5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Tetap Waras Meski Harus #dirumahaja

Monday, April 06, 2020


Mengikuti anjuran pemerintah supaya kita stay di rumah saja untuk memutus rantai perkembangan Covid-19 pastinya gak mudah ya. Kebayang kan, kita yang sehari-harinya sibuk beraktivitas di luar rumah, tiba-tiba diminta untuk bekerja maupun belajar dari rumah. Gak boleh kemana-mana. Gak bisa traveling, gak bisa ngumpul-ngumpul bareng temen, gak bisa nongkrong di kedai kopi favorit, pokoknya disuruh jadi anak manis di rumah aja. Belum lagi kalo terpaksa harus keluar rumah untuk suatu urusan penting, rasanya udah kayak mau pergi jihad ke medan perang aja.

Bosan, pasti. Jenuh, wajar. Mati gaya, mungkin. Tapi stress? Jangan donk! Supaya gak makin stress mikirin si Covid, saya punya beberapa tips nih, yang mungkin bisa teman-teman coba supaya tetap waras menjalani hidup di masa-masa serba sulit seperti sekarang ini. 

1. Bersyukur

Setiap bangun tidur di pagi hari, jangan lupa untuk selalu bersyukur. Karena Allah masih kasih kita nikmat hidup dan sehat. Dan buat kita-kita yang masih bisa tinggal #dirumahaja, banyak-banyak bersyukur deh. Soalnya di luar sana, pasti banyak yang pengen bisa bertukar tempat dengan kita, meski cuma sebentar. Kita mah enak di rumah. Bisa baca buku, nonton film, atau ngegame sambil rebahan. Lah gimana dengan saudara-saudara kita para tenaga medis atau mereka yang masih harus cari nafkah di luar rumah. Yang setiap hari selalu dihantui perasaan was-was dan khawatir terpapar virus di tempat kerjanya maupun di perjalanan. 

Jadi stop mengeluh. Kalau sudah mulai merasa bosan atau jenuh, coba tambah lagi kadar syukurnya. Kita masih jauh lebih beruntung gaes...

2. Jaga Kesehatan

Di masa-masa seperti sekarang ini, kita harus semakin memperhatikan yang namanya kesehatan untuk diri sendiri juga keluarga. Caranya ya dengan tetap berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi. Olahraga dengan mengikuti gerakan dari channel youtube seru juga kok. Yang penting selama di rumah aja, kita tetap bergerak dan gak cuma rebahan doank. 

Mengkonsumsi vitamin dan rempah-rempah juga bagus untuk memperkuat sistem imun tubuh. Kalau saya, sejak sebelum ada wabah corona sudah rutin mengkonsumsi minuman rempah seperti wedang uwuh atau wedang jahe. Jadi sekarang ya tinggal melanjutkan saja kebiasaan itu. 

Oiya, jangan lupa untuk berjemur sebentar menikmati matahari sebelum jam 10 pagi ya. Gak usah lama-lama, 15 menit udah cukup kok. Kalo kelamaan ntar kering lagi 😁😁

3. Menikmati Hobi

Kalau selama ini kita merasa tak punya waktu untuk menikmati hobi karena terlalu sibuk bekerja, sepertinya sekarang lah saat yang tepat untuk bermain-main dengan hobi kita. Yang hobinya masak, bisa banget nih cobain resep-resep baru, kayak yang lagi ngehits sekarang ini, Dalgona Coffee. Sudah pada ter-dalgona belum? 

Menikmati hobi, bukan sekadar melakukan loh ya.. tapi menikmati, bisa jadi salah satu pengisi waktu paling bermanfaat di masa-masa social distancing seperti sekarang ini. Apalagi kalau dari hobi tersebut kita bisa menghasilkan duit untuk nambah-nambahin tabungan. Waaah, ini sih makin asyik lagi. Iya nggak? 

4. Manfaatkan Media Sosial dengan Bijak

Ngerasa gak sih, kalau berita-berita tentang corona yang beredar di WAG dan media sosial itu sedikit banyak mempengaruhi emosi dan mental kita? Kita jadi parno, cemas, takut, dan khawatir berlebihan. Kalo diturutin, yang ada kita malah stress sendiri nantinya. Saya pribadi, membatasi banget berita-berita yang berpotensi menimbulkan perasaan gak enak di hati. Ya bukan kenapa-kenapa sih, saya cuma mencoba menyayangi tubuh dan pikiran aja. 

Saya jauh lebih suka melihat postingan-postingan yang membawa aura positif. Kayak ide-ide kreatif bebikinan sesuatu, berita-berita bahagia, humor-humor receh tapi bikin ngakak, ya pokoknya yang seperti itulah.. 

