Kongkow Seru di Woody Coffeeshop & Bar

Tuesday, December 13, 2016


Sebuah papan kayu bertuliskan Woody Coffeeshop & Bar lengkap dengan tanda panah ke atas yang terpasang di samping Alfamart kompleks Batam Park, Penuin, cukup menarik perhatian. Bikin penasaran. Kalau ditilik dari namanya, saya bisa menebak, ini pasti sebuah cafe dengan ruangan atau interior yang terbuat dari kayu. Bener gak sih? Daripada penasaran, yuk! Kita lihat...


Ada Apa dengan Woody?

Tulisan ucapan selamat datang dari berbagai negara menyambut kami di Woody Coffeeshop & Bar. Sambutan yang cukup menyenangkan, terutama bagi penggemar pernik unik seperti saya. Saya mengedarkan pandangan ke sekeliling. Tepat seperti dugaan saya sebelumnya, material kayu terlihat mendominasi di cafe ini. Terkesan hangat, namun tetap terlihat manis. 

Ucapan selamat datang dari seluruh dunia

Woody Coffeeshop & Bar

Di beberapa sudut cafe juga terdapat mural bergambar kastil. Bendera beberapa negara di dunia juga foto-foto Woody Coffeeshop & Bar yang dicetak instan dan digantung pada seutas tali juga memeriahkan salah satu sudut cafe. Menarik!

Mural dan pernik di Woody

Ruangan cafe ini sebenarnya tidak terlalu luas. Namun penataan ruangnya terkesan simple dan gak ribet. Jadi meskipun mereka banyak memajang pernik-pernik di setiap sudut cafe, suasananya tetap terlihat asik dan menyenangkan.

Konsep cafenya adalah rooftop cafe. Di situ hanya ada tiga buah meja dengan bangku panjang. Dua buah meja di bagian tengah cafe, sementara satu meja lainnya letaknya agak tersembunyi di sudut lain cafe. Ada juga meja yang dipasang merapat pada pagar, dengan kursi-kursi tinggi dari kayu sebagai pendampingnya. Meja aja punya pendamping, masa kamu enggak? Dari sini, kita bisa leluasa menikmati lalu lalang kendaraan yang melintas di ruas jalan Gajah Mada.

Suasana Woody cafe
Meja di sudut lainnya

Saya suka bangunan berbentuk rumah kayu yang ada di salah satu sudut cafe ini. Bentuk rumahnya membawa memori saya pada imajinasi masa kecil. Rumah kayu seperti ini yang kerap hadir dalam bayangan saya, kala asik mengikuti petualangan anak-anak Inggris yang terkenal lewat serial Lima Sekawan.

Rumah kayu di Woody cafe

Di sudut yang berseberangan dengan rumah kayu terdapat meja barista dan bartender. Botol-botol minuman tertata rapi dalam rak-rak kayu. Sementara stem glass berbagai bentuk dan ukuran tergantung manis di atas meja barista.

Meja barista 

Stem glass tergantung rapi

Botol minuman dalam rak kayu

Ada Banyak Hiburan & Permainan di Woody

Malam Minggu tanggal 10 Desember 2016 lalu, waktu saya dan keluarga berkunjung ke Woody, seorang waiter terlihat sedang menyusun balok-balok permainan Jenga di salah satu meja. Kami langsung tertarik. 

"Ini boleh dimainin kan, mas?" Tanya saya ke si mas waiter.

"Oh boleh, kak. Permainan ini memang disediakan untuk dimainkan di sini kok." Mas waiter menjawab ramah.

"Asiiik.. Kalo dibawa pulang ke rumah boleh juga gak, mas?" 

"........"

Kami langsung asik main Jenga. Permainan menyusun balok yang pertama kali diperkenalkan oleh Leslie Ann Scott pada tahun 1983 ini seru banget kalo dimainkan rame-rame. Meski terlihat mudah, namun permainan ini butuh kosentrasi dan kesabaran tingkat tinggi.

Yang serius banget main Jenga

Bukan cuma permainan Jenga, di Woody juga ada permainan mini table soccer yang bisa dipakai untuk seru-seruan sambil menunggu pesanan atau sekadar pengisi waktu. Yang jelas, aneka permainan ini bikin Lala betah dan gak mau diajak pulang.

