Qurban Online, Solusi Berqurban Praktis dan Terpercaya

Thursday, May 30, 2024

Qurban online

Gak terasa ya, sebentar lagi kita akan merayakan IdulAdha. Gimana nih persiapan qurbannya? Sudah beli hewan qurban belum? Kalau temen-temen mau beli hewan qurban, jangan melupakan kriteria yang jadi syarat sah-nya hewan qurban yaa..

Apa aja sih syarat sah-nya hewan qurban itu?

1. Hewan Ternak

Hewan ternak yang dimaksud di sini adalah unta, sapi, kerbau, kambing, dan domba. Meskipun sama-sama merupakan hewan ternak, tapi ayam dan bebek tidak termasuk loh yaa..

Kalau di Indonesia, normalnya yang disembelih untuk qurban adalah sapi, kambing, dan domba.

2. Cukup Umur

Jenis sapi untuk qurban harus mencapai umur yang sudah ditentukan sesuai dengan syariat agama Islam. Begitu juga dengan unta, kambing, dan domba.

  • Unta minimal berumur 5 tahun dan telah masuk tahun keenam.
  • Sapi minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ketiga.
  • Kambing minimal berumur 1 tahun dan telah masuk tahun kedua.
  • Domba atau biri-biri berumur 1 tahun atau kalau sulit mendapatkan domba berumur 1 tahun, diperbolehkan menyembelih domba yang minimal berumur 6 bulan.

3. Sehat dan Tidak Cacat

Hewan yang akan diqurbankan harus sehat dan tubuhnya sempurna. Tidak dalam keadaan sakit, juga tidak cacat (tidak buta dan tidak pincang).

Kesimpulannya, pilihlah hewan terbaik dan sesuai kemampuan kita untuk dijadikan hewan qurban. Jadi, kalau belum mampu membeli sapi untuk qurban, tidak perlu memaksakan. Kita masih bisa membeli kambing atau domba. Yang penting niatnya ikhlas lillahi ta’ala.

Qurban Online Solusi Mudah dan Praktis

Di jaman serba mudah dan praktis seperti sekarang ini, membeli hewan qurban juga bisa dilakukan secara online loooh. Hal ini diperbolehkan dan hukum ibadahnya tetap sah.

Qurban online ini tentu memudahkan bagi kita yang sibuk atau tidak bisa untuk memilih hewan kurban sendiri. Dengan membeli hewan qurban secara online, kita gak perlu lagi direpotkan dengan urusan pemeliharaan hewan qurban. Karena semua prosesnya akan ditangani langsung oleh lembaga qurban terpercaya dan profesional. Jangkauan qurban online juga lebih luas. Karena qurban akan disalurkan ke daerah-daerah bencana, daerah pra sejahtera, dan daerah rawan pangan di seluruh Indonesia.

Kalau masih bingung, teman-teman bisa beli hewan qurban di Tokopedia. Pasti teman-teman udah gak asing kan ama marketplace yang satu ini? Nah, sekarang kita juga bisa berqurban lewat Tokopedia looh. Mulai dari beli hewan qurban, penyembelihan, sampai pendistribusiannya, semua sudah diurus beres sama Tokopedia. Cara qurban di tokopedia mudah banget. Semudah teman-teman belanja online lewat smartphone seperti biasa.

Cara Qurban Online di Tokopedia

1. Akses Tokopedia Qurban

Caranya, buka aplikasi Tokopedia di smartphone. Ketik ‘Tokopedia salam’ di kotak pencarian. Kemudian pilih Qurban.

Qurban Online


2. Pilih Hewan Qurban

Selanjutnya teman-teman bisa mulai memilih hewan qurban. Pilihannya ada kambing, sapi, dan patungan sapi. Harganya cukup terjangkau loh. Untuk kambing ukuran standar dengan berat 23-25 kg harganya cuma 1,6 juta rupiah. Harga yang tercantum itu sudah termasuk biaya operasional (sosialisasi, penyediaan dan pemotongan hewan, distribusi, juga pelaporan qurban).

Qurban Online


3. Isi Data dan Bayar

Kalau sudah nemu hewan qurban yang cocok, teman-teman bisa lanjut ke tahap berikutnya yaitu mengisi data peserta qurban. Isi dengan nama lengkap. Bisa juga kalau mau mencantumkan bin atau binti yang kemudian diikuti dengan nama ayah.

Setelah beres, teman-teman bisa lanjut ke pembayaran. Pilihan metode pembayarannya banyak. Persis seperti kalau teman-teman belanja online di Tokopedia. Jadi bisa bayar pakai Gopay, bank transfer, kartu kredit, e-wallet, juga bisa lewat indomaret dan alfamart. Mudah banget kan?

Qurban online


4. Pantau Perjalanan Hewan Qurban

Setelah proses pembayaran selesai, teman-teman akan mendapatkan notifikasi ‘Transaksi Berhasil’. Selanjutnya, teman-teman akan selalu mendapat informasi tentang hewan qurban teman-teman lewat email maupun halaman Tokopedia Qurban.

