Tips Nyaman Bepergian Naik Travel di New Normal

Friday, February 19, 2021


Dari sekian banyak moda transportasi yang sudah beroperasi di masa new normal ini, naik travel bisa jadi andalan jika kamu ingin liburan atau bepergian ke kota lain. Kenapa? 

Hal ini karena travel menggunakan armada yang lebih kecil dari bus, hanya muat beberapa penumpang saja sehingga meminimalkan kontak dengan orang lain dan harga tiketnya pun juga terjangkau. Travel juga melayani banyak rute di berbagai kota sehingga bisa jadi pilihan alat transportasi jika kamu ingin traveling atau ada urusan bisnis di luar kota. 

Nah bagi kamu yang baru pertama kali akan bepergian naik travel, berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar perjalanan kamu nyaman dan juga aman. 

1. Pilih Operator Berpengalaman 

Tergantung jurusan yang dituju, ada baiknya kamu memilih naik travel dari operator yang sudah berpengalaman dan terbukti aman dalam mengantarkan penumpang ke tujuan. Selain Itu pilih juga operator yang sudah menjalankan protokol kesehatan demi menjaga kebersihan dan kehigienisan armada. Kamu bisa mencari review online mengenai operator yang dipilih dan perhatikan bagaimana kepuasan penumpang saat naik travel tersebut. 

Hal ini tentu saja penting karena menyangkut keamanan diri sendiri selama perjalanan. Dengan memilih naik operator yang sudah berpengalaman dan punya nama, paling tidak perjalanan kamu ‘bergaransi’ akan terasa lebih aman dan nyaman karena sudah banyak review positif mengenai operator tersebut yang bisa ditemukan secara online. 

Saat ini ada banyak operator travel yang melayani berbagai rute di kota-kota besar Indonesia. Jika kamu menuju kota di Jawa Tengah, seperti Semarang hingga Solo, coba naik travel Joglosemar saja! Po bus dengan layanan executive shuttle bus ini sudah wara wiri sejak tahun 2005 dan terus menjadi salah satu po travel favorit ke berbagai rute. 

2. Beli Tiket Online, Langsung Pilih Kursi 

Jika sudah menentukan akan naik travel mana, selanjutnya adalah beli tiketnya secara online. Kenapa harus beli tiket travel online? Jawabannya adalah karena mudah, aman dan juga praktis. Contohnya jika kamu beli tiket travel di Traveloka, kamu tinggal cari tiket travel berdasarkan tanggal keberangkatan dan PO yang dipilih, lalu pilih kursi sesuai keinginan, bayar dan e-ticket pun akan dikirim ke email dan aplikasi Traveloka. 

Dengan sudah memilih kursi saat booking tiket, kamu tidak perlu repot mikirin nanti akan diberi tempat duduk yang mana karena sebelumnya sudah kamu pilih sesuai selera. 

Selain itu kursi yang sudah dipilih saat beli tiket travel online di Traveloka dijamin sudah atas nama kamu sehingga tidak akan ditempati oleh penumpang lain. Jika kamu menemukan ada penumpang lain yang duduk di kursi yang kamu pilih, kamu bisa meminta bantuan customer service Traveloka yang tersedia 24/7 untuk membantu. Kamu bahkan bisa minta refund 100 persen lho! 

3. Saat Berangkat, Datang Awal dan Persiapkan Diri 

Bepergian di masa new normal memang agak sedikit ribet dibandingkan sebelumnya. Kamu perlu membekali diri dengan barang-barang wajib di saat new normal, yaitu masker untuk dipakai dan masker cadangan, membawa hand sanitizer, tisu basah, tisu kering, desinfektan ukuran travel dan botol minum sendiri. 

Selain itu kamu juga tetap harus datang lebih awal dari jam keberangkatan di pool untuk keperluan check in dan mendapatkan tiket kertas dari operator travel (tergantung setiap operator). Jika terlambat, maka tiket kamu akan hangus dan jika ingin tetap berangkat kamu harus membeli tiket baru. Hal ini tentu bisa buat rencana liburan dan mood jadi berantakan ya gak? Jadi pastikan kamu datang minimal 45 menit sebelum jam keberangkatan yang tertera di tiket ya. 

Nah, dengan mengetahui tips-tips di atas maka perjalanan kamu naik travel pun akan lebih nyaman dan juga aman dari kemungkinan batal berangkat atau kehabisan tiket. 


Jadi jangan ragu naik travel di masa new normal karena hampir semua operator travel sudah menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan armada ya. Segera pesan tiket travel kamu sebelum kehabisan sekarang juga di Traveloka!

You Might Also Like

12 komentar

  1. Enaknya travel yang bisa milih kursi itu, kita sebagai penumpang jadi enggak khawatir ya, kak. Apalagi kalo udah ada jaminan penerapan protokol kesehatan. Biar selama perjalanan enggak was-was, ya.

    ReplyDelete
  2. Saya pun kalau ke beberapa kota teedekat dan ada layanan mobil travel ya lebih senang saja. Biasanya ada beberapa travel yang mau mengantar penumpang sampai ke lokasi tujuan, seperti kalau ke Bandung, ada yang bisa begini.

    Asiknya travel sekarang bisa pesan online dan pilih kursi jadi merasa lebih aman deh.

    ReplyDelete
  3. Teknologi udah in touch banget dlm setiap perjalanan traveling yaa. Jadi kangen nih.. Dulu paling seru kalau cari tiket online yg murah hihi

    ReplyDelete
  4. Sudah hampir setahun tidak pernah traveling. Takut kemana mana. Syukurlah klo naik travel skg sdh menerapkan protokol kesehatan. Btw senang tiket travel bisa pesan online dan langsung bisa pilih kursi.

    ReplyDelete
  5. Huhu pengen banget traveling lagi, tapi disini travel masih pada tutup semuaaa. Tapi kalau ada yang buka seperti Traveloka seru sih, perjalanan nyaman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  6. Kalo gak terlalu jauh, emang enakan naik mobil travel atau bus.. soalnya skrg tuh males tes swab atau rapid test..

    ReplyDelete
  7. Wah kalau saya belum berani mbak bepergian dimasa new normal tapi kalau kita terapkan protokol kesehatan pasti aman ya mbak

    ReplyDelete
  8. Ya ampun mbak Dee
    Aku kangen banget traveling setelah baca ini
    Apalagi kalau travelnya sangat patuh protokol kesehatan ya. Kita jadinya lebih aman dan nyaman saat bepergian ya

    ReplyDelete
  9. Masih lebih aman naik kendaraan sendiri tapi ya :)
    Soalnya kan tetap ada kontak dengan orang lain meski sedikit kalau menggunakan travel ini Kak
    Tapi seru, kepingin traveling deh

    ReplyDelete
  10. Pake travel emang nyaman sih kalo dianter sampe tempat tujuan dan kendaraannya enak. Biasanya cepet sampe pula. ><

    ReplyDelete
  11. Emang senang kalo ada travel bisa pesan lewat online, jadi tak perlu was was tak kebagian tempat duduk yang diinginkanπŸ€—

    ReplyDelete
  12. Di kampung saya ni travel tetap jalan selama pandemi mbak Dee. Awalnya duduk di selang seling dan kita bayar ongkos 2x lipat sekali jalan. Ada pemeriksaan suhu tubuh oleh tim gabungan di titik masuk ke kabupaten. Tp makin kesini sudah tidak lagi

    ReplyDelete