[JB - Malaysia] Merah Putihku Berkibar di Gunung Ledang

Sunday, August 31, 2008

Gunung Ledang, Johor, Malaysia (15-17 Agusutus 2008)

Pfffiuuuhh…., akhirnya sampai juga aku di terminal Larkin, Johor Bahru. Tempat yang kami sepakati untuk berkumpul sebelum melanjutkan perjalanan ke gunung Ledang. Disana sudah menunggu Bang Ical, Teh Lina dan Antok. Aku molor 2 jam lebih dari waktu yang diperkirakan…
 Suasana Terminal Larkin. Bersiap menyambut hari kemerdekaan mereka

Tampak wajah² mereka sudah kelelahan menungguku. Pantes aja.., ternyata mereka sudah sampai di Larkin ini sejak jam 4 sore.

Keterlambatanku dikarenakan aku harus melewati berbagai macam antrian demi untuk dapat menyebrang dari Singapore ke Johor.

Pulang kerja jam 5.45 aku langsung naik bis yang akan membawaku ke Jurong east interchange. Dari sini aku harus naik MRT ke Kranji dan kemudian berganti naik bis nomer 170 tujuan Johor.

Sampai di Kranji aku sudah disambut oleh antrian penumpang yg cukup panjang. Perlu waktu sekitar 15 menit sampai akhirnya aku bisa berada di dalam bis nomer 170 itu. Penumpangnya udah penuh banget.. Sehingga aku cuma bisa berdiri di dekat pintu. Berdiri di dalam bis yang sedang melaju sambil membawa ransel yang cukup berat bukan merupakan pengalaman yang menyenangkan tentunya

Ternyata perjalanan ini masih panjang. Sampai di checkpoint, semua penumpang turun dari bis untuk melewati imgrasi Singapore. Alamaaak…. Ternyata antriannya bener² parah. Disitu ada 20 loket. Dan semuanya dipenuhi antrian yg mengular. Gila…, kenapa hari ini semua orang pada pengen ke Johor ya…?!?! Sekitar 1 setengah jam kemudian akhirnya aku baru bisa lolos dari immigration check Singapore.

Turun dari tangga dan….. alamaak…. Aku masih harus antri lagi untuk mendapatkan bis nomer 170.

15 menit menunggu gak ada tanda² bis nomer 170 akan datang. Lha wong bis² karyawan yg ada disitu antriannya udah kacau gitu. Gimana bis² yg lain bisa lewat..?!?!

Daripada bosen aku mencoba mengajak mengobrol ibu yang juga antri disebelahku. Akhirnya ibu itu malah ngajak aku jalan kaki aja daripada nunggu gak jelas disitu.

Bener² dah…, untuk keluar dari situ kita harus masuk kedalam sebuah pintu kecil yang udah penuh sesak oleh manusia. Di balik pintu itu sudah menanti sebuah tangga batu yang berputar² dan entah berakhir dimana. Silahkan dibayangin sendiri aja deh…

Keluar dari situ aku langsung disambut oleh pemandangan selat Johor di malam hari. Perlu sekitar 15 menitan untuk menyeberangi selat Johor ini.

Sampai diujung selat Johor, aku masih harus melewati satu antrian lagi. Immigration check Malaysia. Pokoke malam ini puas deh ama yang namanya antrian.

***

Akhirnya tepat jam 9.26 pm, disinilah aku berada, diantara rekan² seperjalanan yang sudah sama² kelelahan. Dan harus menerima kenyataan bahwa tiket bis ke Tangkak udah habis.

Kami memutuskan untuk mencari alternative angkutan lain. Ada yg nawarin, tapi mintanya 283 RM. Waduuuh…, gak jadi deh…, klo di kurs ke rupiah kan udah sekitar 800 ribuan tuh. Cuma buat transport doang…?! Jadilah kita memutuskan untuk mencari tempat menginap malam itu. Sempat terbersit unuk nginep aja di terminal Larkin. Tapi karena terminal nya sumpek gak jadi deeeh. Terminal Larkin tuh suasana n kondisinya mirip²lah ama terminal Kp. Rambutan ato terminal Bungurasih. Hehehe…

Daripada makin kemaleman akhirnya kami memutuskan untuk mencari penginapan diluar terminal.

