Jenis - Jenis Ular Indonesia

Sunday, May 17, 2009

Hasil copas dari makalah Nuansa Ular 2009 di Malang kemaren niih... Ternyata semakin dipelajari semakin menarik loooh..., kalo gak percaya baca aja sendiri...

Jenis - Jenis Ular Indonesia

1. ULAR TIDAK BERBISA

 
Elaphe radiata



Species : Elaphe radiata Schlegel, 1837

N.I. : Copperhead Racer, Striped Racer, Ular Trawang, Ular Lanang Sapi (Jawa), Ular Tikus.
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal berwarna kekuningan, dengan empat garis longitudinal berwarna hitam pada bagian tubuh depan
- Tubuh bagian depan belakang berwarna kuning
- Tubuh bagian ventral berwarna kuning
- Terdapat garis hitam dari mata dan melintang pada bagian belakang kepala
- Panjangnya ± 2000 mm
- Pada saat marah atau merasa terancam akan melipat bagian depan tubuhnya yang  memipih seperti huruf S, lalu membuka mulutnya untuk menyerang
b. Habitat : Darat, lading
c. Aktivitas : Diurnal, siang hari
d. Tipe gigi : Aglypha
e. Makanan : Burung dan Tikus
f. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan 


Elaphe flavolineata


Species : Elaphe flavolineata Schlegel, 1837
N.I. : Common Racer, Ular Kopi (Jawa), Ular puspo brele (Jawa).
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal berwarna coklat atau keabu-abuan dengan tanda hitam persegi panjang yang belang dengan putih bagian depan
- Terdapat garis hitam longitudinal pada bagian vertebral (tulang belakang)
- Tubuh bagian belakang berwarna coklat gelap atau hitam
- Tubuh bagian ventral berwarna kuning, coklat atau kehitaman
- Panjangnya ± 2400 mm
- Pada saat marah atau merasa terancam akan melipat bagian depan tubuhnya yang memipih seperti huruf S, lalu membuka mulutnya untuk menyerang
b. Habitat : Darat -lading
c. Aktivitas : Diurnal - siang hari
d. Makanan : Kadal, katak dan burung
e. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Penang 


Ptyas korros


Species : Ptyas korros Schlegel, 1837
N.I. : Indian Rat snake, Ular kayu (Jawa), ular koros, ular sayur
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian atas (dorsal) berwarna coklat atau coklat kehijauan
- Sisik tubuh bagian belakang kuning dengan garis hitam disekeliling tiap sisiknya.
- Tubuh bagian bawah (ventral) berwarna kuning.
- Mata bulat, besar dan hitam.
- Pada yang muda terdapat garis-garis putuh pada bagian tubuh atas (dorsal).
- Panjangnya 300 mm – 1700 mm
b. Habitatnya : Semak-semak, kadang berjemur di atas pohon
c. Tipe gigi : Aghlypa
e. Aktivitas : Diurnal
f. Makanan : Tikus, kodok, katak dan burung
h. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan 


Ptyas mucosus



Species : Ptyas mucosus
N.I. : Banded Rat Snake, Bandotan Macan, ular dumung macan (Jawa)
a. Ciri-ciri:
- Tubuh bagian dorsal berwarna coklat kekuningan atau kehijauan (olive)
- Terdapat garis-garis vertical hitam pada begian kepala (bibir) dan belakan
- Tubuh bagian ventral berwarna putih
- Mata bulat, besar,hitam
- Pada yang muda terdapat garis-garis terang pada bagian depan
- Panjang ± 50 mm – 2500 mm
b. Habitat : Darat (semak-semak), persawahan/lading
c. Aktivitas : Diurnal
d. Tipe gigi : Aghlypa
e. Makanan : Tikus, kodok, katak dan burung
f. Populasi : Sumatera, Jawa, Singapore, Malaysia, China Selatan, Siam,Burma,


