Kartu Pos. Ketika WhatsApp dan BBM Sudah Terlalu Mainstream

Thursday, January 22, 2015



"Emang masih musim ya mbak, kirim-kirim gituan?" 

Seorang bapak yang berdiri di depan saya melirik kepo ke arah setumpuk kartu pos di tangan saya. Saya hanya tersenyum dan mengangguk mengiyakan.

"Pake sms lebih cepet, mbak.. atau WhatsApp dan BBM lebih enak lagi. Bisa sambil kirim-kirim foto." Si bapak rupanya masih belum puas. Dan kali ini suaranya memancing reaksi beberapa pasang mata yang kebetulan juga sedang berada di kantor pos itu. 

"WhatsApp dan BBM sudah terlalu mainstream bagi saya, pak... Lebih seru pakai kartu pos." Jawab saya sambil tak lupa tersenyum manis kepada sekian pasang mata yang akhirnya ikut-ikutan kepo melirik setumpuk kartu pos di tangan saya. 

***

Kejadian seperti itu bukan yang pertama kali saya alami. Hampir setiap kali saya ke kantor pos dengan tujuan untuk mengirim kartu pos ataupun membeli perangko, saya akan bertemu dengan orang-orang seperti si bapak tadi. Ya, walaupun tidak semuanya terang-terangan berkomentar, tapi tatapan heran mereka tak bisa disembunyikan. 

Mungkin buat sebagian orang, di jaman serba canggih dan mudah seperti sekarang ini, berkirim kabar lewat kartu pos atau surat merupakan hal yang aneh dan kuno. Dengan smartphone, kita bukan hanya bisa berkirim kabar, tapi juga bisa saling berkirim foto, juga video kemudian membagikannya di berbagai media sosial. Prosesnya pun cepat, hanya dalam hitungan detik. Beda dengan kartu pos, yang harus menunggu berminggu-minggu, bahkan kadang berbulan-bulan, itu pun kalo akhirnya gak hilang di jalan. hiks...

Tapi buat saya pribadi, ada kesenangan tersendiri yang saya dapatkan dengan saling berkirim kartu pos. Apa itu? Saya menyebutnya sensasi rasa. Terlebih sejak saya bergabung dalam Komunitas Postcrossing Indonesia dan postcrossing dot com.

Saya selalu merasa excited ketika menerima selembar kartu pos, apalagi kalau kartu pos itu datang dari negeri jauh, yang dikirim oleh seseorang yang bahkan belum pernah mengenal saya di dunia nyata. Membaca cerita-cerita yang dia tuliskan, tentang dirinya, tentang keluarganya, tentang tempat tinggalnya, tentang perjalanannya.. Saya seolah merasa sedang duduk berbincang dengan seorang sahabat, sambil bercerita tentang segala, di suatu negeri yang jauh...

Perasaan excited juga selalu hadir sewaktu saya memilih-milih kartu pos mana yang akan saya kirimkan, sambil membayangkan kira-kira bagaimana nanti expresinya sewaktu menerima kartu pos dari saya. Sungguh! berkirim kartu pos ternyata bisa jadi booster semangat bagi saya. Apalagi kalau dapet pesan seperti ini...


 kartu pos ini yang saya kirim ke Erika

Postcrosser asal Jerman bernama Erika itu saya kirimi kartu pos bergambar Gunung Tangkuban Parahu. Dan siapa sangka, lewat kartu pos itu, dia belajar tentang Indonesia. Mungkin bagi sebagian orang ini adalah hal sepele. Tapi bagi saya, ini luar biasa... Sumpah! Saya terharu... 

Apa yang dilakukan postcrosser Jerman itu juga sering saya lakukan. Saya belajar tentang negara-negara di dunia, lengkap dengan berbagai macam kebudayaannya lewat selembar kartu pos. Jadi yaa..., walaupun secara fisik saya belum sempat keliling dunia, tapi saya sudah bisa berkeliling dan melihat dunia lewat gambar-gambar di kartu pos itu. 

