Ular Tidak Takut Garam. Catet...!!!

Tuesday, March 27, 2012


Kemarin ada seorang teman yang cerita kalau rumahnya baru saja kemasukan ular. Ular kecil seukuran kabel dan berwarna hitam itu tiba-tiba sudah ngejogrok manis di dapur rumahnya. Saking paniknya, temen saya ini langsung menaburkan garam dalam jumlah yang cukup banyak ke arah si ular. Hasilnya? Tentu saja si ular tidak bereaksi sedikitpun terhadap garam tersebut.

Dan sebenarnya, ular memang tidak takut dengan garam. Catettt..!!! Jadi anggapan yang selama ini berkembang di masyarakat bahwa ular takut pada garam itu adalah sebuah anggapan yang keliru. Mengapa? Karena garam hanya akan bereaksi pada hewan lunak berlendir seperti siput dan lintah. Sementara tubuh ular tidak berlendir, sehingga garam tidak akan berpengaruh pada ular.

Saya bersama teman-teman Sioux sudah pernah membuktikan langsung hal ini. Kami menaburkan garam dalam jumlah yang cukup banyak di tanah lapang. Kemudian ular-ular peliharaan Sioux kami biarkan melewati taburan garam itu. Hasilnya? Ular-ular itu melenggang dengan santainya dan tidak terpengaruh sedikitpun dengan garam.

Kalo ular tidak takut dengan garam, trus takutnya dengan apa donk...?! Ular akan menghindari bau-bauan yang menyengat seperti bau parfum ataupun bau obat pembasmi serangga. Kalau kata mas Aji Rachmat, salah seorang pendiri Sioux (Lembaga studi ular Indonesia) bau-bauan yang menyengat seperti parfum dan obat pembasmi serangga itu adalah bau-bauan yang gak lazim ada di alam, sehingga bau-bauan itu akan mengganggu indera penciuman si ular. Sehingga si ular akan menghindarinya.

Jadi, jangan sia-siakan garam dapur anda untuk mengusir ular ya... 
Pesan saya sih tetep... Waspadalah, tapi jangan bunuh ular...!!!

Note : poto adalah koleksi pribadi, saya ambil waktu acara Nuansa Ular di Malang, tahun 2009 yang lalu. Dalam poto itu sang kobra masih bisa berpose dengan manisnya setelah melewati garam yang kami taburkan... 

You Might Also Like

71 komentar

  1. kalu gitu siapkan parfum dalam tas..

    ReplyDelete
  2. wah itu cobra anggun (apa angkuh) sekali ya posenya

    ReplyDelete
  3. Mungkin temennya mbak ngira reaksinya akan sama seperti cacing. Karena kan ukurannya ular itu kecil. Cacing jika ditaburi garam bisa langsung mati.

    ReplyDelete
  4. gila serem banget fotonya.. :((

    ReplyDelete
  5. Oh....... gitu? Matur nuwun sudah ngasih tahu. Belum lama ini waktu anak saya sedang nyapu ada ular di depan pintu ruang makan yang mengarah ke halaman. Tapi dia nggak naburin garam sih, cuma dibiarkan aja, terus pintu dikunci rapat-rapat, alhamdulillahnya ular nggak jadi masuk. Yang jelas saya takut karena artinya ular itu masih hidup berkeliaran di halaman saya. Lain waktu saya siram baygon aja kalau gitu, ya?

    ReplyDelete
  6. iyo..yan gara2 tragedi ular di dapurku hasilnya garam dapurku jadi berkurang ;( hiks..hiks..hiks..

    #siap2 masak gak pake garam sampai sebulan kedepan#

    ReplyDelete
  7. Aku kemasukan uler dulu brp kali ya. Ulernya mirip yg dideskripsikan itu.
    Skrg udah ga pernah.
    Btw, itu uler berbisa ga ya? Yg item itu?
    Dulu tak tangkep trus dibuang jauh2

    ReplyDelete
  8. Kalo cacing iya. Dikasih garem mati wong napasnya lewat permukaan kulit.

    ReplyDelete
  9. Manteppp...

