Manfaat Kurma untuk Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Monday, May 08, 2017


Gak kerasa ya, bulan Ramadhan kurang beberapa hari lagi. Bulan Ramadhan adalah bulan yang banyak dinantikan oleh umat Islam, termasuk saya pastinya. Ada banyak hal yang selalu saya rindukan dari bulan Ramadhan ini, salah satunya adalah nikmat beribadah yang luar biasa indah. Selain itu, ada beberapa makanan dan minuman yang bagi saya rasanya jauh lebih nikmat kalo dinikmati saat bulan Ramadhan sebagai pembatal puasa. Misalnya es teh dan kurma.

Kurma adalah buah berwarna coklat yang sangat baik untuk kesehatan dan juga menjadi anjuran nabi untuk berbuka puasa dan juga sahur. Buah yang satu ini mempunyai rasa manis yang berbeda sehingga akan sangat baik untuk menjaga kesehatan ketika berpuasa seharian. Karena fungsinya tersebut banyak juga masyarakat yang menyediakannya untuk stok saat sahur ataupun buka puasa keluarga. Seperti yang telah diketahui buah ini sangat baik untuk dikonsumsi saat puasa karena terkenal dengan berbagai manfaatnya seperti berikut ini:

1. Manfaat kandungan yang dimiliki

Buah ini mempunyai banyak kandungan gula yaitu sekitar 75 hingga 87 persen. Dari kandungan gula tersebut 55 persennya berubah menjadi glukosa sedangkan untuk 45 persennya berbentuk fruktosa. Selain kandungan gula, ada banyak kandungan lain yang ada di dalamnya. Seperti vitamin yaitu vitamin A, B2, dan juga B12. Vitamin yang terkandung dalam buah ini dapat untuk menjaga kesehatan seseorang ketika sedang berpuasa. Selain itu ada juga berbagai kandungan lain seperti kalsium, fosfor, magnesium, kalium dan juga natrium. Ada juga zat besi untuk menjaga peredaran tetap lancar selama berpuasa yang tidak makan dan minum.

2. Menyeimbangkan keasaman darah

Fungsi buah ini selanjutnya untuk kesehatan orang yang sedang berpuasa adalah dapat menyeimbangkan tingkat keasaman darah sehingga akan bisa. Buah ini akan tetap mengontrol peningkatan keasaman darah yang terjadi ketika berbuka puasa. Buah ini disarankan untuk dimakan pertama kali ketika sedang berbuka sebelum menu lainnya sehingga akan dapat untuk mengontrol tingkat keasaman darah dalam tubuh.

3. Dapat mencegah sembelit

Dan kelebihan buah ini selanjutnya untuk menjaga kesehatan orang yang sedang berpuasa adalah dapat untuk mencegah sembelit yang terjadi. Biasanya orang yang sedang berpuasa akan mengalami masalah pencernaan karena kurang makanan yang masuk. Oleh karena itulah, buah ini akan dapat untuk menurunkan tingkat tersebut karena mempunyai kandungan serat yang tinggi.

4. Sumber energi untuk orang puasa

Buah ini juga dapat untuk menjadi sumber energi untuk orang yang melaksanakan ibadah puasa. Dimana mempunyai kandungan glukosa yang tinggi sehingga dapat untuk menyimpan energi untuk membuat tubuh tetap segar selama berpuasa. Akan tetapi tentu saja untuk penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.

5. Dapat menjaga kondisi pencernaan

Dan manfaat buah kurma yang terakhir yang bisa didapatkan oleh orang yang puasa adalah dapat untuk menjaga kondisi pencernaan. Buah ini dapat untuk menjaga kesehatan pencernaan karena mengkonsumsi buah ini saat buka puasa tidak akan membuat kaget sehingga dapat mencerna makanan selanjutnya dengan normal dan membuat pencernaan juga lancar.

You Might Also Like

9 komentar

  1. wah cakep banget nih infonya mba, selama ini taunya kurma enak aja sih apalagi pas puasa gini pasti buanyak nih sedapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Sad... Iya nih, jadi makin gak sabar nunggu bulan Ramadhan yaa

      Delete
  2. Baca postingan mba Dian jadi pengen makan kurma, seriussss, wkkkk.

    ReplyDelete
  3. Bener banget mbak, saya selalu sedia kurma saat puasa di rumah

    ReplyDelete
  4. Menginat banyak manfaatnya itu disarankan buka puasa makan kurma ya kan?

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen makan kurma.
    Ntar nyari kurma ah...

    ReplyDelete
  6. Aroma puasa sudah tercium. Mari beli kurma. Enak dan menyehatkan

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah,,,
    pengen cepet bulan Ramadhan :D

    ReplyDelete
  8. Ternyata banyak sekali manfaat dari buah kurma ya?
    Thanks banget mba untuk infonya, sangat bermanfaat tentunya.

    ReplyDelete