Audisi Buku Love Journey#2: Mengeja Seribu Wajah Indonesia

Thursday, February 28, 2013

Yuhuuuuu, LOVE JOURNEY is BACK !

Setelah buku "Love Journey: Ada Cinta di Tiap Perjalanan" terbit, kini kami kembali hadir dengan serial Love Journey yang lain. Yang pasti nggak kalah seru dengan Love Journey sebelumnya.

Dalam Love Journey#2 ini, kami sepakat TIDAK akan mengungkap keindahan alam Indonesia. Kita akan coba menangkap sisi lain dari Indonesia yang mungkin sering diabaikan saat melakukan perjalanan.


Mengungkap sisi lain, bukan berarti membongkar keburukan yang ada. Kami hanya ingin menantang kalian untuk mengangkat sesuatu yang lebih riil dan apa adanya tentang Indonesia. Lebih membumi dan lebih humanis.

Sulit? Ah, rasanya tidak juga. Karena justru sebenarnya hal-hal seperti ini yang paling sering kita jumpai dalam perjalanan kita. Misalnya: ketika mendengar curhat seorang pedagang sayur di pasar tradisional yang penghasilannya kian menurun setelah mal menjamur. Atau mungkin kisah seorang penjaga salah satu tempat wisata yang tidak pernah menerima gaji dari pemerintah. Atau… Ah, rasanya banyak sekali kisah seperti ini yang sering kita jumpai dalam tiap perjalanan kita.

Indonesia itu punya seribu wajah. Dan tidak semuanya menampilkan keindahan. Tidak indah, bukan berarti tidak menarik, kan? Banyak hal yang bisa kita ungkap dari sisi lain yang tampak tidak indah itu.

Oleh karena itulah, kami sepakat untuk mengusung tema: Mengeja Seribu Wajah Indonesia dalam Love Journey#2 ini.

Nah, kalau kamu punya pengalaman menarik terkait 'wajah' lain Indonesia saat sedang melakukan perjalanan, jangan ragu lagi... langsung saja tulis dan ikutan audisi ini!


SYARAT UMUM :
  1. Usia Bebas, Laki-laki dan perempuan.
  2. Tulisan harus berisi kisah nyata pribadi dan harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  3. Jika kamu menuliskan kisah hidup orang lain, maka di akhir cerita, tuliskan nama lengkap si tokoh nyata tersebut. Dan jika nanti naskah lolos seleksi, maka kamu harus menyerahkan surat pernyataan keaslian naskah.
  4. Tulisan secara utuh belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun (termasuk di dunia maya).
  5. Tuliskan kisah kamu yang tak terlupakan, paling menginspirasi dan sangat menarik tentang pengalaman bertemu 'wajah' lain dari Indonesia.
  6. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) naskah terbaiknya.

SYARAT KHUSUS :
  1. Naskah berupa tulisan nonfiksi populer (bukan makalah ilmiah), dengan kisah yang mengalir, ringan, mudah dicerna, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Boleh menyelipkan bahasa santai dan gaul, tapi tetap sesuai dengan EYD. Jika menggunakan bahasa daerah, tuliskan juga terjemahannya. Hindari pemakaian kata-kata yang menyinggung SARA, mengandung pornografi, bahasa kasar, dan bahasa ALAY.
  2. Panjang naskah 6-8 halaman kertas A4, ketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman 12. Ketik dan simpan hanya dalam file Microsoft Word berformat (.doc).
  3. Boleh menyertakan 1 foto yang menunjang cerita.
  4. Naskah dan foto dikirim dalam bentuk attachment ke alamat e-mail : buku.lovejourney@gmail.com. Ingat, naskah jangan ditulis di badan e-mail. Pada subjek, tuliskan: [Love Journey#2] – Judul Naskah.
  5. Naskah dalam bentuk (.doc) itu harus mencantumkan judul naskah dan nama penulisnya.
  6. Sertakan biodata deskriptif maksimal 100 kata di akhir naskah.
  7. Akan dipilih 20 naskah yang dinilai paling unik, menarik, memotivasi, dan menginspirasi untuk dibukukan dalam sebuah antologi.
  8. Audisi Love Journey#2 berlangsung mulai tanggal 1 Maret 2013 sampai tanggal 14 April 2013 pukul 24.00 WIB.
  9. Peserta yang ingin mengikuti audisi ini harus mempublikasikan info audisi ini di notes Facebook masing-masing dan di Blog (tentatif) berikut foto kover buku "Love Journey: Ada Cinta di Tiap Perjalanan". Jangan lupa men-tag 20 orang teman termasuk akun FB Lalu Abdul Fatah, Dee An, dan Mozaik Indie Publisher.
  10. Pengumuman kontributor yang masuk dalam antologi ini pada tanggal 30 April 2013.
  11. BACALAH KEMBALI SELURUH PERSYARATAN DI ATAS DENGAN TELITI, karena naskah yang tidak memenuhi satu saja syarat yang ada, akan langsung dinyatakan gugur.
  12. Naskah yang terpilih akan diterbitkan oleh Mozaik Indie Publisher.
  13. Jika naskah-naskah yang terpilih mempunyai nilai jual yang tinggi maka akan kami coba ajukan ke investor untuk diterbitkan secara major dan tentunya semua kontributor akan mendapatkan royalti. Jadi, keluarkan semua kemampuan terbaik kamu dalam mengungkap ‘wajah’ lain Indonesia.
  14. Jika ada pertanyaan yang dirasa cukup penting, silakan tanyakan di kolom komentar di bawah ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Tulis kisahmu yang paling menarik, lalu kirimkan sekarang juga.
Jangan tunggu sampai deadline untuk mengirimkan naskah jika ingin naskah teman-teman dibaca dengan teliti.

Please, feel free to copy paste and share to everyone!

Selamat mengeja seribu wajah Indonesia…

Salam Love Journey,
Dee An & Lalu Abdul Fatah

You Might Also Like

11 komentar

  1. Semoga sukses audisinya, nanti Insya Allah akan woro2 juga :-)

    ReplyDelete
  2. Mantap, mbak Dee.
    Moga sukses dan diminati banyak peserta. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... makasih supportnya, Mbak Rien...
      ditunggu tulisan kerennya ya... :)

      Delete
  3. Mbak Dee... Sukses yaaa audisi ini!!! Semoga kita dapat naskah yang berlian-berlian beuuudh!!! :D

    ReplyDelete
  4. woww....
    semoga sukses ya mbak.....!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, teh... :)
      Teh Ayu ikutan juga yuuk... :)

      Delete
  5. Sebenarnya sudah ada ide, tapi semangat menulis belum bangkit neh. Masih mulai dipancing2 dengan tulisan ringan dlu :D

    ReplyDelete
  6. mbakk..aku kenal deh sama kaki yang make sandal gunung dan celana putih di cover buku itu..hahaha...

    ReplyDelete