    Jadi ingat postinganmu ttg Ular yg pertama dulu. Aku bukan termasuk yg akrab dgn ular tapi suka baca postingan Ular2mu, Dee!
    Makasi udah berbagi info ya!!!

    ReplyDelete
  10. hehehe.. dulu2 biasanya kalo kemping sekeliling tenda suka ditaburin garam kan mbak, jadi nanti2 kalo kemping sekeliling tenda semprotin parfum aja... :))

    ReplyDelete
  11. anggun tapi angkuh banget kan... :D

    ReplyDelete
  12. iya han, soalnya selama ini yang beredar di masyarakat itu kan ular takut ama garam. jadi pakem itu udah tertanam banget di benak kita... jadi begitu ada ular langsung taburin garam... :)

    ReplyDelete
  13. yang jelas saya pecinta suami.... huehehehehe....

    ReplyDelete
  14. Mungkin dapurnya ada makanan yg enak,jangankan ular, aku saja kalau mencium harum makanan yg enak dr tetangga kepingin masuk dapurnya Hahaha....

    ReplyDelete
  15. hehehehe.... tapi kalo nyemrotin baygonnya kebanyakan bisa2 kita sendiri juga mabok ama baunya ya bunda.... :)

    ReplyDelete
  16. molto dan parfum sama2 wangi..Bisa bikin mabok ular dan saya ;)

    ReplyDelete
  17. hehehehe... garem yang kemaren di pungut lagi aja... :)))

    ReplyDelete
  18. kalo dari deskripsinya sih itu sepertinya ular kawat, gak berbisa kok....

    ReplyDelete
  19. padahal ular ama cacing jelas2 beda ya... :)

    ReplyDelete
  20. hahahahaha... dapurnya mengundang ya bang.... :)

    ReplyDelete
  21. maksud aku kulit tubuhnya, yang satu berlendir, sedang yang lain enggak... yang kulitnya berlendir emang bakal bereaksi kalo kena garam...

    ReplyDelete
  22. mbak katanya kalo kobra berdiri gitu dipandang matanya dan ikutian gerakan kepalanya, maka dia akan manut...bener ra kuwi?

    ak wediiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    ReplyDelete
  23. garam itu buat masuk lintah dowang..

    ReplyDelete
  24. lha dadi kelingan Karate Kids mbak ....hahahah

    ReplyDelete
  25. hahahahaha iyaaaaaaaaaaaa....khan nonton di tempatnya mb Shant gak kelar beberap hari berikutnya pada lanjut nonton di tempetku tuhh sambil nyambel bawang, formasi sama :-))

    ReplyDelete
  26. sungguh, saya memang katrok.
    karena baru hari ini ngerti ada Lembaga Studi Ular Indonesia.
    Thanks udah ngasih tau, ya.

    Paling tidak hari ini pengetahuan saya menjadi bertambah.

    ReplyDelete
  27. iya mbak, ini sama seperti kobra yang 'dianggap' bisa menari kalo denger suara seruling. padahal kobra kan gak bisa denger, kepalanya gerak-gerak itu karena dia ngikutin gerakan serulingnya....

    ReplyDelete
  28. iya biar tenda gak kemasukan lintah mbak... :)

    ReplyDelete
  29. aku kok malah langsung kelingan orang2 India yang biasa niup2 seruling sambil seolah2 manggil ular iku yooo... :)))

    ReplyDelete
  30. aku lebih tertarik karo iki mbak.... :)))

    ReplyDelete
  31. ingetnya adegan karate kids karena di situ ada pendekar yg berhadapan dengan ular kobra, trus gerakan kepala ular seirama dengan gerakan si pendekar. jadi pertanyaan, siapa meniru siapa ?
    penjelasan di situ siy, pendekarnya punya kemampuan "menyetir" gerakan si kobra jika dia bersungguh2 konsentrasi ...
    lha kalau menurut mb Dee, kobra gak bisa liat, brati adegan di pilem itu gak valid dong ya ? :-D

    ReplyDelete
  32. Ini termasuk pengetahuan dasar PA ya, mbak?

    ReplyDelete
  33. berarti pake pengharum ruangan bisa donk mbak dee??

