KL & Thailand Trip | 2. Gak Ngerasa Asing di Hatyai

Wednesday, July 21, 2010


Sekitar pukul 3 bis yang kami naiki berhenti di sebuah rumah makan di daerah perbatasan antara Malaysia dan Thailand. Semua penumpang turun untuk makan, ke toilet atau sekedar melemaskan otot2 setelah sekian lama duduk di dalam bis. Sebelum turun dari bis setiap penumpang diminta untuk mengumpulkan paspor. Rupanya untuk keperluan mengisi form white card atau kartu imigrasi Thailand, jadi kita ga perlu susah2 lagi ngisi white card.

Karena gak ngerasa laper, aku dan Oke cuman pesen roti bakar plus teh anget aja. Di rumah makan itu juga ada money changer, kebetulan karena kami sama sekali belum mempunyai mata uang baht. Mata uang baht jarang tersedia di money changer di Batam. Kalaupun ada nilai tukarnya rendah sekali. Jadi kemarin kami menukar rupiah kami ke dalam ringgit, dan bermaksud akan menukarkan ringgit tersebut setelah kami sampai di Thailand. Karena disini kami menemukan money changer, jadi sekalian aja kami tukarkan sisa ringgit kami ke dalam mata uang baht.


Jam di HP ku menunjukkan pukul 04.45 pm ketika akhirnya bis yang kami naiki mulai memasuki wilayah Hatyai. Ga ada perbedaan waktu antara Thailand dengan Jakarta. Jadi sama aja seperti WIB. Suasana n keadaan kota Hatyai ternyata ga beda ama keadaan kota2 di Indonesia. Yang membedakan mungkin hanya tulisan yang terpampang di sepanjang jalan. Mirip2 ama aksara Jawa gitu deh J belum lagi tampilan fisik orang Thailand yang bisa dibilang serupa ama tampilan fisik orang Indonesia. Jadi kita bener2 ga ngerasa asing disini. Serasa di Indonesia aja… Malah di sepanjang jalan aku ama Oke dengan noraknya sibuk nyama2in kota Hatyai ama Surabaya. “eh, jalanan ini kaya di daerah Perak deh…” trus ga lama lagi ganti “mirip Blauran ya?” trus ganti lagi “ini kaya jalanan yang dari Krian mau ke Mojokerto itu ya?” hehehe… Surabaya pindah kesini ya mbak…?!

Gak lama bis yang kami naiki berhenti di Chee Uthit Rd, dimana terdapat kantor dari operator bis yang kami naiki tadi, Alisan Golden Coach Tour. Sambil melemaskan otot2 yang udah pegel karena seharian duduk di dalem bis, kami coba tanya2 info angkutan ke Krabi juga sekalian booking tiket buat balik. 

Mumpung ada yang bisa diajak berbahasa Indonesia disitu. Ya.., sopir n kenek bis yang tadi kita naikin itu ternyata wong Jowo juga. Dan ternyata disitu ada bis langsung dari Hatyai ke JB, Malaysia. Harganya 800 baht atau sekitar 240 ribu rupiah. Kalo diitung2 lumayan, lebih murah 33 ribu rupiah daripada harus ke KL dulu. Jadilah tiket itu kita ambil, sekalian tiket buat ke Krabi seharga 32 RM/org yang berangkat nanti jam 8 malam…




Masih ada waktu sekitar 3 jam sebelum kami harus meringkuk kembali di dalam bis menuju ke Krabi yang kata orang2 memakan waktu sekitar 4 sampai 5 jam… Kami memutuskan untuk jalan2 aja di sekitar pasar situ, sambil mencari sesuatu yang halal untuk dimakan. Akhirnya ketemu juga ama KFC Thailand. Jadilah burger KFC menjadi santapan dinner kita. Ada yang unik ama burger disini. Kalo selama ini kita taunya cuman selada, timun ama tomat yang jadi sayuran pelengkap burger, tapi di Thailand burger nya diisi brokoli ama wortel. Ternyata enak juga… 

