDelete