Menikmati Langit Abu-Abu di White Sands Island

Friday, November 11, 2016


Sometimes, you just need a break, to a place you love, to get away from everything...

Pagi itu mendung. Kalau gak inget hari itu mau piknik ke White Sands Island, rasanya pengen deh males-malesan di hotel sampai waktunya check-out. Cuacanya itu looh, mendukung banget buat tarik selimut lagi. Tapi boro-boro mau narik selimut lagi, yang ada kami buru-buru gantian mandi karena ternyata rombongan cowok udah duduk manis di meja makan.

Dan tepat ketika kami selesai sarapan, masuk pesan di grup WA dari bang Yuli Seperi yang mengabarkan kalau beliau sudah menunggu di lobi hotel. Kami pun bergegas menemui beliau, dengan membawa serta tas dan barang-barang kami lainnya. Untung sebelum sarapan kami udah packing cantik tralala. Pagi itu juga kami akan langsung check-out dari hotel. Meninggalkan uni Ana yang gak bisa ikutan, karena ada tugas negara :)

 Foto bareng di hotel sebelum check-out

Dua buah mobil yang membawa rombongan kami berjalan beriringan menuju kawasan Pantai Trikora, tempat dimana perjalanan menuju White Sands Island ini akan bermula. Suasana jalanan di Pulau Bintan ini cenderung sepi. Hanya sesekali saja terlihat ada kendaraan bermotor yang melintas. 

Setelah menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 1 jam, sampailah kami di sebuah tempat yang merupakan titik awal perjalanan menuju ke White Sands Island. Tiket untuk masuk ke White Sands Island bisa dibeli di sini.

 Kantor pengelola White Sands Island

Beli tiket di sini sebelum nyeberang

Harga Tiket Masuk White Sands Island

Harga untuk one day trip IDR 150.000++/orang. Sudah termasuk biaya boat PP. Kalau pengen menginap di pulau juga bisa. Tinggal pilih, mau menginap di pondok atau di tenda? Kalau di pondok kayu, harganya IDR 350.000++/orang/malam. Ada 3 buah pondok kayu yang bisa disewa. Dan kalau menginap di tenda, harganya IDR 300.000++/orang/malam. Harga segitu hanya termasuk boat PP dan sarapan. Tidak termasuk permainan seperti kayak atau banana boat.

 Salah satu penginapan di White Sands Island

Kalau mau mencoba permainan seperti kayak atau banana boat yang memang disediakan oleh pihak pengelola, kamu harus merogoh kocek lagi sebesar IDR 70.000++/orang/30 menit untuk satu jenis permainan (kayak/banana boat). Terkesan mahal ya? Iya sih. Tapi rasanya worth it kok. Apalagi kalau melihat bagaimana seriusnya pihak PT. Indobintan Trijaya mengelola tempat ini. 

***

Sebelum naik boat, semua pengunjung wajib mengenakan life jacket yang memang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Ini bagus. Itu artinya, pihak pengelola peduli akan aturan keselamatan. Jadi meskipun menyeberangnya hanya 10 menit, yang namanya standard keselamatan tetap harus diperhatikan.

 Foto bareng sebelum nyeberang. Semua wajib pakai life jacket

Sebuah kapal fiber berukuran kecil merapat ke dermaga. Saya, mbak Titi, teh Lina, Fadli, dan Harfan bergantian melompat ke kapal tersebut. Hanya kami berlima plus pak tekong yang naik kapal fiber kecil itu. Sisanya naik kapal fiber yang lebih besar. Langit masih tetap berwarna abu - abu. Namun hamparan pasir putih di seberang sana terlihat begitu menggoda.

 Yuhuuu...! Kami mau ke White Sands Island. Foto punya Fadli

Kapal tetangga lebih besar

Welcome to White Sands Island

Saya mengenal pulau ini waktu masih bernama Pulau Beralas Pasir. Nama White Sands Island baru mulai disematkan sejak pulau ini resmi dikelola oleh PT. Indobintan Trijaya pada September 2015 lalu. Dan rasanya, emang gak berlebihan sih kalau pulau ini diberi nama White Sands Island. Soalnya hamparan pasirnya tuh emang putih bersih dan halus banget. Meski jujur, saya justru lebih suka dengan nama Pulau Beralas Pasir :)

 Penampakan White Sands Island dari laut

 Welcome to White Sands Island

Pasirnya putih, cocok dikasih nama White Sands Island

Sampai di pulau, semua langsung asik sendiri-sendiri. Ada yang langsung eksplore keliling pulau, ada yang duduk santai menikmati suasana. Saya dan teh Lina langsung sibuk sesi pemotretan ala-ala sambil pamer buku baru kami, yaitu buku Jelajah Kepri, yang merupakan hasil kolaborasi anggota komunitas Blogger Kepri. Mumpung lagi ada di tempat keceh, iye kan?