Twister isi parutan wortel
Burger isi brokoli
Penjual buah potong


Sekitar jam 8, angkutan yang akan membawa kita ke Krabi dateng. Whaaat…?! Kok tuk-tuk…?! Jadi kita bakal naik tuk-tuk sampe ke Krabi..?! oh la la… ternyata tuk-tuk itu hanya menjemput kita di kantor Alisan dan akan mengantar kita ke terminal bis dan disanalah nanti kita akan naik bis ke Krabi. Dalam perjalanan menuju terminal kita mampir di travel agent lain untuk menjemput tamu yang lain lagi. Cuma 1 tamu aja ternyata, seorang backpacker dari Jerman bernama Monica. Woow… keren juga bule yang satu ini, kalo aku taksir umurnya sih sekitar 50 an lah. Dan dia lagi liburan di Thailand, sendirian.. dengan cuma ditemenin 2 ransel berukuran sedang…

Me and Monica
Sampai di terminal kami berpisah dengan Monica karena dia akan melanjutkan perjalanan ke wilayah lain di Thailand. Kami pun bergegas menuju bis yang akan membawa kami ke Krabi. Tepat pukul 20.30 waktu di HP ku, bis yang kami tumpangi berangkat juga meninggalkan terminal bis Hatyai. Seperti biasa, tak banyak yang bisa aku ceritakan sepanjang perjalanan dari Hatyai ke Krabi. Disamping jalanan yang sudah mulai gelap, aku juga langsung tertidur tak lama setelah bis berjalan.

Seseorang membangunkan aku dari tidur pulasku, ternyata dia adalah kenek bis yang kami tumpangi. Aku bener2 gak paham ama apa yang dia katakan, selain karena nyawaku masih belum terkumpul, kenek itu juga berbicara menggunakan bahasa Thailand… akhirnya dia mengucapkan kata Krabi sambil menggunakan bahasa universal, yaitu bahasa isyarat yang artinya kira2 begini “ udah sampe Krabi neng, lu mau turun kagak…?!”. Segera aku membangunkan Oke yang juga tertidur disampingku dan buru2 turun dari bis itu.

Udara malam yang dingin langsung menyambut kami begitu kami menjejakkan kaki di tanah. Toleh kanan toleh kiri, sepi banget… maklum aja, udah lewat tengah malam euy… jam 12.19 WIB. Agak bingung juga, kok kita diturunin di pinggir jalan gini ya…?! Kirain tadi bakal diturunin di terminal atau apalah yang sejenis itu… Lah kalo di pinggir jalan yang udah sepi gini kan kita bingung juga… Dalam kebingungan kita, seorang laki2 yang sepertinya tukang ojek datang menghampiri. Waduh… lagi2 dia ngomong pake bahasa Thailand. Trus dia manggil seorang lagi temennya, untung aja temennya ini bisa berbahasa Inggris. Setelah mereka tau maksud kami yang ingin mencari penginapan, akhirnya mereka bersedia mengantar kami, ongkos yang diminta 60 baht/org atau sekitar 18 ribu rupiah. Kami coba tawar tapi mereka gak mau nurunin harganya. Akhirnya kami naik juga ke ojek tersebut.

Kalo dipikir, kita berdua nekat juga ya… di Negara lain yang baru pertama kali di datengin, gak ada seorangpun yang kita kenal, naik ojek tengah malem buta… Kalo ada yang niat jahat ama kita gimana coba…?! Dirampok, diperkosa trus dibunuh..?! hehehe… bisa2 pulang tinggal nama aja kali ya… Tapi Bismillah aja deh… Moga2 Allah selalu melindungi kita.

Sampe di penginapan pertama ternyata penuh, kedua tukang ojek itu lalu mengantar kita mencari penginapan lain. Alhamdulillah, disini masih ada kamar kosong. Tariff nya 350 baht semalem. Lumayan juga, kalo dirupiahin sekitar 100 ribu. Penginapan ini bernama P Guest House. Disana hotel2 itu juga merangkap sebagai tour operator. Jadi kita ga perlu susah2 lagi nyari tujuan wisata. Kita langsung ngambil paket tour ke Phi phi island nanti pagi. Harganya 1200 baht/org. Sekitar 360 ribu rupiah. Itu udah include hotel transfer, accident insurance, English speaking guide, mask, snorkel n life jacket, lunch, fruit and soft drink. Dan setelah kita hitung2 dan menimbang banyak hal, ternyata memang jauh lebih murah ikut paket tour daripada kita harus pergi sendiri kesana… dengan ikut paket tour gini, kita bisa lebih hemat waktu n biaya.

bersambung...

You Might Also Like

0 komentar