ZenFone Max Pro M1, Jawaban Impian Mobile Gaming Idaman

Sunday, November 25, 2018


Selain baca buku, ngegame adalah cara saya untuk membunuh waktu dan ngilangin bete. Zaman SD dulu sih ngegamenya pake game watch atau lebih popular dengan sebutan gembot. Tau kan? Sebagai orang yang bosenan kayak saya, game watch ini sama sekali gak asyik. Ya gimana mau asyik, kalo dalam 1 perangkat game watch ini cuma ada 1 macam game aja. Masa iya setiap tamat 1 game, kudu beli game watch baru? Yang bener aja.. Zaman itu, yang namanya game watch itu termasuk barang mewah, cyiin..

Suka Duka Perangkat Gaming Zaman Dulu

Kalo pengen main gembot, biasanya jam istirahat atau pulang sekolah. Suka ada abang-abang yang mangkal di depan sekolah nyewain gembot. Si abang bawa beberapa unit gembot yang masing-masing dipasangi tali yang ujungnya dipegang oleh si abang. Kalau waktunya habis, si abang tinggal narik aja talinya. Seringnya waktu habis tapi kita belum selesai main. Jadi tarik-tarikan ama si abang. Hahaha kalo inget zaman itu, saya suka geli sendiri. 

Zaman SMP dan SMA saya pun beralih ke PlayStation aka PS. Gamenya lebih variatif, tinggal beli kepingan CD gamenya aja. Cuma masalahnya, kalo mau main PS kan kudu connect ke TV. Dan seringnya jadi gagal main karena rebutan TV ama mama yang mau nonton sinetron, hehehe. Jadi kalo mau main biasanya malem, setelah mama selesai dengan sinetron yang berseri-seri itu. Kadang juga main rame-rame di rumah teman yang kebetulan punya TV lebih dari satu. 

Tapi bawa-bawa PS segede gaban gitu kemana-mana pastinya cukup rempong juga. Kebayang kan ribetnya bawa-bawa PS plus segepok CD game di dalam ransel trus digemblok kemana-mana, tapi baru bisa main kalo ketemu TV. Tapi dulu saya rela loh ngelakuinnya. Apalagi kalo lagi seru-serunya ama salah satu permainan. Favorit kami dulu adalah Winning Eleven. Seru banget kalo udah main ini. Main berdua aja ributnya kayak orang sekampung ikutan main. 

Waktu kuliah, saya punya ponsel gaming yang cukup fenomenal di zamannya. Tau kan ponsel apa yang saya maksud? Dulu, ponsel yang sistem operasinya masih symbian itu hanya saya install game, tanpa aplikasi lain. Mulai Sonic, Asphalt 2, Tomb Raider, sampe Moto GP.

Saat itu, saya sudah cukup puas dengan ponsel gaming yang saya punya. Meskipun layarnya hanya berukuran 2,1 inci, memori internalnya 3.4 MB, dan kapasitas baterainya cuma 850 mAh. Tapi itu kan dulu, 15 tahun yang lalu. 

Untungnya zaman berubah, dan teknologi pun semakin berkembang. Sekarang kalo mau ngegame, gak perlu lagi tarik-tarikan ama abang rental gembot ato rempong bawa PS segede gaban kemana-mana. Cukup install game-game favorit di smartphone, ngegame bisa kapan aja, dimana aja. 

5 Alasan Kenapa ZenFone Max Pro M1 Adalah Mobile Gaming Idaman

Dan saya bersyukur banget karena teknologi tidak berhenti sampai di situ. Dia terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Demikian juga halnya dengan ponsel gaming. Saya girang banget sewaktu tau brand kesayangan saya ngeluarin ponsel gaming yang menjawab semua yang saya impikan ada dalam perangkat gaming di zaman ini, ZenFone Max Pro M1.

Wait, emang secanggih apa sih smartphone yang mempunyai tagline Limitless Gaming ini, sampai saya menobatkannya sebagai jawaban atas impian saya terhadap perangkat gaming idaman di zaman ini? Setidaknya, setelah 6 bulan menggunakan ZenFone Max Pro M1, saya punya 5 alasan kenapa smartphone yang satu ini layak disebut sebagai mobile gaming idaman. 

1| Performa Mumpuni

ZenFone Max Pro M1 dibekali prosesor Octa-Core Qualcomm Snapdragon 636. Ini merupakan prosesor mutakhir yang menawarkan performa lebih cepat tapi tetap hemat baterai. Dengan bekal otak yang seperti ini, ditambah lagi dengan kapasitas RAM-nya yang cukup besar, bermain game di ZenFone Max Pro M1 jadi lebih menyenangkan. Main Mobile Legend atau Arena of Valor lancar jaya tanpa ngelag. 

