Aneka Kuliner Nusantara di Gallery Ramadan da Vienna

Friday, June 10, 2016


Tari zapin rentak melayu
Rentak langkah hitung delapan
Delapan Juni di hari Rabu
Berbuka di da Vienna penuhi undangan

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di manapun berada, termasuk saya pastinya. Dari sekian banyak keistimewaan Ramadan, salah satu yang paling ditunggu adalah momen buka puasa bersama. Momen yang satu ini kerap jadi ajang silaturahmi antar teman maupun keluarga.

Hari Rabu, 8 Juni lalu, saya dan beberapa teman dari komunitas Blogger Kepri dan media diundang buka puasa bersama di da Vienna Boutique Hotel. Saya selalu excited kalau diundang oleh hotel yang beralamat di jalan Pembangunan, Nagoya ini.  Tau kenapa? Karena makanan di hotel ini enak! Saya udah pernah nyobain afternoon tea, dinner, juga pizza di da Vienna. Semua enak! Makanan hasil karya chef Johan belum pernah mengecewakan lidah saya. 

 Ken-Yang Resto

Saya sampai di da Vienna tepat ketika adzan maghrib berkumandang. Ken-Yang Resto sudah ramai. Semua meja tampaknya sudah terisi. Saya segera mengambil minum untuk membatalkan puasa. Sempat galau di depan meja minuman. Pilihan minumannya banyak banget! Ada orange juice, watermelon juice, cincau, vanila milk tea, strawberry milk tea, kopi, teh, dan pastinya air putih. Saya memilih strawberry milk tea. Seger banget!

 yang segar dan manis

yang hangat

Setelah membasahi tenggorokan, saya pun mulai berkeliling. Semakin takjub, ternyata di sudut lain masih ada es teler, es buah, dan bajigur. Warbiayasak emang da Vienna ini. Di meja takjil ada kurma yang sudah dicelup coklat warna-warni, kue lapis beras, lemper, wingko, dan puding. Ada juga bubur kacang ijo dan kolak biji salak. Saya sedikit menyesal karena datang terlambat. Jadinya saya gak bisa foto-foto makanan dan minumannya waktu masih utuh. Padahal, tau sendiri kan gimana da Vienna kalau menyajikan makanan?  Cantik dan menggoda iman.

 Sstt! ada yang lagi sibuk...

 kue lapis beras

 puding pelangi

 kurma lapis coklat

 wingko babat

 puding entah apa namanya, yang jelas rasanya enak :D

 kolak biji salak dan bubur kacang ijo

Appetizer-nya menggoda banget. Selain lalapan segar, ada juga anyang ayam jantung pisang. Ini enak banget. Tampilannya sekilas mirip urap, dengan parutan kelapa. Komposisi antara jantung pisang dan suwiran ayamnya seimbang. Ditambah sayuran seperti wortel dan kacang panjang, bikin rasanya jadi makin enak. 

 anyang ayam jantung pisang

 lalapan segar

Bergeser ke meja hidangan utama, ada nasi putih, mie goreng, daging masak tauco, ikan goreng saus kincung, ayam bakar deli, dan daun ubi tumbuk. Sebagai pelengkapnya ada aneka sambal dan krupuk. Sambalnya aja ada beberapa macam, sambal dabu-dabu, sambal colo-colo, sambal terasi, sambal cabe ijo, dan acar. 

 aneka hidangan utama

 aneka sambal

Dan pastinya gak ketinggalan donk, aneka buah-buahan segar. Eh iya, ada lagi nih yang istimewa, yaitu aneka manisan. Ada manisan kedondong, mangga, salak, dan kolang-kaling. Saya suka banget ini. 

 aneka buah segar

ini yang paling saya suka. manisan :)

Sudah? Itu aja? Hehehe tunggu dulu. Coba lihat stall-stall yang tersebar di samping-samping ruangan. Di sana ada Martabak Telur, Mie Ayam, Soto Medan, dan Lontong Medan. Eh kok banyak kuliner Medan ya? Ahh iya, saya baru ingat. Hari ini temanya kan memang Kuliner Medan. 

