Pempek Om Ganjen, Seganjen Namanya

Monday, April 13, 2015

pempek palembang, om ganjen

Sudah cukup lama saya mendengar nama Om Ganjen disebut-sebut di kalangan pecinta kuliner Batam, khususnya penggemar pempek Palembang. Katanya siiih, kalo mau cari pempek paling enak di Batam, Pempek Om Ganjen lah jawabannya. Penasaran donk ya... seenak apa sih? Trus apa bener, yang jual emang ganjen? hahahaha...

Dan sebagai orang yang ngakunya penggemar pempek Palembang, rasanya gak afdal banget kalo saya belum pernah nyobain pempek Om Ganjen ini. Langsung browsing di google, cari alamat si Om Ganjen. Ternyata gak sulit, malah lengkap dengan nomer teleponnya sekalian. Iiih.. si Om, loyal banget sih bagi-bagi nomer telepon, kan saya jadi pengen nelepon juga.. :D Apalagi katanya bisa delivery, kan asik tuuh.. Tapi ternyata delivery-nya cuma seputaran Nagoya aja, jadi yang tinggal di Batuaji jangan ngarep yaah..

Karena gak bisa delivery sampai ke Batuaji, mau nggak mau saya kudu nyamperin ke tempatnya si Om untuk membuktikan langsung keganjenan si Om keenakan pempeknya.

Hari Minggu yang cerah di pertengahan bulan Maret yang lalu, sehabis nemenin Lala main sepeda juga main layang-layang di Engku Putri, saya langsung ngajak suami makan pempek di Om Ganjen. Gak takut melilit tuh perut, pagi-pagi udah makan pempek? Alhamdulillah, perut saya termasuk yang gak rewel dengan makanan pedas maupun asam. Tapi sebelum nganter saya makan pempek, suami dan Lala mampir makan dulu di Baba Street, Nagoya Citywalk.

Mencari lokasi rumah makan pempek Om Ganjen ternyata semudah mencari alamatnya di Google. Kalau dari Nagoya Citywalk, dari arah epok-epok Swees lurus aja ke arah kiri. Pempek Om Ganjen di ruko paling ujung sederetan ama Primagama.

pempek palembang, om ganjen
 Ini tempatnya

pempek palembang
pempek palembang

Sewaktu kami sampai, beberapa meja sudah terisi pengunjung. Kami memilih tempat di halaman samping, sekalian cari angin. Saya memesan seporsi pempek campur. Dan untuk minumnya saya memesan teh obeng, teh O, dan segelas air putih hangat.

Gak pake nunggu terlalu lama, pesanan pempek saya pun datang. Ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek tahu, adaan, juga kulit. Sayang gak ada pempek keriting dan pempek pistel. Padahal dua jenis pempek ini termasuk yang paling saya suka, tapi juga paling jarang saya temui di Batam. Mari kita coba! Apa benar rasanya seenak seperti yang sering saya dengar?

Potongan pertama, saya coba makan pempeknya tanpa cuko. Wuaaah.. ternyata gak salah, pempeknya enak banget. Teksturnya lembut, ikannya kerasa. Gurih dan enak banget pokoknya. Setelah itu saya coba sruput pake sendok cukonya. Rasanya juga mantap! Perpaduan manis, pedas, dan asamnya pas di lidah. Setelah membuktikan bahwa rasa originalnya emang enak, baru deh mulai mencelupkan si pempek ke dalam kuah cuko. Pas! Suami saya pun sependapat. Pempek Om Ganjen emang enak. 

pempek palembang, om ganjen
Cobain deeh.. ini enak!

