Pilih-Pilih Tas untuk Traveling

Friday, September 22, 2017


Memilih tas untuk dibawa traveling itu gampang-gampang susah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, supaya acara jalan-jalan kita tetap bisa menyenangkan tanpa harus dirempongkan dengan urusan barang bawaan. Meski terlihat sepele, tapi memilih tas untuk dibawa traveling itu ternyata gak bisa dianggap remeh.

Kenapa? Iya, salah-salah justru malah bikin acara jalan-jalan kita jadi gak asik. Contoh nih.. Pastinya males banget kan, perjalanan masih jauh tapi punggung udah pegel karena gendong ransel yang salah ukuran. Atau mendadak bete karena rempong ngejar-ngejar bus sambil nyeret-nyeret koper. Kalau banyakan bete dan manyunnya, gimana kita bisa nikmatin traveling?

Makanya, seperti yang saya bilang di awal tadi, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan akan membawa tas yang mana untuk traveling. Saya coba ringkas berdasarkan pengalaman pribadi untuk pembaca setia www.adventurose.com ya. Eaa yang punya pembaca setia.. *grin

1. Sesuaikan dengan Tujuan Traveling

Mau traveling kemana? Kalau traveling-nya lebih banyak berjalan kaki, berpindah dari satu tempat ke tempat lain, atau mengharuskan kita untuk naik turun kendaraan umum, pastinya lebih tepat kalau kita memilih ransel daripada koper. Tas ransel, karena modelnya yang nemplok di punggung, pastinya akan memudahkan pergerakan kita. Kebayang kan rempongnya harus nyeret-nyeret koper sambil jalan kaki jauh?

Kalau di tempat tujuan kita bakal menginap selama beberapa hari di satu hotel, tentu gak akan masalah kalau kita membawa koper. Koper bisa ditinggal dengan aman di hotel, sewaktu kita jalan-jalan keliling kota.

2. Sesuaikan dengan Lama Perjalanan

Cuma pergi 3 hari, tapi barang bawaan kayak orang mau pindah rumah. Pernah lihat yang seperti itu? Atau jangan-jangan justru kamu sendiri yang seperti itu? Hehehe.. Emang salah ya? Salah sih enggak, cuma rasanya kok buang-buang energi gitu loh buat ngangkut barang bawaan sebanyak itu, padahal dipake juga enggak.

Kalau cuma pergi 3-4 hari, bawa ransel ukuran 35 liter rasanya sudah lebih dari cukup. Kalau bepergian lebih dari seminggu, kita bisa bawa ransel ukuran 50 liter. Tapi bila kita menetap di suatu tempat, bisa disiasati dengan mencuci baju kotor kita. Jadi bawa baju sedikit dalam ransel ukuran 35 liter pun gak masalah. Iya, kan?

3. Pilih Tas yang Nyaman

Menurut saya, ini yang paling penting. Jangan asal mengikuti trend, ikut kata teman, atau tergiur promo tas & koper, tapi sepanjang perjalanan kita tersiksa karena tas yang kita bawa sama sekali gak nyaman dipakai. Kalau membawa ransel, kita bisa memilih ransel yang ukurannya sesuai dengan tubuh kita. Ya kalau bertubuh mungil, jangan maksa bawa ransel ukuran 90 liter. Selain berat, kamu juga bakal 'tenggelam' di balik ransel. Ukuran amannya adalah berat barang bawaan gak lebih dari sepertiga berat badan kita.

4. Pilih Tas yang Mempunyai Banyak Kantong

Saya gak tau apa hal ini termasuk penting buat teman-teman. Tapi kalau bagi saya sih ini penting banget. Kantong yang banyak memudahkan saya untuk menyekat atau memisahkan barang-barang bawaan. Jadi barang bawaan kita gak tumplek blek di dalam tas. Selain lebih rapi, hal ini juga memudahkan kita untuk mengambil barang tertentu. Masa iya cuma mau ngambil pulpen aja harus merogoh-rogoh dan mencari sampai ke dasar tas?

Jadi bisa dibedakan. Kantong utama untuk pakaian, tempat untuk laptop ada sendiri. Trus kantong-kantong lain bisa untuk menyimpan alat tulis, atau properti yang sewaktu-waktu perlu untuk dipakai tapi gampang kalau mau disimpan lagi, seperti topi, syal atau kacamata.

5. Ketersediaan Rain Cover

Meskipun tidak bepergian di musim hujan, saya tetap menganggap ketersediaan rain cover itu sebagai sesuatu yang penting. Rain cover juga bisa berfungsi untuk menjaga tas supaya tidak kotor. Kalau kebetulan naik angkutan laut, rain cover juga berfungsi banget untuk melindungi bawaan kita di dalam tas. Misal tas kita kecipratan air laut, setidaknya barang bawaan kita masih akan terlindungi.

Errr.. apa lagi ya? Kayaknya ini aja deh yang paling penting dan harus banget diperhatikan. Happy traveling!

You Might Also Like

16 komentar

  1. Nahhh ini nih yang aku cariii makasihhh ya mbaa udah share
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mbak.. Alhamdulillah kalo bermanfaat 😊

      Delete
  2. Sampai saat ini gak pernah gonta ganti tas selalu bawa backpack, tinggal tergantung lama aja kalo bentar pakai daypack kalo lama pakai caril yang 55L cukup dah

    ReplyDelete
  3. Harganya kak.. daya tahan... Dan yg penting jangan sampe salah.tujuan. masa travelling kehutan.bawa laptop? Ckck bikin malu aja tuh siblogger aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh itu keren loh Yud kalo dijadiin foto. Temenku malah ada yang bawa laptop ke puncak gunung, cuman buat foto aja.. Hasilnya bagus looh

      Delete
  4. aku udah jatuh cinta sama tas cabin zero ku :D

    ReplyDelete
  5. aku anaknya masih suka bawa koper dan ransel sih..tapi ya masih sering ransel :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku masih bawa ransel kemana2.. Soalnya punyanya cuma itu hehehe

      Delete
  6. Pengen deh punya barang2 khusus buat traveling gini. Sekarang sih, pake apa aja yg dipunya hehe. tas misal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas.. Saya juga punyanya cuma ransela aja..

      Delete
  7. Jadi ingat tasku yang biasa kupake pergi-pergi udah jebol satu risletingnya, huhuhu. Mungkin kebanyakan muatan kain kodian ala Mbak Rien nih pas traveling, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Kayaknya kudu nyiapin tas khusus buat kain kodian ya, Dew 😂😂

      Delete
  8. Toooss, sesame pengguna ransel. Yg penting nyaman dan ga bikin sakit punggung, hehe.

    ReplyDelete