 Martabak telur kuah kari

 Mie ayam

Lontong Medan

Gallery Ramadan di da Vienna ini memang sengaja mengusung kuliner-kuliner daerah yang bergantian setiap harinya. Jadi selain kuliner Medan seperti hari ini, ada juga kuliner Jawa Timur, kuliner Banjar, kuliner Makassar, kuliner Bali, kuliner Jakarta, kuliner Jawa Barat, kuliner Manado, kuliner Padang, kuliner Jawa Tengah, kuliner Papua, kuliner Aceh, kuliner Palembang, dan pastinya kuliner tuan rumah donk, kuliner Kepri

Pasti ada yang mikir, kalo rame begitu makanannya pasti cepet abis, trus entar bakal ada yang gak kebagian. Jangan kuatir. Makanan di sini melimpah. Masih bisa nambah kok kalo mau, hehehe... 

 suasana berbuka di da Vienna

Meja-meja di sini diatur sedemikian rupa. Ada meja buat berdua, buat berempat, dan buat yang dateng rombongan. Kami pastinya milih duduk rame-rame di meja yang di-set untuk tamu rombongan donk ya.. Biar sambil makan bisa sambil tetep ngerumpi. #ghibahsyariah #benerinjilbab huahahaha... 

 Blogger Kepri ngumpul di sini... 

Foto nyomot di blog linasasmita.com

Chai Lukman dan Eka Handaa mengucapkan selamat berbuka puasa :)

Oiya, karena judulnya Gallery Ramadan, di sepanjang lorong menuju Ken-Yang resto dipajang lukisan-lukisan keren. Duh! Jadi makin suka deh ama hotel yang satu ini. 

 Gallery Ramadan da Vienna


Kamu, kapan mau buka puasa di da Vienna? 

Gallery Ramadan Breakfasting
Rp 108.000 net/orang
8 Juni - 3 Juli 2016
Reservasi:
Tari - 0821 6770 6995
Isti - 0813 7259 9559
Mona - 0812 7685 8668

da Vienna Boutique Hotel
Jl. Pembangunan, Nagoya, Batam
Telp: (62) 778 422300

You Might Also Like

23 komentar

  1. Cakep-cakep fotonya. Liat fotonya aja udah bikin ngiler :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termasuk fotonya yang lagi sibuk moto itu ya? :D

      Delete
  2. Replies
    1. Cieee. yang udah tau nama chef-nya :D

      Delete
  3. Aduh aduh..
    Siang siang dah menggoda melambai T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuh maaafkaaan :D
      Buka puasa kurang 3 jam lagi kok :)

      Delete
  4. Replies
    1. Ngelek idu batal gak sih? hehehe...

      Delete
  5. Ah pengen balik lagi lah, icip2nya blom kelar, martabak telornya pengennn hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen balik pas waktunya makanan Jawa Timur atau Papua deh..

      Delete
  6. Gegara postingan ini, besok buka puasa disana lagi ah! Makanannya memang enak2 yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok tuh waktunya kuliner Padang Ji... Aku nunggu waktunya kuliner Jawa Timur atau Papua aja deh.. Jawa Timur karena kangen, Papua karena penasaran..

      Delete
  7. Cihuuuyy, muke aye nampang dimari, hehe..
    Sayangnya telat datang jadi gagal foto desertnya, makanan seperti biasa selalu enak. my favorite drink also same with you, strawberry milk tea ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Eka.. aku juga telat, jadi foto-foto makanannya udah gak utuh.. Strawberry milk tea-nya enak ya..

      Delete
  8. Mbak...apa yang kamu lakukan itu jahat

    hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaha... Rangga mana Rangga.. :D

      Delete
  9. Martabak telur kuah karinya persis kayak Martabak HAR Palembang mbak Dee :D
    Diantara semua makanan yang ada di atas, aku ngeces sama sambalnya. Ya ampun, buka puasa masih 3 jam lagi >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. iya sambal. Gaka ada dia (baca: sambal) gak rame ya, Yan :D

      Delete
  10. Banyak makanan khas medan *love love*

    ReplyDelete
  11. untung buka ini malam malam waktu sahur, coba buka siang hari, bisa batal. Trus kapan aku diajak makan makan ?

    ReplyDelete
  12. kak ices ke davienna lagi dan ketemu mumu lagi di lobi

    ReplyDelete
  13. nambah lagi nih salah satu referensi buat buka puasa.

    ReplyDelete