Setelah tanya sana sini, akhirnya kami sampai di sebuah penginapan. Ternyata full booked. Untung aja full booked, coz ternyata room ratenya 150 RM/ malam  Akhirnya nyetop taxi dan minta dianterin ke penginapan murah. Hehehe… Untung aja masih ada kamar kosong. Harganya 70 RM/ malam. Kamarnya lumayan lah. Double single bed, ada AC and fan. Kamar mandinya pake shower. Namanya Indah hotel. Lokasinya di depan Hyatt.

Keesokan harinya jam 7 pagi kami sudah check out. Nyetop taxi lagi buat ke Larkin. Sampe di Larkin sekitar jam 8 pagi. Langsung cari tiket buat ke Tangkak. Bis yang ke Tangkak baru ada jam 9.30 am. Tiket seharga 13.30 RM sudah ditangan. Sambil nunggu bis, kita sempatkan untuk sarapan pagi di Larkin. Nasi lemak plus teh tariknya lumayan lah buat ngisi perut.

 nunggu angkot, mas?

Sekitar jam 9.20 bis yang dimaksud datang juga. Setelah memasukkan ransel² kita ke bagasi, kita langsung mencari tempat duduk. Ternyata duduknya pake nomer. Setelah duduk manis didalam bis, aku langsung berniat meneruskan tidur  Lagian sepanjang perjalanan dari Larkin ke Tangkak yang memakan waktu selama kurang lebih 3 jam setengah kita hanya disodori pemandangan kebun sawit.

Jam 1 siang sampailah kami di terminal Tangkak. Kami tanya sana-sini bagaimana caranya untuk melanjutkan perjalanan ke Segamat, akhirnya kami memperoleh jawaban, bahwa ada bis jurusan Segamat, tapi saat itu belum datang. Kurang jelas, tiap berapa menit sekali bis tersebut datang. Mengingat kemarin kami sulit mendapatkan tiket, maka kami langsung cari tiket untuk besok. Benar saja…, dari beberapa jadwal yg ada untuk hari Minggu, yang tersisa tinggal tiket yang jam 7.30 pm. Agak ragu juga mau ngambil.. tapi daripada gak dapet tiket, biarlah. Aku dan Antok beli tiket untuk hari Minggu jam 7.30 pm. Sedangkan bang Ical dan teh Lina yang hari Senin masih bisa libur beli tiket untuk hari Senin jam 10 pagi.

Kelar urusan beli tiket, kita mau lunch dulu. Tiba² ada seorang Bapak yang menawarkan angkutan pada kami. Negonya lumayan alot juga. Dia kasih harga 40 RM diantar sampai ke Gunung Ledang resort untuk melakukan pendaftaran pendakian. Tapi kalau berdasarkan info yang kami punya, yang diambil dari situs OGKL (Orang Gunung Kuala Lumpur)  pendaftaran pendakian ke Gunung Ledang harus lewat Taman Negara. Tapi Bapak itu bilang, daftar mendaki dari Ledang resort juga bisa kok. Coz kalau ke Taman Negara masih jauh masuknya. Kami berunding sebentar, sambil mempertimbangkan masalah waktu dan uang kita yang tersisa.

Akhirnya deal, Bapak itu akan mengantar kami sampai Ledang resort. Dan harga yang disepakati adalah 35 RM. Gak jadi lunch disitu, kita memutuskan untuk langsung berangkat. Eiittss.., ternyata disaat aku, teh Lina dan bang Ical sedang bernegosiasi dengan Bapak supir, si Antok udah langsung pesen makan aja.. jadi pas hasilnya deal, dia udah kenyang dewean… bener² deeehh….

Jadilah kita berempat menumpang mobil Pak Iman (anaknya namanya Iman. Hehehe…) sambil ngemilin rambutan. Di mobil Pak Iman banyak banget rambutan, dan kita boleh abisin semampu kita. Asiiikk…!! Thx ya Pak  Memasuki Sagil, penampakan Gunung Ledang semakin jelas terlihat. Subhanallah… entah kenapa, hati ini selalu bergetar bila menyaksikan lukisan agung sang Pencipta itu.

 landscape Gunung Ledang

Ya Allah…, aku sangat merindukan nya
Aku merindukan sosok yang kini berdiri tegak dihadapanku
Dibalik keangkuhannya
Kutemukan berjuta  kedamaian
Biar kunikmati desir indah yang mengalir ditubuhku
Dan kurasakan hatiku semakin bergetar…
Ya Allah… jangan biarkan rasa ini pergi
Biarku maknai kekerdilanku dihadapannya
Agar aku dapat terus mensyukuri
Segala yang telah Kau ciptakan…

Setelah membayar 1 RM/ orang, kitapun memasuki kawasan gunung Ledang resort. Sampai di pos penjaga, kami menyampaikan niat kami untuk melakukan pendaftaran pendakian ke Gunung Ledang. Dan ternyata dari situ ijin mendaki Cuma sampai kolam putri. Kalo mau mendaki sampai puncak, pendaftaran harus dilakukan di Taman Negara Hutan Lagenda, Johor.

