Cara Mudah pergi ke Bandara Menggunakan Bus

Monday, November 25, 2019


Jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu, saat ini jauh lebih mudah untuk berangkat ke bandara. Hal ini berkat tersedianya berbagai macam jenis kendaraan yang dapat mengangkut penumpang dari berbagai penjuru kota ke bandara. Salah satu yang paling umum digunakan adalah bus. Dan saat ini ada beberapa bus yang melayani keberangkatan dari dan ke bandara. Kita dapat menggunakan kendaran tersebut secara langsung, seperti mengunjungi terminal, stasiun atau yang lainnya. Atau juga dapat melakukan booking online, seperti booking airport bus dan yang lainnya.

Tips Pergi ke Bandara Menggunakan Bus

Buat teman-teman yang sampai saat ini masih bingung bagaimana cara pergi ke bandara secara tepat dan praktis, ada baiknya jika membaca ulasan berikut ini :

1| Perhatikan Lokasi 

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika kita akan berangkat menggunakan bus menuju bandara, adalah lokasi kita berada saat ini. Apakah lokasi kita berada saat ini dekat dengan shuttle bus atau tidak. Jika tidak, maka cari tahu, dimana lokasi shuttle terdekat. Lalu atur dan rencanakan bagaimana cara menuju lokasi shuttle tersebut. 

2|Memilih Transportasi yang Tepat

Terutama di Jakarta, setidaknya terdapat 3 jenis bus yang melayani keberangkatan dari dan ke bandara, seperti bus Damri, Bus JA Connexion, dan juga Big Bird. Masing-masing bus, mempunyai rute transit yang berbeda-beda. Dalam hal ini kita dapat memilih salah satu dari ketiga bus yang dianggap paling tepat, dan terdekat dengan lokasi kita saat ini. 

Ketika memilih layanan, selain rute, kita juga dapat memperhatikan fasilitas lain yang ditawarkan oleh pihak penyedia jasa. Mulai dari harga, layanan wifi, dan aneka fasilitas lainnya. Walaupun terlihat sepele, namun layanan ini penting, agar kita dapat berangkat ke bandara secara nyaman, dan aman. 

3|Melakukan Booking Online

Untuk mempermudah kita dalam memperoleh layanan bus, tidak ada salahnya jika menggunakan layanan booking online. Dengan demikian, kita dapat memesan bus secara tepat waktu, sesuai dengan kebutuhan dan jadwal keberangkatan. 

Untuk melakukan booking online seperti ini tidak terlalu sulit. Cukup kunjungi booking online, baik menggunakan website atau aplikasi yang ada. Lalu pilih menu antar jemput bandara, dan isi beberapa data yang diminta. Salah satu informasi yang diminta adalah mengisi jadwal berangkat dan dimana kita akan berhenti. Isi data tersebut secara tepat, ada baiknya sedikit lebih jauh dari jadwal keberangkatan pesawat. Sehingga kita masih mempunyai waktu senggang sebelum berangkat naik pesawat.

Setelah proses pengisian data selesai, berikutnya adalah pembayaran. Umumnya di aplikasi booking online seperti ini, ada beberapa sistem pembayaran yang dapat dipilih. Tentu saja kita dapat memilih salah satu sistem pembayaran yang dinilai tepat, dan dapat kita lakukan.

Setelah proses pembayaran selesai, kita akan memperoleh e-voucher yang akan dikirim melalui email. E-voucher ini, yang nantinya akan digunakan untuk naki bus. 

4|Mengunjungi Shuttle yang Ditunjuk

Kunjungi shuttle bus yang telah dipilih, pastikan kita datang sebelum bis jemputan tiba. Setelah bus tiba, perlihatkan e-voucher yang telah kita peroleh sebelumnya pada pihak sopir atau petugas shuttle bus lainnya. Baru kemudian kita bisa naik bus tersebut. 

Yang Harus Diperhatikan Ketika Pergi ke Bandara Menggunakan Bus 

Untuk mempermudah bepergian menggunakan bus menuju bandara, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut ini, yaitu :

  • Setelah memperoleh e-voucher, sebaiknya unduh dan simpan dalam 1 file tertentu. Usahakan agar file tersebut mudah untuk dibuka, sehingga ketika kita membutuhkannya, file dapat diperlihatkan secara mudah dan cepat. 
  • Perhatikan juga aneka barang bawaan. Mengingat kita akan naik bus. Yang artinya ada sedikit naik turun kendaraan umum, sebaiknya jangan bawa barang terlalu banyak. Agar lebih praktis ketika naik turun, dan pastinya tidak terasa ribet. 
  • Perhatikan juga jam keberangkatan ketika naik pesawat. Sebaiknya tiba di bandara setidaknya 1 jam sebelum keberangkatan. Artinya kita harus dapat menghitung berapa jarak dari lokasi ke bandara, dan berapa kisaran waktu tempuh dari lokasi kita ke bandara. Pesan bus sesuai dengan estimasi. Pastikan juga kita tiba di shuttle bus beberapa saat sebelum bus tiba. 
Salah satu kelebihan menggunakan layanan bus untuk pergi ke bandara ini adalah harganya yang terbilang murah meriah, namun tetap dengan fasilitas yang nyaman.

Sudah siap untuk liburan? Mungkin sedikit cerita Liburan ke Bandung ini bisa jadi inspirasi.. 😉

You Might Also Like

0 komentar