[KL - Malaysia] Long Weekend with My Family

Wednesday, December 10, 2008

Sabtu, 06 Desember 2008

Jam 9 pagi aku, mama, udee n reva udah berada di dalem bis nomer 334 yg akan membawa kami ke Jurong east interchange. Dari sini kami akan naik MRT ke Kranji dan dilanjutkan naik bis nomer 170 yang akan membawa kami ke terminal Larkin, Johor Bahru. Sampai di Kranji ternyata antriannya udah panjang. Walau masih belum sepanjang antrian waktu aku mau ke gunung Ledang waktu itu.

Antrian di imigrasi Singapore juga gak terlalu panjang. Jadi proses pemeriksaan pasport disini juga gak terlalu lama. Tapi pas melewati selat Johor, macet nya parah banget. Sampe² semua penumpang di bis turun dan memilih berjalan kaki aja menuju imigrasi Malaysia . Dan sampai disana antriannya udah panjang buanget. Bener² kacau dah. Aku memperkirakan akan naik bis yang jam 12.30 dari JB. Tapi ternyata sampai jam 13 kami masih terperangkap dalam antrian imigrasi Malaysia . Pfiuuhhh…… sekitar dua jam setengah kami harus berdiri dan berdesakan hanya untuk mendapatkan stempel imigrasi Malaysia . Sampe² ada seorang bapak yg kram kakinya dan harus dibopong keluar. Bener² daaaah….

Sekitar jam 2 siang kami baru sampai di terminal Larkin, JB. Langsung cari tiket tujuan KL. Normal nya harga tiket dari JB ke KL adalah 31 RM. Tapi karena saat itu adalah long weekend, jadi harga tiket pun naik gila²an. Dari beberapa counter dan calo yg aku tanyai rata² mereka menjual tiket seharga 50-60 RM. Ada seorang calo yang ngejual ticket seharga 31 RM, tapi cuma ada 2 seat aja. Ada 3 seat tapi untuk jam 5.30 sore. Waduuuh… enggak deh.. Akhirnya setelah puter² aku dapet juga ticket JB – KL seharga 45 RM/orang dan berangkat jam 3.30 pm.

Karena masih ada waktu sekitar 1 jam, kami makan siang dulu di Larkin. Rasa masakannya sih biasa aja, tapi es milo nya asli uennnnaak banget.

Abis makan kami langsung menuju platform A2. Kata yg jual tiket sih, sekitar jam 3 bis nya udah masuk di platform A2 dan bakal berangkat jam 3.30. Tapi sampe jam 3.35 bis nya tak kunjung datang. Akhirnya sekitar jam 3.45 seorang petugas mengumumkan bahwa bis yg kami tunggu ada di luar, jadi kami harus kesana. Haaah…?! Gila beneeerr… Wes pokoke bener² kacau dah pelayanannya. Jadi para penumpang nya pada lari² sambil ngomel² menuju bis yg dimaksud. Aku kasih point minus deh untuk pelayanan di terminal Larkin.

Perjalanan dari JB ke KL memakan waktu sekitar 5 jam. Sekitar jam 8 malam bis berhenti di daerah Seremban, memberi kesempatan pada para penumpang untuk ke toilet atau sekedar melemaskan badan sambil membeli cemilan dari penjual makanan yg ada di sekitar situ. Setelah sekitar 15 menit beristirahat kemudian perjalanan dilanjutkan kembali.

Jam 9.30 akhirnya kita sampai ditujuan. Bukan di terminal Puduraya seperti yg aku kira sebelumnya. Bis itu berhenti di daerah Petaling. Jadi waktu beberapa penumpanhg turun, aku dan sebagian penumpang yg lain tetep duduk di tempat, karena gak nyangka kalo perjalanan bis itu akan berakhir disini.

Setelah pak sopir mengumumkan bahwa rute nya memang berakhir disitu barulah aku dan penumpang yg lain turun… Hehehe… mungkin mereka sama seperti aku, baru pertama kali ini ke KL
Dari situ aku memilih naik taxi untuk menuju Hotel Meksiko, tempat kami akan menginap selama 2 hari kedepan. Karena udah malem, dan badan juga udah capek, aku setuju aja waktu sopir taxi minta ongkos 12 RM. Ternyata hotel Meksiko itu gak terlalu jauh dari Petaling… brati 12 RM kemahalan banget yaaa…?!