Adapun timeline laporannya akan seperti ini:

  • Waktu dan daerah pemotongan hewan qurban akan diinformasikan lewat notifikasi di halaman Tokopedia Qurban pada H-1 hingga H+2 IdulAdha.
  • Pada hari H pemotongan hewan qurban (antara tanggal 17-19 Juni 2024), teman-teman akan mendapatkan notifikasi bahwa ‘Qurban Sudah Dipotong’.
  • Teman-teman akan mendapat sertifikat digital yang dikirimi lewat email maksimal H+10 hari kerja setelah IdulAdha.
  • Laporan dokumentasi hewan qurban akan dikirim ke email teman-teman paling lambat 20 Agustus 2024.

Nah, gimana? Gampang banget kan berqurban secara online di Tokopedia? Semoga Allah selalu memudahkan kita untuk bisa beribadah menjalankan perintahNya ya.. aamiin..

You Might Also Like

45 komentar

  1. Sering diragukan padahal qurban online diperbolehkan dan hukum ibadahnya tetap sah. Apalagi qurban online ini memudahkan bagi kita yang sibuk atau tidak bisa untuk memilih hewan kurban sendiri. Tinggal berqurban melalui Tokopedia Qurban saja, pilih hewan qurban sesuai keinginan, praktis dan mudah caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. hukumnya diperbolehkan dan tetap sah kok.

      Delete
  2. memang masyarakat Indonesia masih agak ragu untuk melaksanakan qurban online mungkin perihal hukum ibadahnya bagaimana ya, padahal boleh2 saja dan memudahkan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. alhamdulillah lebih memudahkan buat kita

      Delete
  3. Kecanggihan teknologi sekarang mempermudah orang beramal sholeh. Salah satunya dengan qurban online ni ya mbak. Tidak perlu repot lagi datang ke tempat penyaluran qurban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget mba... Alhamdulillah semakin dimudahkan dengan qurban online ini yaa

      Delete
  4. Kalau qurban secara online begini, penyaluran daging qurbannya makin meluas lagi ya kak, karena bisa ke daerah yang lokasinya memungkinkan kurang/tidak banyak yang berqurban

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini salah satu alasan yang bikin aku suka ama qurban online ini. Penyaluran daging qurban lebih luas

      Delete
  5. Seneng banget yah sekarang udah ada pilihan qurban online. Udah deh cocok banget buat yang serba sibuk dan ngga sempet pilih hewan kurban langsung. Kita juga ngga perlu repot lagi sama urusan pemeliharaan karena udah beres sama lembaga yang trusted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. lembaga yang ngurusinnya udah terpercaya, jadi tenang..

      Delete
  6. Praktis ya kalau mau qurban secara online. Sebenarnya kan di luaran sana, ada juga daerah yang qurban nya tuh minim sekali, sehingga lembaga tuh kudunya aware juga sama hal-hal semacam ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah lewat qurban online kayak gini daerah2 yang minim qurban atau tidak terjangkau bisa kebagian daging qurban juga

      Delete
  7. Wah, baru tahu aku kalau Tokopedia ngelayanin Kurban Online juga. Aku belum kepikiran sih, tapi ini emang jadi solusi praktis. Tetap bisa pantau juga kan. Syukur-syukur kalau daerahnya emang yang jarang kurban. Jadi bisa mereka ngerasin daging kurban juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. kalo qurban online gini, jangkauan penyalurannya lebih luas.

      Delete
  8. Waaah Ilmu baru ini, Ternyata kita bisa juga ya urban via tokopedia. Urban jadi lebih mudah praktis dan terjangkau yaa

    Apalagi untuk orang yang tinggal di kota dan di darah yang kuota kurbannya banyak, jadi bisa banget berbagai ke darah lain yang gak ada hewan kurban, keren bangeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba.. kalo di Kota besar biasanya udah banyak yang qurban. Kasian yang tinggal di daerah terpencil. Semoga dengan qurban online seperti ini mereka bisa ikut merayakan daging qurban

      Delete
  9. Qurban online di Tokopedia ini bener-bener jadi solusi praktis buat yang sibuk ya mbak. Gak perlu lagi repot-repot nyari hewan qurban secara langsung, semua bisa dilakukan dari smartphone. Langkah-langkahnya juga simpel banget, kayak lagi belanja online biasa. Semoga berqurban online ini semakin memudahkan kita dalam menjalankan ibadah. Aamiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, caranya semudah belanja online biasa. Bisa terus dipantau juga..