Lycodon aulicus


Species : Lycodon aulicus Linne, 1754
N.I. : Common House Snake, Wolf Snake, Sowo Emprit (Jawa), ular rumah
a. Ciri-ciri :
- Tubuh berwarna abu abu degan banyak titik – tiktik putih diseluruh tubuh
- Tubuh bagian ventral berwarna putih
- Kepalanya oval dengan leher bergaris putih
- Mata bulat besar
- Panjangnya ± 500 mm – 750mm
b. Habitat : Darat, suka menempel di dinding rumah
c. Aktivitas : Noctural, malam hari
d. Tipe gigi : Aglypha
e. Makanan : Cicak
f. Populasi : Hampir ada di seluruh kepulauan 


Xenopeltis unicolor



Species : Xenopeltis unicolor Reimwald, 1827
N.I. : Iridescent Earth Snake, Sunbeam Snake, Ular Pelangi, Ular wlingi (jawa)
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal berwarna coklat atau kehitaman jika tubuhnya terkena sinar matahari akan memantulkan warna pelangi
- Tubuh bagian ventral berwarna putih
- Kepalanya pipih
- Mata bulat besar
- Panjangnya ± 700 mm – 1000 mm
b. Habitat : Darat, peliang (di dalam tanah)
c. Aktivitas : Noctural, malam hari
d. Tipe gigi : Aglypha
e. Makanan : Ular, cacing, katak
f. Populasi : Nias, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Penang.


Gonyosoma oxycephala
    


Species : Gonyosoma oxycephala Boie,1827
N.I. : Red-tailed Racer, Dak Awu, Gadung Luwuk/Gadung Perak.
a. Ciri-ciri :
- Tubuh berwarna hijau dari kepala batas ekor, untuk yang perak dari leher hingga ujung ekor berwarna perak abu – abu
- Ekor berwarna abu - abu
- Kepala oval
- Mata horizontal, panjangnya ± 2500 mm
b. Habitat : Pepohonan, arboreal
c. Aktivitas : Diurnal, siang hari
d. Makanan : Katak, tikus, burung, telur
e. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan


Dendrelaphis pictus


Species : Dendrelaphis pictus
N.I. : Painted Bronzeback, Ular Tampar (Jawa), Ular Tali Picis, Ular Lidi
a. Ciri-ciri :
- Tubuh coklat dan ada 2 garis hitam memanjang dari kepala ke ekor
- Bagian bawah terdapat garis kunig memanjang hingga ekor
- Jika marah, muncul bintik putih di leher
- Lidah berwarna merah
- Kepala oval
- Mata horizontal, panjangnya ± 1000 mm
b. Habitat : Pepohonan, arboreal
c. Aktivitas : Diurnal, siang hari
d. Makanan : Katak, tikus, belalang, cicak, jangkrik
e. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan, sulawesi, papua
f. Type bisa : Jika menggigit manusia tidak berbahaya, tetapi racun nya sangat mematikan untuk sesama ular. 


Xenocrophis piscator



Species : Xenocrophis piscator Schlegel, 1837
N.I. : Chequered Keelback, Bandotan Tutul dan Bandotan Tunggal (Jawa)
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal berwarna kuning atau coklat kehijauan (olive) dengan tanda hitam berbentuk S berwarna hitam pada sepanjang tubuhnya atau garis-garis longitudinal
- Tubuh bagian ventral putih dan terdapat garis hitam pada tiap sisiknya
- Terdapat garis hitam pada bagian belakang mata
- Mata bulat besar
- Bila marah ular ini akna memipihkan tubuhnya ketanah
- Panjangnya ± 1100 mm – 1200 mm
b. Habitat : ½ perarian, dekat kolam, sungai, sawah
c. Aktivitas : Diurnal
d. Tipe gigi : Aglypha
e. Makanan : Katak dan ikan
f. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Penang 


2. ULAR BERBISA MENENGAH
 
Boiga dendrophila



Species : Boiga dendrophila Boie, 1827
N.I. : Mangrove Snake, Ular Cincin Emas, Ular Taliwongso
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal berwarna hitam dengan garis-garis kuning atau putih disisi lateral dengan jarak satu garis dengan yang lain agak teratur. Ada juga yang berwarna hitam putih.
- Tubuh bagian ventral berwarna hitam atau kebiru-biruan
- Labial bawah berwarna kuning dengan garis-garis hitam kecil
- Mata bulat dengan pupil mata elips vertikal
- Panjangnya ± 2500 mm
b. Habitat : Pohon, hutan bakau
c. Aktivitas : Noctural, malam hari
d. Tipe gigi : Ophiestoglypha
e. Makanan : Burung, telur, tikus
f. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Penang, Singapore,Malaysia,Philipine, Siam, Nias 