Yang seru main table soccer

Selain Jenga dan mini table soccer, ada juga permainan bilyard mini dan uno. Semua asik untuk dimanini rame-rame sambil menikmati camilan atau ngopi-ngopi syantiek di Woody. Selain itu ada juga hiburan seperti live music, yang ditampilkan setiap akhir pekan. Atau atraksi juggling setiap hari Selasa dan Rabu. Dan ada juga penampilan Stand Up Comedy setiap hari Kamis. Jadi kapan pun kamu datang ke Woody, gak bakalan boring deh.. Banyak hiburan dan permainan yang akan menemani.

Ada Banyak Single Origin Kopi di Woody

Seorang mas waiter yang lain datang membawakan daftar menu. Wah, ternyata mereka menyediakan single origin kopi dari berbagai daerah di Indonesia, seperti kopi Aceh Gayo, Bali Kintamani, Malabar, Pekalongan, Manggarai, dan Mandailing. Disajikan dengan pilihan metode brewing V60 atau French Press.

Pilihan single origin

Meskipun secara tampilan cafe ini bernuansa klasik Eropa, namun untuk pilihan kopinya tetap menyajikan biji-biji kopi terbaik dari Indonesia. Sebagai penggemar kopi, tentunya saya hepi. Dan saya berharap semoga ke depannya pilihan single origin di sini bisa lebih beragam. Kayaknya bakal lebih lengkap deh kalau Woody Coffeeshop & Bar juga menyediakan kopi robusta Lampung. #eaaateteeep!

Kali ini saya memesan kopi Pekalongan dengan metode French Press. Rupanya selama ini kopi Pekalongan luput dari radar saya. Ini yang akhirnya bikin saya penasaran dan memutuskan untuk mencoba. Ternyata kopi Pekalongan enak juga. Rasanya tuh ringan, dan kayak ada manis-manisnya..

Kopi Pekalongan 

Ada Banyak Pilihan Minuman di Woody

Selain single origin kopi, Woody Coffeeshop & Bar juga menyediakan beragam minuman lain. Seperti Cappuccino, Vanilla Latte, Caramel Latte, Moccacino, Espresso, dan masih banyak lagi. Pilihan cocktail lebih banyak lagi. Maklum, karena memang minuman ini merupakan sajian utama di cafe yang mulai beroperasi sejak awal Agustus 2016 lalu ini. Ada lebih dari 50 jenis minuman cocktail yang disediakan di sini. 

Buat yang nggak suka kopi, ataupun minuman beralkohol, gak usah khawatir. Karena Woody Coffeeshop & Bar juga menyediakan banyak pilihan minuman lainnya. Ada mocktail, yang merupakan sari buah yang dicampur dengan minuman bersoda, seperti Virgin Mujito yang banyak digemari pengunjung.

Black Forest Latte

Kalo gak suka minuman bersoda, bisa pilih minuman lain seperti Greentea Latte, Greentea Frappe, Hot Chocolate, atau Ice Chocolate. Ada juga teh dengan pilihan rasa, seperti Strawberry Tea, Lemon Tea, Peppermint Tea, Peach Tea, Black Tea, maupun English Breakfast. Aneka milkshake dan fresh juice juga tersedia di sini. 

Suami saya pesan English Breakfast, adik saya pesan Black Forest Latte, dan Lala pesan air mineral. Hehehe... bocah kriwil ini sudah terlanjur asik main Jenga, yang sama dia bukannya disusun, malah dibikin jadi rumah-rumahan. 

Si kriwil asik dengan mainannya

Ada Banyak Pilihan Makanan di Woody 

Seperti halnya minuman, pilihan makanan di Woody Coffeshop & Bar juga cukup beragam. Mulai dari makanan berat, sampai makanan ringan. Untuk makanan berat ada nasi goreng, Woody Noody, Spaghetti, dan Chicken Curry. Tersedia juga pilihan menu paket hemat, seperti Chicken Katsu, Chicken Karage, Chicken Wing, Fish Fillet, Crab Stick, Squid Ring, juga Fish Ball. Semua disajikan dengan nasi putih atau kentang goreng. 

