Tip Hemat Berlibur di Jepang Tanpa Takut Boros

Saturday, September 21, 2019


Apa hal pertama yang terlintas di benakmu saat mendengar kata Jepang? Pasti, kamu sudah membayangkan indahnya Negeri Sakura, namun harus sedikit tertunda, karena melihat budget yang pas-pasan, bukan? Sebenarnya, kamu tetap bisa berhemat dengan anggaran minim dan melakukan trip ke sana. Bagaimana caranya? Berikut tip nya.

Memesan Tiket Pesawat Dari Jauh Hari

Hal utama yang harus kamu lakukan adalah memesan tiket pesawat dari jauh hari. Lakukanlah pemesan minimal 6 bulan sampai satu tahun sebelum keberangkatan. Pasalnya, jika memesan di waktu yang terlalu dekat, maka harga tiket pesawat akan sangat mahal.

Jika ingin semakin berhemat, hindari pergi pada waktu liburan atau hari besar, karena dapat dipastikan harga tiket pesawat akan melambung tinggi. Untuk mendapatkan promo tiket pesawat yang lebih murah dan terjangkau, kamu dapat mengeceknya dan klik di sini.

Gunakan Transportasi Umum

Sesampainya di Jepang, kamu sebaiknya tidak menggunakan transportasi online atau taksi sama sekali. Masalahnya, tarif yang ditawarkan biasanya lebih tinggi dan jika kamu sedikit sial, maka pengemudi bisa membawa penumpang berkeliling, supaya argo terus berjalan.

Manfaatkan semua transportasi massa yang ada di sana seperti bus, MRT dan LRT. Harga tiketnya jauh lebih murah dan terjangkau. Kamu dapat membeli kartu di setiap stasiun dan mengisi ulangnya kembali jika habis.

Menginap di Hostel

Hostel dan hotel memang memiliki kemiripan, namun biasanya harga hostel jauh lebih murah jika dibandingkan dengan hotel. Fasilitas hostel mungkin tidak selengkap hotel, namun masih nyaman untuk menjadi tempat peristirahatan. 

Alternatif selanjutnya, kamu dapat menyewa hotel kapsul. Banyak hotel kapsul di Jepang yang sangat nyaman dan bersih. Jangan lupa untuk memastikan bahwa tempat menginap kamu menyediakan layanan wifi gratis, sehingga kamu tidak perlu boros pulsa selama di sana.

Hindari Makan di Restoran Besar

Saat ke Jepang, ada baiknya kamu menyusun jadwal perjalanan terlebih dahulu secara terperinci. Hal ini penting dilakukan, supaya tidak boros ketika sampai di sana, karena harus membuang uang untuk trasportasi dan bolak-balik.

Selanjutnya, hindari beragam jenis restoran mahal selama di Jepang. Kamu dapat mengecek harga makanan di dalam aplikasi atau internet. Lebih baik, carilah makanan pinggir jalan. Jangan sungkan untuk bertanya dengan orang setempat. Banyak kuliner pinggir jalan yang nikmat dan harganya sangat terjangkau.

Tidak Berlebihan Membeli Oleh-Oleh

Banyak orang yang tergoda dengan beragam pernak-pernik di Jepang dan ingin membelinya sebagai buah tangan. Sebelum gegabah, pastikan dulu siapa saja orang yang ingin kamu berikan oleh-oleh. Selanjutnya, mulailah mencari belanjaan sesuai dengan budget.

Kamu dapat membeli oleh-oleh di beberapa pasar tradisional Jepang yang menjual beragam souvenir murah dan bagus. Tidak hanya itu, di Jepang terdapat toko yang menjual beragam jenis barang dengan harga 100 yen saja.

Semua tip di atas sangat membantu kamu menghemat anggaran saat berlibur di Jepang. Selamat mencoba dan selamat berlibur...

You Might Also Like

1 komentar

  1. Makasih tipsnya. Anakku dulu gagal ikut short course ke Jepang karena pemberitahuan mendadak, akunya nggak siap uang. Semoga ada kesempatan lagi. Aamiin.

    ReplyDelete