Dryophis prasinus


Species : Dryophis prasinus Boie,1827
N.I. : Green Whip Snake, Oriental Whip Snake, Gadung Pari (Jawa), Ular Daun, Ular Pucuk (Jawa Barat).
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal berwarna hijau, hijau kecoklatan atau keabuabuan-coklat
- Saat ketakutan atau marah, bagian leher mengembang akan terlihat warna hitam putih dan biru
- Tubuh bagian lateral terdapat garis kuning atau putih
- Tubuh bagian ventral berwarna hijau
- Kepala panjang dengan dengan moncong meruncing
- Mata horizontal, panjangnya ± 2000 mm
b. Habitat : Pepohonan, arboreal
c. Aktivitas : Diurnal, siang hari
d. Makanan : Kadal, katak
e. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Penang


Homalopsis bucatta
   

 
Species : Homalopsis buccata Linne, 1766
N.I. : Puff-faced Water Snake, Elephant Snake, Ular Buhu (Jawa), Ular Kadut
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal berwarna coklat kemerahan, kelabu kehijauan atau kelabu tua gelap sampai hitam. Corak belang dengan bentuk yang tak beraturan
- Tubuh bagian lateral terdapat bintik-bintik putih
- Tubuh bagian ventral berwarna putih atau kuning dengan titik-titik hitam
- Terdapat garis hitam mata dan tanda hitam berbentuk V pada moncongnya
- Terdapat tiga bintik hitam pada kepalanya
- Panjangnya ± 1000 mm
- Jika marah memipihkan tubuhnya
b. Habitat : setengah perairan, sungai, kolam
c. Aktivitas : Noctural
d. Tipe gigi : Ophistoglypha, jika menggigit, giginya cenderung tertinggal
e. Makanan : Ikan
f. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan 


Enhydris enhydris

Species : Enhydris enhydris
N.I. : Rainbow Water Snake, Ular Diwel, Ular Duwel (Jawa)
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal berwarna coklat abu - abu, ada corak garis memanjang dari kepala hingga ekor
- Tubuh bagian ventral berwarna putih dan terdapat garis abu – abu memanjang hingga ekor
- Badan pendek, badan gemuk /besar
- kepala kecil berbentuk oval
- Panjangnya ± 750 mm
- Jika marah memipihkan badannya
- Gerakannya cepat terutama kalau di air
b. Habitat : setengah perairan, sungai, tempat berlumpur
c. Aktivitas : noctural
e. Makanan : Ikan
f. Populasi : Sumatera, Jawa, Kalimantan


3. ULAR BERBISA TINGGI
 
Ophiophagus hannah


Species : Ophiophagus Hannah Cantor, 1836
N.I. : King Cobra, Hamadryad, Ular Tedung, Ular anang (Java); Oraj totok (Java); Ular tedong selor (Kalimantan)
a. Ciri-ciri :
- Hitam pekat atau abu – abu, putih, dan coklat dengan garis – garis melintang ditubuhnya, tergantung habitat.
- Gerakannya sangat agresif, berani pada musuh, mengejar
- Kepala oval, dengan sisik yang besar
- Pada leher bawah berwarna kuning dan kadang ada gambar matanya (tergantung habitat)
- Panjangnya hingga mancapai 6000 mm
- Jika marah akan menegakkan tubuhnya hingga 1/3 panjang tubuhnya mengembangkan lehernya.
b. Habitat : didarat khususnya daerah berkapur, kering
c. Aktivitas : siang dan malam hari
d. Makanan : ular
e. Populasi : Nias, Sumatra, Bangka, Belitung, Riau Islands, Java, Bali, Kalimantan
f. Jenis racun : Neurotoxin dan haemotoxin, membunuh manusia sekitar 3 menit 