Saya gak cuma nginstall 2 game itu aja di ZenFone Max Pro M1. Ada juga game Yu-Gi-Oh!, game hidden object, dan game yang sekarang lagi seneng-senengnya saya mainin, game backpacker.

Game Backpacker™ ini ngajak kita keliling dunia ala backpacker. Ada banyak milestone yang harus kita lewati kalau pengen traveling lebih jauh lagi. Salah satunya adalah dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar negara tersebut. Jadi bisa sambil nambah pengetahuan juga.

Udah gitu, kalo pengen dapet duit kita kudu kerja part time. Kerjaannya pun macem-macem, mulai dari tukang kebun, pelatih basket, pemadam kebakaran, dll.

Di game ini juga kita bisa ngerasain, gimana gondoknya pas duit tinggal dikit, dan kita terpaksa tidur di pinggir jalan, eh kerampokan pula.. 😃😃

Seru dan bikin nagih. Makin seru, soalnya aku ngegame pake ZenFone Max Pro M1. Kerasa banget enaknya punya gawai dengan performa mumpuni gini. Gak ada ceritanya lagi seru-seri ngegame trus HP ngehang.

Main game backpacker pake ZenFone Max Pro M1

Selain game, saya juga nginstall aplikasi Filmora dan Quik buat edit video, aplikasi Snapseed buat edit foto, aplikasi Joox untuk pemutar musik, aplikasi bawaan Google seperti Docs, Sheet, dan Slide yang berguna banget buat keperluan sehari-hari, dan banyak lagi. Gak ketinggalan pastinya media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, Twitter, juga Line. 

Semua game dan aplikasi yang saya install di ZenFone Max Pro M1 mampu berjalan mulus, lancar jaya, dan bebas hambatan. Ini performa smartphone atau jalan tol sih?

Hasil screenshot Antutu Benchmark

2| Baterai Awet

Ngegame itu bikin boros baterai. Tapi ini gak berlaku kalo saya ngegame pake ZenFone Max Pro M1. Ya seperti smartphone-smartphone ASUS lainnya yang berlabel Max, ZenFone Max Pro M1 ini juga mengandalkan daya tahan baterainya. Dengan kapasitas baterai yang sebesar 5000 mAh, ZenFone Max Pro M1 awet seharian meskipun dipake ngegame, haha hihi di sosmed, nonton film, juga foto-foto. 

Kalau untuk pemakaian wajar, ya sekadar buat buka medsos sesekali, trus ngegamenya gak non stop, baterainya bisa lebih awet. Bisa tahan sekitar 3 sampai 4 harian loh. Smartphone dengan kapasitas baterai seperti ini paling asyik kalo buat traveling. Kita gak perlu rempong sebentar-sebentar nyari colokan buat ngecharge.

Oiya, selain kapasitas baterainya yang besar, ZenFone Max Pro M1 ini juga fast charging loh. Ngecharge dari 5% sampai full 100% cuma sekitar 2 jam-an aja.

Setelah dipake ngegame semalaman, baterainya masih tersisa 50%

3| Kapasitas Memori Besar

Pada ZenFone Max Pro M1 ini, ASUS menggandengkan prosesor mutakhirnya, yaitu Octa-Core Qualcomm Snapdragon 636 dengan RAM dan kapasitas memori internal yang cukup besar. Ada 3 varian ZenFone Max Pro M1 yang dibedakan berdasarkan kapasitas RAM dan memori internalnya, yaitu: RAM 3GB/32GB, RAM 4GB/64GB, dan RAM 6GB/64GB

Saat ini yang saya pakai adalah varian dengan RAM dan memori internal paling rendah, yaitu 3GB/32GB. Dengan kapasitas penyimpanan yang paling rendah itu saja saya merasa performa ZenFone Max Pro M1 ini sudah sangat mumpuni.

Main AoV pake ZenFone Max Pro M1 sambil ngopi

Tau sendiri kan, game-game sekarang itu grafisnya keren-keren dan berkualitas tinggi. Pastinya perlu smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar, biar bisa tetap asyik dimainkan. Nah, game-game berukuran besar yang saya install di ZenFone Max Pro M1 ini bisa dimainkan dengan mulus dan tetap smooth. Begitu pun dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Saya jadi mikir, varian paling rendah aja sudah begini, gimana dengan varian yang lebih besar ya? 

4| Layar Full View Display 

Untuk bermain game di smartphone, pastinya akan lebih nyaman kalau ukuran layarnya juga maksimal. Jadi puasnya bisa sekalian. Nah ASUS mengerti banget akan hal ini. Makanya layar ZenFone Max Pro M1 dibuat berukuran 6 inci meskipun sebenarnya ukuran bodinya hanya 5,5 inci. 

