Tips Menangani Ular yang Masuk ke Rumah

Monday, January 14, 2013


Tanganku digigit ular trawang
Tips ini aku salin dari blog-nya Mas Aji Rachmat - Salah seorang pendiri Sioux (Lembaga studi ular Indonesia)

Sebelum beraksi, ini beberapa hal yang perlu diingat tentang ular.. 
  1. Ular masuk rumah karena mencari mangsa, tikus atau mencari kehangatan. Dia tidak dengan sengaja datang untuk menyerang manusia.
  2. Ular takut dengan manusia.
  3. Ular tidak suka bau-bauan menyengat.
  4. Ular TIDAK takut garam (banyak orang salah tentang hal ini) - Pernah aku tulis juga di sini.
  5. Ular akan semakin menyerang agresif jika disakiti dan terdesak.
  6. Ular sensitif cahaya lampu, jika menggunakan senter saat mencari atau mengusir ular di dalam rumah, hati-hati pada efek gerakan senter kita yang justru akan meprovokasi ular untuk menyerang arah lampu/cahaya.
  7. Ular suka sembunyi di tempat gelap, sempit dan bisa masuk ke dalam liang kecil sebesar kepalanya.
  8. Ular TIDAK semua berbahaya dan mematikan, ada banyak jenis ular yang tidak berbahaya.
  9. Ular mendesis BELUM tentu kobra dan belum tentu berbisa. Dia mendesis mengeluarkan udara melalui lubang mulutnya untuk menakuti sosok lain yang mengancamnya.
  10. Jangan handling ular tanpa alat.

Nah, kalau ular sudah terlanjur masuk rumah, maka yang perlu dilakukan adalah :
  1. Jangan panik, usahakan semu keluar rumah dengan tenang.
  2. Tutup semua pintu dan jendela rumah.
  3. Seluruh anggota keluarga ambil posisi diluar rumah dengan jarak aman dari pintu.
  4. Semprotkan wangi-wangian menyengat ke area dimana ular terlihat terakhir kali, bisa di dalam kamar atau dapur. Pilih jenis semprotan yang tidak berbahaya untuk makanan.
  5. Tutup semua jendela dan pintu sekitar 15 - 30 menit.
  6. Setelah itu, buka salah satu pintu .. Sebaiknya pintu yang terhubung dengan udara luar dan jauh dari keluarga.
  7. Diam kan sesaat..
  8. Karena ular tidak suka bau-bauan menyengat, dia akan bergerak keluar ruangan pekat tadi ke arah udara masuk..
  9. Setelah keluar dan menyentuh tanah, pastikan dia terusir keluar halaman dengan tongkat atau sapu.
  10. Ular tidak perlu ditangkap atau dibunuh untuk keluar dari rumah kita.

Jika masih belum bisa keluar, coba kontak SIOUX Snake Rescue (SSR) .. 
Tim SSR akan segera datang ke lokasi atau akan dibantu melalui telerescue.. :)

 
Jangan bunuh Ular.. :)
 
Aji Rachmat, ST
  • Snake Handler, eks pendamping Host di Petualang Liar (TV7), Jejak Petualang (Trans7)
  • Host / Presenter di program TV Sang Pawang (Lativi), 
  • Salah satu Pendiri Natrix Scout (pramuka ular di Jogja) 1998 - 2003
  • Salah satu pendiri Sioux - Lembaga Studi Ular Indonesia, 2003 - sekarang
  • Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, 2013 sampai sekarang

You Might Also Like

11 komentar

  1. baiklah..

    *ih tetep deh latarnya hitam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehe... terlanjur suka mbak... :)

      Delete
  2. wah kirain masuk multiply
    temanya mirip ^^
    sunah juga kan ya mbak, dilarang membunuh ular didalam rumah

    jaman dulu pas sekitaranku bukit2nya masih utuh (biasanya aku main disana nangkep kupu sama capung)sering ular masuk pas hujan2 gini. pernah ga sengaja malah ku pegang, hiiii... ngeri licin, item

    sekarang tu bukit2 dah jadi rumah, aman sih dari ular
    tp ada yang hilang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... sengaja dibikin mirip, mbak... :)
      iya ya, sekranag udah jarang bgt kita nemu bukit tempat main... semua udah jadi rumah..
      di Batam juga gitu, mbak... pertama kali aku dateng ke sini tahun 2006, itu masih banyak bukit, skr bukit2nya udah gundul, bberapa malah udah ga ada....

      eh, kalo ular badannya bukannya kesat gitu? gak licin kan?

      Delete
    2. yg sy pegang itu licin mbak, apa krn habis kena ujan ya mbak, dingin pula

      sy g pernah megang ular lain selain itu mbak, ngeri hihihi

      Delete
    3. minta diterapi ama tim Sioux aja mbak, biar ga takut lg ama ular.... :)

      Delete
  3. Terima kasih infonya dear Dee.... salam

    ReplyDelete
  4. Baru tahu kalo ular takut wangi2an. Tips dan trik yang bermanfaat nih mbak Dee
    *nyatet

    Ular termasuk hewan yang paling kutakuti selain buaya. Pokoknya semua yg melata serem hiiiiiy...
    Pernah 1 kali kemasukan ular di rumah, waktu hamil. Ularnya keluar dari bawah buffet, menjulurkan lidah kecilnya. Liat badannya meliuk2 gitu bikin aku takut ga ketulungan. Mana dia menghalangi jalan menuju pintu keluar pula. Akhirnya telp satpam di post, trus ularnya di keluarin ama satpam pake kayu kecil. Lega :D

    Kira2 setahun yg lalu, aku di suruh "membunuh" rasa takut pada ular. Di bawa ke Ragunan, ketemu ular yg gedenya 3x besar lenganku wuaaaaah.....mau pingsan rasanya. Eh waktu dibilang kalo ularnya jinak, dan dikasih liat kalo ularnya ga matuk, baru reda takutnya. Walau susah ngilangin takutnya sampe habis, tapi akhirnya berhasil juga pelukan sama itu ular. haha...berasa jadi orang paling berani sedunia waktu pertama kali nyentuh ular
    *malah cerita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe.. padahal ngalungin ular di pundak rasanya enak loh mbak, kaya dipijitin... :D

      Delete
  5. semalam aku liat ular dikamar, dia grasak-grusuk sama tikus..
    tikusnya sih msh sempet kabur aku liat..
    tadinya aku belum ngeh itu apaan, suaranya mendesis, pas aq liat kecil" kepalanya ( aq pikir kepala curut mba alias temen ntu tikus td #jadi critanya gy berantem gtu kupikir).
    eh gk tau'ny mba ularrrrr...!!!! dia sekonyong- konyong mau serang aku, krn penasaran ma kepalanya itu gk jelas. dia muncratin cairan, kena mukaku sedikit. dan sempet brasa tuh pahit" empedu di lidah.
    untung bget aq didalam kelambu tidur, klu gk mungkin dia nekat gigit aq mbaa... !
    habis itu aku pindah j tidur di ruang tengah.. beneran itu bukan ular berbisa mba...???

    ReplyDelete