Agkistrodon rhodostoma


Species : Agkistrodon rhodostoma Boie, 1827
N.I. : Malayan Pit Viper, Malaysian Moccasin, Bandotan Bedor (Jawa), Ular Tanah, Ular Gibuk (Jabar)
a. Ciri-ciri : 
- Badan coklat dengan corak gambar seperti diamond, membesar diperut dan mengecil ke ekor serta leher.
- Gerakannya agresif
- Kepala segitiga, dengan sisik yang besar
- Panjangnya hingga mancapai 1000 mm
- Jika marah akan membentuk huruf S
b. Habitat : didarat khususnya bersemak, rumput
c. Aktivitas : siang dan malam hari
d. Makanan : Tikus
e. Populasi : Jawa, Sumatra 


Vipera russelii


Species : Vipera russelii siamensis
N.I. : Bandotan Puspo (Jawa),
a. Ciri-ciri :
- Badan coklat dengan corak gambar membentuk oval tak beraturan, membesar diperut dan mengecil ke ekor serta leher.
- Gerakannya agresif
- Kepala segitiga, dengan sisik yang besar
- Panjangnya hingga mancapai 1000 mm
- Jika marah akan membentuk huruf S dan menyerang dengan gigitan
b. Habitat : didarat khususnya bersemak, rumput
c. Aktivitas : siang dan malam hari
d. Makanan : Tikus
e. Populasi : Myanmar, Thailand, Cambodia, Vietnam dan Jawa 


Bungarus candidus



Species : Bungarus candidus Linne, 1758
N.I. : Malayan Krait, Ular Weling (Jawa), Oraj weling (Java), Ular biludah (Padang)
a. Ciri-ciri :
- Warna belang putih hitam – putih hitam dengan ukuran yang tidak seragam
- Ekor runcing, badan cenderung berpenampang bulat
- Gerakannya lambat, tenang
- Kepala oval
- Bagian bawah berwarna putih polos
- Panjangnya hingga 2500 mm
- Sensitive pada cahaya dan berusaha mendekati
- Tubuh jika terkena sinar akan menyala
b. Habitat : setengah perairan, sawah, sungai, daerah berair
c. Aktivitas : malam hari
d. Makanan : ular, belut
e. Populasi : Vietnam, Cambodia, Thailand, Peninsular Malaysia, Singapore, Sumatra, Java, Karimunjawa Islands, Bawean, Bali and N Sulawesi; Kalimantan?
f. Jenis racun : Neurotoxin 


Bungarus fasciatus


Species : Bungarus fasciatus Scheider, 1803
N.I. : Banded Krait, Ular Welang (Jawa), Ular Belang, Oraj welang (Java)
a. Ciri-ciri :
- Warna belang putih hitam – putih hitam dengan ukuran yang seragam dan melingkar penuh.
- Ekor tumpul, badan cenderung berpenampang segitiga
- Gerakannya lambat, tenang
- Kepala oval
- Panjangnya hingga 2500 mm
- Sensitive pada cahaya dan berusaha mendekati
- Tubuh jika terkena sinar akan menyala
- Jika marah akan melakukan gerakan patah – patah dan menyembunyikan kepala
b. Habitat : setengah perairan, sawah, sungai, daerah berair
c. Aktivitas : malam hari
d. Makanan : ular, belut
e. Populasi : Sumatra, Jawa, Kalimantan,
f. Jenis racun : Neurotoxin 


Naja naja sputatrix
   

 
Species : Naja naja
Sub Species : Naja naja sputatrix Cantor, 1836
N.I. : Black Spitting Cobra, Ular Kobra, Ular Sendok, Ular Dumung, Ular cabe; Ular sendok; Oraj bedul (Java); Puput (Maumere, Flores); Pupurupi (Ende, Flores)
a. Ciri-ciri :
- Warna hitam/putih/coklat/merah tergantung asal habitatnya
- Tubuh bulat dengan kepala oval
- Gerakannya gesit dan cepat tidak takut pada musuh.
- Panjangnya hingga 2500 mm
- Jika marah akan mengembangkan lehernya dan berdiri hingga kira – kira ¼ panjang tubuhnya.
- Satu – satunya jenis ular yang bisa menyemburkan bisa nya hingga 3 m.
b. Habitat : daratan, sawah, daerah rimbun lembab dan banyak lubang ditanah.
c. Aktivitas : siang dan malam hari
d. Makanan : tikus dan katak
e. Populasi : Java, Bali, Lombok, Sumbawa, Komodo, Rinca, Flores, Alor and Lomblen; Sulawesi?
f. Jenis racun : Neurotoxin dan haemotoxin 