Untuk snack, pilihannya juga banyak. Mulai dari aneka sandwich, roti bakar, sosis gulung, jelly, lumpia, risol, kentang goreng, ataupun onion ring

Karena niatnya cuma ngemil, kami memesan fish fillet dan roti bakar coklat keju. Roti bakar coklat keju ini special request dari Lala. Aslinya, Woody Coffeeshop & Bar cuma menyediakan roti bakar dengan 1 pilihan rasa, yaitu coklat, keju, milo, dan srikaya. Tapi Lala maunya roti bakar coklat keju. Jadi dalam 1 roti ada 2 rasa. Si mas waiter pun menyanggupi. Si Lala doyan, 1 porsi roti bakar itu diabisinnya sendirian.

Lala makan roti bakar coklat keju

Cuma ngemil

Harganya cukup terjangkau kok. Untuk minuman harganya start dari Rp 18 ribu, dan makanan harganya start dari Rp 15 ribu. Ada diskon sebesar 20% untuk all item, dan selama bulan Desember ada diskon 30% buat yang mau open bottle.

Ada Banyak Ceria dan Cerita di Woody

Buat saya, makan di cafe bukan cuma sekadar datang, makan, bayar, trus pulang. Makan di cafe itu asiknya bareng ama teman atau keluarga. Sambil menikmati makanan, kita bisa ngobrol berbagi cerita, atau malah seru-seruan main Jenga seperti yang disediakan Woody Coffeeshop & Bar ini. Kebayang kan gimana serunya kalo main Jenga rame-rame?

Main Jenga ala Lala :D

Nah, Woody ini sepertinya memang ingin jadi tempat berbagi ceria dan cerita bagi para pengunjungnya. Setiap sudutnya keceh untuk dijadiin spot foto. Kalo kata anak kekinian sih, instagram-able banget! Jadi kongkow di sini pastinya bakal lebih seru kan...

Lala udah selfie di sini, kamu kapan? :D

Banyak spot selfie di sini

Bagi para penggemar sepak bola, bisa banget loh kalo mau nobar di Woody... Ada 2 televisi yang bisa dipake nonton bareng sambil seru-seruan di sini.

 Ada 2 televisi yang cocok buat nobar

Malem Mingguan di Woody


So, buat yang masih penasaran Ada Apa dengan Woody? Saya saranin mending dateng langsung aja ke TKP di Jalan Gajah Mada, Kompleks Batam Park, lantai 2 Alfamart (samping da Vienna Hotel). Woody Coffeeshop & Bar buka setiap hari mulai jam 10 am - 2 am (hari Senin libur)

You Might Also Like

41 komentar

  1. Ah keren nih batam ada tempat nongkrong begini.. Apa lg malam minggu sama pasangan lebih gmana gitu y mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kapan main ke Batam? Kita ngopi2 cantik :D

      Delete
  2. Wah keren juga yah tempatnya...
    kalau jalan kearah nagoya, kaykna wajib mampir nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tempatnya asik buat kongkow...

      Delete
  3. wah tmpatnya keren juga tuh ya.. wajib mampir itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener banget.. tempatnya emang keren

      Delete
  4. Tempatnya emang asik buat nongkrong ya Mbak.. Apalagi seru-seruan pas nobar, mantapp!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. apalagi banyak permainannya. Si Lala jadi betah :D

      Delete
  5. meh. Lha kok instagramable semua sih lokasinya hahaha.

    ReplyDelete
  6. instagramable ya tempatnya, kapan bisa nyambangi kl ada waktu bisa sampai ke Batam ya mba Dee, ajakin aku ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini Mandaaa main ke Batam.. Kutunggu banget!

      Delete
  7. Wih asyiik ada mainanya, jadi anak ga akan bosen ya diajak ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Wan... si Lala sampe gak mau diajak pulang :D

      Delete
  8. Kapan-kapan mampir sana ah! keren sekali tempatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas... tempatnya emang keren banget..

      Delete
  9. Dekornya memang keren ya, gue banget, tulisannya cakeup!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, suka banget ama dekorasi cafenya...