5. Belanja Online

Buat yang hobi belanja di mall, anjuran untuk di rumah aja seperti sekarang ini pasti menyiksa banget ya. Apalagi menjelang Ramadhan seperti sekarang. Yang biasanya udah pada sibuk hunting Promo Ramadhan, sekarang harus menahan diri di rumah aja. Untuk masa-masa seperti sekarang, sepertinya belanja online adalah solusi paling pas. Tinggal scroll-scroll layar HP sambil rebahan juga beres. Cari aja yang menyediakan banyak pilihan metode pembayaran seperti kartu kredit, mobile banking, atau applikasi uang elektronik seperti OVO misalnya. Ini tentu lebih memudahkan, kan? Kita gak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran atau sekadar top up OVO

***

Gimana? Masih ngerasa bosan atau stress di rumah aja? Sabar ya.. Kita saling mendoakan, semoga wabah corona ini segera berlalu dan semua bisa berjalan normal lagi seperti sedia kala. Tapi untuk sekarang, please, jangan egois. Ini semua demi kebaikan bersama. Jaga perasaan dan pikiran untuk selalu bahagia, jauhi penyebab stress. Karena stress adalah sumber penyakit.

Keep strong, stay healthy, spread love not virus ❤️❤️

You Might Also Like

18 komentar

  1. bersyukur udah paling bener sih, maish di kasih sehat, bisa sama keluarga itu udah puji Tuhan banget. bagian belanja online sebenernya oke juga buat melepas stres hehee asal pas dtg barangnya di semprot dan di bersihkan dl sebelum masuk rumah ya hehehee

    ReplyDelete
  2. setuju mba, social media memang sedikit banyak mempengaruhi mood setiap hari, jadimesti pandai menggunakannya ya. ya sedhi, ya kesal, ya happy bisa dibuatnya.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah enggak bosen karena tetep ngantor gak kebagian wfh, tetep ke swalayan hanya frekuensinya dikurangi

    ReplyDelete
  4. Benar juga sih, meski di rmh terus seharusnya masih bersyukur krn masih bs bangun pagi dalam keadaan sehat. Klo soal bosan, anak2 nih yg bosenan. Penginnya main keluar. Semoga wabah ini segera berakhir.

    ReplyDelete
  5. Kalau aku tuh sekarang lagi menikmatin hoby, masak, nntn, nulis deh diblig juga kan kesemparan kak. semoga kita semua dalam keadaan sehat yah kak. Amin

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah aku masih menikmati di rumah, sapa lagi kalo bukan diri kita yang menciptakan kebahagian itu sendiri dengan cara bersyukur. Lagi2 ya menerima keadaan ini, wfh , makan, ngemil, masak, kumpul keluarga, repeat.
    Ahh nikmat apalagi yang jau dustakan..

    ReplyDelete
  7. Udah bosan banget, udah sebulan. Kayaknya aku malah kebanyakan di medsos deh. Kudu dicut yg banyak. Apalagi mau Ramadhan, kudu bersiap.

    ReplyDelete
  8. Memanfaatkan media sosial dengan bijak mbak, apalagi membagikan berita yang positif di tengah badai yang tidak tahu akan berakhir ini.

    ReplyDelete
  9. Wah yang terakhir mah aku banget mbak. Dikit2 scroll masuk keranjang belanja..tau2 beberapa hari kemudian dateng paket sambil mikir "ini paket yg mana yah" hahahah

    ReplyDelete
  10. belanja online emang terbaik banget deh untuk manfaatkan moment #dirumahAja.. tapi jangan sampai kalap ya mbaa.. hihi

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah so far aku menikmati di rumah mba..mungkin karena selama ini selalu di kantor dan habis waktu di jalan juga. So, bersyukur bisa menhabiskan waktu bersama orang - orang tercinta

    ReplyDelete
  12. Wah setuju sama semuanya. Ini memang hal-hal yang harus kita lakukan biar tetap waras. Selalu bersyukur harus dilakukan setiap saat.

    ReplyDelete
  13. sebenernya banyak hal yg bisa dilakukan di rumah yg menyenangkan. tp kalau yg belom biasa pasti bingung, hahaha.. btw belanja online paling nyenengin! tapi asli minggu2 awal bangkruuutt gara2 ini, lol

    ReplyDelete
  14. Aku nih sudah terkena efek Dalgondes hehehe... belum berhasil sih, baru sekali nyoba. Semangat nyoba untuk kedua kali atau berikutnya kalau masih belum jadi foamnya. Pantang menyerah lah demi kewarasan jiwa. :))

    ReplyDelete
  15. Wah aku setuju sama semuanya, aku engga bosen karena sesekali keluar juga sih kalau ada yang harus dibeli...

    ReplyDelete
  16. Asikk nih, eh tapi yang terakhir aduduh ahhaha kekep dompet tapi ada harga promo mah nggak masalah ya Mba. Sehat selalu keluarga ya Mba.Hati-hati dengan berita juga yang kadang disebar hoax gitu.

    ReplyDelete
  17. selama di rumah yang paling sering kulakukan adalah belajar online. lumayan

    ReplyDelete
  18. satu hal yang sering dilupakan orang.. bersyukur mba hehe bener bngt

    ReplyDelete