Rhabdophis subminiatus



Species : Rhabdophis subminiatus
N.I. : Red-necked Keelback, Pudak Bromo (Jawa), Ular Picung (Jawa Barat), Ular Pudak Seruni (Jakarta)
a. Ciri-ciri :
- Tubuh berwarna dominant coklat dari kepala hingga ekor
- Leher berwarna jingga, merah menyala dan hijau
- Badan berbintik putih
- Bagian bawah berwarna putih
- Ekor seperti terpacung atau perpotong
- Ukuran maksimal sepanjang 750 mm, diameter 10 mm
b. Habitat : Darat
c. Aktivitas : Diurnal, siag hari
d. Tipe gigi : Ophistoglypha
e. Makanan : Cicak, kadal, bunglon, dan katak
f. Populasi : Semua pulau di Indonesia 


Trimeresurus albolabris


Species : Trimeresurus albolabris
N.I. : Truno Bamban (Jawa), Ular gadung; Ular hijau; Oraj bungka (Java)
a. Ciri-ciri :
- Tubuh berwarna hijau dari kepala hingga ujung badan
- kepala segitiga penuh, bersisik keras
- Bagian punggung ekor berwarna merah.
- Jika marah membentuk spiral atau letter S untuk siap menyerang
b. Habitat : pohon, di daerah dengan ketinggian hingga 3000 dpl
c. Aktivitas : noctural
d. Tipe gigi : solenoglypha
e. Makanan : Tikus, burung, katak, telur
f. Distribusi : Sumatra, Bangka, Java, Madura, Bali and Sulawesi


4. ULAR RAKSASA (PHYTON)
 
Phyton reticulatus


Species : Python reticulatus Schneider, 1801
N.I. : Reticulated Python, Sowo Cinde, Sanca Batik, Puspo Kajang (Jawa)
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal kekuning atau coklat dengan corak seperti jala (jajaran genjang) dengan warna hitam pada bagian dalamnya dikelilingi warna kuning
- Tubuh bagian ventral berwarna kuning
- Terdapat garis hitam memanjang dari bagian belakang mata
- Kepala berwarna kuning dengan garis hitam tepat pada tengah
- Mata bulat dengan pupil mata elip vertikal
- Panjangnya ± 6000 mm – 15000 mm (max), 9000 mm (normal)
b. Habitat : darat, hutan, dekat dengan air
c. Aktivitas : Noctural
d. Tipe gigi : Aglypha
e. Makanan : Mamalia besar, unggas
f. Populasi : Nias, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sumbawa, Sulawesi, Penang


Phyton molurus bivittatus


 
Sub species : Python molurus bivittatus Linne,1758
N.I. : Rock Python, Burmese Python, Sowo Kembang, Sanca Bodo, Sowo Pari (Jawa).
a. Ciri-ciri :
- Tubuh berwrna abu – abu hitam dengan corak gambar membentuk kotak tidak beraturan dgn garis tepi berwarna abu - abu
- Tubuh bagian ventral berwarna putih
- Kepala oval berwarna coklat dengan garis kunig atau abu – abu di pinggirnya
- Mata bulat dengan pupil mata elip vertikal
- Panjangnya ± 4000 mm – 8000 mm (max), 6000 mm (normal)
b. Habitat : darat, hutan, pepohonan, dekat dengan air
c. Aktivitas : Noctural
d. Tipe gigi : Aglypha
e. Makanan : Mamalia besar, unggas
f. Populasi : Nias, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sumbawa, Sulawesi 