Yang penasaran ama Om Ganjen pempeknya silakan dateng langsung ke lokasi. Om Ganjen gak cuma jual pempek aja kok. Ada tekwan, pindang tulang sapi, nasi uduk komplit, nasi goreng, juga aneka jajanan pasar.

pempek palembang, harga, om ganjen
 Untuk harga silakan baca sendiri

Pempek Om Ganjen:
Ruko Bukit Mas Blok B no 9. Nagoya - Batam.
Telp : 0778 - 7222287, 082133455758
Jam operasional : 8.00 am - 10.00 pm

You Might Also Like

23 komentar

  1. Namanya emang eye catching banget, Mbak. Kalau pempek mah aku suka banget, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beenr, mbak Ira.. namanya eye catching.. dan pastinya bikin penasaran :)

      Delete
  2. Liur terus menetes Tampa henti. Suka empek empek juga. Terkhusus kapal selam. Eh, ITU pemiliknya memang ganjen ya???? Lucu

    ReplyDelete
  3. Jaman sekarang harus kreatif bikin nama untuk kuliner agar menarik pembeli dan mudah diingat. Kalau di Malang ada lalapan Mbok Judes karena mengklaim sebagai lalapan pedes dengan berbagai level.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Wan.. salah satu strategi dagang yaa.. Harus kreatif cari nama yang mudah diingat, dan bikin orang penasaran. Tapi jangan lupa kualitas tetap harus nomer 1... Betul gak, Wan :)

      Delete
  4. strategi marketing handal euy, pake nama yang unik tapi tidak meninggalkan cita rasa. ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mas.. nama yang unik gak akan ada artinya kalo cita rasanya biasa-biasa aja.. Tapi kalo keduanya dipadukan, yaaa jangan salahkan pembeli yang bakal balik lagi dan balik lagi :)

      Delete
  5. uwaaa....bisa dicoba nih kalau pulang lagi hehehehe.. namanya unik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak Hanna.. Kalo ke Batam lagi kudu dicoba niih... :)

      Delete
  6. Lucu namanya dan ternyata biar mudah di ingat :D
    Aku juga suka pempek mbak *pastinya* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.. pastinya karena mbak Rien orang Palembang ya :)

      Delete
  7. Replies
    1. Ayo sini, mbak.. kita makan pempek bareng sambil ngobrol-ngobrol seru.. :)

      Delete
  8. klo dijogja aku seringnya mampir pempek 19 ulu, gak ngerti deh mbak arti nama nya apaan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin itu nama kampungnya di Palembang sana, Yo... Pernah ada yang gitu juga solanya. Bikin warung di tanah rantau pake nama kampung halamannya...

      Delete
  9. Mesti coba pempek om ganjen nih kalo ntr ke batam. Betewe, lucu ya namanya nagoya. Jepang2 gmn gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu di Batam, Zahra.. di Batam banyak tempat yang namanya lucu.. Pertama kali dateng ke sini aja sampe geleng-geleng denger nama-nama tempatnya. Ada Jodoh, ada Muka Kuning, simpang Frengky, pokoke lucu-lucu deeh..

      Delete
  10. dari nama saja sudah menarik hati untuknyoba, semoga omnya ga ganjen ya, cukup pempeknya aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak Lu, si omnya gak ganjen... malah baiiik banget... :)

      Delete
  11. Hahaha mbak Dee kecewa dengan jawaban ownernya :D
    Tapi emang namanya unik ya :) dan keliatannya pempeknya emang enak. Kudu dibandingkan dengan pempek asli sini dong mbak Dee. Oktober kan ya? hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... iyaaaa.. padahal aku pengen dapet jawaban yang cetar gituuu, tapi ternyata alasannya simpel aja, biar mudah diingat. :)

      Wuaaaah... bisa menikmati pempek di tempat asalnya itu merupakan salah satu impianku, Yan. Insya Allah segera diagendakan. Hehehe.. Oktobernya di Jogja, Yan... :D

      Delete
  12. Hmmm, untung sudah niat puasa habis sahur nih. Jadi tidak sampai ngiler-ngiler dulu lah, ntar saja pas buka puasa dibaca lagi sambil dibayangkan keganjenan pempek ini :D

    ReplyDelete