Sampe di hotel Meksiko, aku tinggal masuk aja, karena urusan administrasi untuk malam itu udah diberesin ama Pupit, sahabatku yg sekarang lagi tinggal di KL ikut suami nya yg dipindah tugaskan kesana. Makasih ya Piit

Alhamdulillah, kamar seharga 170 RM/malam itu cukup luas. Malah terasa terlalu luas untuk kami berempat. Di dalam kamar ada 1 bed King size, 1 bed Queen size dan 1 extra bed ukuran single. Fasilitas lain adalah sofa, lemari, kulkas, TV, AC, dan kamar mandi nya pun pake bath tub. Asiiik… badan capek begini paling enak berendem aer anget.  Rupanya Pupit mengira suamiku ikut juga ke KL, jadi sengaja diambilin kamar yg gede. Tapi gak apa deh, lumayan si Reva bisa lari-larian didalem kamar.

Malam itu karena mama mendadak sakit perut, akhirnya aku, Udee n Reva aja yg pergi cari makan. Mama memilih istirahat aja di kamar. Kami bertiga menyusuri jalan-jalan disekitar hotel, hehehe… suasana nya mirip ama daerah Ampel di Surabaya. Banyak orang India nya

Dan kami pun memilih membeli makanan di salah satu restoran diujung jalan, restoran itu menjual berbagai jenis makanan, mulai dari nasi goreng, nasi lemak, sampai roti canai dan murtabak. Aku memesan 2 porsi nasi lemak ayam, 1 porsi sup Maggie, dan 1 porsi murtabak ayam. Untuk minum nya aku memesan 2 es milo dan 1 teh O panas untuk dibawa pulang.

Minggu, 07 Desember 2008

Jam 7 pagi Pupit udah sms, dia ngabarin kalo udah OTW menuju ke hotel kami. Waaah…, harus buru² mandi niih…  Pas banget semua selesai mandi Pupit n suami nya sampe di hotel.

Karena mama masih agak kurang enak badan, jadi nya pagi itu mama memilih untuk istirahat aja di kamar. Setelah sarapan roti canai dan gak lupa membungkus kan sarapan juga untuk mama, kita langsung menuju stasiun KL sentral yg letaknya memang gak jauh dari hotel. Hujan rintik² pagi itu mengiringi perjalanan kita.

Dari stasiun KL sentral ini kita akan naik LRT ke KLCC. Aku dan Udee beli tiket sekali jalan seharga 1.20 RM. Sementara Pupit n suaminya udah punya kartu sakti yg harga nya 100 RM dan berlaku selama sebulan. Ada yg berbeda ama cara ngebuka palang train di Singapore dan Malaysia. Kalo di Singapore kita cukup nge-tap ticket kita (di Singapore namanya ez-link) di tempat yg udah disediain, sedangkan di Malaysia ticket kita kudu dimasukin kedalem lubang (semacem lubang celengan gitu…) trus tar tuh ticket keluar lagi dari bagian atas, baru deh palang nya kebuka and kita bisa masuk. LRT di Malaysia sama kayak LRT di Singapore, gerbong nya cuman ada 2.

Sesampai di tujuan, ticket LRT kita akan langsung ditelan ama mesinnya. Jadi bener² cuman berlaku untuk sekali jalan aja. Tar buat balik atau kalo pengen ke tempat lain ya harus beli tiket baru lagi…

Kita langsung menuju loket untuk mendapatkan tiket gratis buat naik ke jembatan yg menghubungkan dua menara Petronas yg terletak di lantai 42. Sampai disana ternyata tiket nya udah abis. Kata petugas yg jaga, tiket hari itu habis 1 jam lebih cepat dari biasanya.. Tiket² itu memang dibagikan gratis, tapi ya gitu kalo pengen dapet antri nya harus mulai pagi. Dan rupanya hari itu kita dateng nya masih kurang pagi, jadi keabisan tiket deeeh..

Kita langsung aja menuju taman di depan Suria KLCC untuk mencari posisi paling bagus supaya bisa poto ama si menara kembar Petronas. Mas Hendro langsung ngajak kita ke jembatan yg ada di taman Suria KLCC, katanya dari situ kita bisa dapet view yg bagus kalo pengen poto ama si kembar … Dan ternyata emang bener, dari tempat itu menara kembar Petronas terlihat jelas dan bener² merupakan tempat yg bagus untuk berpoto berlatar menara kembar Petronas.

Puas poto² ama si kembar kita menuju kolam yg ada di deket situ. Ngeliat banyak anak² kecil yg berenang di kolam itu si Reva ngerengek pengen ikut berenang juga. Untung aja aku bawa spare baju buat dia. Jadi aku biarin aja dia berenang dan main² air disitu. Kalo udah maen² aer kayak gitu si Reva pasti gak mau berenti. Setelah dibujuk macem² barulah si Reva mau berenti maen aer disitu

Disekitar situ memang banyak sarana bermain untuk anak², seperti perosotan, ayunan dan kuda²an.. jadi si Reva betah main disitu.