 Foto sambil pamer buku baru... #fomodetected!

Puas foto-foto ama buku baru, saya memilih menyusul teman-teman lain yang jalan-jalan keliling pulau. Sementara teh Lina langsung ganti kostum buat snorkeling. Niatnya, kami mau jalan mengelilingi Pulau Beralas Pasir ini, tapi ternyata, waktu sampai di sisi pulau yang dipenuhi tanaman bakau, kami memutuskan untuk kembali ke jalan yang benar yang tadi kami lewati. Tanaman bakaunya tumbuh terlalu rapat, seolah mereka tak ingin dipisahkan. #halah!

 Pohon bakau di sisi lain pulau

 Gak jadi terus, balik lagi aja ke jalan yang benar

Sisi pulau yang sebelah sini tampaknya belum dikelola. Jadi masih alami dan apa adanya. Pepohonan masih tumbuh rapat. Kami menjumpai beberapa jenis tanaman yang baru pertama kali kami lihat. Salah satunya adalah tanaman yang buahnya mirip nangka, tapi bukan nangka. Teman yang penasaran langsung memegang buah itu. Dan ternyata, baunya mirip eek bayi. Huahahaha... Untung gak ikutan pegang-pegang...

 'Nangka laut' yang bikin penasaran

 Ini buah apaan sih?

***

Langit yang masih mendung bikin kami betah untuk sekadar males-malesan menikmati semilir angin. Yang tadinya pada niat mau nyebur jadi pada mengurungkan niat. Akhirnya cuma pada duduk-duduk aja sambil ngobrol menikmati suasana. Asli cuacanya mendukung banget buat males-malesan!

 Suasana pulaunya nyaman ya...

 Kelapa aja berdua, masa kamu enggak? :p

Buat kamu yang pengen menikmati liburan dengan suasana yang sedikit berbeda, kenapa gak coba ke White Sands Island aja? Banyak spot yang instagram-able di sini. Atau mungkin kamu cuma pengen refreshing aja menikmati suasana, enjoy the art of doing nothing seperti kerjaan kami kemaren, bisa bangeeet!

 Mau pesan makan atau minum? Bisa di sini..

Ada PROMO di White Sands Island

Mumpung mereka lagi ada promo nih. Buat yang pengen nginep, harganya mulai dari IDR 99.000++/orang (belum termasuk biaya boat PP). Harga nett-nya setelah pajak IDR 270.000/orang, sudah termasuk sarapan pagi. Promo ini berlangsung sampai tanggal 10 Desember 2016.

 Kami udah ke sini. Kamu, kapan?

White Sands Island
Jl. Wisata Bahari, Trikora km 38. Bintan - Indonesia.
info@whitesands-island.com
Telp +62822 7772 9988 (Amrizal)

You Might Also Like

49 komentar

  1. Pas sampai di sini
    "Sebelum naik boat, semua pengunjung wajib mengenakan life jacket yang memang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Ini bagus. Itu artinya, pihak pengelola peduli akan aturan keselamatan. Jadi meskipun menyeberangnya hanya 10 menit, yang namanya standard keselamatan tetap harus diperhatikan"

    Langsung ingat itu tuuu... hahahaha...

    Setuju, tempatnya instagramable banget. Kudu browsing pose syantiik sambil bawa... produk. Xixixi...

    Akhirnya... berhasil jadi juara 1 komentator :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.. kejadian 'itu' emang tak akan pernah terlupa ya kakaaak :D :D :D Yuk sini kak, main ke Kepri :)

      Delete
  2. Yang namanya pantai tetap sesuatu banget. Saya mah mau ke sini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk sini Bai, main ke Kepri :)
      Tar gantian, aku yang main ke Aceh, hehehe

      Delete
  3. Tempat nya memang keren , rencana awal bulan mau capcus kesana

    ReplyDelete
  4. kami mau kesana kalo diajak mbak dian...hehehhe
    btw itu kamarnya dihitung per orang 270 rb ??? bukan di hitung perkamar gitu ya 270rb ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, hitungnya per orang 270ribu...

      Delete
  5. pulaunya cakep banget deh. Terus tempatnnya tertata, bersih dan romantis (kalau bersama pasangan *uhuk* *pegang cermin*). someday i want to travelling in there. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suka kalau tempatnya dikelola seperti ini... Aamiin semoga kesampaian bisa main ke sini ya :)

      Delete
  6. Fotonya udah ikutan duo Eka wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakakakakak... itu selendang pun boleh minjem kak :D
      Tapi ternyata keceh juga sih foto ala-ala begitu :D

      Delete
  7. mantep pantainya, dibandingin sama ancol yang kotor, white sand island kelihatan putih bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di Kepri sini banyak pantai yang pasirnya putih dan bersih begini..