      Delete
  10. Di mataku orang-orang yang nongkrong minum kopi itu keren. Mungkin karena aku gak suka kopi. Jadi kalo nongkrong di starbuck misalnya atau kafe kopi lainnya, aku pesennya hot chocolate aja atau minuman lainnya. Cuma aku sendiri yang minumnya beda ._.
    beberapa kali nyoba minum kopi, tapi tetep lidahku ini gak klop sama rasanya. ga paham gimana beberapa orang bisa sampe ketagihan kopi... :|
    Dan ini tempatnya asik banget. Desain interiornya unik. Ada mainanannya lagi. Kalo aku dateng ke sini, nanya.. 'mas ada sirop?'... wes langsung ditendang keluar..hahahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Woody gak jual kopi aja kok.. teh atau coklat juga ada.. Sekarang kebanyakan kafe kopi gitu ya, karena tau banyak juga bukan peminum kopi yang pengen nongkrong aja, jadi mereka juga sediakan minuman non-kopi..

      Delete
  11. Tempatnya keren buat latar foto-foto. Dulu aku pikir Batam tu kota kecil. Tapi kok mbak sering banget makan di tempat yang beda-beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe.. Kota kecil sih. Cuma untuk hotel, cafe, dan resto, lumayan lah inovasinya. Yuk, makanya kapan mau kesini?

      Delete
  12. Kalau ada mainannya gitu memang bikin makin betah berlama-lama di sana. Coffee shopnya juga kelihatan nyaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener.. Yang ada malah si bocah gak mau diajak pulang, hehehehe

      Delete
  13. Wahh sekrg kayaknya sudah mulai banyak ya mbak kedai2 kopi gt.

    Kopi2nya juga banyak macam bijinya.

    Kalo di Surabaya itu ada yg sedia 76 Biji kopi nusantara dijamin bakalan bingung.

    Skrg mah mending nongkrongnya di kedai kopi ginian aja hahah lebih murah juga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah serius itu di Surabaya ada yg sedia 76 biji kopi nusantara? Apa namanya? Kudu masuk daftar kunjungan kalo mudik nanti...

      Delete
    2. Bole mbak reviewnya ada di Blog saya, namanya 45 coffeshop. Bisa Cek saja mbak 😁

      Delete
  14. Hampir semua kota di indonesia sekarang berlomba2 bikin kedai kopi untuk nongkrong dan rata2 konsep nya keren2 semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas.. Yang penting tempatnya selfieable dan instagramable :D

      Delete
    2. Iya tapi mereka harus terus kreatif dan inovatif biar bisa bertahan menghadapi persaingan

      Delete
  15. Nanti malem kongkow rame-rame! Sambil ngincipin biji kopi yang lain. Kalo bisa sih belajar nyeduh sekalian. Hehe

    ReplyDelete
  16. Ini dia tulisan sang juara, pantes aja kece abiz wak wak wak... Jadi pengen nyobain woody. Harus haha

    ReplyDelete
  17. desainnya keren banget ya,,cocok banget buat tongkrongan anak muda maupun bersama keluarga,,menunya seragam banget,,mantapp..
    yuks yg mau ke batam, mampir kesini,,
    saya juga nanti kesana deh,,mudahan bisa ke batam..
    salam kenal..

    ReplyDelete
  18. tempat kongkow-kongkow yang asyik bersama teman atau keluarga .............

    ReplyDelete
  19. Keren tempatnya. Jarang-jarang ada coffeeshop yang menyediakan permainan. Dengan adanya permainan ini bikin betah, juga buat sikecil betah hehehe...

    ReplyDelete
  20. kalau tempat nongkring begini bikin betah kak

    ReplyDelete
  21. Interior coffeeshop tuh rata-rata mirip ya. Banyak tulisan filosofis, gambar2 unik, grafiti, quote tentang kopi, dan kebanyakan juga cenderung mengekspose kayu untuk menciptakan kesan hangat. Yang ini kafenya apik banget. Betah deh ngopi di situ. Ajak akuuuuu :D

    Hi Lala, bagi dong roti bakarnya :D

    ReplyDelete
  22. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    ReplyDelete