Waduuuh… misscommunication nih rupanya. Untungnya pak penjaga tersebut berbaik hati memanggilkan salah seorang petugas Taman Negara yang kebetulan sedang berada disitu. Kembali kami menyampaikan niat kami untuk mendaki sampai ke puncak gunung Ledang. Pak petugas tersebut berbaik hati mau nganter kami ke Taman Negara. Tanpa membuang waktu lagi, akhirnya kami langsung menuju Taman Negara dengan menumpang mobil ranger milik pak petugas tersebut.

Untung aja numpang ranger nih…, gak kebayang seandainya kita harus jalan kaki sampai ke Taman Negara. Lah masuknya harus ngelewatin perkebunan sawit yang cukup luas.

10 menit kemudian, sampailah kami di Taman Negara Hutan Legenda, Johor. Gila…, Taman Negara nya terawat banget euy… Pas masuk kedalam, kami dibuat makin terkagum². Salute.. aku acungi 2 jempol atas usaha mereka merawat dan mengelola Taman Negara ini. Usahanya gak main².

 nampang dulu...

Ruangan kayu yang ditata sedemikian rupa menimbulkan kesan adem waktu pertama kali memasukinya. Dindingnya dipenuhi aneka koleksi foto, gambar, bunga kering, senjata dsb…


Dengan ramah seorang petugas bernama Muazzam menyambut kami sambil membawa beberapa lembar kertas yang ternyata adalah form pendaftaran pendakian. dan ada 1 lembar kertas yang langsung menarik perhatian kami… Rincian biaya untuk mendaki gunung Ledang..

Setelah diitung² setiap orang harus membayar sekitar 62 RM. Itu udah termasuk entrance fee, camp site, guide, dll. Untuk deposit sampah kami harus merogoh kocek lagi sebesar 50 RM/team.. Bukan jumlah yang sedikit kan…?! Apalagi buat kita² yang duitnya udah ngepas gini..

Sambil terus ngitung sisa uang di dompet, kita juga harus memperkirakan waktu. Waktu yang diperkirakan untuk sampai ke puncak dan turun lagi sampai di camp site adalah 12 jam. Masalahnya di situ gak boleh camp di deket² puncak, gak boleh ndaki malem (ilang deh harapan bisa ngeliat sunrise dari gunung Ledang…), kalo mau ndaki sampe puncak harus one day trip, kalo ndaki harus ditemani guide. Waduuuh…, banyak banget peraturannya yaaa…

Setelah sholat, kita berusaha lagi menghitung sisa uang di dompet dan memperkirakan waktu untuk bisa kembali lagi ke Tangkak. Masalahnya kita udah beli tiket buat besok. Kalo ternyata baliknya molor, bisa angus tuh tiket. Diitung² lagi, tetep aja duit kita gak cukup  Duit yang tersisa di dompetku tinggal 30 RM, duit teh Lina tinggal 20 RM. Rencananya duit itu buat ongkos sampe ke Tangkak besok. Akhirnya sebuah keputusan nekatpun kita ambil. Kita merelakan duit kita yang tersisa itu untuk bayar deposit sampah sebesar 50 RM.  Toh besok duit itu bisa kembali selama kita gak ninggalin sampah di camp site and di gunung.

Untuk masalah waktu, demi mengejar bis jam 7.30 pm besok kita harus summit attack jam 6 pagi Johor time (lebih cepet 1 jam dari WIB)

Kelar urusan pendaftaran kita langsung dianter ke camp site ama petugas Taman Negara. Salut sekali lagi deh…, kawasan hutan ini udah difasilitasi lengkap banget. Tapi tetep gak mengurangi keasrian dan kealamian hutan itu sendiri. Kita dianter ke camp site yang deket sungai.