      Delete
  8. Bagus pantainya. Mupeng juga main kesini, btw tuh buah kayaknya pernah liat lah di pulau Rupat. Memang adanya dikepulauan Riau ya, kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya.. eh tapi kemaren di FB ada temen dari Aceh yang tau buah itu.. katanya itu tanaman pandan berduri...

      Delete
  9. Nggak abis fikir ya, kenapa kudu ganti nama jadi white sand island. Apa perlu ya semua tempat di-inggris english-kan? *tanya sama bos Mbak Ana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah. Kuah. Ijah. Ijab...
      Padahal nama Beralas Pasir lebih eksotis ya teh :)

      Delete
  10. pulaunya asyik ya..
    harganya lumayan tapinya..

    ReplyDelete
  11. Wuih asyik amat sih mbak pantai nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Fajrin, pantainya asik buat santai...

      Delete
  12. Wisata Indonesia memang nggak ada habisnya hehehe

    ReplyDelete
  13. Bintan itu memang banyak pulau dan pantai yg bagus ya. Ini nambah satu lagi referensi.Jadi pengen ke Bintan. *nyari temen dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mbak. Banyak! Yuk sinilah main ke Kepri... Ntar kita piknik hore di pulau-pulau cantik :)

      Delete
  14. pantainya bersih banget duhh jadi pengen jalan ke pantai udah lama ngak traveling ke pantai neh saya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. kalo di Kepri sini bentar-bentar ketemu pantai :D

      Delete
  15. Cantik sekali pantainya Mba, kalau yang biaya menginap di tenda, apakah sudah sekalian sama tendanya ya Mba, atau tendanya ada biaya sewa lagi? Lalu apakah ada informasi diperbolehkan diving ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, itu tendanya sudah disediakan sama mereka. Diving juga bisa kok. Hubungi aja nomer yang saya cantumin di atas :)

      Delete
  16. Lebih bagus nama indonesia yah mbaa.. hihi sayang banget.
    di ganti bahasa inggris biar menarik wisatawan asing kah ?
    Pantai nya sepi yah..

    Itu aku baru tau ada tanaman bau eek bayi.

    ngomong ngomong soal bintan, saya malah inget wakepark kalo ga salah namanya yang kolam luas banget itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pulaunya sepi.. jadi serasa pulau pribadi :)

      Ooh kolam yg luas banget itu namanya Treasure Bay..

      Delete
  17. Aku belum pernah ke Kepri. Harus ke sana buat genapin pernah ke seluruh propinsi di Indonesia :D

    Ngobrol-ngobrol, template blogmu keren kak. Sederhana. Siapa yang buatin? Mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo sini main ke Kepri... bikin film tentang kehidupan nelayan :)

      Ini template gratisan kok.. Nyomot di ThemeXpose.com Di situ templatenya manis-manis :)

      Delete
    2. Ayo sini main ke Kepri... bikin film tentang kehidupan nelayan :)

      Ini template gratisan kok.. Nyomot di ThemeXpose.com Di situ templatenya manis-manis :)

      Delete
  18. wah buat honeymoon part sekian boleh juga nih... *noteddd

    ReplyDelete
  19. Buakakakak, kasin banget tuh yg sempat megang tanaman yg mirip nangka itu, bauuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. *lirik Fadli...
      Untung aku gak ikut-ikutan..

      Delete
  20. seru banet kaq liburannya,,,bisa jadi tujuan wisata selanjutnya ni,,gak jauh2 banget dari kota ku,,,
    tapi yg masih aku penasaran,,yg kayak nangka itu buah apa ya,,
    bisa di makan atau gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang bilang itu buah pandan berduri... gak tau bener atau salah.. :D

      Delete
  21. Ke White Sands Island dari Pantai Trikora ya..
    Terakhir ke Bintan ga sempat mampir di pantai Trikora, sudah kemalaman soalnya.

    Masuk daftar destinasi yang mau aku kunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Yop. Nyebrangnya dari Pantai Trikora. Next kudu balik lagi ke sini brati yaaa... :)

      Delete
  22. Pantainya terlihat bersih..
    betah deh kalau main ditempat yang seperti itu :D

    ReplyDelete
  23. Mbak,,, ajakin kesituu donk :'(

    ReplyDelete
  24. Penasaran sama nangka itu, bisa dimakan nggak?

    ReplyDelete