    ReplyDelete
  34. kobra gak bisa mendengar mbak..., matanya bisa ngeliat tapi gak fokus mbak... pernah saya tulis di jurnal saya dulu... http://dieend18.multiply.com/journal/item/60/Sekilas_Biologi_Ular

    ReplyDelete
  35. enggak Tah... di PA dulu diajarinnya juga garam kok... :))
    aku taunya setelah gabung dan belajar dari temen2 SIOUX itu...

    ReplyDelete
  36. Mb Arni : kalo berkenan bisa diliat di jurnal sy mbak, http://dieend18.multiply.com/journal/item/60

    Banyak fakta menarik ttg ular yg sy juga baru tau setelah kenal ama Sioux :-)

    ReplyDelete
  37. ya ampun,....salah baca, kirain gak bisa lihat...hehehe

    ReplyDelete
  38. oh salah ternyata ya anggapan selama ini. thanks infonya mbak.

    ReplyDelete
  39. iya... padahal anggapan itu udah dari jaman dulu ya... :)

    ReplyDelete
  40. Makasih infonya mbak :)
    Baru tau sy kl ular kobra ngga  bisa mendengar. Kl ular2 lain gmn mbak? Sama aja ya?

    ReplyDelete
  41. sama2 mbak... :)
    ular lain juga sama aja mbak, karena ular tidak memiliki lubang telinga, tapi memiliki membran tympani yang dapat mendeteksi getaran.

    ReplyDelete
  42. Ikutan nimbrung.
    Aku udah ngalamin nih, ular 60 cm masuk kerumah.Disiram garam nga mempan.Aku semprot baygon juga nga mempan.Aku seret pake sapu keluar malah mulutnya menganga,mau gigit. Jadi karena udah kebingungan, aku terpaksa siapkan koran dan nyalain api, jadi aku lempar ke pembakaran saja.
    Abis ularnya nga mau kalah, mulutnya menganga dan malah berani maju.
    Jadi terpaksa aku bakar.
    Jadi kalo dikatakan takut bau-2an, nga kebukti tuh, soalnya disemprot baygon 1 botolpun tetep dia galak.
    Heheheee.....
    Semoga pengalaman aku bermanfaat juga disini,selamat siang.....

    ReplyDelete
  43. makasih juga sharingnya ya....
    terhadap bau-bauan yang menyengat itu ular cenderung menghindar. kalau sampe dia malah berani maju dan semakin menganga, itu berarti sebagai bentuk pertahanan dan perlawanan dirinya. karena sejatinya, ular itu juga takut ama manusia....
    jadi ular akan menyerang kalau dia merasa terancam.... saya kira hal ini juga berlaku untuk semua makhluk kan? :)

    ReplyDelete
  44. kalau ularnya digarami...trus digoreng, apa masih ga takut juga?
    :))))

    ReplyDelete
  45. ular takut garam kalo garemnya dipake buat bumbu sate ular.

    ReplyDelete
  46. berarti ular takut ama bang tyar donk...
    *ngelirik badannya si oom yang kaya' tusuk sate...
    :)))

    ReplyDelete
  47. Wkwkwk... Sesama penjual sate dilarang berantem ya :-D
    *sodorin kipas sate utk mas Suga n bg Tiar :-)

    ReplyDelete
  48. Wah balik kesini
    Langsung nemu percakapan dua tukang sate ular :-)))

    ReplyDelete
  49. Mb Arni : tukang satenya lg pd nyiapin dagangannya mbak :-)

    ReplyDelete
  50. saya pernah bunuh ular.... pake paralon

    ReplyDelete
  51. tee... satheee... Sathe ular taiye...

    ReplyDelete
  52. Mas Rifki : pake paralon? Gimana caranya mas?

    ReplyDelete
  53. Bg Tiar : sate bang.. Ga pake lama..

    ReplyDelete
  54. mau sate ular piton atau ular bedudak?

    ReplyDelete
  55. sate kelinci lebih enak.... :)

    ReplyDelete
  56. maaf kalo sate kelinci gak pake garem..

    ReplyDelete