Mau Memulai Usaha? Coba 5 Tips Ini Deh...

Thursday, July 01, 2021


Badai Covid yang masih melanda dunia membuat kita harus terbiasa beradaptasi. Tak hanya beradaptasi pada kebiasaan-kebiasaan baru seperti memakai masker dan menjaga jarak, tapi juga beradaptasi pada efek yang mendadak timbul karena pandemi ini. Efek terburuk yang banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat adalah kehilangan. Entah itu kehilangan mata pencaharian, ataupun kehilangan orang-orang yang disayangi. 

Tapi hidup harus terus berjalan. Jangan sampai kehilangan-kehilangan yang kita alami ikut menghilangkan semangat kita untuk terus melanjutkan hidup. Pandemi bikin pergerakan kita jadi serba terbatas? Jangan kuatir, masih banyak hal yang bisa kita lakukan dari rumah. Iya, kenapa gak mencoba bisnis atau usaha dari rumah? Memanfaatkan apa yang kita sukai dan apa yang kita miliki. Yang penting, dapur tetep ngebul dan kita tetep dapet cuan, iya kan? 

Saya dan suami, sejak pandemi melanda ini pun sudah mulai mencoba usaha dari rumah. Saat ini kami sedang menekuni usaha ternak lele. Kebetulan, di rumah yang kami tempati sekarang ada 6 kolam yang sudah bertahun-tahun mangkrak gak terurus. Daripada dibiarin jadi tempat jin buang anak kosong begitu saja, akhirnya kami manfaatkan untuk ternak lele. Kenapa lele? Ya, karena memelihara lele cenderung lebih mudah bila dibandingkan dengan memelihara jenis ikan lainnya. Masa panennya juga lebih cepat. Dan lagi, pangsa pasar ikan lele juga cukup bagus. Beberapa hal inilah yang akhirnya membuat saya dan suami mantap untuk mulai usaha ternak lele. 

Trus? Trus? Gimana hasilnya? Udah sukses jadi pengusaha lele? Hehehe namanya juga baru mulai usaha. Baru jalan beberapa bulan, dan baru ngerasain satu kali panen. Tapi alhamdulillah, sejauh ini sih hasilnya memuaskan. Disyukuri aja semuanya ya..

Nah, dari pengalaman saya yang belum seberapa ini, saya mau coba bagi sedikit tips buat temen-temen yang mau mulai mencoba usaha dari rumah. Semoga bermanfaat ya.. 

1. Mulai dari Hal yang Kita Sukai

Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life, kutipan dari Confusius itu ada benernya. Kalau kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai, sesuai ama hobi dan minat kita, kita ngerjainnya jadi lebih enjoy. Gak ada beban. 

Mungkin temen-temen yang hobi masak, bisa mulai mencoba bisnis kuliner. Yang hobi menjahit, bisa mulai mencoba bisnis masker kain. Atau yang hobi tanaman bisa mulai mencoba jual tanaman hias secara online. Jadi kita ngerjainnya tetap hepi karena gak ngerasa kayak kerja. Ya kayak ngejalanin hobi sehari-hari aja kan? Tapi yang jelas, hobi kita bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

2. Manfaatkan Apa yang Kita Miliki

Kalau memang belum memungkinkan beli peralatan untuk produksi, manfaatin aja apa yang kita punya. Ya seperti yang saya bahas di atas tadi, karena melihat 6 kolam yang nganggur dan gak terurus, akhirnya itulah yang kami manfaatkan untuk usaha. Untung sih, jadi gak perlu bikin kolam lagi, gak perlu nyewa lahan, cukup memanfaatkan apa yang ada saja. 

3. Jangan Berhenti Belajar

Walaupun kita mengerjakan apa yang kita sukai, udah sesuai banget ama passion dan hobi kita, tapi kita gak boleh berhenti belajar. Jangan bosan untuk terus meng-upgrade ilmu dan skill. Bisa belajar langsung dari yang lebih berpengalaman atau ikut kelas-kelas online. Jaman sekarang sih enak. Mau cari ilmu atau pengetahuan apapun tinggal googling, dan dalam sekejap, informasi yang kita butuhkan pun tersedia. 

Jadi sebenernya gak ada lagi alasan kemampuan kita mentok sampai di situ-situ aja, karena kesempatan untuk belajar dan meng-upgrade ilmu terbuka lebar.

4. Perhatikan Sumber Modal Usaha

Memulai usaha, apapun itu, pasti perlu modal. Dan paling enak sih modalnya menggunakan dana tabungan pribadi. Tapi ada kalanya tabungan kita gak cukup. Jadi kita perlu suntikan dana segar untuk modal usaha. Kita bisa mencari investor atau melakukan pinjaman modal usaha. Semua pasti ada plus dan minusnya. Dan kita, harus pandai-pandai memilih, kira-kira mana yang paling mudah dan paling minim resiko. 

Kalau temen-temen mau melakukan pinjaman untuk modal usaha, sebaiknya cari yang aman. Sekarang banyak yang menawarkan pinjaman online dengan berbagai iming-iming kemudahan. Ingat, jangan gampang tergiur rayuan manis. Kalau temen-temen tertarik melakukan pinjaman online untuk modal usaha, sebaiknya pilih yang aman dan sudah terdaftar di OJK. Seperti Tunaiku, misalnya. 

Tunaiku merupakan teknologi finansial atau FinTech pertama di Indonesia yang bergerak menyediakan pinjam uang online tanpa agunan. Didukung dengan teknologi dan data analytics canggih, Tunaiku mampu melayani dengan sangat cepat (24 jam) dan dengan persyaratan yang mudah.

Pengajuan pinjaman melalui Tunaiku cukup mudah dan praktis. Pinjamannya bisa sampai Rp 20 juta dan cicilannya bisa sampai 20 bulan. Tunaiku menjamin tidak ada biaya lain-lain yang tersembunyi. Semua aman dan transparan. 

Mulai beroperasi pada 2014, Tunaiku merupakan produk digital pinjaman tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang dimiiki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM. TOLARAM merupakan perusahaan multinasional yang telah berdiri lebih dari 60 tahun. Tunaiku berdiri di bawah naungan bank resmi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi aman. 

Tapi ingat ya gengs, meskipun prosesnya mudah, kita harus bijak menggunakan dana pinjaman modal usaha. Jangan sampai kita malah terbelit hutang karena tidak bisa mengembalikan dana yang sudah kita pinjam.

5. Jangan Takut Gagal

Yang namanya memulai suatu usaha, pasti kita sering dibayang-bayangi perasaan kuatir, gimana kalo usaha kita gagal? Yang kayak gini ini harus kita buang jauh-jauh. Jangan sampai perasaan takut gagal justru malah bikin kita takut untuk memulai. Pokoknya, mulai aja dulu! Masalah hasil, itu urusan nanti. 

Dan kalau sudah mulai, dan ternyata emang gagal, jangan takut untuk mencoba lagi. Pelajari kenapa bisa gagal? Coba pakai cara lain. Kalau masih gagal, coba lagi pakai cara lain. Yang terpenting, jangan pernah takut gagal, apalagi kalau belum memulai.

You Might Also Like

0 komentar