Mau tau camp sitenya seperti apa…?! Hehehe… udah ada tapak kemah yang disediain, pas buat ndiriin 1 tenda. Fasilitasnya…?!?! Toilet (toiletnya bersih loo..), wastafel, lampu, and satu lagi… stop kontak. Jadi gak perlu bingung lagi kalo mau ngecharge HP ato baterai kamera

 ini camp site-nya 

 ada sungai jernih tak jauh dari camp site

 wastafel buat nyuci peralatan masak, jadi gak mencemari sungai...
 ini colokan listriknya

Dua buah tenda sudah berdiri, tak lupa kita juga mengibarkan sang merah putih untuk menyambut National day kita besok. Acara selanjutnya langsung masak. Laper euy.., kita kan belum makan siang. (kecuali Antok ) maka dimulailah acara masak-memasak kita sore itu. Cemplung sana, cemplung sini, masukin ini, tambahin itu.., hmmm… jadi makin laper kan…?!

 mari makaaaan...

Lagi enak²nya masak, datang seorang petugas Taman Negara yang menawarkan souvenir Gunung Ledang. Ada sticker and Tshirt. Tapi sayang…, kita gak bisa beli, duit terakhir udah dipake bayar deposit sampah.

Akhirnya si abang yang memperkenalkan dirinya sebagai Rambo itu malah nongkrong and ngobrol² ama kita. Impian terbesar nya adalah pengen jalan² ke Indonesia buat nyari istri.

Bang Rambo

Dari ceritanya sih nikah di Malaysia itu mahal. Minimal harus punya 9000 RM dulu baru bisa nikah. Wuiikkss…

Trus ikut gabung juga ama kita, security Taman Negara, Pakcik Sukur. Makin rame lah suasana camp site malam itu. Pas masakannya mateng, kita makan rame² deeh. Seru.., suasana seperti ini yang jarang banget kita dapet diluar sana. Masak bareng, makan bareng sambil tukar cerita… Indahnya dunia.

 bertukar cerita sambil makan... seru!

Si Rambo and pakcik Sukur udah balik ke alamnya masing². Tinggal kita berempat disitu, menghabiskan malam sambil ngopi dan ngobrolin apa aja. Seru ya…, padahal kita belum lama kenal. Kenal juga cuma lewat MP. Karena ngerasa sehobby, sama² penikmat alam, akhirnya silaturahmi diteruskan ke Pulau Akar, sampe sekarang akhirnya terdampar bareng di gunung Ledang. Asyiknya lagi.., ternyata rumah kita di Batam tetanggaan, bisa sering² maen nih…

Malam semakin larut, dari MP3 player milik bang Ical samar² mengalun sebuah lagu lama yang syairnya pas dan ngena banget, terutama buat kita, yang notabene emang suka mondar-mandir di alam. Semoga kita bukan termasuk golongan orang² yang disindir di lagu itu yaa…

Pendaki gunung sahabat alam sejati
Jaketmu penuh lambang, lambang kegagahan
Memproklamirkan dirimu pencinta alam
Sementara maknanya belum kau miliki

Ketika aku daki dari gunung ke gunung
Disana kutemui kejanggalan makna
Banyak pepohonan merintih kepedihan
Dikuliti pisaumu yang tak pernah diam

Batu – batu cadas merintih kesakitan
Ditikam belatimu yang bermata
Hanya untuk mengumumkan pada khalayak
Bahwa disana ada kibar benderamu…

Oh alam.. korban keakuan
Oh alam.. korban keangkuhan
Maafkan mereka yg tak mau mengerti
Arti kehidupan…

Keesokan paginya, aku dan Antok lagsung bongkar tenda dan packing. Sementara tenda milik bang Ical masih dibiarkan berdiri. Sampai di front office Taman Negara, sudah menanti seorang petugas yang  akan mendata apa² saja barang bawaan kita. Semua yang kita bawa ke puncak harus diitung, mulai dari permen, snack, air, baterai, sampai kesemua pakaian yg kita pakai harus didata. Kita ngitungnya ati² banget. Masalahnya ini menyangkut duit kita yg 50 RM itu.. kalo salah itung bisa gak balik tuh 50 RM.