      Delete
  10. Mbak, kalau qurban online begini apakah kita tahu lokasi distribusinya ke mana? Makudnya lokasi detailnya gitu mbak. Soalnya aku belum pernah nyobain qurban online lewat e-commerce. Yang pernah aku lakukan adalah membeli hewan qurban di daerah yang aku mau qurbannya dibagikan. Terus pas dipotong ada laporannya (dalam bentuk video) sebagai bukti dan foto pembagian daging qurbannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dikasih tau kok mba.. Dan mereka biasanya menyalurkan qurban ke daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau hewan qurban

      Delete
  11. wah baru tau beli hewan Qurban bisa di Tokopedia, ini membantu sekali untuk orang yang sibuk gak sempat survey hewan Qurban tinggal beli online saja lebih praktis

    ReplyDelete
  12. Masya Allah... Senang sekali ya sekarang jadi tambah dimudahkan untuk melakukan qurban, termasuk secara online. Jadi untuk mereka yang tidak sempat atau biasanya tinggal jauh dari Indonesia ini bisa jadi cara mereka untuk berbagi juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya betul mba.. Terutama buat yang tinggal di luar negeri ya. Jadi bisa tetap berqurban di tanah air dengan cara ini

      Delete
  13. Opiniku, sah-sah saja sekarang hampir semua transaksi dilakukan melalui aplikasi daring. Tapi dalam pikiranku, beberapa hal masih perlu secara manual dilakukan. Salah satunya ya saat berkurban. Kaya, gimana ya... ya lebih terasa melegakan aja gitu kalau menyerahkan langsung, apalagi turut menyaksikan pemotongannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mba... Emang lebih enak kalo ngeliat langsung yaa.. Tapi kadang ada beberapa keadaan yang tidak memungkinkan kita untuk melihat langsung prosesnya. Dalam hal ini sepertinya qurban online adalah solusi paling tepat

      Delete
  14. Makin lengkap aja nih Tokopedia, gak hanya menjual aneka produk barang dan jasa, berinvestasi pun bisa di sana, eh sekarang ada kemudahan juga untuk bisa membeli hewan Qurban melalui Tokopedia. Gak ada alasan ribet gak bisa kemana-mana lagi sih ini, asal ada uangnya.. hhihiihih.. Bismillah..rezeki mengalir..dan berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. aamiin.. semua lancar kalo rejekinya juga lancar ya mba.. Semoga Allah mudahkan ya mba..

      Delete
  15. Baru tahu di tokped juga bisa kurban mbak. Aku jg beberapa kali beli kurban online tapi via lembaga2 amil zakat gtu lho, alasannya krn gak bisa milih hewan yang layak kurban, drpd salah yaa.
    Lumayan juga nih kalau di tokped juga bisa yaa. Apalagi semudah beli produk onlen kyk biasanya. Terima kasih infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini disalurkannya juga lewat lembaga2 terpercaya itu kok, Pril.. pembeliannya yang lewat Tokopedia. Jadi caranya semudah belanja online biasa..

      Delete
  16. Pas banget, jelang idul adha, kurban online bisa jadi pilihan nih. Lebih praktis, lebih mudah dan terjangkau juga
    Milenial jaman now pastinya milih yg mudah dan praktis kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, teh.. mudah, praktis, tapi tetap sesuai syariat

      Delete
  17. Masya Allah, sebentar lagi Idul Adha. Semoga para jamaah haji menjadi haji yang mabrur.

    Dan kita yang belum bisa haji bisa berkurban dulu. Bahkan bisa dilakukan secara kurban online. Cakpe juga nih Tokopedia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. aamiin.. semoga Allah mudahkan kita untuk qurban dan haji ya mba..

      Delete
  18. Hebat ya Tokopedia serba ada sampai beli hewan qurban pun ada di Tokopedia praktis banget...

    ReplyDelete
  19. Sekarang ada banyak cara untuk beramal yaa..
    Beberapa kali juga kami memilih untuk melakukannya secara online dengan harapan, daging kurban lebih luas menjangkau daerah di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener.. ini juga sih yang jadi alasanku untuk qurban online. Insya Allah jangkauannya lebih luas yaa

      Delete
  20. Wah praktis ya sekarang bisa Qurban dengan cara sat set melalui online , selain hewan ternak terjamin juga kitanya aman karena sistem online memudahkan semua pekerjaan

    ReplyDelete
  21. Sekarang kurban nggak harus dilakukan sendiri ya tapi bisa juga secara online. Tentunya kita juga harus memilih lembaga yang amanah untuk kurban online ini agar distribusinya tepat sasaran

    ReplyDelete
  22. Mudah dan praktis sekarang bisa kurban secara online memudahkan masyarakat yang pengennya sat set...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Memudahkan tapi tetap sesuai syariat

      Delete
  23. Qurban pun sekarang bisa online ya, Mbak. Dan itu sah menurut syariat, ya. Mungkin yg bikin khawatir kan beneran disembelih dan disalurkan kepada yg berhak atau enggak. Tapi ternyata semua bisa kita pantau. Alhamdulillah kalau seperti itu. Tentu memudahkan kita umat Islam dalam berkurban :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Diah.. kita masih bisa memantau perjalanan qurban kita. Jadi tenang yaaa

      Delete