Phyton curtus

 
Genus : Python curtus Schlegel, 1872
N.I. : Blood Python, Shorted-tailed Python, Sanca darah,ular dipong (Jawa)
a. Ciri-ciri :
- Tubuh bagian dorsal berwarna coklat gelap dengan corak kehitaman berbentuk segi empat tak beraturan dengan dikelilingi gris agak terang (kuning kecoklatn)
- Tubuh bagian ventral berwarna coklat kekuningan
- Pada kepala terdapat corak seperti mata tombak (segitiga) berwarna coklat gelap
- Terdapat garis hitam dari belakang hidung melewati mata sampai kepala bagian belakang
- Mata bulat besar, pupil mata elips vertikal
- Panjangnya ± 8000 mm
b. Habitat : Darat, hutan, dekat air
c. Aktivitas : Noctural
d. Tipe gigi : Aglypha
e. Makanan : Mamalia besar, unggas
f. Distribusi : Jawa, Sumatra, Kalimantan, Malaysia


You Might Also Like

41 komentar

  1. waaah kalah panjang ular gw...

    ReplyDelete
  2. wah.. rajin banget nih.. :)
    MP sioux aja kalah lengkap hehehe..
    mau bikin kayak gini, tapibelum sempat update di MP di..
    mau bantuin kopiin ke MP kita ?

    ReplyDelete
  3. Hehehe.. Boleh bgt mas, kemaren sebenere pengen ditambahin lg, materinya kan msh bnyak bgt tuh.. cuma koneksi internetnya lg lemot bgt...

    ReplyDelete
  4. Keren keren yah ular di Inonesia...tfs Dee...aku suka bacanya..
    aku abis nonton berulang ulang dokumenter ttg reptil dan amphibi..menaakjubkan Dee...

    ReplyDelete
  5. Bener mba Les, ngeliat ular2 yg berwarna-warni itu bikin kita jd pgn tau lebih banyak lg...
    Eh, pernah nemu ular di Singapur gak mbak? Gimana kalo kita hunting poto ular? Hehehe..

    ReplyDelete
  6. haha ular singapur? baru satu tuh...yg fotonya kupajang.
    Hayuk hunting ular..siapa takut *ngomongnya sambil gemeteran*
    hahaha...oh ya..aku baru bikin review ttg video dokumenter ttg binatang berdarah dingin siapa tahu dirimu tertari buat nontonnya...atau...malah sudah pernah?

    http://wayanlessy.multiply.com/reviews/item/6/Life_in_Cold_Blood

    ReplyDelete
  7. wih trim banget buat inpohnya, sayang gak ada penjelasan detail tentang seberapa bahayanya ular2 tersebut, mana yg racunnya mematikan dan mana yg hanya bikin lebam.

    ReplyDelete
  8. lhaaa.. kan sudah ditulis yg mana yg masuk ular tidak berbisa.. yang mana yg bisa menengah dan bisa tinggi... tinggal di lihat di kategorinya aja mbak/mas..

    ReplyDelete
  9. @ mba Lessy : sip.. Makasih mba, tar dirumah br bs ngeliat..
    @ fear : lah kan udah dibedain tuh mas...

    ReplyDelete
  10. ular kepala dua alias tukang adu domba.. ngomong kesana lain kesini lain. kalo ketemu ular beginian bagus langsung dipateni.. penthungi wae...hihihi...

    ReplyDelete
  11. @ gerings : Wakakakkak.. Iya ya, pdhal ular yg kayak gitu kang yg paling sering ditemui mas...
    Ketoke baru kenek masalah karo ular berkepala dua iki..

    ReplyDelete
  12. K'dian kyak'y wktu aqu masih SD dulu aqu ada punya buku" tentang ular koq, Kyak'y masih ada d'sby koq tuch buku.
    Jd kyak'y kmu baru anak kemaren sore ya tau soal jenis" ular ?!
    Wuakakakakak...... ^^v

    ReplyDelete
  13. gundulmu.....!!! inget gak dulu waktu di surabaya kita pernah punya ular trus kita simpan di dalam botol... cari lagi yok Sal... hehehe...

    sekarang aku punya buku tentang ular yg lebih lengkap... mau pinjam kah...?!

    ReplyDelete
  14. kemaren waktu sioux bikin acara nuansa ular di malang gak dateng yaaa...?! seru loooh...