Bukan cuma ukuran layarnya yang dibuat tampak lebih besar, tapi resolusinya juga Full HD+ 2160 x 1080 pixel dengan rasio 18:9. Dan tampilan layarnya yang full view display itu beneran bikin mata nyaman sewaktu bermain game atau menonton film.

5| Tangguh dan Tahan Banting

Bodi ZenFone Max Pro M1 terlihat seperti smartphone lain. Terbuat dari metal, dengan bezel tipis di sisi kanan dan kirinya. Dengan dimensi 159 x 76 x 8.46 mm dan berat 180 gram smartphone gaming ini walaupun bodinya sedikit lebih tebal, tapi tetap terasa nyaman digenggam.

Nyaman digenggam

Tapi siapa sangka, di balik bodinya yang terlihat biasa itu, ZenFone Max Pro M1 ini ternyata tangguh dan tahan banting. Coba tonton video review yang dibuat oleh Bang Bewok dari Pricebook. Itu bukan video review biasa loh. Dalam video itu Bang Bewok melakukan 8 extreme test terhadap ZenFone Max Pro M1. Jadi bukan cuma sekadar dibanting atau diinjak aja, tapi digoreng, dibakar, direndam air, dimasukkan dalam freezer, dilindas sepeda motor, dilindas mobil, dan dijatuhkan dari lantai 2. Saya nontonnya sampai ikut deg-degan dan tahan napas. Hasilnya? ZenFone Max Pro M1 terbukti bandel!

Saya emang belum pernah nyoba melakukan extreme test itu ke ZenFone Max Pro M1. Dan sepertinya emang gak bakal saya coba. Sayang henponnya, euy! Tapi setelah menonton video itu saya jadi ngerasa tenang bawa ZenFone Max Pro M1 kemana-mana. Gak khawatir kalo misal dia jatoh, terbentur atau basah. 

Fitur Lain yang Jadi Poin Plus-Plus ZenFone Max Pro M1

5 poin yang saya sebutin di atas itu adalah keunggulan ZenFone Max Pro M1 sehingga layak disebut sebagai mobile gaming idaman. Tapi masih ada lagi fitur-fitur lain yang saya suka dari ZenFone Max Pro M1. Sehingga smartphone ini pantas dilirik oleh siapa pun. Jadi gak cuma cocok buat gamer aja. 

1| Kamera

Meskipun ZenFone Max Pro M1 judulnya adalah mobile gaming, tapi tidak mengesampingkan fitur kameranya. Apalagi di zaman sekarang ini ya, dimana pabrikan smartphone seolah berlomba-lomba mengunggulkan fitur kamera pada ponsel. 

ZenFone Max Pro M1 ini memiliki dual kamera dengan resolusi rear cameranya 13 MP dan resolusi kamera keduanya 5 MP. Dengan dual kamera ini, ZenFone Max Pro M1 bisa menghasilkan foto bokeh yang cukup smooth hasilnya. Untuk kamera depannya memiliki resolusi sebesar 8 MP. Untuk varian yang lebih tinggi, resolusi kameranya juga lebih tinggi loh. Kamera depan dan kamera belakangnya sama-sama memiliki resolusi sebesar 16 MP

Hasil foto outdoor atau di tempat terang cukup memuaskan. Tapi kalau dalam kondisi yang minim cahaya, hasil fotonya jadi kurang bagus. Saya sih maklum banget akan hal ini. Karena sejatinya ZenFone Max Pro M1 ini memang concern sebagai mobile gaming, bukan smartphone yang built for photography seperti saudaranya, si ZenFone 3.

Berikut ini adalah hasil foto ZenFone Max Pro M1 tanpa diedit (editing hanya resize dan cropping).








2| Pure Android 8.1 Oreo

Ini cukup menarik. Karena ASUS memilih menanggalkan ZenUI, custom user interface yang selama ini selalu digunakan ASUS pada ponsel-ponselnya. Efek positifnya, sistem operasi Pure Android ini bikin performa ZenFone Max Pro M1 jadi lebih smooth dan terasa ringan. 

3| Triple Slot

Berbeda dengan ZenFone 3 yang slot SIM card-nya berjenis hybrid, ZenFone Max Pro M1 ini menggunakan triple slot SIM tray. Jadi kita bisa memasang dua SIM card sekaligus external memory. Yaa walaupun memory internalnya ZenFone Max Pro M1 ini udah gede, tapi kita pasti perlu donk memory external untuk nyimpen foto-foto dan video traveling yang jumlahnya pasti ratusan bahkan ribuan. Bener gak?