Tulisan tangan juga membuat kartu pos terasa lebih special. Sedikit pesan yang ditulis tangan terasa jauh lebih berkesan dibanding pesan beribu karakter yang dikirim lewat HP atau komputer. Gak peduli walaupun tulisan tangan saya jelek, saya tetap suka menulis dan bercerita tentang apa saja lewat kartu pos. Apalagi kalau saya menulis sambil membayangkan, tulisan tangan saya ini akan menyapa seseorang di ujung negeri sana.. :)

Yuk, berkirim kartu pos... 

  

You Might Also Like

25 komentar

  1. Iya dong, kirim kartu pos seru! *walau cukup menguras kantong* hihihi. Senang menjadi salah satu bagian orang-orang yang menyebut diri mereka sebagai "Postcrosser" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Yayaaan.. karena sudah menjerumuskan aku ke dalam komunitas anti mainstream ini, hehehehehe.. :)

      Delete
  2. iya,sepele cuma rasanya beda ya mbak kalo dah suka sama kartu pos,apalagi kalo dapet kiriman dari negara lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..., apalagi kalo dapetnya dari rare country dan bergambar national park.. bisa senyum-senyum seharian deeh... :D

      Delete
  3. Seru ya mbak kirim2an kartu pos. Tapi aku ga segiat mbak Dian. Jarang banget malah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang malah kalo pas lagi traveling suka beli kartu pos trus dikirim juga untuk diri sendiri.. hehehe.. *menyenangkan diri sendiri :D

      Delete
    2. Jyaaah...boleh ya begitu? :))

      Delete
    3. Hehehe... iya mbak, seringnya sih begitu :D :D

      Delete
  4. Seru, Mbak... Aku selalu ingat dirimu lho, kalau mau jalan2. Kadang mikir, Mbak Dian sudah punya belum ya, kartu pos negara ini?

    ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa... Mbak Ira, terima kasih untuk selalu mengingatku dan mengirimkan kartu-kartu cantik dari perjalanan keluarga pelancong. It's means a lot for me mbak :)

      Delete
  5. dulu saya juga suka mbak kirim-kiriman surat n kartu pos. sekarang udah nggak pernah lagi, nggak ada lawannya soalnya xiixixiii...

    eh ada ya komunitas postcrosser, baru tau saya. ntar pas lagi senggang lirik-lirik ah. ini tadi edisi curi-curi waktu buat BW :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau dikirimin postcard dari Batam? Biasanya kalo lagi traveling aku suka beli postcard trus dikirim ke alamat sendiri.. Hehehe anggep oleh2 untuk diri sendiri :D

      Delete
  6. kalo inget dulu warna kartu pos yang oranye, terakhir berkirim kartu pos jaman masih SMP setelah itu gak pernah sama sekali.

    salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... dulu aku juga suka kirim kartu pos warna orens itu, buat ikutan kuis di majalah anak-anak... :D
      Salam kenal juga yaa... makasih udah mampir :)

      Delete
  7. Pengin juga ngelakuin hal ini, kapan gitu nanya2 ke yayan tapi sampe sekarang belum terealisasi :P

    ReplyDelete
  8. kartu pos? ngelihatnya aja belum apalagi ngirim :D

    ReplyDelete
  9. Lewat gambar pula kita tahu dunia.

    ReplyDelete
  10. Bener! Jangan mau diperbudak teknologi, karena kartu pos itu serasa kita memegang erat dan serasa bisa mengelus-elus fotonya, melambungkan impian jika kita belum pernah ke tempat tersebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, brotheer... Makanya aku sukaa banget kalo terima kartu pos bergambar pemandangan atau kota2 cantik dari daerah atau negara lain. Salah satu cara menabung mimpi :)

      Delete
  11. iya mba.. untuk kartu pos masih menjadi pilihan alternatif bisa jadi oleh2 juga seperti membeli foto daerah tersebut.. salam kenal mba ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak, salam kenal juga... Ini mbak Ima dbento ya? Wuaah.. makasih udah mampir sini ya mbak :)
      Iya mbak, kalo kartu pos atau foto ukurannya kan tipis, jadi gak ngabisin space di ransel ya.. :)

      Delete
    2. iyaa mba.. seneng yaaa ketemu silaturahmi via online... sukaaa jalan-jalannya mb Dee An.. keep update ya mbaa.. kalau ke jogja mampirrrr.. :)

      Delete