Perayaan 17 Agustus 2014

Sunday, August 17, 2014


Seumur-umur, baru kali ini ngeliat acara lomba panjat pinang secara live :) Tadi sore waktu pulang dari jalan-jalan, di daerah Tanjung Riau ada rame-rame gitu. Kirain ada apa, eh taunya ada lomba panjat pinang. Pengendara motor juga mobil yang kebetulan lewat langsung menepikan kendaraannya dan ikutan nonton lomba panjat pinang ini. Seru banget..!!

Para peserta benar-benar berusaha sekuat tenaga untuk mengambil hadiah yang ada di puncak pohon pinang. Hal ini tidak mudah, karena permukaan batang pohon pinang telah dilumuri oli. Jadi perlombaan ini tidak hanya mengandalkan kekuatan dan ketangkasan, tapi juga memerlukan strategi jitu, dan yang pasti, harus ada kebersamaan.

Menurut Wikipedia, lomba panjat pinang ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Biasanya yang menyelenggarakan lomba adalah orang Belanda yang sedang mengadakan hajatan besar, seperti pernikahan. Yang menjadi peserta lomba ini adalah orang-orang pribumi. Hadiah yang diperebutkan biasanya adalah bahan makanan dan pakaian. Yang pada saat itu merupakan barang mewah bagi orang-orang pribumi.

Sementara para peserta, yaitu orang-orang pribumi bersusah payah mencoba mendapatkan hadiah dengan memanjat batang pohon pinang yang telah dilumuri oli, orang-orang Belanda justru tertawa-tawa menonton perlombaan ini.

Hal ini menjadi salah satu penyebab pro dan kontra dalam penyelenggaraan lomba panjat pinang. Lomba ini dianggap sebagai warisan penjajah Belanda yang hanya melecehkan Bangsa Indonesia. Tapi dilain pihak, permainan ini justru mengajarkan kita tentang pentingnya kebersamaan, kerja keras, semangat pantang menyerah, dan strategi yang jitu untuk mencapai hasil yang kita inginkan.

Dan dalam lomba panjat pinang yang saya lihat tadi, hadiah yang ditawarkan bukanlah barang mewah, hanya barang-barang sederhana, seperti bangku plastik, tudung saji, baskom, gelas plastik, dan peralatan rumah tangga lainnya. Jadi yaa.., niatnya memang hanya untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus yang ke-69 aja..

 

Pagi harinya, si Lala ikut lomba makan krupuk di kompleks. Hahaha.. Anak ini semangat juang dan rasa percaya dirinya tinggi juga, cuek aja meski 'musuhnya' jauh lebih besar.


Tuh liat, krupuknya dipegangin.. Gara-gara dia kesel krupuknya goyang-goyang terus, hahahaha....
Yang penting semangatnya yaa.. :D

Selamat hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-69.. Jayalah selalu Indonesiaku...

You Might Also Like

4 komentar

  1. sore tadi lomba panjat pinang masal ada di depan istana Siak,tp sayang nggak lihat hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti rame banget tuh mbak :)
      Saya juga baru pertama kalinya kemaren itu liat panjat pinang, hehehe...

      Delete
  2. hadiahnya unik2 bgt kursi, penutup makanan haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Kalo dilihat gak sebanding ya hadiah ama perjuangannya :D Jadi ini emang murni buat seru-seruan aja kali ya :)

      Delete