Jadi dengan adanya triple slot ini, kita gak perlu galau lagi mau pilih pasang dua SIM card atau pasang memory external

4| Fingerprint Scanner

Fitur yang satu ini juga menarik banget. Sensor sidik jari pada ZenFone Max Pro M1 sebagai perlindungan keamanan smartphone yang personal. Ya namanya aja sensor sidik jari, pastinya cuma kita sebagai pemilik aja yang bisa buka. Untuk membuka smartphone dengan sensor sidik jari ini cuma perlu waktu gak lebih dari 0,3 detik loh. Cepat, aman, dan personal. 

5| Harga Terjangkau

Sebelum resmi diluncurkan, saya dan beberapa teman sempat mebebak-nebak, kira-kira berapa harga smartphone gaming keluaran ASUS ini? Kebanyakan menebak harganya berkisar antara 3 sampai 4 jutaan. Ternyata meleset, sodara-sodara! Harga ZenFone Max Pro M1 ini cuma 2 jutaan. Pantesan aja laris manis dan diburu banget. 

Kesimpulannya, setelah 6 bulan menggunakan ZenFone Max Pro M1 ini saya cukup puas dengan performanya. Smartphone ini recommended banget buat kamu yang cari mobile gaming dengan performa handal tapi harganya terjangkau.

Berikut harga ZenFone Max Pro M1 yang beredar di Indonesia:
  • ZenFone Max Pro M1 (3GB/32GB) kini dipasarkan di harga Rp2.199.000
  • ZenFone Max Pro M1 (4GB/64GB) di harga Rp2.599.000 
  • ZenFone Max Pro M1 (6GB/64GB) Rp3.299.000 tersedia secara khusus didistribusikan oleh Erajaya

Spesifikasi ZenFone Max Pro M1

You Might Also Like

25 komentar

  1. Lihat passport kok kayak pengen ke imigrasi terus jalan-jalan ke luar negeri hihihi

    ReplyDelete
  2. Saya juga sering main gembot mba, yang koboi sama kapal terbang. Terus kenal sama nintendo, PS1 dan Xbox. Sekarang beralih ke smartphone. Wah kalo punya Asus ini, bawaannya pasti ngegame terus nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa.. Game yang kapal terbang itu aku juga main. Xbox gak pernah nyobain. Terakhir cuma PS, hehehe.. Sekarang udah pake ZenFone Max Pro M1. Udah nyaman banget klo ngegame 😊😊

      Delete
  3. Hhee aku main gembot minjem punyae temen
    Saat sd udah syuka game itu
    Pas stlah itu main ular2an itu mbak seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. Game ular2an itu seru. Aku donlot juga yang versi androidnya. Lumayan buat ngilangin bete kalo nunggu pesawat delay, hehehe

      Delete
  4. Sadiiis ni hp. Batrenya 5000, mantul banget spesifikasinya ya mbakk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Jul.. Recommended banget ini. Harganya terjangkau lagi..

      Delete
  5. wah, rekomendasi keren ini mbak. ntar kapan-kapan kalau jalan-jalan coba cek langsung lah

    ReplyDelete
  6. Hasil jepretannya keren-keren mbak!

    Spesifikasinya juara dengan harga segitu, worthed lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas..Iya dengan performa yang kayak gini, harga 2 jutaan itu worthed banget ya..

      Delete
  7. aku sih ngincer ponsel game ini untuk edit video karena prosesornya pasti kece dan kartu grafis serta layarnya oke banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngedit video pake ZenFone Max Pro M1 ini asyik banget sih kak..

      Delete
  8. Kece nih, bisa jd referensi ganti Hp. .ramah di kantong pulaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, recommended banget ini HPnya. Aku udah pake selama 6 bulan, so far ga ada masalah..

      Delete
  9. Makin hari smartphone makin mumpuni ya. Kalau sudah buat gaming udahlah dijamin speednya cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, recommended banget lah ini kalo buat ngegame

      Delete
  10. Auch... Asyik banget deh ponsel satu ini ya bisa ngagames sampai puas dan kualitas kameranya juga dasyat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puas banget, Cit.. Apalagi baterainya monster. Awet dipake ngegame

      Delete
  11. Cocok ini untuk aye yg lagi liat2 hp pengganti, apalagi ada ulasan tahan banting hihihi, secaraa hp ku gak pernah gak kebanting..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya jangan sengaja dibanting atuh, mbak..

      Delete
  12. Kameranya mantap banget untuk harga 2 jutaan. Bokehnya gokil sihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, meskipun ini smarthphone gaming, tapi kameranya lumayan banget..

      Delete
  13. Gembot itu yg isinya tetris bukan sih? Dulu saya mainnya tetris hihihi

    ReplyDelete