Kulineran di D'STEAM Peranakan Live Seafood

Friday, October 20, 2017

D'steam peranakan live seafood, D'steam peranakan live seafood batam

Sebagai daerah kepulauan, pastinya gak aneh ya kalo ngeliat banyak resto yang menyediakan menu seafood di Batam. Kalo ditanya mana yang lebih enak, susah juga jawabnya. Karena setiap resto punya keunggulan masing-masing. Dan pastinya, punya cara tersendiri untuk menarik perhatian konsumen. Ada yang mengandalkan view cantik, spot instagramable, harga murah, dan macem-macem lagi.

Para pendatang baru di jagat perkulineran seafood di Batam pastinya harus menyajikan sesuatu yang beda donk kalo ingin 'mencuri perhatian' pecinta kuliner. Yaa, meskipun nanti pada akhirnya emang rasa yang menentukan, tapi setidaknya ada something lah yang bikin pengunjung itu gak mudah lupa. Sehingga setelah berkunjung sekali, ingin balik lagi dan lagi. Bener gak? 

Eh ini prolog panjang bener yak. Padahal cuma mau bilang, kalo di Batam ada tempat kulineran baru yang asik. Namanya D'STEAM Peranakan Live Seafood. Nah, D'STEAM ini termasuk salah satu resto yang saya maksud tadi. Jadi hadirnya tuh bukan cuma sekadar meramaikan jagat per-seafood-an di Batam, tapi juga mencoba menghadirkan sesuatu yang baru. Apa itu? Yaitu seafood yang diolah dengan citarasa ala peranakan. 


Apa sih Peranakan?

Pernah dengar istilah peranakan? Istilah peranakan ini paling sering digunakan di kalangan etnis Tionghoa yang sejak akhir abad ke-15 dan ke-16 telah menetap di Indonesia, Malaysia Barat, juga Singapura. Di Malaka, anggota etnis ini menyebut diri mereka dengan sebutan Baba-Nyonya. Baba merupakan sebutan untuk laki-laki, dan Nyonya adalah sebutan untuk perempuan. 

Nah trus, yang dimaksud kuliner peranakan itu apa? Bahasa gampangnya sih gini, kuliner peranakan itu adalah Chinese cuisine yang berkolaborasi dengan kuliner Melayu. Kebayang gak gimana perpaduannya? Chinese cuisine yang cenderung 'irit bumbu' berpadu dengan kuliner Melayu yang lebih kaya rempah. Daripada penasaran, mending kita cobain langsung... 

D'STEAM Peranakan Live Seafood 

Kebetulan, kemarin saya dan teman-teman Blogger Kepri makan malam di D'STEAM Peranakan Live Seafood. Resto ini baru buka sekitar sebulan, tepatnya tanggal 23 September 2017. Pertama kali masuk ke restonya, pas lagi rame banget. Padahal bukan weekend loh. Kayaknya banyak yang sama penasarannya kayak kami niih. Restonya cukup luas. Tampilannya pun cozy dan asik buat nongkrong lama-lama. 

Salah satu sudut untuk pepotoan

Di salah satu sudut ada tempat yang sepertinya memang disediakan untuk pepotoan. Foto-foto dan perabotan kuno yang ada di situ bikin kesan jadulnya jadi terasa banget. Ditambah lagi dengan sebuah mesin jahit lawas yang pastinya bikin bernostalgia. Keren nih. Pemiliknya paham banget kebutuhan orang-orang zaman now yang kalo ke resto bukan cuma buat makan-makan, tapi juga buat pepotoan, hehehe..

Udah disediain tempat buat pepotoan

Adegan ini diperagakan oleh seorang profesional

Puas mengeksplorasi setiap sudut resto (baca: pepotoan ama mesin jahit), waktunya mengeksplorasi aneka menu yang disediakan di sini. Pilihan menunya banyak banget. Sampe bingung mau pesan yang mana? Asiknya, aneka seafood yang disajikan di sini semuanya fresh. Dan buat yang gak makan seafood, baik karena alergi ataupun emang gak suka, gak usah khawatir. Karena di sini juga tersedia menu non-seafood seperti ayam atau jamur. 

Kata Lala ini kepiting lagi mandi. Lol

Gonggong

Nyobain Aneka Menu di D'STEAM 

Setelah bingung ngebolak-balik buku menu yang tebal itu, akhirnya pilihan pun jatuh pada Sup Ikan Pedas Peranakan, Kepiting Pedas Peranakan, Ikan Asam Pedas Kering Peranakan, Ayam Daun Kemangi Peranakan, Stim Jamur Shitake Ayam, dan Sawi Minyak Bawang Putih. Hehehe banyak bener ya pesanannya? Ya, kan kami ramean, pesen banyak menu begitu tujuannya biar bisa saling icip. 

Makan bareng blogger pasti begini kelakuannya

Kelakuan orang-orang zaman now | dok. Andi Motret

Namanya selera ya, tiap orang pasti beda-beda kan? Kalo buat saya yang cuma kenal rasa enak dan enak banget sih, apa yang saya makan malam itu semuanya masuk kategori enak banget. Apalagi Ikan Asam Pedas Kering, Kepiting Pedas, dan Ayam Daun Kemangi-nya. Wuiih buat saya itu juarak banget! Sampe bumbunya pun gak rela buat nyisain. Laper apa doyan, mpok? 

Mari makaaaan... 

Kepiting pedas

Ayam daun kemangi

Stim jamur shitake ayam

Sawi minyak bawang putih

Sup Ikan Pedasnya pun enak. Kuahnya terasa pedas dan segar. Trus daging ikannya tuh lembut banget. Ditambah sayuran seperti wortel dan tomat hijau, bikin rasanya tuh jadi makin nikmat. Sup Ikan Pedas ini merupakan salah satu menu andalan di D'STEAM. Jadi kalo mampir ke sini, kudu nyobain nih Sup Ikan Pedas-nya. Recommended! 

Sup ikan pedas peranakan

Over all, saya pribadi puas banget makan di D'STEAM Peranakan Live Seafood. Makanannya enak, tempatnya cozy dan nyaman, harga makanannya pun standard mulai dari Rp 30 ribu - Rp 90 ribu. Untuk ikan, harganya tergantung berat ya.. Nah kalo seperti ini, bukan gak mungkin kalo setelah kunjungan pertama ini saya bakal balik lagi dan lagi. 


D'STEAM PERANAKAN LIVE SEAFOOD 
Komp.Kampung Seraya Blok II No.2
(Belakang Hotel Seruni / RS. Harapan Bunda)
Seraya - Batam
Telp: 0778-4881809
Open hour: 15.00 - 24.00 WIB

You Might Also Like

6 komentar

  1. Wah salah banget nih aku baca posting kulineran sore-sore gini,
    rasanya pengen buru-buru pulang kantor wkwk.
    Itu kepiting lagi mandi pas udah di masak pasti enak banget jadinya wkwk.
    Tapi kalo boleh milih kayaknya aku bakal favoritin sup ikan pedas deh,
    soalnya aku suka ikan yang di banjir kek gitu :)
    mau beli ah besok tapi di Batam itu ya ? aduh jauh ga jadi deh wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok sini main ke Batam. Banyak seafood enak-enak di sini.. Sup ikan pedasnya itu emang juarak. Seger banget!

      Delete
  2. Tempatnya asik, suasananya asik dan sup ikannya juaraaaa, ngangenin pedas dan angetnya hehe

    ReplyDelete
  3. Pengen balik lagi kesini. Uenak banget sop ikannya..suegeeerr..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengen lagi ikan asam pedas keringnya.. Itu enak banget!

      Delete