    ReplyDelete
  15. Iya" aku masih ingat koq, Ular'y kita masuk kan ke botol trus kalo' tuch botol di gosok" keluar ular'y kan ?! Hwakakakak....... XD
    Males aaaach..... Lagian masa' ular di suruh nyari' ular ma baca buku profile diri'y sendiri ?!
    He...3x :p

    ReplyDelete
  16. Iya" aku masih ingat kok, Ular'y kita masuk kan ke botol trus klo botol'y di gosok" ular'y keluar kan ?! Hwakakakak..... XD
    Males aaach..... Lagian masa' ular di suruh nyari' ular ma baca profile diri'y sendiri ?!
    He...3x :p

    ReplyDelete
  17. Iya" aku masih ingat koq, Ular'y kita masuk kan ke botol trus klo tuch botol di gosok" keluar ular'y kan ?! Hwakakakak..... XD
    Males Aaaach..... Lagian masa' ular di suruh nyari ular ma baca profile diri'y sendiri ?!
    He...3x :p

    ReplyDelete
  18. Upps.. Sory lupa, kamu kan jg ular.. Ular berkepala dua.. Hahahahaha...

    ReplyDelete
  19. Ngaca' Buuu'.....?!
    Hweheheheheeee..... ^^v

    ReplyDelete
  20. udah ngaca tiap hari kok...... aku masih tetep manis..... huehehehehehe...

    ReplyDelete
  21. D,,ular peliharaan pak nassh dan pak amin lagi merbaya,,,klau ular peliharaan Wakmus udah ga berbisa lagi kerna udah terlalu tua dan lemah,,,
    Ular peliharaan pak nash,,amat mengerikan bila dilihat,,terlalu hodoh rupanya dan amat berbisa,,peliknya,,ama pak nash ular itu begitu jinak,,,pak amin hampir dipatuknya,,,hingga kini,apabila ular itu melihat pak amin,,pasti ular itu menjadi terlalu marah dan menampakkan kehodohannya yg sangat mengerikan,,,,

    ReplyDelete
  22. huahahahahaahahahahaha.......... ular Pak Nash tak nak tengok orang gila kena current battery AAA macam Pak Amin Pak.....

    mana dia...?! tak online pulak malam ni...

    ReplyDelete
  23. bukan kerna current,,,tetapi kerna keputihan dan kemerahan pak amin,,,

    Takda apa2 nak dijawabnya so dia ga log in,,,sya pun sebentar saja ni,,mau jumpa teman kerja lama untuk ngopi,,,,

    ReplyDelete
  24. hehehehehehe.... serius nak ngopi Pak...?!?!?!

    ReplyDelete
  25. serious,,,,ngopi sampai esok sore baru pulang,,,di jb,,,

    ReplyDelete
  26. hueheheehehehe... nanti berangkatnya lewat Jurong tak...?!?!

    ReplyDelete
  27. lewat sengkang,yishun,thomson,mandai dan woodlands,,,hahahaaaaaaa

    ReplyDelete
  28. terus dikit lah... lewat jurong west... kat block 550 tunggu sekejap.... hahahahahaha.....

    ReplyDelete
  29. Buat apa lewat sana,,,dah hampir lewat malam ni,,pergi tidur,,esok kan mau kerja,,,,udah dulu ya,,,mau berangkat ni,,,c u next time,,,

    ReplyDelete
  30. huahahahahahahahaha..... ati2 dijalan Pak.... cu next time....

    ReplyDelete
  31. HWOOOOOEEEK........!!!!! Atene muntah aqu.......
    Hwakakakakakak........ XD

    ReplyDelete
  32. muntah ja ikam di sungai mahakam tuh..... :p

    ReplyDelete
  33. Jiaaaaah..... Pake' bahasa banjar sgala' lg ?!
    Ulun De'na Eroh.....
    HaHiHuHeHo..... X)

    ReplyDelete
  34. pake bahasa Bugis aja pale'.... hehehehe...

    ReplyDelete
  35. yo ngerti yo.... Reva ae ngerti kok.... hahahahahaha....

    ReplyDelete
  36. MENGERIKAN !!!!
    Hwakakakakak...... XD

    ReplyDelete