Puas nemenin Reva main di taman, kita masuk lagi ke dalam Suria KLCC, karena emang gak doyan belanja jadinya kita cuman liat² aja disitu. Kita sempatin  naik ke lantai 4 buat ngelongok yg namanya Petrosains. Petrosains adalah tempat dimana kita  dapat mempelajari sains dengan menarik. Banyak alat² yg dapat kita coba untuk mempraktekkan sains secara langsung. Karena waktu itu kita gak memiliki cukup waktu jadi kita cuman sekedar liat² aja disitu…

Gak kerasa ternyata udah waktunya lunch, mas Hendro ngajak kita ke food court yg ada disitu. Ngeliat banyak nya stall yg ada disitu malah ngebuat kita makin bingung nentuin pilihan… pilihanku jatuh pada mi hot plate dengan ayam dan jamur dan ternyata rasanya aneh banget.., salah pesen niiih…

Abis makan kita memilih balik ke hotel aja. Istirahat aja sambil ngobrolin macem². Maklum, Pupit ini tetanggaku di Tropodo, juga temen satu sekolah mulai di SDN Tropodo 3, SMPN 1 Waru sampe ke SMAN 10 Surabaya. Pas kuliah kita pisah, Pupit milih kuliah di Psikologi Ubaya dan aku terdampar di Teknik Perkapalan ITATS. Karena kesibukan masing² akhirnya kita jarang jalan bareng lagi, sampe akhirnya kita bisa ketemu di KL sini. Jadi kesempatan yg ada ini sekalian dipake buat reuni gitu…

Sorenya mama udah ngerasa enakan, setelah sholat kita jalan² lagi ke masjid Jame’, Pupit n suaminya cuma pengen nunjukin letak masjid nya biar besok kita gampang kalo mau sholat Ied. Ternyata masjid Jame’ gak terlalu jauh dari hotel kita, cuma 2 stasiun naik LRT. Abis tuh kita jalan kaki  ke Pasar seni. Selain Petaling, Pasar seni juga merupakan pusat belanja oleh² di KL. Kalo di Singapore pernak-pernik yg dijual berbentuk merlion dan esplanade, kalo di Malaysia pernak-perniknya berbentuk apalagi kalo bukan menara Petronas dan KL Tower. Kadang bikin kesel juga sih pas ngeliat baju² batik dan ukiran² kayu seperti yg biasa kita liat di Malioboro tapi dengan tulisan batik Malaysia… Pas ada seorang penjual yg menawarkan batik padaku, aku hanya bisa menjawab “maaf, di negara saya juga banyak yg seperti ini…”

Setelah membeli beberapa pernik berhiaskan menara Petronas aku, mama, Pupit dan Reva kembali lagi ke hotel, sedangkan mas Hendro dan Udee pergi ke Terminal Puduraya untuk beli ticket buat pulang ke Singapore besok. Takutnya klo beli besok udah keburu abis.

Sampe di hotel kita beristirahat sebentar, sambil nunggu mas Hendro dan Udee balik dari Puduraya. Gak lama setelah adzan maghrib mereka berdua dateng sambil bawa 3 lembar ticket bis jurusan KL - Singapore seharga 60 RM/orang.

Malam itu rencananya kita mau ke KLCC lagi, pengen ngeliat menara Petronas malem hari. Lagian mama kan tadi pagi kan gak ikut. Padahal justru mama yg pengen banget ngeliat Twin Tower ini.. Hujan rintik² membuat acara poto bareng si kembar nya harus segera disudahi, dan akhirnya rencana ke KL Tower pun harus dibatalkan karena hujan yg turun semakin deras. Jadilah kami berpisah di stasiun KLCC, kami berempat kembali ke hotel sedangkan Pupit dan mas Hendro harus kembali ke apartemennya di daerah Setiawangsa.

Senin, 08 Desember 2008

Hari ini bertepatan dg tgl 10 Dzulhijjah dimana umat Islam merayakan hari raya Idul Adha, kami berencana untuk sholat Ied di masjid Jame’, demi mengejar waktu biar gak telat, kami memutuskan untuk naik taxi aja. Tapi sampe didepan hotel banyak orang yg juga bersiap² untuk berangkat sholat Ied. Pas aku Tanya ternyata mereka mau pergi sholat Ied di mesjid Negara. Jadilah kami berjalan bersama mereka menuju masjid Negara.