Sekitar jam 6 lewat dikit, perjalanan menuju puncak dimulai. Dengan ditemani seorang guide kami mulai menyusuri satu persatu titian tangga mahligai. Suasana hutan yang teduh dan gelap mengiringi langkah kami.

 jalur yang dilewati

Baru sebentar jalan, tiba² aku merasa ada yang gak beres ama perutku. Waduh… kenapa nih..?! lagipula jalur tangga itu bener² menguras tenaga. Kerasa banget nih kalo udah jompo and gak pernah latian fisik  beberapa kali aku harus berhenti menahan sakit sambil mengatur napas. Antok mempersilahkan bang Ical dan teh Lina untuk jalan terus. Daripada harus nunggu, tar waktunya malah keteteran. Akhirnya bang Ical dan teh Lina jalan terus ngikutin si guide.

Aku sudah bener² gak tahan ama sakit perut yang tiba² menyerang ini. Tiba²… hueeeekk… byooorr….!!! Aku langsung muntah² disitu. Antok langsung melarang aku untuk meneruskan perjalanan ke puncak. Gondok banget rasanya… udah jauh² sampe sini gitu looh.. tapi ya mau gimana lagi, aku juga gak mau menyiksa diriku sendiri. Dengan berat hati akhirnya kuturuti untuk turun lagi.

Sampai dipersimpangan, kami menemukan sebuah air terjun. Namanya air terjun Ayer Puteh. Akhirnya aku harus cukup puas cuma maen² aer disitu. Air terjunnya gak tinggi, tapi sesuai dengan namanya, airnya bening banget. Banyak ikan² kecil dan kura² yang berenang² di sungainya. Kita sempat mencoba fish massage. Hehehe… pasti geli banget waktu ikan² kecil itu mengerubuti kaki kita ya…?!

 seger..!!

Suasana begini yang pasti bikin kita betah berlama² berada disuatu tempat. Berada ditengah² alam, yang terdengar hanya suara air dan burung². Sementara mentari pagi mengintip malu² dari balik dedaunan… rasanya damai…. banget… Sampe² aku ngerasa gak rela untuk meninggalkan tempat itu.

akhirnya ngibarin bendera di sungai...


Biarpun betah aku tetep harus naik lagi ke atas. Balik ke base camp Taman Negara buat ngambil keril dan barang² yang lain. Rencananya kita akan langsung balik ke Tangkak. Sampai di base camp suasana nya masih sepi. Hanya ada 3 orang petugas disitu.

Satu hal yang pertama kali kutanyakan adalah, bisa gak ya duit deposit sampah kita dibalikin…?! Masalahnya duit itu bakal bekal kita sampai ke Tangkak. Petugas yang kutanyai tidak berani memberi jawaban. Aku diminta menunggu, sementara dia akan menanyakan dulu. Gak lama datang seorang pegawai yang bertugas menghitung barang bawaan kami, apa masih sesuai ama list yang tadi pagi kita bikin. Alhamdulillah… ga ada yang kurang. Tapi dia bilang duit deposit sampahnya harus nunggu teman yang lain kembali. Lemes deeeh…

Sambil basa- basi aku coba tanya², siapa tau ada yang berniat ngasih tumpangan ke depan. Kan lumayan.

Akhirnya ada kabar baik, salah seorang petugas TNHL mau pergi ke Sagil, jadi kita bisa numpang mobilnya. Tapi dia minta ganti ongkos bensin. Dengan jujur dan pasang tampang memelas aku bilang, kalo kita udah ga punya duit lagi. Duit terakhir kita ya masuk di deposit sampah itu… akhirnya petugas itu bersedia mengembalikan jatah uang deposit kita. Hehehe… ternyata dimana² sama aja ya.. UUD (Ujung - Ujungnya Duit…!!!) Finally…, balik juga tuh duit 30 RM.

Jam 9 pagi kita meninggalkan Taman Negara Hutan Legenda. Ada perasaan menyesal, karena gak bisa terus sampai puncak. Tapi yaaa…, gimana lagi…?! Seperti kata pepatah, Takkan lari gunung dikejar, toh suatu saat nanti aku masih bisa kembali lagi kesana (menghibur diri ceritanya…)

Kita diantar sampai ke halte bis di Sagil, dengan mengganti ongkos bensin sebesar 10 RM. Dari situ kami harus naik bis lagi menuju Tangkak. Pandanganku tertuju ke puncak gunung Ledang nun jauh disana. Puncak gunungnya tertutup kabut tebal. Ya Allah…, gimana keadaan teman²ku diatas sana…?! Kutengok jam di HP ku, masih menunjukkan pukul 10. Pastinya mereka belum sampai di puncak. Aku hanya bisa ngedoain dari sini. Semoga teman²ku berhasil sampai puncak dan selamat sampai kembali lagi…

Tetep semangat bro.., sis.., kibarkan sang merah putih di puncak gunung Ledang. Doa kami bersamamu.