Kirain deket masjid nya, ternyata jauh juga euy… aku sama mama beberapa kali salah mengira masjid nya, maklum aja, bangunan di Malaysia ini hampir semua bentuknya seperti masjid.

Sampai di masjid ternyata sholat Ied nya sudah dimulai, hehehe… telat deh. Jadi nya ya cuman bisa dengerin khutbah nya aja. Gapapa lah, dari pada enggak sama sekali

Selesai sholat kita sempatin poto² sebentar di masjid negara, kebetulan kita ketemu ama Santi and mbak Endang. Jadilah kita berpoto rame² di situ. Rencananya abis sholat kita pengen nyempetin ke KL Tower, tapi karena pagi itu ujan turun gak berenti² maka kita memutuskan untuk balik aja ke hotel. Dan ternyata di masjid negara ini Udee harus merelakan sandalnya dicolong orang.  Jadinya Udee nyeker aja karena gak mau ikut²an jadi maling sandal. Kita nyetop taxi dan pergi ke pasar seni. Sekalian nyari sandal and nambah sedikit oleh² yg kelupaan dibeli kemaren sore.

Sampe selesai belanja, ujannya tetep belum berenti juga. Jadinya kita naik taxi lagi buat balik ke hotel.

Jam 12 kita check out dari hotel, hujan diluar masih belum berenti juga. Kita naik taxi lagi ke terminal Puduraya. Bis kita dijadwalkan berangkat jam 2 siang, masih ada waktu 1 jam setengah sebelum bis kita berangkat. Masih cukup waktu buat lunch. Setelah menemukan tempat yg cukup strategis di pojokan terminal kami mulai pesen makanan. Mama pesen lontong sayur, aku and Udee sama² pesen nasi goreng. Alhamdulillah… kali ini makanannya enak dan paas banget di lidah kita.

Kurang 30 menit dari jam 2 kita langsung menuju ruang tunggu platform 16. Suasana terminal Puduraya bener² rame, karena hari ini adalah hari terakhir liburan, jadi orang² pasti berniat untuk kembali ke tempat asalnya masing². Sekitar jam 1.45 kami turun ke bawah. Di bawah udah banyak orang² yg juga lagi nunggu bis. Gak lama seorang Bapak berbaju koko menyuruh semua penumpang tujuan Singapore berjalan ke seberang. Waduuhh… kayak nya bakal keulang nih kejadian di terminal Larkin kemaren. Dan ternyata bener aja, bis yg kita tunggu tuh ada di luar terminal dan kita semua harus berlarian kesana ditengah hujan rintik². Bener² gila deh pelayanannya… penumpang² yg lain pun gak kalah kaget nya. Sambil ngomel² mereka semua berlarian menuju bis yg menunggu di luar Terminal itu.

Perjalanan dari KL ke Singapore memakan waktu sekitar 6 jam. Jadi baru jam 8.30 kami sampai di imigrasi Malaysia. Untung aja kali ini antrian di imigrasi Malaysia gak terlalu panjang, setelah beres ama urusan imigrasi di Malaysia kami naik bis yg sama dan menuju imigrasi Singapore. Sampai sini semua barang harus dibawa, karena rupanya perjalanan dengan bis ini Cuma berakhir sampe di woodlands checkpoint aja.

Di imigrasi Singapore lagi² Udee ditahan. Waktu pertama kali masuk Singapore lewat Harbourfront kemaren Udee juga sempat ditahan, waktu itu cuman ditanyain kenapa lama sekali stay di Singapore nya…?! Aku emang nulis mereka bakal stay selama 20 hari di Singapore. Maksud aku sekalian disini, kalo harus bolak-balik Batam – Singapore mahal fiscal nya. Dan kali ini aku Kira Udee ditanyain lagi masalah itu, karena kali ini aku tulis mereka akan stay selama 17 hari lagi di Singapore. Ada sekitar 1 jam Udee ditahan didalam, masalahnya waktu itu Udee yg lagi gendong si Reva. Mama udah ketakutan aja, tar jangan² Udee dituduh nyulik Reva lagi…

Alhamdulillah… untung semua baik² aja and gak ada masalah apa². Udee tadi ditahan gara² sebelumnya ada orang yg masuk Singapore juga namanya sama ama Udee, dan orang tersebut bermasalah. Ada² aja deeeh…..

Thanks to :
1.      Allah SWT atas segala limpahan Rahmat dan Rizky-Nya.
2.      Pupit n mas Hendro yg udah meluangkan waktu nya buat kita selama di KL.
3.      Om Google yg udah bantu nyariin info² penting seputar KL.
4.      Dan buat semua aja yang udah bantuin perjalanan kita ke KL kemaren…