***

Setelah menunggu cukup lama, bis jurusan Tangkak yang kami nanti dateng juga. Ongkosnya cuma 1.40 RM/orang. Bisnya AC dan cukup nyaman. Tapi joknya itu loooh…, penuh hasil karya tangan² jahil yang gak bertanggung jawab. Jadi inget bis² dan kereta api di Jawa. Hehehe….

Sampai di Tangkak, kami langsung menuju loket penjualan tiket, kami bermaksud memajukan jam keberangkatan dari yang semula jam 7.30 pm jadi jam 10.30 am. Alhamdulillah…, ternyata tiketnya masih bisa ditukar

Perjalanan balik nya ternyata lebih cepet 1 jam daripada waktu berangkat kemarin. Jam 1 siang kami sudah sampai di Larkin. Dari sini kami harus berpisah. Antok akan meneruskan perjalanan ke pelabuhan Stulang laut, untuk melanjutkan perjalanan naik ferry ke Batam. Sedangkan aku harus naik bis nomer 170 yang akan membawaku kembali ke Singapore. Perjalanan balik nya emang lebih cepet. Gak ada antrian menggila seperti Jumat malam kemaren (Ian)

Thanks to :
  • Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.
  • Bang Ical and teh Lina, salut ama kalian euy… Kapan kita jalan lagi…?! Hehehe…
  • Antok , yang udah jadi temen jalan kali ini
  • Temen2 di milist JP yg udah ngasih info ttg Gunung Ledang, baik lewat jarum maupun japri.
  • OGKL, thanks buat infonya yaaa…
  • Oke yang udah ngerelain si Oly, sory gak bisa menuhin permintaannya. Oly gak bisa nampang di puncak
  • Suci yang udah minjemin ranselnya, sory Ci… titipan kamu gak ada
  • Santi yang udah minjemin jilbab item nya. Hehe… jilbabnya nampang terus dipoto kan…?!
  • Mas2 di Teh Tarik yang udah ngasih info transportasi ke Larkin.
  • Para petugas di Taman Negara Hutan Legenda.dan semua yang gak sempat ketulis... Thanks 4 all...

You Might Also Like

14 komentar

  1. jadiin cerpen aja..
    panjang amat tulisannya
    he..he..he..

    ReplyDelete
  2. itu baru pergi 2 hari, coba kalo pergi seminggu... bisa jd cerbung kali yaa...?!?! hehehe...

    ReplyDelete
  3. keren....
    tulisannya enak dibaca.. jadi novelis aja, jangan jadi pendaki, capek!

    ReplyDelete
  4. udah baca semua...naik gunung ko mahal ya :(

    ReplyDelete
  5. iya yaaa... bisa ngasilin duit lagi :)
    duitnya bisa buat naik gunung lagi... hehehe....

    ReplyDelete
  6. iya yaa... seperti yg dibilang petugas Taman negara sana, nih alam kan ciptaan Tuhan, kenapa kita mau nikmatin aja harus bayar mahal...?!

    ReplyDelete
  7. wah matabs deh...next event kita arrange deh..biar lebih ok...:)

    Salut sama Mba Dian n Suami....

    ReplyDelete
  8. ini sama seperti yang ku rasakan....

    ReplyDelete
  9. udah ga sabar nunggu next event niiih... :)

    ReplyDelete
  10. pasti enak yah selalu menikmati keindahan alam.. capek gak mendaki tus ..Hehehe, pengen nimbrung boleh gak yah. uhuuui

    ReplyDelete
  11. dan mungkin sama seperti apa yang dirasakan oleh semua penikmat alam lainnya... (",)

    ReplyDelete
  12. capek siiih...., tapi ada sesuatu yang membuat kami selalu ingin kembali dan kembali lagi...
    coba deh sekali2..., dan nikmati apa yang pernah kami rasakan disana... (",)

    ReplyDelete
  13. Good story. Di keep aja Bu, buat bikin buku kumpulan cerpen. Aku deh yang nyeponsorin hehe..

    ReplyDelete